obat batuk anak alami

Batuk adalah penyakit yang sangat umum menjangkiti manusia di segala usia. Tidak peduli muda maupun tua. Apalagi di masa pandemi seperti ini, gejala batuk berkaitan erat dengan COVID-19. Meski bisa saja merupakan bagian dari flu biasa, ada baiknya batuk segera ditangani sebelum jadi masalah yang lebih besar. 

Penanganan paling ampuh memang menggunakan obat-obatan dari perusahaan farmasi. Namun, ada pula cara-cara alami yang bisa dipakai untuk menangani gejala awal batuk. Berikut beberapa rekomendasi obat batuk alami tradisional yang aman untuk anak-anak sekalipun.

BACA JUGA: 16 Minuman Penambah Darah Alami yang Efektif Atasi Anemia

Penyebab batuk

Ada tiga hal yang menyebabkan batuk pada manusia yaitu alergi, virus, dan bakteri. Ketiganya bisa ditangani dengan obat-obatan yang dijual bebas di minimarket dan apotek. Harganya bervariasi tergantung dengan merek dan gejala yang diobati. Ada yang berdahak, kering, atau yang disertai pilek. Jika penyebabnya adalah bakteri, maka antibiotik pun akan diberikan untuk meredakan gejala batuk. Namun, ada pula yang berupa obat batuk alami seperti berikut ini.

-->

1. Madu 

obat batuk anak alami
Pexels

Madu adalah salah satu superfood yang sejak lama dikenal karena khasiat kesehatannya yang benar-benar nyata. Untuk mengonsuminya, madu bisa dilarutkan dengan air putih atau air perasan jeruk lemon, kemudian diberikan pada anak-anak. Pastikan gunakan madu asli, bukan yang sudah bercampur dengan gula dan pemanis lain. Maka, madu akan aman jadi obat batuk alami untuk anak 1 tahun.

2. Probiotik 

obat batuk anak alami
Pexels

Makanan lain yang bisa jadi obat batuk paling ampuh adalah probiotik. Ini adalah mikroorganisme yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Caranya dengan menciptakan keseimbangan ekosistem di dalam usus sehingga bisa memberikan rasa nyaman dan kemudahan saat makan. Mengingat dalam keadaan sakit, banyak anak yang nafsu makannya berkurang sehingga bisa menghambat pemulihan. Pilih probiotik yang rendah gula agar aman untuk anak-anak balita, misalnya sour cream, yoghurt tawar, dan tempe.

3. Buah nanas 

obat batuk anak alami
Pexels

Asalkan dalam keadaan bersih dari mata yang membuat tenggorokan gatal, buah nanas bisa jadi obat batuk alami untuk anak 3 tahun ke atas. Nanas mengandung bromelain yang menurut National Center for Complementary and Integrative Health dipercaya banyak orang bisa meredakan gejala sinus dan batuk. Namun, pembuktian ilmiah terkait hal ini masih minim. Sedulur tetap harus hati-hati dan tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan. 

4. Minyak esensial peppermint 

Instagram @ashiatrimby

Minyak peppermint bisa jadi obat batuk anak oles yang ampuh meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan serta hidung tersumbat. Cara menggunakannya adalah melarutkan peppermint dengan air dan direbus sebentar, kemudian anak diminta menghirup uap panasnya. Boleh juga dioleskan sedikit di leher seperti obat vaporub yang biasa dibeli di pasaran.

5. Berkumur dengan air garam 

Pexels

Garam sejak lama dipercaya memiliki fungsi antibakteri sehingga dipercaya mampu meredakan tenggorokan gatal. Cara menggunakannya mudah, tinggal larutkan setengah sendok teh garam dengan segelas air dan minta anak untuk berkumur. Namun, cara ini dianjurkan untuk anak 6 tahun ke atas yang sudah paham cara berkumur. Anak-anak balita bisa saja justru menelannya. Garam laut atau garam himalaya lebih disarankan.

6. Kunyit 

obat batuk anak alami
Pexels

Kunyit bisa jadi obat batuk anak 3 tahun ke atas. Bahan ini adalah rempah yang multifungsi dan sudah terbukti khasiat kesehatannya. Kunyit bisa dikonsumsi dengan cara diparut dan diperas airnya. Kemudian, dikonsumsi langsung atau bersama madu asli agar rasanya lebih nyaman untuk anak-anak. Sedia kunyit di rumah bisa dilakukan lebih rutin, Sedulur.

7. Jahe 

obat batuk anak alami
Pexels

Sama dengan kunyit, jahe juga dikenal akan manfaat kesehatannya terutama untuk menenangkan saraf sehingga mampu membuka ruang pernapasan di organ-organ seperti hidung dan tenggorokan. Jahe mungkin akan terlalu pedas buat anak-anak, silakan seduh bersama madu agar rasanya tidak terlalu kuat.

8. Air putih 

Pexels

Sudah sejak lama air putih dikenal sebagai pereda tenggorokan yang ampuh. Saat gatal, minum banyak cairan untuk mengurangi rasa kering dan tidak nyaman. Air bisa melarutkan lendir dan membuat organ pernapasan terasa lebih lega. Gunakan air matang yang hangat untuk minum agar lebih mudah diterima tubuh dan membuat tubuh merasa nyaman. Untuk orang dewasa, air dingin diperbolehkan karena juga bisa mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. 

BACA JUGA: Biduran, Pengertian, Gejala, Penyebab & Cara Mengobatinya

9. Uap panas 

Pexels

Sedulur juga bisa menggunakan uap panas dari air mendidih yang dihirup melalui hidung. Silakan tambahkan essential oil seperti kayu putih, kayu manis, thyme, lada, rosemary, atau geranium untuk memperkuat khasiatnya. Bila akan menggunakannya sebagai obat batuk anak 4 tahun, lakukan hati-hati agar tangan atau tubuh mereka tidak mengenai air panas tersebut.

10. Obat batuk anak kencur

obat batuk anak alami
Instagram @limeandcoconutwaterford

Kencur juga bisa dipakai sebagai salah satu obat batuk alami. Caranya adalah dengan mengunyah kencur mentah yang sudah dicuci dan dikupas bersih. Untuk anak-anak, silakan parut kencur dan peras sarinya, kemudian pelan-pelan minta mereka meminumnya. Bila kesulitan, larutkan dalam air agar rasa rempahnya tidak begitu kuat.

11. Air jeruk atau lemon 

obat batuk anak alami
Pexels

Lemon dan jeruk mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ditambah dengan sifatnya yang bisa meredakan inflamasi sehingga mampu mengurangi iritasi dan luka pada tenggorokan akibat batuk. Lemon maupun jeruk cocok untuk batuk kering yang terasa sangat gatal dan sakit. Lemon juga bisa dipakai untuk batuk yang diakibatkan oleh GERD karena mampu menetralkan kadar asam lambung berlebih. Namun, larutkan dengan air putih, ya. Jangan langsung diminum langsung karena terlalu asam. Saat dicampur air putih, lemon akan menjadi basa dan bagus untuk menetralkan asam lambung. 

12. Teh hijau 

obat batuk anak alami
Pexels

Teh hijau bersifat antiinflamasi dan antibakteri sehingga sangat cocok sebagai obat batuk alami. Cari yang benar-benar asli teh hijau agar kadar kafeinnya rendah. Kafein yang tinggi seperti teh hitam dan kopi justru harus dihindari saat sedang batuk. Apalagi bila batuknya disebabkan oleh GERD, maka minuman berkafein harus dijauhkan terlebih dahulu.

13. Teh kamomil

Pexels

Bunga kamomil banyak dipakai untuk meredakan batuk. Bahan ini memiliki cara kerja mirip dengan jahe yaitu menenangkan saraf sehingga bisa mengurangi kontraksi pada tenggorokan yang diakibatkan oleh lendir atau rasa gatal. Teh kamomil dibanderol lebih mahal dibanding teh hitam biasa.

14. Es batu 

obat batuk anak alami
Pexels

Es batu bisa jadi obat batuk paling ampuh untuk orang dewasa. Menghisap es batu bisa meredakan rasa sakit dan gatal pada tenggorokan yang terinfeksi virus atau bakteri. Seperti kita tahu, rasa dingin sering dipakai sebagai pereda nyeri yang ampuh. Silakan dicoba.

15. Makan makanan pedas

Pexels

Tentunya ini tidak bisa jadi obat batuk anak 3 tahun mengingat rasanya pasti tidak nyaman buat mereka. Namun, orang dewasa boleh mencobanya. Tentu dengan kadar yang normal, makanan pedas mengandung cabai bisa meredakan inflamasi serta mengandung vitamin C. Namun, jangan gunakan cara ini untuk menangani batuk yang disebabkan oleh asam lambung.

16. Istirahat cukup 

Pexels

Obat ampuh lainnya untuk segala penyakit adalah istirahat cukup. Tanpanya semua pengobatanmu akan percuma saja. Pastikan Sedulur bisa tidur 8 jam setiap malam, jika perlu izin libur dari pekerjaan saat batuk tidak kunjung sembuh dan sudah mengganggu konsentrasi. Istirahat akan membantu tubuhmu berkonsentrasi melawan virus dan bakteri yang sedang menyerang sistem kekebalan.

17. Nyalakan humidifier di rumah 

Instagram @stoneglowcandleslondon

Udara yang kering dan/atau terlalu lembab bisa memperparah kondisi batukmu. Untuk itu, menyalakan humidifier bisa dilakukan guna meredakan rasa tidak nyaman pada organ pernapasan. Seperti biasa, bila ada, silakan tambahkan minyak atsiri di dalamnya agar bisa turut terhirup. Niscaya tenggorokan dan hidung akan terasa lebih lega. 

18. Makanan mengandung protein tinggi 

Pexels

Bisa daging ayam atau telur guna meningkatkan imun tubuh. Rasa ayam dan telur sangat cocok untuk meningkatkan nafsu makan yang mungkin berkurang drastis karena rasa tidak nyaman di tenggorokan.

BACA JUGA: Jenis, Kondisi & Cara Penggunaan Obat Tetes Telinga

Makanan dan minuman yang harus dihindari 

Selain makanan dan minuman yang dianggap bisa meredakan batuk, ada pula yang terbukti memperparahnya. Apa saja? 

  • Minuman bersoda
  • Minuman dan buah yang asam
  • Minuman berkafein 
  • Alkohol 
  • Jus buah, apalagi dengan tambahan pemanis atau gula
  • Makanan dan camilan manis

Jenis obat batuk pabrikan yang aman 

Bila cara-cara alami ternyata belum bisa meredakan rasa gatal di tenggorokan dan batuk yang mengganggu, cobalah menggunakan obat-obatan pabrikan. Ada beberapa jenis obat batuk yang dijual di toko obat. Berikut daftarnya.

  • Expectorant 
  • Decongestant 
  • Suppressant

Expectorant dan decongestant bekerja membuka jalur pernapasan yang tersumbat oleh lendir, khasiatnya dibutuhkan pada pengidap batuk berdahak. Sementara suppressant dipakai untuk mengurangi frekuensi batuk sehingga lebih cocok untuk batuk kering. Semuanya tergolong aman, kecuali untuk penderita penyakit kronis seperti diabetes dan darah tinggi. Mengingat mereka biasanya dikemas dalam bentuk sirup dan memiliki efek meningkatkan tekanan darah. Untuk itu, perlu ada konsultasi pada dokter pribadi agar diberi rekomendasi khusus tentang obat yang cocok.

Kapan perlu ke dokter?

Batuk adalah penyakit yang dikategorikan ringan. Penyakit ini bisa sembuh dalam waktu beberapa hari atau paling lama 2 minggu. Namun, bila diikuti dengan gejala-gejala tambahan berikut, silakan segera hubungi dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. 

  • Sesak napas dan sulit menelan 
  • Kesulitan membuka mulut 
  • Pegal dan rasa linu di persendian atau bagian tubuh lainnya 
  • Rasa tidak nyaman di telinga 
  • Demam sampai lebih dari 38 derajat Celcius 
  • Muncul ruam merah 
  • Ada darah di lendir yang keluar dari tenggorokan 
  • Pembengkakan pada leher atau tenggorokan  
  • Rasa lemas yang sangat parah hingga tidak bisa beraktivitas normal 
  • Dehidrasi
  • Menggigil 

Batuk adalah penyakit yang sangat umum dirasakan siapa saja. Saat batuk menyerang, tetap tenang dan coba cara-cara alami di atas sebagai pertolongan pertama. Bila batuk tidak kunjung mereda, silakan coba obat pabrikan atau pergi ke dokter jika muncul gejala ikutan seperti yang tertera di atas.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.