kipas angin

Meski sudah ada air conditioner atau AC, kipas angin ternyata belum sepenuhnya ditinggalkan manusia. Buktinya, keberadaannya masih bisa Sedulur lihat di berbagai ruangan di dunia. Tak sedikit kamar-kamar kos yang menunjukkan eksistensinya di sudut kamar atau samping meja kerja. 

Meski terlihat bak artefak masa lalu, kipas ini memang punya fungsi yang handal untuk menangkal rasa gerah. Kini gawai rumah tangga ini juga didesain dengan berbagai bentuk yang jauh lebih modern.Kalau sedang mempertimbangkan punya benda ini untuk teman rebahanmu di kamar, silakan tengok belasan rekomendasi kipas angin terbaik 2022 berikut ini. 

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Sofa Minimalis Terbaik, Cocok untuk di Rumah

Tipe-tipe kipas angin 

rekomendasi kipas angin berdiri
Pexels

Sebelum ke rekomendasi kipas angin terbaik, ada baiknya kita kenali dulu berbagai tipe yang beredar di pasaran. Biar momen memilihmu lebih mudah dan cepat. 

-->
  • Kipas angin berdiri tentunya tidak asing buat Sedulur. Ia dijuluki pula floor fan karena bisa diletakkan di atas lantai langsung. Ia didesain dengan kaki-kaki yang tak seberapa tinggi, tetapi memungkinkannya berdiri tegak di atas lantai. Kipas seperti ini biasanya berukuran cukup besar dan bisa menjangkau area yang lebih luas. 
  • Kipas angin meja juga sering ditemukan di rumah-rumah Indonesia. Ia berukuran lebih kecil dan memang ditujukan untuk diletakkan di atas meja atau rak. Cakupannya lebih sempit dan ditujukan untuk menjangkau area sekitar lokasi ia berada.
  • Kipas angin dinding atau wall mounted fan adalah kipas yang cara pasangnya adalah dengan menempelnya di dinding dengan bantuan mur atau paku. Pemasangan macam ini membuat lokasinya permanen, tidak untuk dipindah-pindah. 
  • Tower fan merupakan jenis kipas dengan bentuk seperti tugu balok yang berdiri secara vertikal. Ia terlihat lebih modern dengan blade yang tidak terlihat. Tower fan banyak dipakai untuk acara-acara di dalam aula kecil atau luar ruangan. 
  • Pedestal fan merupakan jenis yang paling umum kita temukan. Ukurannya kepala kipasnya besar dan disangga dengan tiang yang kokoh. Ia jenis yang klasik dan sampai sekarang masih diproduksi, kok. 
  • Bladeless fan merupakan kipas kekinian yang didesain tanpa blade atau baling-baling sama sekali. Cara kerjanya dengan menyedot udara dan melepaskannya kembali melalui sistem vakum. Ia bisa membuat tampilan rumah jadi lebih elegan, tanpa mengurangi fungsinya menyejukkan ruangan. 
  • Ceiling fan tentunya tak asing pula bagi kita. Ia banyak dipakai di ruangan-ruangan besar seperti aula atau ruang tunggu kantor pelayanan umum. Beberapa rumah juga menggunakannya. Letaknya yang tinggi membuat jangkauan kipas ini pun lebih luas pula. 
  • Industrial fan adalah kipas yang memiliki banyak fungsi. Tidak hanya menghasilkan angin dari baling-baling, ia dipakai untuk membersihkan udara dan memperlancar sirkulasi udara di ruangan. 
  • Misting fan memiliki ciri khusus yang membuatnya spesial yaitu kemampuannya mengeluarkan uap air dingin sehingga menambah kelembaban dan kesejukan. Kipas jenis ini biasa dipakai di luar ruangan, tetapi ada beberapa model yang didesain untuk penggunaan indoor. Untuk penggunaan dalam ruangan, sebagian menggunakan istilah humidifier. 
  • Hand fan alias portable fan adalah jenis kipas yang bisa dibawa-bawa dengan tangan karena ukurannya kecil dan memiliki pegangan yang pas untuk digenggam dengan satu tangan. Jenis kipas ini sangat populer belakangan ini. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Pisau Dapur Terbaik, Murah & Berkualitas

Setelah tahu berbagai tipe kipas, langsung saja simak belasan rekomendasi kipas angin berdiri dan model lainnya yang dianggap terbaik oleh banyak pengguna. 

1. Ecolux Eco-185 COCO Wood Oak

merk kipas angin terbaik
Tokopedia

Dengan desain yang minimalis dan warna kayu ek yang menawan, ia bisa jadi salah satu pilihan kipas angin industrial terbaik saat ini. Dibanderol dengan harga Rp5 jutaan, ia bisa dipasang di ruang tengah untuk menyejukkan udara sekaligus membuat ruangan tampak lebih elegan. Jika Sedulur punya rumah yang banyak menggunakan elemen alam seperti kayu, semen, dan batuan, kipas ini bakal jadi komplemen yang sempurna. 

2. Ecolux Eco-065 Geranium Black 

kipas angin terbaik 2022
Tokopedia

Untuk kamar yang tak seberapa besar, Sedulur bisa melirik jenis kipas angin gantung yang satu ini. Ia jadi satu dengan kap lampu, sehingga terkesan praktikal. Satu barang, dua fungsi sekaligus. Hemat tempat dan biaya. Satu itemnya mereka banderol dengan harga Rp2 jutaan. Desainnya juga modern, makin elegan dengan warna hitam yang kece. 

3. Miyako KAD 06

rekomendasi kipas angin tidak berisik
Lazada

Dinamai demikian karena diameter kipasnya hanya sekitar 6 inci. Mungil dengan rangka besi yang kokoh dan bisa diandalkan. Kipas dari Miyako ini bisa diletakkan di lantai, meja, atau rak karena cukup kecil ukurannya. Harganya juga menggoda, kurang dari Rp100 ribuan. Sungguh idaman anak kos. 

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Obat Batuk Anak Alami yang Aman & Manjur

4. Kangaroo Misty Fan KG 558

kipas angin industrial terbaik
Shopee

Buat yang mencari misting fan atau kipas dengan uap air yang sejuk, beberapa produk dari jenama Kangaroo bisa dilirik. Modelnya sebenarnya klasik dengan baling-baling dan rangka kipas bulat yang disangga dengan tiang. Tiangnya agak bulky karena memang dipakai untuk menyimpan air isi ulang. Sedulur bisa mendapatkan humidifier ini dengan harga Rp1 jutaan. Silakan pilih desain yang paling disuka, bayar, dan nikmati fungsinya. 

5. ACE Kipas Angin Dinding dengan Remote

rekomendasi kipas angin dinding
Rupa Rupa

Rekomendasi kipas angin dinding pertama datang dari ACE yang merilis kipas berdesain minimalis ini. Ukurannya ideal untuk ruang tengah maupun kamar tidur, tidak begitu besar dan tidak kelewat kecil. Setelah dipasang di dinding, Sedulur bisa mengontrolnya melalui remote yang sudah disertakan pada tiap kemasan. Harganya ada di angka Rp800 ribuan. 

6. Cosmos Wall Fan + Remote 16 WFCR 

Blibli

 

Sesuai namanya, produk ini berukuran diameter 16 inci dengan pemasangan ditempel di dinding. Sudah jadi satu dengan remote control yang memudahkan pengguna mengatur intensitas kipas. Menariknya, harga kipas ini di bawah Rp300 ribu. Murah dan lumayan awet. Desain dan warnanya pun netral, nggak norak apalagi mengganggu pemandangan. 

7. Xiaomi Youpin Happy Life 3 in 1 Mini Cooling Bladeless Fan Humid 

rekomendasi kipas angin meja
Blibli

Dengan model yang futuristik, kipas dari Xiaomi bisa jadi pilihanmu, Sedulur. Walau berharga ekonomis, Rp300 ribuan, ia punya fungsi humidifier selain kipas dan pembersih udara. Lumayan kokoh dari segi material, hanya saja ada yang menganggap kekuatannya kurang besar sehingga tak maksimal  menyejukkan ruangan. Mungkin ia lebih ideal diletakkan di ruang yang tak seberapa besar, misal di area meja belajar di kamar. 

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Rice Cooker Kualitas Terbaik

Senus bisa jadi rekomendasi kipas angin tidak berisik yang tak akan mengganggu pemandangan. Ia bisa diletakkan di atas meja atau lantai karena ukurannya cukup kecil. Bisa ditenteng dengan mudah pula tanpa masalah berarti. Dayanya juga sangat rendah dengan kekuatan yang oke. Untuk memilikinya Sedulur perlu menyiapkan dana sebesar Rp2 jutaan. 

9. Kadonia Kipas Angin Lipat 

Kadonia Kipas Angin Lipat 
Tokopedia

Dengan fitur foldable, kipas angin dari Kadonia ini bisa diletakkan di lantai atau meja dengan ketinggian yang diinginkan. Harganya yang paling menggiurkan, hanya Rp 180 ribuan saja. Bisa kurang kalau lagi promo di marketplace. Cocok nih buat penghuni ruangan sempit seperti kamar kos. 

10. Smartmi Standing Fan 

Smartmi Standing Fan 
Alibaba

Dengan desain minimalis dan warna putih yang netral. Kipas dari Smartmi dilengkapi fitur cordless, sehingga tidak perlu dicolok ke listrik selama pemakaian. Bisa dipindah-pindah dan dibawa piknik. Ia juga bisa dikontrol melalui aplikasi di ponsel pintar. Untuk harganya, Sedulur silakan siapkan dana Rp 2 jutaan.

11. KIVEE mini fan 

KIVEE mini fan
Lazada

 

Buat Sedulur yang mencari kipas portable yang bisa digenggam tangan dan dibawa di dalam tas, mini fan dari KIVEE bisa jadi solusi yang melegakan hati. Ada banyak opsi warna yang bisa dipilih. Paling menarik tentu harganya yang hanya Rp40 ribuan saja. Baterai bisa diisi ulang dengan USB receiver apa saja seperti ponsel Android. 

BACA JUGA: 11 Panci Listrik Terbaik, Watt Kecil dan Murah

12. Windland portable fan HRFS02WT

Windland portable fan HRFS02WT
Shopee

Rekomendasi kipas angin meja datang dari Winland yang menawarkan jenis kipas yang bisa ditekuk dan disimpan dalam rak sempit. Gagang atau tiangnya bisa diatur ketinggiannya sesuai kebutuhan. Desainnya juga menarik, khas Skandinavia yang minimal dan tak banyak aksesoris. Ramping dan anggun saat digunakan. Harganya Rp500 ribuan, Sedulur. Tak heran mengingat, kipas ini dibuat dengan material besi yang kokoh tetapi tetap ringan. 

13. Memoo Kipas Angin Humidifier Rechargeable 

Memoo Kipas Angin Humidifier Rechargeable 
Rupa Rupa

Dengan desain retro yang unik dan mungil, ia bisa jadi rekomendasi kipas angin meja buat kos atau kantor Sedulur, nih. Dilengkapi dengan humidifier, Sedulur bisa mengisi ulangnya dengan air saat dibutuhkan. Ia juga didesain tanpa kabel, jadi menggunakan sistem pengisian daya. Sangat praktis dan bisa dibawa ke mana-mana. Mudik, kemah, piknik, apa saja boleh. 

14. Miyako Kipas Angin Tornado Fan KLB 18

Miyako Kipas Angin Tornado Fan KLB 18
Shopee

Dibuat dengan bahan dasar besi bahkan di bagian baling-balingnya. Kipas ini kuat dan handal, Sedulur tidak perlu khawatir ia akan lapuk karena paparan matahari atau cuaca lainnya. Ukurannya juga besar, kesejukannya bisa menggapai seluruh ruangan walaupun dayanya tidak besar hanya 90 watt. Ia ideal diletakkan di atas rak atau di lantai saja. 

15. Air Cooler Denpoo AR-1209 XF 

Air Cooler Denpoo AR-1209 XF 
Tokopedia

Dengan volume 8 liter, ia akan bekerja lebih lama membuat ruangan lebih sejuk dan lembab. Dilengkapi dengan remote control, pendingin ruangan ini hanya berdaya 65 watt. Jauh kalau dibandingkan dengan AC. Bentuknya minimalis dengan layar sentuh dan tidak terlalu bulky, bisa diletakkan di sudut ruangan saja tanpa mengganggu aktivitas penghuni ruangan. 

16. Panasonic Stand Fan ES404 

Panasonic Stand Fan ES404 
Blibli

Dengan harga yang jauh lebih murah, Sedulur bisa mendapatkan kipas angin berdiri dari Panasonic. Harganya hanya Rp700-800 ribuan dengan desain yang netral. Meski berjenis pedestal, ia tampak minimalis dan warna putihnya yang nyaman di mata. Sedulur tinggal pilih warna aksen yang dimau untuk menambah kemeriahan ruangan. Sebagai salah satu merek elektronik yang terpercaya dengan pengalaman bertahun-tahun, barang-barang Panasonic terkenal awet. 

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Wajan Keramik Anti Lengket Terbaik Tahun 2021

Kelebihan kipas dibanding AC 

Kelebihan
Pexels

Meski sama-sama berfungsi mendinginkan udara di ruangan dan menurunkan temperatur, kipas angin dan AC memiliki beberapa perbedaan mendasar yang mungkin membuat orang condong ke salah satunya. Namun, kipas memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut. 

  • Lebih praktis dan mudah dirakit dibanding AC. AC mendinginkan udara di ruangan dengan menghisap udara panas di ruangan yang kemudian diolah melalui proses evaporasi dan kondensasi agar bisa menghasilkan udara yang lebih dingin di dalam ruangan, sementara udara sisa dibuang ke luar ruangan. Ini membuat perangkat AC lebih kompleks dibanding kipas.
  • Lebih hemat daya. Beda dengan kipas angin yang dayanya kurang dari 100 watt, AC membutuhkan daya sampai 4-9 kali lipatnya. Ia tentu tidak ramah untuk rumah yang hanya memiliki voltase 900VA ke bawah. 
  • Bisa dipindah sesuai kebutuhan. Tidak dipasang permanen, kecuali ia berupa kipas gantung atau yang ditempel di dinding. 

Kelemahan kipas angin 

Kelemahan
Pexels

Namanya barang pasti punya kelemahan yang tidak terelakkan. Ini beberapa kelemahan kipas angin yang juga harus Sedulur masukkan dalam pertimbangan. 

  • Tidak seberapa efektif bila udara sangat panas dan lembap. AC akan lebih berdampak dan nyaman di udara yang lebih panas. Suhu yang bisa diatasi kipas angin adalah sekitar 35 derajat Celcius, lebih dari itu, ia tidak akan membawa dampak nyata dalam mengatasi rasa gerah. 
  • Tidak ideal diletakkan terlalu dekat dengan muka atau tubuh karena angin bisa membuat kulit terlalu kering. Beberapa juga bisa merasakan rasa tak nyaman seperti mual bila terlalu lama terpapar angin dari kipas. 
  • Jangkauannya terbatas tidak seluas AC. Hanya satu titik atau area tertentu, beda dengan AC yang kesejukannya bisa lebih nyata. 

Tips memilih kipas angin yang tepat 

Tips memilih kipas
Pexels

Untuk memilih kipas angin terbaik, Sedulur bisa menggunakan tips berikut ini. 

  • Material yang dipakai. Kebanyakan kipas angin dengan harga murah menggunakan material plastik yang ringan. Namun, konsekuensinya ia mudah lapuk dan tidak begitu tahan lama. Sebaliknya, material logam dan alumunium memiliki masa pakai yang jauh lebih lama. 
  • Harga juga harus dicermati. Sejauh ini kipas angin ada di harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Kecuali versi mini yang bisa dibanderol dengan harga puluhan ribu. Meski banyak yang menawarkan kipas di bawah Rp40 ribu, Sedulur tetap harus hati-hati. Lebih baik pilih yang agak mahal, tetapi masa pakainya lebih lama. 
  • Cek dan konfirmasi garansi yang ditawarkan toko atau jenama yang bersangkutan. Jangan sampai membeli kipas tanpa garansi jelas. Kalau ada masalah, siapa yang akan tanggung? 
  • Terakhir, tentu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Ini akan membuatmu condong memilih kipas sesuai dengan tipenya. Bisa yang untuk meja, kipas lipat, kipas genggam, kipas untuk acara di luar ruangan, kipas yang sekaligus pelembab udara, dan lain sebagainya. Tentunya setiap orang punya preferensi personal masing-masing yang tidak bisa dibantah. 

Beragam rekomendasi merk kipas angin terbaik sudah dirangkum buat Sedulur. Silakan nih gunakan intuisi dan logika untuk memilih yang terbaik dari ratusan bahkan ribuan produk di toko daring maupun luring. Tetap teliti, sabar, dan jangan ragu bertanya pada penjual atau orang yang sudah berpengalaman daripada tertipu. Segera wujudkan kesejukan di rumahmu sekarang juga. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!