Makanan penurun kolesterol

Bagi Sedulur yang memiliki risiko penyakit jantung, mengonsumsi makanan penurun kolesterol bisa menjadi alternatif. Kira-kira apa saja ya yang termasuk dalam makanan ini?

Kolesterol dalam tubuh bisa memicu beragam penyakit yang sangat berbahaya seperti halnya penyakit jantung hingga kanker. Sebab, kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah perifer yang nantinya bisa mengurangi pasokan darah ke area jantung.

Namun, penggunaan obat-obatan kimia secara berlebihan untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh, tentu tidak dianjurkan. Perlu makanan penurun kolesterol yang sehat dan dapat dikonsumsi sehari-hari. Ini dia daftarnya!

BACA JUGA: 18 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Cara Masaknya

-->

1. Oatmeal

makanan penurun kolesterol
Unsplash

Oatmel merupakan makanan penurun gula darah dan kolesterol. Makanan ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi Sedulur yang berusaha menurunkan kolesterol. Selain itu, kandungan serat di dalam oatmeal bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Oatmeal ini merupakan makanan sehat kaya nutrisi, sehingga bisa dikonsumsi setiap hari.

2. Kacang-kacangan

Di dalam kacang-kacangan, ada lemak tidak jenuh dan serat yang bisa menjaga kolesterol tetap normal. Jenis kacang yang biasa dikonsumsi sebagai makanan penurun kolesterol yaitu almond dan kenari. Cara mengonsumsi kacang-kacangan antara lain sebagai camilan dan bisa juga dicampur dengan salad. Kacang-kacangan termasuk, makanan penurun kolesterol dan asam urat ampuh yang patut Anda coba.

3. Sayuran Hijau

Unsplash

Sayuran-sayuran hijau juga dianggap ampuh sebagai penurun kolesterol. Beberapa sayuran hijau yang terkenal ampuh tersebut yaitu, bayam, arugula dan juga kangkung. Sayuran hijau memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan produksi asam empedu dari kolesterol. Jadi, buat Sedulur yang susah makan sayuran-sayuran hijau, maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi makanan sehat ini. Sebab, sayuran hijau tersebut sangat baik sebagai makanan penurun darah tinggi dan kolesterol.

4. Pisang

Siapa yang tidak menyukai pisang? Tentu setiap orang sangat menyukai buah yang berwarna  kuning satu ini. Namun,  tahukah Anda bahwa buah ini memiliki banyak nutrisi dan manfaat yang terkandung. Salah satu manfaat buah pisang yaitu sebagai penurun kolesterol.

5. Ikan Salmon

Unsplash

Selain rasanya yang lezat, kandungan omega 3 di dalam ikan salmon juga dipercaya ampuh menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Ikan salmon juga dipercaya membantu perkembangan otak, baik untuk kesehatan tulang, kulit, rambut, dan beberapa manfaat kesehatan lainnya.

6. Buah Alpukat

Unsplash

Buah Alpukat jadi salah satu makanan yang dapat digunakan sebagai penurun kolesterol. Sebab, Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, fitosterol, dan polifenol yang baik untuk menjaga kolesterol dalam darah. Sedulur bisa mengonsumsi langsung buah alpukat atau menjadikannya sebagai jus tanpa gula.

BACA JUGA: 12 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah & Cara Pakainya

7. Buah Apel

Apel memiliki kemampuan memperlambat oksidasi kolesterol jahat, serta mengandung polifenol antioksidan yang baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidan tersebut juga berperan mencegah terjadinya peradangan dan plak di arteri. Buah ini bisa dibuat jus dan menjadi jus penurun kolesterol paling cepat yang bisa Sedulur konsumsi.

8. Bawang Bombai

Jika sebelumnya dijelaskan bahwa buah dan sayur menjadi pilihan makanan penurun kolesterol, kelompok bawang-bawangan juga bisa menjadi solusi penurun kolesterol. Biasanya, bawang bombai dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Bawang merupakan kelompok dari kelas umbi-umbian. Namun, bawang besar tersebut juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol. Hal itu karena, bawang bombai memiliki flavonoid yang mencegah kolesterol menyumbat pembuluh darah.

9. Bawang Putih

Selain bawang bombai, jenis bawang lain yang juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol yakni bawang putih. Bawang putih bisa dipakai merupakan makanan penurun darah tinggi dan kolesterol. Bukan hanya kolesterol, manfaat bawang putih lainnya, melawan infeksi, dan mencegah adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bawang putih memiliki manfaat untuk mencegah plak di arteri.

10. Timun

Makanan selanjutnya yang bisa digunakan sebagai penurun kolesterol yaitu mentimun. Ya, sayuran ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga membantu mengurangi lemak jahat  di saluran pencernaan. Makanan ini dianggap juga sebagai makanan penurun darah tinggi dan kolesterol. Biasanya, mentimun bisa dikonsumsi sebagai lalapan hingga dikonsumsi secara langsung.

11. Terung

Unsplash

Tak hanya 10 makanan penurun kolesterol di atas, terong juga mengandung serat yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dalam tubuh. Sebagai makanan penurun darah tinggi dan kolesterol, tentu bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi dan kolesterol tinggi bisa mengkonsumsi makanan ini.

BACA JUGA: Cara Akurat Menghitung Berat Badan Ideal dan Menjaganya

12. Susu Kedelai

 

Minuman ini juga digunakan sebagai penurun kolesterol, susu kedelai sarat akat banyak manfaat dan minuman ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat secara umum. Minuman dari kedelai ini bisa menurunkan kadar kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung. Harga susu kedelai juga relatif lebih murah dibandingkan susu sapi, sehingga lebih terjangkau oleh semua kalangan. 

13. Cokelat

makanan penurun kolesterol
Unsplash

Siapa yang tidak mengenal cokelat, makanan yang satu ini selalu jadi primadona bagi setiap orang karena rasa manis yang ditimbulkan bagi yang memakannya. Manfaat cokelat sendiri juga bisa sebagai penurun kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

14. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam jeruk memang sudah terkenal baik untuk kesehatan.
Setiap orang tentu sangat menyukai buah yang satu ini, jeruk bisa dimakan secara langsung maupun dibuat minuman. Bahkan, jeruk bisa menjadi jus penurun kolesterol paling cepat. Jadi, bagi Anda yang tidak suka memakan jeruk, bisa diolah dalam bentuk jus.

15. Jus Buah Beri

Jus buah lainnya yang juga diketahui bisa menurunkan kolesterol yakni jus buah beri. Kadar polifenol yang merupakan antioksidan merupakan alasan utama mengapa jus ini bisa menurunkan kolesterol. Untuk memaksimalkan manfaatnya, maka sebaiknya tidak menambahkan gula berlebih di dalam jus, serta menyaringnya terlebih dahulu sebelum di minum. Tidak salah buah beri sanggup sebagai obat penurun kolesterol.

16. Tempe dan Tahu

Tempe dan Tahu sudah menjadi makanan pokok sehari-hari di tengah masyarakat, karena mengandung gizi yang luar biasa. Namun, tahukah Anda, jika kedua makanan ini  bisa digunakan untuk penurun kolesterol. Tahu dan tempe memiliki kandungan fitokimia seperti, saponin, fitosterol, lechitin,dan asam linoleat. Meski demikian, menurut beberapa penelitian, tempe dan tahu juga masuk ke dalam makanan pantangan kolesterol.

17. Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan salah satu makanan yang dapat dijadikan sebagai penurun kolesterol. Ikan tuna juga masuk sebagai 10 makanan penurun kolesterol. Jadi, bagi Anda yang ingin mengurangi kadar kolesterol bisa memakan ikan ini.

18. Teh

Aroma yang wangi dengan rasa yang legit membuat banyak orang jatuh menyukai minuman satu ini. Selain menenangkan, teh juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, teh memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Bahkan teh hijau diketahui memiliki kemampuan menurunkan kolesterol jahat sekitar 2,19 mg/dL. Diketahui, minuman teh ini bisa menurunkan kadar kolesterol

19. Minyak Zaitun

Unsplash

Sama halnya dengan alpukat, minyak zaitun juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang bisa digunakan sebagai penurun kolesterol. dan mengurangi inflamasi/peradangan pada arteri. Kandungan polifenol dalam minyak zaitun berfungsi meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam darah.

20. Yoghurt

Olahan susu yang satu ini, bisa menjadi salah satu makanan penurun kolesterol yang baik. Olahan dari susu ini selain memiliki rasa yang enak, juga baik untuk kesehatan.

21. Minyak Udang

Minyak udang atau minyak krill diketahui memiliki kandungan omega 3. Itu diketahui baik untuk kesehatan, termasuk menjaga tubuh agar terhindar dari kolesterol jahat. Meski masih terdengar asing namun minyak udang bisa menjadi salah satu penurun kolesterol secara baik.

22. Anggur

makanan penurun kolesterol
Unsplash

Sama dengan buah yang lainnya, anggur juga kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Oleh karenanya, anggur masuk ke dalam daftar buah penurun kolesterol. Buah ini juga bisa digunakan sebagai jus penurun kolesterol paling cepat.

Nah, itu tadi rangkuman makanan-makanan yang bisa dijadikan sebagai penurun kolesterol secara baik dan cepat. Buat Sedulur yang ingin mencari kebutuhan makanan dan buah-buahan sehat dan bergizi bisa langsung mencari di Aplikasi Super.