Bagi orang Asia, termasuk Indonesia, rice cooker adalah alat masak penting yang wajib ada di rumah. Sebenarnya Sedulur bisa sih menggunakan panci biasa untuk menanak nasi di atas kompor. Namun, konsekuensinya kamu wajib mengawasi dan mengaduknya secara berkala agar tak gosong, utamanya nasi di bagian paling bawah. 

Dengan gawai dapur yang praktis ini, kamu cukup memasukan beras dan air ke dalam wadah khususnya, tekan tombol masak dan biarkan saja sampai ia matang dengan sendirinya. Sedulur pun bisa meninggalkan rice cooker tanpa khawatir nasi gosong atau terjadi kebakaran. Nasi pun akan tetap hangat selama berjam-jam setelahnya. 

Nah, sebelum beli rice cooker ada baiknya, kita pahami dulu tipe-tipe penanak nasi yang beredar di pasaran. Sejauh ini terdapat 3 jenis penanak nasi yang banyak beredar di pasaran. Pertama, jenis on/off yang hanya dapat memasak nasi hingga matang saja. Kedua, jenis cook/warm yang dapat menjaga nasi tetap hangat. Ketiga, jenis smart cooker yang memiliki fitur-fitur canggih lainnya seperti mengukus dan memasak.

Apa saja sih fitur rice cooker yang harus kita tahu sebagai konsumen?  

-->
  • Kapasitas atau ukuran rice cooker  wajib dipertimbangkan. Tergantung siapa saja yang bakal mengonsumsi nasi buatanmu dalam sehari. Jika Sedulur tinggal sendiri atau berdua saja, rice cooker ukuran mini sangat disarankan. Mengingat masa kadaluarsa nasi yang sudah dimasak cukup singkat. Sayang banget bukan kalau sampai kamu membuang makanan? 
  • Fitur wadah anti lengket atau tidak juga wajib kamu lihat sebelum membeli rice cooker. Produk-produk terbaru biasanya sudah menggunakan fitur ini dan nantinya akan memudahkan proses pembersihan setelah pakai. 
  • Kekuatan tutup tak boleh luput dari inspeksimu saat akan membeli penanak nasi. Ada baiknya memang membeli secara langsung di toko fisik untuk melakukan pengecekan. Lihat seberapa kokoh bagian tutup produk yang kamu taksir. Jangan terbatas melihat bentuk, warna, dan harganya saja.
  • Aksesoris tambahan juga biasanya jadi poin plus buat beberapa calon pembeli. Umumnya, selain wadah nasi yang pasti wajib, produk ini dilengkapi juga dengan cangkir ukur, sendok nasi dan tray untuk mengukus. 
  • Kecepatan memasak pun berbeda-beda pada tiap produk. Jika kamu tipe yang nggak sabaran, mencari penanak nasi dengan fitur quick cook bisa dipertimbangkan. Ingat, karena prosesnya cepat jangan kaget kalau hasil nasi yang ditanak mungkin tidak sepulen yang kamu bayangkan. 
  • Material yang dipakai. Sejauh ini, material untuk badan penanak nasi yang bisa kita temui di pasaran adalah plastik, alumunium, dan stainless steel. Tentunya sudah terlihat mana yang lebih awet dan tidak mudah pecah. Harganya pun bakal menyesuaikan. 
  • Memasak multigrain. Beberapa produk menyediakan fitur memasak multigrain. Beda dengan beras, biji-bijian tertentu butuh waktu lebih lama untuk matang. Jika kamu bakal mengonsumsi multigrain, ada baiknya mencari rice cooker serbaguna dengan fitur tersebut. 
  • Daya listrik yang dibutuhkan. Sering terlupakan, nih, padahal sangat penting untuk mengetahui daya listrik yang dibutuhkan barang elektronik yang hendak kamu beli. Normalnya, gawai dapur hanya butuh daya rendah yang cukup untuk rumah berdaya 450-900 watt. Namun, beberapa bisa mencapai lebih dari 900 watt. Jadi perhatikan berapa daya listrik rumah Sedulur juga sebelum membeli. 

Berikut beberapa rekomendasi rice cooker terbaik yang beredar di pasaran. 

BACA JUGA: 18 Peralatan Dapur Paling Penting yang Wajib Kamu Punya

1. Panasonic Rice Cooker Stainless Series CEZ18

dekoruma.com

Dengan badan berbahan stainless steel, rice cooker serbaguna dari Panasonic ini dijamin lebih awet dan warnanya elegan. Kapasitasnya mencapai 1,8 liter, bisa memfasilitasi kebutuhan nasi satu keluarga. Paling menarik adalah daya listriknya yang hanya 400 watt, jadi sangat ramah untuk rumah-rumah berdaya listrik rendah. Wadah nasinya menggunakan bahan teflon anti lengket. Untuk harga, masih di angka Rp 600 ribuan. 

2. Philips Digital Rice Cooker 1,8 L 

saletronik.com

Rice cooker Philips kini hadir dengan tampilan yang lebih modern. Dengan tombol sentuh dan tutup lid yang kuat dan mudah dibersihkan. Tersedia dalam warna yang netral, tak mengganggu pemandangan. Dengan kapasitas hampir 2 liter, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 600-800 ribuan saja. Penanak nasi satu ini masuk kelas mid-range, tak kelewat mahal dengan kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan. 

3. Miyako Magic Warmer Plus MCM-508 

www.miyako.co.id

Rice cooker Miyako ini cocok buat keluarga yang hendak berhemat. Harganya murah hanya Rp250 ribuan dengan kapasitas 1,8  liter dan inner pot yang anti lengket. Kematangan nasi bagus dan merata dengan harga yang ramah di kantong. Silakan masukkan dalam daftar buruanmu. 

4. Electrolux E7RV1-650K Rice Cooker 

instagram.com/electroluxindonesia

Electrolux dikenal sebagai  merek premium yang pastinya menghadirkan produk kualitas terbaik. Tak heran kalau penanak nasi produksi mereka juga dibanderol dengan harga yang lumayan. Untuk tipe ini, Sedulur wajib menyisihkan tabungan sebesar Rp1 jutaan. Dengan kapasitas mencapai 2 liter, ini pilihan tepat untuk kebutuhan keluarga.

5. Han River Rice Cooker HRRC03 Magic-com Portable 

shopee.co.id

Cocok buat mahasiswa atau anak kos yang tinggal sendirian. Tak hanya murah, rice cooker kecil seharga Rp200 ribuan ini berukuran mini dengan kapasitas 1 liter saja. Cukup buat makan tiga kali dalam sehari. Tombolnya sudah menggunakan fitur sentuh dan sangat mudah. Kelemahannya memang tak banyak menu yang bisa dipersonalisasi, jadi hanya fokus untuk menanak nasi atau menghangatkan makanan saja. Ia juga ringan, jadi tidak berat di ongkir kalau mau beli daring. 

6. Yong Ma Digital Rice Cooker YMC 704

instagram.com/yong_ma_official

Dikenal sebagai salah satu produsen rice cooker yang bagus, Yong Ma punya banyak varian yang beragam untuk masuk dalam daftar buruanmu. Salah satu yang terlaris tentu penanak nasi dengan potongan terbaru dan tombol sentuh ini. Ada banyak pilihan menu yang bisa dipersonalisasi tergantung kebutuhan Sedulur. Kapasitasnya juga besar, bisa dipakai untuk keluarga. Menariknya lagi, inner pot atau wadah nasinya sudah dilapisi keramik. Anti lengket, tetapi jauh lebih aman dan sehat. 

7. Aroma One Touch Rice Cooker 6 Cup 

instagram.com/aromahousewares

Di kelas rice cooker premium, Aroma bisa Sedulur lirik sebagai penanak nasi andalan. Beda dengan kebanyakan produk lainnya, ia menggunakan tutup kaca yang kokoh dan anggun. Berkapasitas 6 cup atau setara 1,4 liter. Material badannya alumunium, jadi cukup ringan. Selain menanak nasi, produk juga bisa dipakai untuk memasak sup dan mengukus. Untuk harganya ada di angka  Rp1 jutaan. 

8. Dash DRCM200GBAQ04 Mini Rice Cooker Steamer 

walmart.com

Mirip dengan produk rilisan Aroma, Dash juga merilis penanak nasi dengan bentuk pot, lengkap dengan dua pegangan, serta tutup kaca yang terpisah. Harganya masih di angka Rp1 jutaan dengan kapasitas 0,5 liter. Cukup kecil dengan fitur sederhana, yaitu masak dan menghangatkan saja. Cocok buat anak kos atau para lajang yang masih tinggal sendiri. Bisa kamu pakai untuk masak multigrain pula. 

9. BOLDe Rice Cooker Mini 0,6 Liter 

shopee.co.id

Buat anak kos dengan uang jajan terbatas, rice cooker kecil dari BOLDe cocok jadi pilihanmu. Harganya kurang dari Rp200 ribu dengan kapasitas 0,6 liter pas untuk kebutuhan personalmu sehari-hari. Bentuknya pun elegan dengan tombol tuas yang mudah dipakai. Dilengkapi pula dengan strap untuk menjinjing. Paling favorit adalah daya listriknya yang hanya 200 watt saja. Mungil dan hemat listrik. 

10. Newstyle Rice Cooker Pintar Y18 

shopee.co.id

Dengan desain modern dan body yang tebal, gelar salah satu gawai dapur terbaik juga patut disematkan pada Newstyle. Kapasitasnya 1,2 liter saja dengan daya 500 watt dan berat 2,5 kg. Diklaim mampu mendistribusikan panas secara merata dan sudah terbukti kemampuannya menanak nasi dan menghangatkannya tanpa bikin nasi berkerak. Harganya kurang dari Rp300 ribu, menarik bukan? 

11. Sharp Rice Cooker KS-FR18ND 

id.sharp

Di harga Rp300 ribu, Sedulur juga bisa mendapatkan penanak nasi multifungsi dari Sharp. Kapasitasnya besar sampai 1,8 liter dengan model potongan klasik. Daya yang dibutuhkan alat penanak nasi ini hanya 400 watt untuk mode memasak, sementara menghangatkan cuma butuh 72 watt. Panasnya merata, kok, jadi nasimu tak akan berkerak meski ditinggal berjam-jam dalam mode hangat. 

Kini gawai penanak nasi sudah banyak dijual di berbagai marketplace. Variannya beragam dengan harga yang kompetitif. Boleh kok beli langsung di toko fisik, tetapi ada baiknya Sedulur meriset dulu tipe rice cooker apa yang paling cocok dengan kebutuhan, serta kisaran harganya. 

Kalau sudah beli penanak nasi, jangan lupa untuk membeli berasnya di Aplikasi Super. Selain harganya murah, barang langsung diantar ke rumah. Install Aplikasi Super sekarang juga, dan dapatkan bahan makanan berkualitas dengan harga terjangkau!