Berikut ini beberapa kandungan madu yang dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat!

Madu selain bermanfaat untuk melengkapi berbagai rasa minuman dan makanan, terdapat juga manfaat madu untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah manfaat madu untuk wajah. Dengan mengkonsumsi madu secara rutin, Sedulur akan bisa merasakan manfaat madu untuk kecantikan.

Berbagai manfaat di atas, didapatkan dari kandungan madu yang beragam yang baik untuk tubuh. Bukan hanya untuk tubuh secara keseluruhan, madu juga baik untuk kesehatan wajah. Bagi Ibu Super yang tengah dalam program hamil, terdapat madu penyubur kandungan yang bisa Ibu Super konsumsi.

Lantas apa saja daftar kandungan madu yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan imunitas tubuh tersebut? Mari kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Minum Air Lemon dan Madu

Berbagai Kandungan Madu yang Dapat Menjaga Kesehatan

1. Karbohidrat Untuk Menambah Energi

1. Karbohidrat Untuk Menambah Energi
tempo.co

Bahan utama pembuat madu adalah nektar. Nektar sendiri terdiri dari sukrosa dan air. Ketika lebah mengambil madu dari saripati bunga, lebah menambah enzim yang kemudian menciptakan senyawa kimia tambahan dan membuat nilai gizi madu menjadi karbohidrat.

Karbohidrat sebagai kandungan madu sangat baik untuk menambah energi. Saat Sedulur menambahkan madu pada setiap makanan yang Sedulur konsumsi akan dapat menambah energi bagi tubuh Sedulur. Terutama ketika Sedulur akan berolahraga, madu akan sangat efektif menambah jumlah energi dalam tubuh Sedulur.

2. Kandungan Gula Murni

2. Kandungan Gula Murni
kontan.co.id

Madu mengandung 80% gula alami yang terdiri dari fruktosa dan glukosa. Kandungan tersebut membuat madu memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan gula pasir biasa. Gula alami pada madu sangat baik untuk kesehatan tubuh, makanya sangat cocok digunakan sebagai penambah rasa pada makanan atau minuman yang Sedulur konsumsi. Kandungan madu murni yang bermanfaat ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

3. Air dalam Madu Untuk Melembabkan

3. Air dalam Madu Untuk Melembabkan
detik.com

Air merupakan kandungan madu untuk wajah. Madu mengandung 18% air yang melengkapi kandungan gizi yang ada pada madu itu sendiri. Lengkapnya kandungan madu bermanfaat untuk organ dalam tubuh. Terlebih untuk melembabkan kulit dan dapat membuat kulit lebih halus dan lembut.

Baca Juga: 6 Manfaat Madu Untuk Wajah Lebih Cerah Alami & Glowing

4. Mineral dan Vitamin Untuk Metabolisme

4. Mineral dan Vitamin Untuk Metabolisme
grid.id

Mineral merupakan kandungan madu hutan, selain itu kandungan vitamin madu. Kandungan tersebut dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kuat. Bukan hanya itu, madu dapat mencegah obesitas dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Sedangkan, vitamin yang terkandung di dalam madu adalah B6, thiamin, niacin, riboflavin, asam pantotenat dan asam amino. Kamu juga bisa menemukan kandungan mineral di dalam madu, seperti kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium dan seng.

5. Antioksidan Untuk Kesehatan Kulit

5. Antioksidan Untuk Kesehatan Kulit
pikiran-rakyat.com

Madu sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit karena memiliki kandungan antioksidan seperti asam fenolik dan flavonoid, yang bebas dari lemak dan kolesterol. Hal tersebut memberikan manfaat madu untuk kecantikan, dan Sedulur bisa menggunakan madu untuk merawat kesehatan kulit.

Selain itu, madu juga bisa sangat baik Sedulur gunakan untuk mencegah penuaan dini dan dapat membuat kulit Sedulurt tetap segar dan awet muda. Bagi Sedulur yang mendambakan tubuh yang segar dan awet muda, Sedulur bisa mengkonsumsi secara rutin madu untuk kepentingan Sedulur setiap harinya.

6. Kandungan Kalori yang Seimbang

6. Kandungan Kalori yang Seimbang
liputan6.com

Kalori juga merupakan kandungan madu. Madu memiliki kandungan kalori yang seimbang. Setiap satu sendok makan madu mengandung 64 kalori, hal tersebut mengandung jumlah yang banyak dibandingkan dengan satu sendok makan gula pasir, yang hanya mengandung 46 kalori. Namun, meskipun lebih banyak, kandungan kalori dalam madu didukung oleh mineral dan vitamin juga antioksidan.

7. Kandungan Glycemic Index (GI)

7. Kandungan Glycemic Index (GI)
tirto.id

Glycemic Index merupakan salah satu kandungan madu yang baik untuk kesehatan tubuh. Sedulur mungkin masih sangat asing dengan istilah kandungan ini. Kandungan ini berarti daya serap gula yang terdapat dalam madu yang dapat diserap secara bertahap dan masuk dalam aliran tubuh yang dapat membantu proses pencernaan lebih baik.

Setiap makanan yang mengandung Glycemic tinggi akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Sementara dalam madu, kandungan Glycemic seimbang dan dapat mendorong pelepasan insulin yang tinggi dalam tubuh.

8. Antibakteri dan Antiseptik

5. Detoksifikasi dan Mencegah Penyakit Kulit
pngdownload.id

Kandungan madu yang terakhir adalah antibakteri dan antiseptik. Madu mengandung sifat antioksidan, antibakteri dan antiseptik yang dapat membersihkan pori-pori wajah serta menghilangkan komedo pada kulit wajah. Dengan membersihkan pori-pori wajah secara rutin, Sedulur juga bisa mencegah wajah berjerawat dan akan semakin percaya diri.

Selain dapat mencerahkan wajah dengan madu, dengan menggunakan madu sebagai masker wajah secara rutin, Sedulur juga dapat membersihkan pori-pori wajah. Pori-pori wajah yang kotor akan menyebabkan beberapa masalah pada wajah, di antaranya komedo dan jerawat.

Semoga daftar manfaat dan kandungan madu yang telah dijelaskan diatas bisa menambah pengetahuan Sedulur untuk dapat menjaga dan merawat kecantikan terutama kesehatan kulit wajah lebih optimal dan maksimal lagi. Sedulur juga harus menyediakan madu sebagai persediaan agar bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah yang telah dijelaskan di atas.

Sedulur bisa membeli madu dengan harga mudah dan kualitas terbaik dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk cek secara langsung, jangan lupa juga download Aplikasi Super dan mulai gunakan Aplikasi Super agar hari-hari Sedulur berjalan dengan mudah dan menguntungkan.