Yuk, simak manfaat lobak putih yang bisa memberikan kebaikan untuk tubuh dan kesehatan di bawah ini!

Lobak putih merupakan buah yang identik dengan makanan khas Jepang. Namun, saat ini lobak telah banyak ditemui di Indonesia, karena telah berhasil dibudidaya dan dijual di Indonesia. Terdapat beberapa jenis lobak, mulai dari lobak putih, lobak merah, lobak ungu dan lobak hitam.

Namun yang umum dijumpai dipasaran adalah lobak putih. Karena selain lebih mudah dibudidayakan, lobak putih juga memiliki rasa yang cenderung manis dan agak pedas. Kandungan lobak berwarna putih yaitu asam folat, vitamin C, Kalium, Kalsium dan juga mengandung cairan yang tinggi.

Hal tersebut membuat terkandung beragam manfaat lobak putih, mulai dari manfaat lobak putih untuk kesehatan, manfaat lobak untuk bayi dan segudang manfaat sayur lobak dan khasiat lobak putih lainnya. Jika diolah dengan beberapa bahan juga akan semakin menambah manfaat, seperti misal manfaat lobak putih dan nanas.

-->

Banyak cara mengkonsumsi lobak putih, bisa dimasak menjadi makanan, diminum dan dibuat menjadi jus, dan cara mengolah tanaman lobak putih lainnya. Salah satu manfaat yang dikenal luas adalah manfaat lobak putih untuk batu ginjal. Namun ada manfaat lainnya, yuk mending kita langsung simak saja ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Punya Hewan Peliharaan

Daftar Segudang Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan Tubuh

1. Menghemat Sel Darah Merah

1. Menghemat Sel Darah Merah
liputan6.com

Sel darah merah merupakan bagian penting dalam tubuh, yang membuat tubuh dapat bergerak dan juga mengantarkan segala nutrisi dan vitamin yang dikonsumsi. Darah juga merupakan bagian vital dalam tubuh yang dipompa oleh jantung dan dialirkan ke sekujur tubuh.

Manfaat pertama dari lobak putih adalah dapat menghemat sel darah merah. Lobak diketahui dapat mengendalikan kerusakan sel darah merah yang terjadi dalam tubuh, dan dalam proses mengendalikan kerusakan sel darah merah tersebut, dapat terjadi peningkatan suplai oksigen ke dalam darah. Sel darah merah pun akan tetap dalam kondisi baik dan tubuh tetap sehat.

2. Kaya Akan Serat

2. Kaya Akan Serat
suara.com

Sudah bukan rahasia lagi jika sebuah sayuran dan buah-buahan mengandung serat yang tinggi. Termasuk juga lobak putih yang mengandung kaya akan serat. Dengan mengkonsumsi sedikit lobak dapat memberikan asupan serat yang tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lobak menyediakan serat yang cukup untuk sistem tubuh, sehingga dapat meningkatkan kerja pencernaan. Terutama mengatur produksi empedu, melindungi hati dan kantong empedu. Untuk menjaga retensi air dalam tubuh, mengkonsumsi lobak yang kaya akan serat sangat baik.

3. Dapat Melindungi Jantung

3. Dapat Melindungi Jantung
detik.com

Lobak putih mengandung anthocyanin dan merupakan sumber utama dari kandungan tersebut. Kandungan tersebut juga dapat membuat organ vital seperti jantung berfungsi dengan baik dan dapat mencegah risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, vitamin C, asam folat dan flavonoid dalam lobak juga terdapat cukup tinggi sehingga dapat membuat organ dalam tubuh tetap sehat dan tetap berfungsi dengan baik. Salah satu cara menjalankan hidup sehat adalah dengan mengkonsumsi lobak.

Baca Juga: 10 Manfaat Tanaman Lidah Mertua & Cara Merawatnya

4. Mengontrol Tekanan Darah

4. Mengontrol Tekanan Darah
alodokter.com

Kandungan kalium dalam lobak putih sangat baik untuk menurunkan tekanan darah dan juga menjaga aliran darah tetap stabil dan normal. Konsumsi lobak secara teratur akan sangat berdampak baik bagi para penderita hipertensi, karena salah satu manfaat lobak adalah memberikan efek kontrol darah.

Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat berpotensi menderita penyakit parah lain, seperti penyakit stroke dan serangan jantung. Stroke dan serangan jantung merupakan penyebab tertinggi kematian di dunia. Agar tetap sehat, mulai konsumsi lobak secara rutin dan teratur.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
kompas.com

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lobak putih dapat melindungi tubuh dari flu, batuk ringan, dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Di tengah kondisi dunia yang sedang diterpa virus corona, kekebalan tubuh yang kuat merupakan hal penting agar dapat sehat dan terhindar dari penularan virus corona.

Selain itu, jika Sedulur mengkonsumsi lobak putih secara teratur, tubuh Sedulur dapat mengontrol perkembangan radikal bebas yang berbahaya, dan juga dapat mencegah peradangan, penuaan dini dan permasalah kulit lainnya.

6. Menjaga Pembuluh Darah

6. Menjaga Pembuluh Darah
wowkeren.com

Karena lobak putih dapat memberikan manfaat untuk menjaga sel darah merah, lobak juga dapat menjaga pembuluh darah. Lobak memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen yang pada akhirnya dapat meningkatkan kerja pembuluh darah dan memastikan pembuluh darah terhindar dari penyakit aterosklerosis.

Pembuluh darah merupakan bagian dalam tubuh yang berfungsi untuk mengalirkan darah dalam tubuh setelah dipompa oleh jantung. Konsumsi rutin lobak mulai dari sekarang. Agar organ dalam tubuh tetap sehat dan dapat berfungsi secara optimal.

7. Baik untuk Sistem Pencernaan

7. Baik untuk Sistem Pencernaan
kumparan.com

Sistem pencernaan atau metabolisme dalam tubuh merupakan bagian yang tidak kalah penting untuk kepentingan tubuh. Setiap makanan yang dikonsumsi akan dapat berfungsi baik untuk bagi tubuh ketika sistem pencernaan memiliki peran yang sangat baik dan optimal.

Lobak merupakan jenis tumbuhan yang termasuk dalam umbi-umbian. Umbi-umbian dikenal sangat baik untuk meningkatkan sistem pencernaan. Selain itu, lobak juga baik untuk memperbaiki obesitas, masalah lambung dan rasa mual yang diderita akibat permasalahan sistem pencernaan.

8. Kaya Akan Nutrisi

8. Kaya Akan Nutrisi
tribunnews.com

Kandungan nutrisi pada lobak putih adalah Vitamin E, A, C, B6, dan K. Selain itu, lobak juga mengandung antioksidan, serat, zinc, kalium, fosfor, magnesium, tembaga, kalsium, zat besi dan mangan tinggi. Setiap nutrisi dan gizi yang terkandung dalam lobak tersebut dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Tubuh akan tetap terjaga kesehatannya dan tetap terjaga dalam kondisi yang fit dan sehat. Di tengah aktivitas pekerjaan dan juga kegiatan yang membutuhkan banyak kerja fisik, dengan mengkonsumsi lobak akan terus terjaga kondisinya.

9. Baik untuk Kulit dan Rambut

9. Baik untuk Kulit dan Rambut
popmama.com

Lobak putih juga sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Dengan mengkonsumsi jus lobak setiap harinya akan memberi nutrisi khusus bagi kulit agar tetap sehat. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C, zinc, dan fosfor yang terdapat pada lobak dapat menjaga kulit dari kekeringan, jerawat dan ruam pada kulit wajah.

Konsumsi lobak secara rutin, baik dengan cara diminum dengan dijadikan menjadi jus, atau juga dikonsumsi menjadi sayuran, dapat membuat rambut tetap sehat, terhindar dari segala permasalahan rambut seperti rambut rontok, rambut bercabang, ketombe dan juga memperkuat akar rambut. Hal ini tentu saja diinginkan oleh setiap dari kita, terutama kaum hawa.

10. Mencegah Dehidrasi

10. Mencegah Dehidrasi
alodokter.com

Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Bisa diakibatkan oleh aktivitas gerak tubuh yang tinggi, atau juga kurang banyak minum air putih sebagai asupan yang cukup untuk tubuh. Dehidrasi bisa menimbulkan banyak penyakit, dan tentu saja bisa membuat tubuh lemas.

Bagi Sedulur yang rutin mengkonsumsi lobak saat musim panas atau musim kemarau, Sedulur akan mampu membuat tubuh tetap terhidrasi dan terhindar dari dehidrasi. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan lobak yang tinggi akan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

11. Menurunkan Berat Badan

11. Menurunkan Berat Badan
elevenia.co.id

Jika Sedulur sedang dalam proses diet dan berniat untuk menurunkan berat badan dan memiliki bentuk tubuh yang ideal, mengkonsumsi lobak putih secara teratur merupakan pilihan yang tepat. Dengan konsumsi lobak secara rutin dapat membantu Sedulur untuk menurunkan berat badan, hal tersebut disebabkan oleh kandungan serat yang tinggi dalam lobak.

Serat yang terdapat dalam lobak akan lewat tanpa proses pencernaan sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, fungsi serat juga untuk melancarkan kerja pencernaan agar lebih lancar lagi.

12. Sistem Kardiovaskular

12. Sistem Kardiovaskular
prodia.co.id

Manfaat lobak putih selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Kandungan antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan juga mencegah risiko serangan jantung dan stroke turut serta menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Kandungan flavonoid dalam lobak juga akan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

13. Mencegah Kanker

13. Mencegah Kanker
merdeka.com

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam lobak, serta kandungan vitamin C, E, selenium dan beta karoten dapat membuat tubuh terhindar dari risiko penyakit kronis, salah satunya adalah penyakit kanker. Selain itu, lobak juga mengandung serat makanan yang tinggi, serat makanan yang tinggi dapat memberikan efek perlindungan yang baik agar terhindar dari penyakit kanker usus.

14. Baik Untuk Penderita Diabetes

14. Baik Untuk Penderita Diabetes
kompas.com

Lobak juga sangat baik untuk penderita diabetes. Lobak merupakan salah satu sayuran yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena indeks glikemik yang terdapat dalam lobak tergolong rendah. Indeks glikemik yang rendah tidak akan meningkatkan kadar gula tinggi dalam tubuh yang berbahaya bagi para penderita diabetes.

15. Mencegah Kerusakan Organ Hati

15. Mencegah Kerusakan Organ Hati
suara.com

Manfaat terakhir dari lobak putih yang dibahas dalam kesempatan ini adalah dapat mencegah kerusakan organ hati. Kandungan enzim yang tinggi pada lobak berfungsi mengaktivasi hepatoprotektif. Fungsi hepatoprotektor dalam lobak tersebut dipercaya dapat menangkal kerusakan organ hati. Organ hati merupakan organ penting untuk mengeluarkan racun dalam tubuh yang berasal dari asupan makanan dan minuman.

Agar tetap sehat dan tidak terkena penyakit yang disebabkan oleh racun, maka fungsi hati harus tetap dijaga dan terus ditingkatkan fungsinya. Masih banyak lagi manfaat dari lobak yang baik untuk tubuh. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur tentang fungsi sayuran dan asupan makanan lainnya.

Sedulur bisa membeli lobak sebagai persediaan agar bisa merasakan manfaat dan tetap menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi sayur lobak secara rutin. Sedulur bisa mendapatkan sayur lobak dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur akan mendapatkan keuntungan dan kemudahan

Aplikasi Super menyediakan berbagai sayuran dan buah-buahan agar hidup Sedulur bisa lebih sehat lagi. Sedulur bisa klik di sini untuk melihat langsung kelengkapan barang yang ada di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super di smartphone, Sedulur bisa klik di sini untuk download terlebih dahulu.

Belanja kebutuhan sehari-hari menggunakan smartphone akan membuat hidup Sedulur menjadi super mudah dan lebih praktis lagi. Sedulur tidak perlu repot keluar rumah dan menghabiskan banyak waktu untuk membeli kebutuhan sehari-hari, cukup gunakan Aplikasi Super, dan tunggu pesanan tiba di rumah Sedulur.