Ingin memiliki tanaman hias dengan segudang manfaat? Sedulur bisa menggunakan tanaman lidah mertua. Yuk, simak penjelasan manfaatnya di bawah ini.

Rumah akan menjadi lebih indah dan lebih bersih dengan menyimpan tanaman hias. Baik di dalam atau di luar rumah. Salah satu tanaman yang menarik yang bisa memberikan manfaat dan juga indah digunakan sebagai tanaman hias adalah tanaman lidah mertua.

Terdapat segudang manfaat lidah mertua, mulai dari daun lidah mertua hingga kandungan lidah mertua. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa manfaat lidah mertua tumbuhan jika digunakan sebagai tanaman hias. Apakah tumbuhan lidah mertua bisa memberikan kebaikan untuk rumah? Yuk langsung saja kita simak penjelasan mengenai manfaat  tanaman hias lidah mertua di bawah ini.

Baca Juga: Mudah Banget, Begini Cara Budidaya Kacang Panjang

-->

Segudang Manfaat Tanaman Lidah Mertua dan Cara Merawatnya!

1. Pembersih Udara Alami

1. Pembersih Udara Alami
detik.com

Menanam lidah mertua sebagai hiasan rumah sangat bermanfaat, karena tanaman lidah mertua dan manfaatnya sebagai pembersih udara alami dapat membuat kualitas udara di rumah Sedulur menjadi lebih baik. Tanaman lidah mertua memiliki kemampuan untuk memurnikan udara lebih baik ketimbang tanaman lainnya.

Terutama udara di dalam ruangan, hal tersebut yang membuat tanaman lidah mertua sangat cocok menjadi tanaman hias di dalam ruangan. Selain itu, lidah mertua juga merupakan tanaman yang dapat menyerap karbon monoksida yang berlebihan dalam sebuah ruangan. Sekaligus juga mampu menyaring racun yang terdapat dalam udara.

2. Menghilangkan Polusi Udara

2. Menghilangkan Polusi Udara
alodokter.com

Baik polusi udara di dalam ruangan maupun di luar ruangan dapat dinetralisir oleh tanaman lidah mertua. Lidah mertua dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi udara yang kurang baik. Justru, lidah mertua dapat menyaring dan menghilangkan polusi udara yang membahayakan untuk paru-paru dan pernafasan. Selain itu, tanaman lidah mertua juga dapat mentolerir sinar matahari yang sedikit, sehingga mampu tumbuh dengan baik meski tidak mendapat cukup sinar matahari.

3. Pemasok Oksigen Tinggi

3. Pemasok Oksigen Tinggi
suara.com

Manfaat tanaman lidah mertua selanjutnya yaitu sebagai pemasok oksigen yang tinggi dan melimpah. Lidah mertua merupakan tanaman hias yang bisa memberikan pasokan oksigen yang cukup di dalam ruangan, sehingga dapat memberikan oksigen yang cukup di dalam ruangan.

Polusi udara dan racun yang terdapat dalam udara di ruangan dapat diserap oleh tanaman lidah mertua dan sebagai gantinya dapat mengeluarkan oksigen yang dibutuhkan oleh sebuah ruangan, termasuk rumah.

4. Tanaman Anti-Kanker

4. Tanaman Anti-Kanker
kompas.com

Karena kemampuan lidah mertua menyerap polutan udara beracun, termasuk juga menyerap polutan udara yang berperan sebagai agen penyebab kanker seperti benzena, formaldehida, xilen, dan toluena. Membuat tanaman lidah mertua sebagai sebuah tanaman anti-kanker.

Karena polutan penyebab kanker, bahkan radikal bebas, bisa dinetralkan oleh lidah mertua dan setiap penghuni rumah yang memiliki lidah mertua dapat aman dan terhindar dari kemungkinan terkena kanker.

Baca Juga: Wisata Petik Kurma Pasuruan, Lokasi + Harga Tiket Masuk 2020

5. Menyerap Karbon Dioksida di Malam Hari

5. Menyerap Karbon Dioksida di Malam Hari
popbela.com

Tanaman lidah mertua juga mampu mengurangi karbon dioksida ketika malam hari. Hal tersebut disebabkan oleh Crassulacean Acid Metabolism (CAM). CAM dalam lidah mertua memiliki kemampuan untuk melakukan jenis fotosintesis tertentu yang biasanya dilakukan oleh tanaman kering. Tanaman kering dapat membuka stomata pada malam hari dan meminimalkan kehilangan air dalam kondisi iklim panas. Hal tersebut juga dapat dilakukan oleh lidah mertua.

6. Mampu Menyerap Radiasi

6. Mampu Menyerap Radiasi
bibitbunga.com

Kegunaan dan manfaat lidah mertua selanjutnya yaitu dapat secara aktif membantu penyerapan radiasi, terutama radiasi yang ditimbulkan oleh barang elektronik. Sebagaimana yang telah Sedulur ketahui, setiap rumah saat ini pasti memiliki barang elektronik, dan setiap dari barang elektronik tersebut mampu mengeluarkan radiasi.

Untuk dapat mengurangi radiasi yang ditimbulkan oleh barang elektronik dalam rumah, sangat cocok untuk meletakkan lidah mertua sebagai tanaman untuk menetralisir bahkan menyerap radiasi elektronik yang mungkin saja dapat membahayakan kesehatan tubuh.

7. Menyerap Bebauan Tak Sedap

7. Menyerap Bebauan Tak Sedap
kompas.com

Kadang walaupun Sedulur telah membersihkan rumah dan meletakkan pewangi ruangan, bau tidak sedap bisa saja sering muncul, entah dari mana sumbernya. Untuk dapat meminimalisir bebauan tidak sedap di dalam rumah, Sedulur bisa menanam lidah mertua. Karena Lidah mertua dapat secara efektif menyerap bau tidak sedap.

Karena lidah mertua mengandung aroma wangi yang bisa dikeluarkan, bahkan beberapa parfum terkenal dari Perancis, menggunakan lidah mertua sebagai salah satu bahan membuat parfum. Selain menyerap bebauan, lidah mertua juga dapat memancarkan aroma wangi dan menutup aroma yang tidak sedap.

8. Sebagai Antiseptik

8. Sebagai Antiseptik
honestdocs.com

Kandungan lidah mertua yang sangat tinggi sebagai antiseptik juga dapat digunakan untuk membunuh kuman. Sedulur dapat menggunakan tanaman lidah mertua sebagai antiseptik, karena sifat antiseptik dari lidah mertua memiliki sifat anti racun yang bisa membunuh kuman dan bakteri.

9. Bahan Tonik Untuk Rambut

9. Bahan Tonik Untuk Rambut
detik.com

Sebagaimana lidah buaya, lidah mertua juga bisa menjadi bahan utama yang dijadikan sebagai tonik untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat. Bagi Sedulur yang menginginkan rambut yang lembut, halus dan lurus secara alami, bisa menggunakan gel dari lidah mertua. Oleskan pada rambut secara teratur, diamkan sebentar lalu bilas dengan air hangat. Rambut Sedulur pun dijamin akan lebih alami lagi.

10. Mampu Menyembuhkan Wasir

10. Mampu Menyembuhkan Wasir
kompas.com

Wasir atau ambeien merupakan sebuah penyakit yang menyebalkan. Namun, tenang. Sedulur tidak perlu khawatir, karena lidah mertua merupakan tanaman yang bisa digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan wasir atau ambeien. Selain itu, lidah mertua juga merupakan tanaman yang mampu membuat sistem pembuangan menjadi lebih lancar. Wasir pun akan hilang, tanpa menggunakan obat-obatan kimia.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari tanaman lidah mertua yang telah dijelaskan di atas, Sedulur pasti secara otomatis ingin menanam lidah mertua dalam rumah. Namun, satu hal yang wajib Sedulur perhatikan adalah bagaimana cara melakukan perawatan lidah mertua. Tenang, Superapp.id akan memberikan tips jitu di bawah ini.

Cara Super Mudah Merawat Lidah Mertua

Cara Super Mudah Merawat Lidah Mertua
indozone.com

Karena lidah mertua merupakan jenis tanaman yang tidak terlalu sulit merawatnya, Sedulur hanya perlu memasikan beberapa hal dalam merawat lidah mertua. Pertama, pastikan tanaman lidah mertua mendapatkan sinar matahari yang cukup. Kedua, Sedulur hanya perlu menyiram lidah mertua sebanyak 2 kali selama seminggu.

Cara merawat lidah mertua yang ketiga, Sedulur cukup memberikan pupuk organik sedikit saja agar dapat membuat tanaman sehat dan memiliki tanah yang subur. Terakhir yang paling penting, jangan lupa untuk membersihkan gulma, jika Sedulur mendapati terdapat gulma pada lidah mertua. Karena gulma merupakan parasit yang akan merusak tanaman.

Semoga daftar manfaat dan cara merawat lidah mertua di atas bisa memberikan panduan bagi Sedulur untuk dapat merawat rumah lebih nyaman dan memiliki udara yang lebih sehat. Jangan lupa juga untuk memastikan rumah Sedulur memiliki bahan makanan yang lengkap.

Bagi Sedulur yang ingin membeli perlengkapan untuk merawat rumah dan juga perlengkapan dapur, Sedulur bisa beli di Aplikasi Super. Sedulur bisa langsung klik di sini untuk melihat kelengkapan barangnya. Sedulur juga bisa download Aplikasi Super dengan klik di sini, jika ingin lebih mudah lagi. Selamat mencoba!