Daun sambung nyawa dikenal dengan daun dewa. Khasiat daun ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun ini memiliki nama latin Gynura procumbens dan banyak dijumpai di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia dan Thailand, termasuk di Indonesia. Ciri dan rasa daun ini cukup unik.

Bentuk daunnya menyerupai semak belukar dan dapat menjalar dengan ketinggian antara 1-3 meter. Daunnya berbentuk bulat telur sampai elips, halus, dan berdaging. Namun hal yang unik dari daun ini adalah sedikit bergerigi. Lalu panjang bilah daunnya sekitar 8 sentimeter dengan lebar 3.5 senti.

Perihal untuk kesehatan, daun sambung nyawa dipercaya dapat mengobati beragam penyakit  kronis secara bertahap. Seperti  kanker dan melawan radikal bebas. Namun selain itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa diambil dari mengonsumsi daun ini. Nah berikut adalah khasiat daun sambung nyawa untuk kesehatan tubuh kita.

BACA JUGA: 14 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

-->

1. Meredakan peradangan

daun sambung nyawa
alodokter

Kegunaan daun sambung nyawa yang pertama adalah meredakan peradangan. Kandungan etanol, steroid, flavonoid, dan kaempferol pada ekstrak daun ini memiiki sebuah sifat antiinflamasi dan antivirus. Kandungan yang kaya ini membuat daun sambung nyawa khasiatya dipercaya bisa meredakan peradangan.

2. Membantu melawan kanker

daun sambung nyawa
hariansuara

Manfaat daun sambung nyawa selanjutnya adalah bisa melawan segala jenis kanker. Mulai  kanker darah, kanker rahim, atau kanker payudara. Penjelasan ini bukan tanpa alasan. Sebab, daun sambung nyawa menunjukkan aktivitas yang dapat mencegah pertumbuhan dan pembelaan sel kanker. Otomatis dengan begitu, penyebaran kanker ke organ lainnya bisa dicegah sejak dini.

Meski sudah dilakukan penelitian, namun harus ada penelitian lanjutan. Hal ini dilakukan supaya hasilnya benar-benar valid dan kegunaan daun ini dapat dimaksimalkan dengan baik.

3. Mengatasi diabetes dan kemandulan

daun sambung nyawa
kompas

Diabetes adalah penyakit yang menjadi momok banyak orang, karena penanganan yang lambat bisa mengancam keselamatan kita. Penyebab munculnya diabetes, bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun ciri khas penyakit ini adalah adanya kandungan gula berlebih dalam tubuh. Namun masalah ini sebenarnya bisa diatasi secara bertahap dengan mengonsumsi daun sambung nyawa.

Selain kegunaan untuk pengobatan diabetes, khasiat daun ini juga dilaporkan dapat digunakan untuk mengobati masalah kemandulan akibat diabetes. Jika kamu mengonsumsi daun yang satu ini, dapat memperbaiki  kualitas sperma, pergerakan dan jumlah sperma.

BACA JUGA: 18 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh & Atasi Penyakit

4. Atasi gangguan pencernaan

daun sambung nyawa
yoyic

Manfaat daun sambung nyawa berikutnya adalah dapat mengatasi masalah pencernaan. Jika terjadi luka di sekitar pencernaan tepatnya di lambung dan usus dan menyebabkan pendarahan, maka bisa diredakan dengan ekstrak tumbuhan ini. Tidak hanya itu, ekstrak daun ini dapat mencegah munculnya atau terbentuknya tukak lambung dan mampu melindungi  lapisan yang ada di dalam lambung.

5. Mengatasi hipertensi dan melindungi jantung

Unsplash

Gejala hipertensi dalam tubuh jangan dianggap sepele. Karena gejala ini menjadi awal munculnya penyakit kronis seperti diabetes, jantung, bahkan stroke. Jika sudah merasakan gejala tekanan darah tinggi alias hipertensi, maka kamu perlu waspada dan mulai menghindari makanan berlemak, asin, dan kurangi tidur larut malam. Sebab, kebiasaan kurang sehat itu adalah awal hipertensi muncul.

Meski terkesan menyeramkan, namun hipertensi alias tekanan darah tinggi tetap bisa ditangani dengan baik. Kamu hanya perlu mengonsumsi khasiat daun sambung nyawa. Beberapa penelitian pernah menunjukan, jika daun yang satu ini bisa dipakai mengatasi tekanan darah tinggi. Bahkan mencegah aktivitas angiotensin converting enzyme (ACE). 

ACE merupakan enzyim yang dapat mengontrol tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah. Jika hipertensi dapat diatasi dengan baik, maka resiko penyakit jantung dapat dicegah dan ditekan.

BACA JUGA: 12 Manfaat Lada Hitam & Putih Untuk Kesehatan Tubuh

6. Melawan kuman penyebab infeksi

klikdokter

Kegunaan daun sambung nyawa berikutnya adalah bisa melawan kuman penyebab infeksi. Diketahui, manfaat daun  ini mampu mencegah perkembangbiakan Plasmodium penyebab munculnya penyakit malaria. Selain itu, ekstrak daun ini juga dapat digunakan untuk menghambat adanya aktivitas virus penyebab penyakit  herpes simplek: bakteri penyebab infeksi, seperti Bacillus cereus, pseudomonas aeruginosa, Vibrio cholerae dan Salmonella typhi.

7. Penyakit ginjal

alodokter

Kegunaan daun sambung nyawa berikutnya adalah bisa mengobati penyakit ginjal secara  bertahap. Hal ini dikuatkan dengan adanya penelitian yang melaporkan jika ekstrak daun  yang satu ini, dapat menghambat pembelahan sel dan sintesis DNA yang bisa menyebabkan gangguan di organ dalam tepatnya ginjal.

Meski demikian,  hasil diatas merupakan penelitian sementara. Sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai efektifitas daun yang satu ini.  Selain itu juga mengetahui, seberapa ampuhkah dalam mengatasi penyakit kronis seperti ginjal dan harus berapa dosis yang harus digunakan. Sebab kita tahu tanaman ini merupakan obat herbal.

8. Mengobati batuk dan muntah darah

daun sambung nyawa
Unsplash

Gangguan pernapasan seperti batuk, merupakakan  gejala umum yang biasa dialami banyak orang.  Namun, akan beda jadinya jika batuk disertai dengan muntah darah. Masalah ini mungkin menjadi awal munculnya penyakit kronis. Untuk mengatasi persoalan batuk dan muntah darah,  kamu bisa mengosumsi obat-obatan kimia. Akan tetapi juga bisa mengonsumsi obat-obatan herbal.

Khusus buat kamu yang menggunakan obat-obatan herbal. Bisa memanfaatkan daun sambung nyawa. Cara mengkonsumsi daun ini cukup mudah Sedulur. Caranya adalah dengan minum satu porsi air rebusan tanaman ini sebanyak tiga kali  sehari. Lakukan aktivitas ini dengan rutin. Supaya khasiat daun ini bisa kamu dapatkan.

Kegunaan daun sambung nyawa juga ampuh dalam membantu pendarahan saat hamil. Jadi sebelum kamu menggunakan obat medis, tidak ada salahnya memanfaatkan daun  yang satu ini untuk keperluan kesehatan kamu.

BACA JUGA: 12 Manfaat Rebung yang Mengejutkan Untuk Kesehatan Tubuh

9. Mengatasi gangguan menstruasi

alodokter

Masalah menstruasi yang tidak teratur akan mengganggu aktivitas kaum wanita. Namun bukan berarti, persoalan ini tidak bisa diatasi dengan baik. Kamu bisa mengobatinya dengan mengonsumsi daun sambung nyawa secara teratur. Buat kamu yang mengalami masalah haid tidak teratur, maka minumlah sebagian rebusan obat herbal ini.

Cara mengkonsumsi daun ini selanjutnya, bisa ditumbuk terlebih dahulu lalu dicampur arak yang sudah dipanaskan. Ini berguna agar masalah haid kamu dapat diatasi dengan baik.

Efek samping daun sambung nyawa

Meski terkenal bisa mengobati penyakit kronis, namun belum ada penelitian lebih lanjut  terkait manfaat daun sambung nyawa. Penggunaan tanaman herbal ini diketahui masih aman selama dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan. Karena khasiat daun ini, membuat masyarakat China memilih tanaman ini sebagai obat-obatan herbal. Khususnya untuk obat diabetes yang terkenal kronis itu.

Dimata mereka, daun yang satu ini dianggap memiliki efek samping yang rendah. Namun tingkat farmakologi yang cukup tinggi. Efek samping daun sambung nyawa belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Namun jika mengalami masalah serius setelah mengonsumsi daun ini, maka hal yang wajib kamu lakukan adalah konsultasi dengan dokter terkait.

Cara mengonsumsi daun sambung nyawa

Mengolah tanaman herbal yang satu ini tidak akan sulit Sedulur. Daun ini dapat dimakan langsung atau diolah menjadi minuman terlebih dahulu. Bahkan bisa juga dijadikan lalapan ketika makan. Untuk diolah menjadi minuman, maka daun  harus direbus lebih dahulu.  Rebuslah daun ini beberapa helai saja dan selanjutnya, ambil rebusan daun ini untuk diminum seperti halnya meminum teh.

Namun jika meminum rebusan daun ini dirasa rumit,  maka bisa juga mengonsumsi dalam bentuk suplemen. Meski demikian, pastikan tetap ada nomor izin edarnya. Nomor izin edar juga harus terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan atau (BPOM).  Jadi keamanan dan keselamatan tetap diutamakan.

Meski sudah banyak khasiat dan manfaat daun sambung nyawa, namun tetap harus dilakukan penelitian lebih lanjut. Sebab sampai saat ini, belum ada bukti yang cukup mengenai manfaat dari tanaman yang satu ini. Maka dari itu, tetap selalu berkonsultasi dengan dokter terkait manfaat daun yang satu ini.

Demikian ulasan mengenai daun sambung nyawa. Mulai dari khasiat, kegunaan dan  bagaimana cara mengonsumsi atau mengolah daun yang satu ini. Semoga penjelasan ini dapat membantu Sedulur yang sedang menderita penyakit kronis seperti contoh di atas. 

Selain mengonsumsi obat-obatan herbal, menjaga asupan makanan juga perlu dilakukan agar kesehatan tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan makanan dengan kualitas terbaik. Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super lho. Caranya pun sangat mudah, yuk unduh aplikasinya di sini.