manfaat daun sirsak

Manfaat daun sirsak sangatlah banyak. Mulai dari kesehatan, kecantikan, kesuburan, dan lain sebagainya. Penasaran apa saja manfaat tersebut? Langsung saja simak informasi berikut.

Sirsak merupakan salah satu buah yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Hal ini karena sirsak memiliki rasa enak hasil perpaduan antara manis dan asam. Umumnya, buah ini dimakan secara langsung maupun diolah menjadi jus atau makanan yang lainnya. Buah ini kaya akan air, vitamin, dan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Tidak hanya daging buahnya saja, namun ternyata daun dari buah tersebut juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh manusia.

Seperti yang tadi sudah dikatakan, jika manfaat daun sirsak ini sangat banyak. Bahkan tidak jarang daun sirsak ini dijadikan sebagai salah satu bahan untuk membuat obat-obatan herbal. Nah, berikut ini beberapa manfaat yang akan diperoleh setelah mengonsumsi daun sirsak.

BACA JUGA: 12 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah & Cara Pakainya

-->

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

manfaat daun sirsak
halodoc

Manfaat dari daun sirsak yang pertama, adalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Antioksidan yang terkandung di dalamnya, dinilai mampu mengontrol kolesterol jahat. Tidak hanya menurunkan kadar kolesterol, daun ini juga dinilai mampu mencegah kolesterol.

Untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap normal, Sedulur bisa meminum air rebusan daun sirsak rutin setiap hari. Cara merebus daun sirsak juga mudah. Sedulur hanya perlu merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air. Tunggu saja hingga air menjadi ½ nya, dan bisa langsung diminum.

2. Mengobati Penyakit Kanker

manfaat daun sirsak
alodokter

Tahukan Sedulur, jika ternyata daun sirsak mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan dari sel kanker. Sifat antikanker yang kuat ini, dihasilkan oleh acetogein yang terkandung dalam daun sirsak.

Bahkan cara kerja dari daun sirsak ini, cukup mirip dengan pengobatan kemoterapi yakni dengan menghambat pembelahan DNA sel kanker. Apabila proses pembelahan sel sudah dihambat, tentu saja penyakit kanker dapat dicegah atau bahkan dapat disembuhkan. Cara mengonsumsinya, Sedulur dapat merebus daun sirsak dan meminumnya secara rutin tiap hari.

3. Menjadi Obat Asam Urat

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang berikutnya adalah sebagai obat asam urat. Seperti yang telah diketahui, asam urat sendiri adalah salah satu penyakit yang sering dirasakan oleh banyak orang. Munculnya penyakit ini, dikarenakan kandungan asam urat yang terlalu tinggi.

Pada umumnya, penyakit ini ditandai dengan rasa sakit pada sendi-sendi. Nah, salah satu obat alami asam urat adalah dengan mengonsumsi daun sirsak. Sama seperti sebelumnya, Sedulur hanya perlu merebus daun sirsak dan meminumnya.

4. Menjadi Obat Sariawan

manfaat daun sirsak
alodokter

Manfaat rebusan daun sirsak sangatlah banyak, salah satunya untuk mengobati sariawan. Jadi jika Sedulur sedang mengalami sariawan yang sudah lama tidak sembuh-sembuh, tidak perlu panik. Sedulur bisa mencoba menjadikan daun sirsak sebagai obat.

Namun sebelum daun sirsak ini direbus, Sedulur perlu menumbuknya terlebih dahulu. Jika sudah benar-benar halus, baru direbus dan minumlah air hasil rebusan tersebut.

5. Mengatasi Anemia

manfaat daun sirsak
alodokter

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, daun sirsak ini mengandung zat besi yang cukup tinggi. Senyawa baik inilah, yang mampu membantu tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan ini, tentu saja risiko terkena anemia dapat diminimalisir.

6. Menurunkan Risiko Hipertensi

manfaat daun sirsak
nutrimart

Hipertensi atau tekanan darah tinggi, adalah suatu kondisi dimana kadar darah yang ada di dalam tubuh meningkat sehingga lebih tinggi dari kadar normal. Kondisi seperti bisa saja menyebabkan berbagai macam penyakit, contohnya saja seperti penyakit pada jantung.

Karena daun sirsak manfaat salah satunya adalah melenturkan pembuluh darah, tentu risiko hipertensi bisa diturunkan. Hal ini bisa terjadi karena adanya antioksidan yang mampu melancarkan peredaran darah.

7. Meningkatkan Imun Tubuh

manfaat daun sirsak
unpak

Kandungan antioksidan seperti annocatalin, linoleat, anomurine, dan annohexocin yang ada di dalam daun sirsak, ternyata juga memiliki manfaat untuk melawan berbagai jenis penyakit. Tidak hanya itu, senyawa baik lain yang terkandung dalam daun sirsak juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jika imun Sedulur kuat, maka tidak akan mudah terserang oleh penyakit.

8. Mengatasi Insomnia

manfaat daun sirsak
hellosehat

Sulit tidur atau yang sering disebut sebagai insomnia, menjadi salah satu masalah kesehatan yang tidak boleh Sedulur anggap remeh. Walaupun terdengar sederhana, namun insomnia ini bisa menjadi penyebab awal dari berbagai macam penyakit.

Untuk mengatasi penyakit susah tidur tersebut bisa dengan mengonsumsi bahan alami, salah satunya adalah dengan mengonsumsi daun sirsak secara rutin. Adanya kandungan tryptophan dalam daun sirsak ini, akan memberikan efek mengantuk bagi yang mengonsumsinya. Sehingga lebih cepat tertidur, dan insomnia pun dapat teratasi.

9. Menurunkan Kadar Gula

Kadar gula di dalam darah yang terlalu tinggi, dapat menimbulkan penyakit diabetes. Bagi para penyitas diabetes, penyakit ini akan menjadi semakin parah apabila tidak diawasi. Namun ternyata, daun sirsak juga dipercaya memiliki manfaat untuk mengontrol dan mengurangi gula dalam drag.

Tapi tidak hanya itu saja, pola hidup sehat juga harus tetap dilakukan agar kadar gula dara bisa menurun. Dan jika Sedulur menderita diabetes dan masih mengonsumsi obat dari dokter, maka disarankan untuk konsultasi dengan dokter dulu sebelum mengonsumsi obat herbal ini.

BACA JUGA: 10 Manfaat Air Mawar Untuk Wajah Sehat & Glowing

10. Menurunkan Berat Badan

manfaat daun sirsak
hellosehat

Banyak orang yang mendambakan punya berat badan yang ideal. Bahkan tidak sedikit orang yang rela melakukan perawat, olahraga berat, dan mengatur pola makan, demi berat badan yang diinginkan. Nah, jika Sedulur salah satunya, maka bisa mengonsumsi daun sirsak ini.Daun sirsak sendiri dipercaya mampu melancarkan pencernaan, sehingga lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

11. Menyembuhkan Infeksi

Daun sirsak ternyata juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan infeksi. Ini bisa terjadi karena adanya saponin, flavonoid, tannin, dan juga alkaloid yang terkandung dalam buah sirsak dan berperan sebagai anti bakteri. Seyawa aktif tersebut juga dapat melindungi paru-paru terhadap infeksi virus.

12. Mengobati Kista Ovarium

Salah satu manfaat daun sirsak untuk wanita, adalah mengobati kista pada ovarium. Kista sendiri termasuk tumor jinak yang perlu untuk ditangani. Jika tidak segera memperoleh perawatan yang tepat, maka bisa berubah menjadi kanker. Nah, daun sirsak ini juga dipercaya mampu membantu mengatasi tumor jinak.

Namun sebelum mengonsumsinya, Sedulur perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tidak ada kesalahan yang menyebabkan bahaya.

13. Bagus Untuk Kesuburan

manfaat daun sirsak
alodokter

Banyak yang percaya jika daun sirsak ini dapat meningkatkan kesuburan pada wanita. Penyebabnya karena daun yang satu ini mempunyai kemampuan untuk memperkuat rahim. Akan tetapi, manfaat ini masih harus diteliti secara lebih lanjut lagi. Sehingga jika Sedulur ingin mengonsumsinya dengan tujuan meningkatkan kesuburan, maka lebih baik konsultasi dengan dokter kandungan dulu.

14. Menunda Penuaan Dini

manfaat daun sirsak
k24klik

Beberapa sumber terpercaya menuturkan jika daun sirsak ini mampu mencegah penuaan dini. Adanya kandungan asam askorbat dan juga vitamin C, sangat baik untuk mencegah radikal bebas yang menjadi penyebab dari penuaan. Vitamin C sendiri memiliki peran untuk mengatasi garis halus, keriput, dan perubahan warna kulit. Untuk manfaat ini, daun sirsak akan dibuat jadi pasta dan digunakan layaknya lotion.

15. Mengatasi Jerawat

manfaat daun sirsak
alodokter

Mungkin masih belum banyak yang tahu, jika daun sirsak memiliki manfaat untuk membantu dalam mengatasi masalah jerawat. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa kandungan baik dalam daun sirsak seperti Antioksidan, Antiradang, dan Antibakteri.

Namun belum ada penelitian secara lebih lanjut mengenai manfaat dari daun sirsak yang satu ini. Jadi jika Sedulur mencobanya namun terjadi masalah seperti alergi atau iritasi, maka alangkah lebih baiknya untuk berhenti menggunakan daun sirsak.

16. Mengatasi Masalah pada Rambut

manfaat daun sirsak
hellosehat

Beberapa masalah yang sering terjadi pada rambut seperti rambut rontok, ketombe, rambut bercabang, dan lain sebagainya, ternyata juga banyak yang percaya jika bisa diatasi dengan menggunakan daun sirsak.

Namun tidak dikonsumsi, melainkan membuat pasta dari campuran daun sirsak dan teh. Sedulur bisa langsung mencobanya sendiri untuk merasakan manfaat dari kedua bahan alami tersebut.

17. Melancarkan Menstruasi

manfaat daun sirsak
alodokter

Bagi Sedulur kaum wanita, ternyata ada manfaat daun sirsak untuk wanita haid. Ya, lebih tepatnya daun sirsak ini berguna untuk melancarkan menstruasi, sehingga membuat potensi kehamilan mudah terjadi. Sedulur hanya perlu merebus 15 lembar daun sirsak yang sudah tau dengan 5 gelas air. Tunggu hingga airnya menjadi hanya sekitar 2 gelas saja, lalu minum ramuan tersebut pagi dan sore secara rutin setiap hari.

BACA JUGA: 8 Manfaat Kurma Muda yang Baik untuk Program Hamil

18. Mengurangi Pendarahan Pada Wasir

Bagi Sedulur yang sedang menderita penyakit wasir, daun sirsak menjadi salah satu obat herbal yang bisa digunakan. Daun sirsak sendiri memiliki kandungan zat yang bisa membantu mengurangi atau bahkan menghentikan pendarahan di bagian anus.

Tidak hanya itu, kandungan ini juga bekerja dengan membuat otot di anus jadi lebih rileks. Jadi pembengkakan di sekitar anus akibat wasir bisa dicegah.

Itulah beberapa manfaat daun sirsak bagi tubuh manusia. Namun untuk beberapa orang, terkadang muncul reaksi tubuh setelah minum rebusan daun sirsak seperti diare, feses menjadi encer, dan lain sebagainya. Jadi sebelum menggunakan daun sirsak, disarankan untuk konsultasi pada orang yang ahli terlebih dahulu.

Jika sudah berkonsultasi dan diperbolehkan, Sedulur bisa mendapatkan daun sirsak atau berbagai bahan yang dibutuhkan di Aplikasi Super.