khasiat daun sukun

Tanaman sukun (Artocarpus altilis) tidak hanya memiliki buah yang bisa dimakan, namun juga daun yang kaya akan manfaat. Khasiat daun sukun bahkan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan membantu menjaga kesehatan tubuh. 

Tanaman yang dapat tumbuh setinggi 30 meter ini memiliki daun berbentuk oval dengan ujung yang runcing. Daun tersebut memiliki panjang yang bisa mencapai 60 cm dengan lebar antara 20 cm – 40 cm. Dengan pengolahan yang tepat, daun sukun dapat dikonsumsi dengan rasa yang lezat.

Ingin tahu apa saja manfaat dan khasiat daun sukun untuk kesehatan tubuh? Berikut adalah ulasan selengkapnya!

BACA JUGA: 10 Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Kenali!

-->

1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

khasiat daun sukun
Orami

Kolesterol merupakan salah satu zat yang memiliki tekstur kental dan lengket, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hormon. Kolesterol bisa didapatkan dengan mudah pada udang, daging, maupun santan dalam makanan. Namun, konsumsi makanan dengan lemak tinggi yang terlalu banyak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Mengingat tekstur kolesterol tersebut, tingginya kadar kolesterol dalam darah akan sangat membahayakan tubuh. Jika tidak segera ditangani, tingginya kadar kolesterol akan menyebabkan penyakit stroke maupun pecah pembuluh darah. Dampak lain yang bisa terjadi karena penyumbatan aliran darah ini seperti darah tinggi dan penyakit jantung. 

Konsumsi air rebusan daun sukun dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan membuangnya melalui urin maupun tinja. Agar lebih terasa manfaatnya, Sedulur bisa mengonsumsi rebusan daun sukun secara rutin.

2. Mencegah gangguan ginjal

khasiat daun sukun
iStock

Khasiat lain dari daun sukun adalah mampu mencegah dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan organ ginjal. Apabila organ ini terganggu fungsinya, maka seseorang harus melakukan prosedur hemodialisa atau cuci darah secara teratur selama hidupnya. 

Prosedur hemodialisa ini juga memiliki efek samping berupa darah rendah, kelelahan, infeksi, hingga keracunan darah. Agar ginjal tetap sehat, cara yang bisa Sedulur lakukan adalah menggunakan air rebusan daun sukun, yakni dengan meminumnya seminggu sekali.

Selain untuk mencegah, air rebusan daun sukun ini juga bisa dikonsumsi oleh penderita gangguan ginjal. Sedulur bisa meminum air rebusan setiap satu bulan sekali, dan melakukannya hingga kondisi ginjal kembali normal. 

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Capo untuk Kesehatan Beserta Resepnya

3. Menurunkan asam urat

khasiat daun sukun
Bola.com

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang bisa membuat kondisi tubuh melemah. Tingginya kadar asam urat pada tubuh seseorang akan mudah mengalami radang sendi, yang dapat mengakibatkan kelumpuhan jika tidak segera ditangani. Penyakit yang banyak diderita oleh orang tua ini biasanya juga disertai penyakit lain, seperti darah tinggi, diabetes, ataupun stroke.

Untuk mengatasi masalah ini, Sedulur bisa mengonsumsi air rebusan daun sukun untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Adanya sifat anti inflamasi pada daun sukun akan membantu penurunan kadar asam urat. Apalagi jika Sedulur juga mengimbanginya dengan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung purin berlebih, seperti kacang dan daging berlemak. 

4. Mencegah serangan jantung

khasiat daun sukun
iStock

Konsumsi air rebusan daun sukun ternyata juga dipercaya dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan, yang bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti komplikasi antara diabetes, darah tinggi, dan gangguan ginjal.

Sistem metabolisme tubuh yang tidak berjalan lancar juga bisa membuat pembuluh darah tertumpuk plak atau kapur, yang menyebabkan terjadinya penyakit aterosklerosis atau penyakit pada arteri yang ditandai dengan adanya pengendapan plak di bagian dinding dalam.

Untuk itu, konsumsi air rebusan daun sukun dipercaya dapat mencegah risiko terjadinya serangan jantung. Dengan kandungan senyawa yang ada di dalam daun sukun, tekanan darah akan dinetralkan menjadi normal kembali dan aliran darah akan dibuat lancar. Bahkan, ekstrak daun sukun juga bisa menjadi obat untuk penyakit darah tinggi. 

Agar Sedulur bisa merasakan khasiat daun sukun ini, cobalah untuk mengonsumsi secara rutin air rebusan daun sukun. Dengan begitu, risiko akan terjadinya penyakit serangan jantung dapat diminimalkan. 

5. Mengobati infeksi jamur di vagina

khasiat daun sukun
CNN Indonesia

Organ intim seperti vagina juga dapat terserang oleh infeksi jamur sehingga menyebabkan penyakit vaginal candidiasis. Penyakit gatal disekitar vagina yang disebabkan oleh infeksi jamur Candida sp. ini seringkali dialami oleh wanita pengidap diabetes, obesitas, maupun wanita dengan kondisi imunitas rendah, seperti penderita TBC, Kanker, maupun HIV. 

Penderita penyakit ini akan merasakan gatal pada area sekitar vulva, dan bisa juga menyebar ke daerah sekitarnya. Untuk mengobati infeksi jamur ini, Sedulur bisa mengonsumsi teh daun sukun secara teratur sampai rasa gatalnya menghilang. Selain itu, pola hidup sehat seperti program penurunan berat badan dan program pengurangan konsumsi gula juga akan mempercepat penyembuhan dan menghalangi timbulnya infeksi kembali. 

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Sirih Cina untuk Berbagai Macam Penyakit

6. Mengobati pendarahan pasca melahirkan

Pasca melahirkan, seorang wanita biasanya akan mengalami pendarahan. Dengan sifat anti hemoragik yang ada dalam daun sukun, pendarahan yang terjadi akan berhenti dalam beberapa hari. Oleh karena itu, pengobatan pendarahan pasca melahirkan dapat dilakukan dengan mengonsumsi teh daun sukun secara rutin, sampai pendarahan yang terjadi berhenti. 

7. Mengobati alergi

khasiat daun sukun
iStock

Daun sukun yang dikeringkan ternyata kaya akan kandungan zat kapur dan vitamin B. Kedua zat tersebut terbukti ampuh untuk menghilangkan reaksi alergi yang dialami tubuh, seperti gatal-gatal, pembengkakan, maupun kulit yang memerah. Oleh karena itu, konsumsi teh daun sukun kering akan membuat reaksi alergi lambat laun berhenti.

8. Mengurangi pembesaran limpa

Penyakit lain yang dapat diobati dengan daun sukun adalah pembesaran limpa. Kondisi yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada sistem di dalam organ limpa ini biasanya dikarenakan kandungan racun yang sangat tinggi pada tubuh.

Konsumsi makanan yang tidak sehat akan memperparah kondisi limpa. Padahal, limpa memiliki fungsi yang sangat baik bagi tubuh, yakni memproduksi enzim dan hormon yang dibutuhkan untuk menelan makanan. Dengan sifat anti toksin yang kaya antioksidan pada daun sukun, konsumsi air rebusan daun ini akan membantu proses detoksifikasi atau pembuangan racun dari tubuh. 

BACA JUGA: 20 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan & Cara Mengolahnya

9. Mengatasi gangguan kulit

khasiat daun sukun
iStock

Gangguan kulit juga dapat diatasi dengan konsumsi daun sukun secara rutin. Hal ini karena daun sukun memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi gangguan kulit ringan, seperti gatal-gatal, iritasi, dan ruam pada kulit. Agar hasil yang didapatkan lebih optimal, Sedulur dapat mengonsumsi air rebusan daun sukun kering setiap hari hingga masalah kulit tersebut menghilang. 

Selain itu, daun sukun juga bisa digunakan untuk para pemilik kulit sensitif, terutama para penderita eksim kulit. Caranya adalah dengan mengonsumsi campuran daun sukun muda dengan minyak esensial, lalu membalurkannya pada kulit sebagai serat alami. 

10. Mencegah tumbuhnya sel kanker

Sudah diketahui bersama bahwa kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang ada di dunia. Penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh ini semakin lama akan semakin mengganggu fungsi organ utama.

Agar sel kanker dapat dicegah pertumbuhannya, Sedulur bisa mengonsumsi teh sukun dari daun sukun yang sudah dikeringkan. Adanya sifat anti inflamasi juga akan mencegah tumbuhnya sel kanker pada tubuh.  

11. Melancarkan ASI

khasiat daun sukun
iStock

Khasiat daun sukun yang lainnya adalah melancarkan ASI. Bagi beberapa orang, daun sukun muda dapat dijadikan lalapan bagi ibu yang baru saja melahirkan untuk membuat produksi ASI meningkat. Dengan begitu, pemberian ASI eksklusif akan semakin lancar.

Selain dijadikan lalapan, daun sukun juga bisa diolah menjadi teh yang kaya akan kandungan vitamin A dan polifenol yang tinggi. Dengan konsumsi yang rutin, seperti tiga kali setiap hari, produksi ASI akan menjadi semakin lancar. 

BACA JUGA: 14 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan & Kecantikan

12. Mencegah gangguan fungsi hati

Lebih lanjut, khasiat daun sukun juga dapat digunakan sebagai pencegahan gangguan fungsi hari. Ekstrak daun sukun mengandung beberapa senyawa, seperti tannin, polifenol, quercetin, dan artoindosiin yang sangat baik untuk mengobati penyakit kronis, salah satunya gangguan fungsi hati.

13. Meredakan nyeri sakit gigi

khasiat daun sukun
iStock

Sakit gigi merupakan kondisi yang sangat menyakitkan. Rasa nyeri yang begitu menyiksa akan membuat penderitanya meringis kesakitan. Untuk mengatasinya, beberapa orang akan berkumur dengan air garam. Namun ternyata, air rebusan daun sukun juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi.

Sakit gigi merupakan kondisi yang bisa disebabkan oleh kurang terjaganya kebersihan rongga mulut. Selain itu, kondisi ini semakin diperparah dengan kebiasaan tidak membersihkan gigi sebelum tidur, serta membiarkan sisa-sisa makanan menempel di sela-sela gigi. Keberadaan kotoran yang menempel pada gigi inilah yang akan menimbulkan iritasi pada gusi dan membuat gigi terkikis. 

Caranya, Sedulur bisa mengambil daun sukun muda, lalu merebusnya dengan air. Setelah dingin, Sedulur bisa meminumnya sedikit demi sedikit. Konsumsi daun sukun ini dipercaya mampu meredakan nyeri sakit gigi dan menjaga kesehatan mulut berkat adanya sifat anti bakteri dan sifat anti inflamasi.

14. Menyembuhkan luka

Sedulur juga bisa menggunakan daun sukun untuk menyembuhkan luka. Berkat sifat anti hemoragik yang tinggi, serta antioksidan dan antiradang, daun sukun dapat mencegah munculnya infeksi pada luka.

Sifat antihemoragik merupakan sifat yang dimiliki suatu bahan yang bisa memberikan stimulasi pada agen hemostasis di dalam tubuh untuk bisa mempercepat proses pemberhentian luka. Dengan begitu, luka akan cepat mengering. 

BACA JUGA: Khasiat & Manfaat Daun Sambung Nyawa Serta Cara Konsumsi

15. Mencegah sariawan

khasiat daun sukun
iStock

Manfaat dan khasiat daun sukun yang terakhir adalah mencegah terjadinya sariawan pada mulut. Kandungan metanol pada ekstrak daun sukun akan mencegah pertumbuhan bakteri    yang merupakan bakteri penyebab timbulnya sariawan. 

Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun sukun yang baik untuk kesehatan tubuh. Apabila Sedulur memiliki keluhan penyakit seperti yang sudah disebutkan di atas, tak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi daun sukun sebagai obat herbal alami. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.