nanas muda

Nanas muda adalah buah yang sering dianggap sebagai obat pelancar haid alami hingga dipercaya bisa menyebabkan keguguran. Ini mitos yang sering banget kita dengar, bahkan banyak orang percaya ia harus dihindari oleh ibu hamil. Terutama yang usia kehamilannya masih awal atau muda.

Sefatal itukah efek nanas muda untuk kehamilan? Untuk tahu apakah ini adalah mitos atau fakta mari kita cek beberapa pendapat pakar dan penelitian ilmiahnya, Sedulur. 

BACA JUGA: Amankah Yakult Untuk Ibu Hamil? Ini Faktanya

1. Makanan yang pantang dikonsumsi ibu hamil 

unsplash.com

Berdasarkan situs National Health Service (NHS) milik pemerintah Inggris, tidak ada pantangan dalam menu makanan ibu hamil. Namun, ada beberapa bahan makanan yang harus diwaspadai. Berikut di antaranya. 

Olahan susu

Makanan olahan susu yang berbahaya adalah jenis yang mentah atau belum melalui proses pasteurisasi untuk susu. Sementara, keju sebaiknya dikukus dulu sampai matang sebelum dimakan untuk menghindari keberadaan bakteri yang bisa mengganggu janin. 

Daging 

Sama seperti makanan olahan susu, daging dikhawatirkan masih mengandung bakteri yang berbahaya untuk janin. Untuk itu, ia harus dipastikan matang sempurna. Ibu hamil juga tidak disarankan mengonsumsi jeroan seperti hati, paru, ampela, dan lain sebagainya. Daging yang tidak masak bisa memicu keguguran karena bakteri toksoplasma. 

Telur 

Bila hendak mengonsumsi telur, bumil wajib memastikan telur matang sempurna hingga semua bagian putih dan kuningnya benar-benar padat. 

Ikan dan seafood

Ikan sebenarnya sangat disarankan karena kaya nutrisi, tetapi sama saja ia harus dimasak benar. Boleh makan ikan mentah seperti sushi, tetapi ikan harus sudah melalui proses pembekuan bukan ikan segar. Porsinya pun dibatasai, hanya maksimal 2 porsi ikan dalam seminggu. Seafood diperbolehkan asalkan dimasak hingga matang sempurna. Ikan memiliki potensi mengandung merkuri karena pencemaran lingkungan, jadi lebih baik dimasak matang dan porsinya dibatasi. 

Kafein 

Kefein juga tidak dilarang, tetapi porsinya sangat terbatas. Maksimal hanya 200 mg per hari. Kafein tidak hanya ada di kopi, tetapi juga teh, cokelat, dan minuman bersoda. Silakan cari tahu lebih lanjut kadar kafein masing-masing minuman tersebut. 

Alkohol 

Ini jelas dilarang dan jika nekat, bayi dalam kandungan akan mengalami gangguan. 

Sayuran dan buah 

Meski sangat disarankan, sayuran dan buah harus benar-benar dicuci bersih. Bila perlu sayur direbus atau dikukus terlebih dahulu untuk menghindari kontaminasi bakteri dari sisa tanah dan pestisida. 

Vitamin dan suplemen berlebihan 

Bumil juga disarankan untuk mengurangi konsumsi suplemen, terutama yang kadarnya sangat tinggi. Silakan konsultasikan ke dokter kandungan untuk tahu vitamin apa yang ideal untuk kondisi tubuh Sedulur. 

BACA JUGA: Kenali Jenis Keputihan Pada Ibu Hamil, Manakah yang Berbahaya?

2. Reaksi nanas muda pada kehamilan 

nanas muda
unsplash.com

Dari imbauan NHS sebenarnya bisa kita rangkum bahwa ibu hamil dianjurkan untuk konsumsi makanan yang benar-benar matang. Tujuannya menghindari bakteri dan polutan yang membahayakan janin. Di situ juga tidak ada kata nanas muda yang tersebut sama sekali. Ia masuk kategori buah dan jika merujuk pada referensi di atas berarti cukup aman dikonsumsi. Asalkan bersih dari polutan.

Situs kesehatan WebMD sendiri mengonfirmasi bahwa nanas baik yang muda atau matang aman dikonsumsi ibu hamil. Belum ada penelitian atau kasus di realita yang mengindikasikan nanas muda bisa mencegah hamil dan jadi penyebab keguguran. Ditambahkan pula bahwa banyak manfaat nanas muda yang menguntungkan ibu hamil, terutama saat akan melahirkan kelak. Lebih jelasnya kita ulik langsung manfaat nanas untuk kesehatan berikut ini. 

3. Manfaat nanas muda untuk kehamilan 

nanas muda bisa mencegah hamil
unsplash.com

Jauh dari mitos yang diyakini banyak orang tentang apa fungsi nanas muda untuk kehamilan yang sebenarnya ada pada kandungan vitamin C, antioksidan, dan asam folat. Ibu hamil disarankan mengonsumsi nanas muda untuk menambah kadar folat yang dibutuhkan janin mengingat kandungan per 100 gr cukup tinggi dibanding jenis nanas lainnya. Ibu hamil membutuhkan setidaknya 600 mikrogram folat tiap hari dan nanas bisa membantu memenuhinya. Tentu dibantu dengan sumber makanan lainnya. 

Sementara antioksidan bisa membantu meredakan inflamasi selama kehamilan. Kadar vitamin C nanas juga sangat tinggi, bahkan hampir memenuhi kebutuhan harian ibu hamil. Selain itu, nanas mengandung zat besi, magnesium, mangan, dan vitamin B6. 

Nanas yang disarankan adalah nanas yang benar-benar asli, bukan yang sudah dikemas dalam kaleng. Di Indonesia sendiri, nanas sangat mudah ditemukan di pasar dan Sedulur tidak perlu memilih nanas kalengan yang umumnya hanya dijual untuk kebutuhan impor. Harga nanas muda maupun matang pun sangat murah. Jadi, tak perlu ragu membelinya di pasar untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Sedulur yang sedang hamil. 

BACA JUGA: 8 Manfaat Kurma Muda yang Baik untuk Program Hamil

4. Cara mengonsumsi nanas di masa kehamilan 

bagaimana rasanya nanas muda
unsplash.com
  • Nanas tentu harus dicuci bersih setelah dikupas dan bagian mata-matanya harus benar-benar dibersihkan secara seksama. 
  • Makan dalam jumlah wajar, sebab nanas mengandung bromelain yang sebenarnya tidak disarankan untuk ibu hamil. Namun, kadarnya sangat rendah jadi tetap aman. Bromelain ini yang membuat nanas jadi pemicu diare dan rasa tak nyaman pada perut. Tenang, kramnya tidak berhubungan dengan janin, kok Sedulur. Meski ini yang jadi awal mula orang menyakini bahwa seseorang yang mengonsumsi nanas akan mengalami keguguran.  
  • Hati-hati dengan reaksi alergi yang bisa ditimbulkan nanas. Biasanya alerginya berkaitan dengan lateks. Jika Sedulur atau bumil memiliki alergi tersebut, nanas lebih baik dihindari. Bukan karena nanasnya yang jadi pemicu keguguran, tetapi reaksi alerginya bisa saja membahayakan janin.  
  • Bagaimana rasanya nanas muda mungkin tidak sesedap yang sudah matang dan manis. Namun, ia bisa dijadikan campuran salad atau dimakan jadi salsa yang segar. Nanas juga bisa diblender untuk membuat jus bersama madu dan buah-buahan lainnya. 

Terjawab sudah kalau nanas bukanlah buah yang menyebabkan keguguran. Hingga sekarang belum ada penelitian ilmiah yang bisa membuktikannya, pun tidak ada bukti nyata soal berapa lama reaksi nanas muda dan ragi untuk menggugurkan kandungan. Jadi, Sedulur tidak perlu ragu untuk memakan buah ini dalam keadaan hamil sekalipun. 

Nah, selain nanas, bumil juga butuh asupan nutrisi lain dari bahan makanan segar amaupun kering. Biar makin praktis dan meringankan beban bumil, belanja saja semua di Aplikasi Super!