Wajan keramik belakangan jadi barang paling diburu tahun 2021. Benda ini dipercaya sebagai alternatif wajan teflon anti lengket yang lebih sehat dan aman saat terpapar panas. Wajan keramik juga punya kelebihan seperti warna yang cerah dan lebih menawan saat diletakkan di dapur. 

Sama saja dengan bahan coat lainnya, ada kelebihan dan kekurangan wajan keramik yang perlu Sedulur pahami sebelum membeli. Berikut ulasannya:

  • Bahan wajan yang dipakai sebenarnya bisa apa saja, mulai clay sampai logam. Namun, tentu di pasaran material logam lebih mudah dicari dan harganya terjangkau. 
  • Tersedia dalam warna -warna yang beragam. Beda dengan granit, teflon, atau cast iron yang didominasi warna hitam dan abu-abu, wajan anti lengket keramik bisa dikemas dalam berbagai warna yang menarik mata. 
  • Lapisan keramik pada wajan anti lengket lebih mudah terkikis dibandingkan granit dan teflon. Makanya, ia bukan salah satu alat dapur yang awet. Jika kamu tipe orang yang setia dan gak suka gonta-ganti alat, wajan keramik tidak disarankan. 

BACA JUGA: 15 Alat Masak Dapur Terlengkap yang Berguna untuk Pemula

Nah, sudah tahu beberapa karakter wajan keramik. Kini saatnya memilih wajan yang paling pas buatmu dari segi fungsi dan harga. Semuanya sudah dirangkum di bawah. 

-->

1. Maxim Neostone Frypan Marble Ceramic 22cm

shopee.co.id

Diameternya pas dengan bentuk pipih yang masuk akal ketika dipakai untuk masak makanan berkuah. Pegangannya bercorak kayu yang estetik dengan warna badan wajan abu-abu yang netral dan elegan. Harganya ada di angka Rp100 ribuan saja. Sebelum beli pastikan Sedulur memperhatikan ukuran yang tertara, ya. Untuk wajan keramik anti lengket ini, ukurannya 22cm dan termasuk dalam ukuran sedang mendekati kecil.  

2. Cypruz Ceramic Diecast FryPan 24cm 

dapurnesia.id

Cukup Rp200 ribuan, Sedulur bisa mendapatkan wajan keramik yang bagus dari Cyprus. Warna luarnya menawan dengan coat berwarna kelabu di dalam. Pegangannya kokoh dan tentunya ukurannya pas untuk berbagai kegunaan dapur. Ia juga terbuat dari alumunium, jadi ringan dan terjangkau dari segi harga.

3. Bolde Inifinity Fry Pan 24cm 

tokopedia.com

Wajan keramik bolde seharga Rp500 ribu ini dilengkapi dua lapis coat anti lengket. Keramik dan granit sekaligus. Desainnya mewah, dengan warna krim yang elegan di bagian dalam dan bagian luarnya berwarna keemasan. Lebih tebal dan tentunya lebih awet. Bisa dipakai pula di kompor listrik. Idola, nih.

4. Cookville Aluminum Ceramic Wok 28cm 

shopee.co.id

Butuh wajan atau penggorengan keramik yang muat banyak? Wajan keramik asli dari Cookville siap menemanimu masak apapun setiap hari. Wajan seharga Rp500 ribuan ini dikemas dalam warna hitam yang netral dan ketebalannya mantap. Jadi, meski berbahan alumunium, ia tetap bisa mendistribusikan panas secara merata saat dipakai.

5. Neoflam FIKA Frypan 

instagram.com/neoflame

Neoflam adalah brand yang spesifik menjual alat-alat masak berbahan keramik kualitas tinggi. Wajan keramik Korea mereka yang bernama FIKA Frypan mengadopsi desain Skandinavia yang sederhana, khas dengan warna-warna pastel yang adem di mata. Neoflam bisa jadi pilihanmu asal ada dana sebesar Rp700 ribuan untuk memilikinya.

6. Ecopan Elements Yuwa Wok 30cm 

instagram.com/ecopan.id

Sudah dilengkapi tutup kaca, wajan keramik Ecopan ini bisa jadi sobatmu memasak makanan berkuah. Elegan degan kedalaman dan lebar yang lega yaitu 30cm, kamu bisa masak besar dengan alat masak berlapis keramik tersebut. Untuk memilikinya, siapkan dana sebesar Rp300-500 ribu saja.

7. Cooker King Ceramic Frypan 

instagram.com/cookerking.id

Dengan harga di bawah Rp 1 juta, kamu sudah bisa menikmati nyamannya masak dengan wajan keramik buatan Cooker King. Pembelian ini memungkinkanmu mendapatkan 3 wajan pipih dengan ukuran yang bervariasi, yaitu 20, 25, dan 30 cm. Sekali beli langsung dapat tiga wajan berkualitas mumpuni. Bahannya ringan, kok, jadi tak berat di ongkos kirim.

8. Farberware Glide 10inch Copper Ceramic Nonstick Frying Pan 

instagram.com/farberwarecook

Dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan, Farberware memang tergolong wajan premium. Namun, kualitasnya sudah dibuktikan para ahli di dunia sebagai salah satu yang terbaik dan terawet. Tipe ini berwarna hitam di bagian luar, sementara dalamnya berwarna copper yang elegan dan tampak kokoh. Butuh wajan keramik yang bagus dengan kualitas internasional, Farberware wajib dilirik.

9. Yoshikawa Marble Ceramic Pan 16cm

instagram.com/yoshikawa_kitchen

Wajan keramik yang bagus mungkin kok kamu dapatkan dengan harga kaki lima. Silakan tengok Yoshikawa yang menawarkan wajan anti lengket berlapis keramiknya di harga Rp100 ribuan saja untuk ukuran sedang. Penampilannya netral dengan warna hitam dan corak marble di lapisan dalam maupun luar. Dipadu dengan pegangan bercorak kayu yang kokoh dan anti licin. 

10. Nanjiren Chukanabe Ceramic Frying Pan 24cm 

instagram.com/nanjiren.ind

Bisa jadi wajan sekaligus panci, penggorengan keramik dari Nanjiren ini punya kedalaman yang pas untuk masakan berkuah. Sudah dilengkapi tutup kaca yang pasti jadi nilai plus untuk calon pembelinya. Cukup di harga Rp300 ribu saja, Sedulur sudah bisa merasakan kenyamanan masak tanpa harus gonta-ganti alat. Cukup satu untuk banyak fungsi. 

Sering diremehkan, nyatanya tanpa wajan kita bakal mati kutu di dapur. Mulai dari tugas-tugas sepele seperti memanasi lauk, menanak nasi, menumis menggoreng, hingga membuat aneka kue bisa dilakukan dengan satu wajan. Tentunya kualitas dan keamanannya saat dipakai untuk menampung dan memasak makanan harus jadi prioritasmu.

Tak perlu terburu-buru saat memilih peralatan masak keramik. Silakan pilih dengan bijak, jangan malas untuk baca deskripsi barang baik-baik jika memutuskan beli secara daring. Sebelum masak-masak besar hari ini, belu kebutuhan harianmu di Aplikasi Super juga, ya.