investasi adalah

Investasi adalah istilah yang lumrah kita kenal dalam dunia ekonomi. Secara sederhana, investasi merupakan sebuah kegiatan yang berkaitan dengan penempatan modal untuk tujuan mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang belum ditentukan.

Investasi adalah istilah dalam dunia ekonomi yang bermakna sangat luas, pengertiannya tergantung aspek dan sudut pandang yang kita gunakan. Namun sebagai sebuah kalimat, investasi memiliki pengertian yang merujuk pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penanaman modal dan lain sebagainya.

Agar Sedulur lebih paham lagi terkait istilah investasi, ada baiknya kita mulai dengan pembahasan mengenai pengertian dari investasi itu sendiri. Yuk, mari simak bersama-sama!

BACA JUGA: 6 Investasi Jangka Pendek yang Cocok untuk Pemula, Aman!

-->

Apa itu investasi?

investasi adalah
Medcom

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Sementara itu, investasi adalah menurut para ahli yang disampaikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva tetap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan (investment).

Secara bahasa, istilah investasi berasal dari kata bahasa Italia yaitu investire yang berarti memakai atau menggunakan. Umumnya, dana atau aset yang ditanamkan oleh seorang investor akan dikembangkan oleh badan maupun pihak yang mengelola. Keuntungan dari hasil pengembangan tersebut nantinya dibagikan kepada investor sebagai imbal balik sesuai dengan ketentuan antara kedua pihak.

Manfaat dan tujuan investasi

IDX Channel

Manfaat dan tujuan investasi adalah untuk menghasilkan pendapatan atau pemasukan. Perlu juga Sedulur pahami bahwa manfaat dan tujuan investasi dapat memberikan keuntungan berupa bunga, dividen, serta royalti atau uang sewa. Selain itu, terdapat beberapa manfaat dan tujuan dari investasi lainnya, yaitu:

  • Bermanfaat untuk mengendalikan suatu perusahaan.
  • Memberikan jaminan ketersediaan bahan baku.
  • Dapat memenuhi kebutuhan yang akan datang di masa depan.
  • Dapat membuat kita memiliki gaya hidup berhemat.

Jenis investasi

investasi adalah
Lifepal

Ada banyak jenis investasi yang bisa Sedulur ikuti dan lakukan. Jenis-jenis investasi ini memiliki prosedur yang berbeda dan memberikan keuntungan yang berbeda pula. Sebagai investor, kita bisa memiliki jenis investasi yang cocok dan sesuai dengan tujuan kita. Berikut ini beberapa jenis dari investasi.

  • Investasi reksa dana
  • Investasi saham
  • Investasi emas
  • Invesasi perak
  • Investasi properti
  • Obligasi
  • Deposito berjangka

Risiko investasi

Pikiran Rakyat

Setiap jenis investasi memiliki risikonya, terutama investasi saham. Investasi saham adalah penanaman modal dalam bentuk penyertaan sejumlah dana oleh seseorang atau bahan usaha melalui instrumen yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa istilah risiko dari berinvestasi yang secara umum diketahui.

  • Suku bunga
  • Inflasi
  • Pasar
  • Likuiditas
  • Nilai tukar mata uang asing
  • Sovereign atau negara
  • Reinvestasi

Melihat beberapa istilah risiko di atas, aktivitas investasi juga memerlukan strategi, itu karena investasi adalah cara mendapatkan pendapatan dan keuntungan sesuai jangka waktu yang ditetapkan. Banyak faktor yang harus menjadi bahan pertimbangan sebelum melakukan investasi.

Aplikasi investasi

investasi adalah
Kredit Pintar

Saat ini banyak aplikasi investasi yang bisa dengan mudah kita gunakan. Terutama aplikasi investasi reksa dana, sementara itu investasi reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi (MI).

Nah, ada beberapa aplikasi investasi yang bisa Sedulur gunakan dengan mudah. Sangat cocok bagi Sedulur yang masih pemula dan ingin mencoba investasi. Berikut ini daftar aplikasi investasi yang dimaksud.

1. Bibit

Bisnis

Investasi adalah cara untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi investasi. Beruntung karena kemajuan teknologi, kita bisa berinvestasi menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk investasi adalah Bibit. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh pemula. Selain user friendly, terdapat fitur untuk membuat portofolio investasi sesuai kebutuhan pengguna.

2. Ajaib

investasi adalah
Bisnis

Aplikasi investasi adalah media untuk melakukan investasi menggunakan smartphone. Rekomendasi aplikasi selanjutnya adalah Ajaib. Kelebihan dari menggunakan Ajaib adalah bisa memulai investasi dengan biaya sangat kecil. Hanya dengan uang sebesar Rp10.000, Sedulur bisa mulai melakukan investasi.

3. Bareksa

Bareksa

Bareksa merupakan pilhan investasi reksa dana online lainnya yang bisa dipilih. Bareksa merupakan aplikasi reksa dana yang telah hadir sejak tahun 2015. Tersedia 190 produk reksa dana dan 40 manajer investasi yang bisa kita pilih dengan menggunakan aplikasi ini. Selain itu, Bareksa juga menyediakan distribusi resmi yang dipercaya oleh Kementerian Keuangan.

4. Tanamduit

investasi adalah
Insurtech Indonesia

Tanamduit merupakan aplikasi reksa dana yang memiliki kesamaan dengan Bibit. Kita bisa melakukan cara investasi reksa dana Bibit di aplikasi Tanamduit. Aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi para pemula. Kelebihan dari aplikasi ini bukan hanya menjadi marketplace bagi produk reksa dana, namun juga menyediakan produk investasi keuangan lainnya.

Sedulur mungkin lebih terdorong untuk langsung mencoba investasi melalui aplikasi di atas, terutama investasi reksa dana. Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas langsung seperti apa tips dan triknya dalam melakukan investasi.

  • Usahakan beli reksa dana di platform online terpercaya. Selain lebih mudah dan lebih murah prosesnya, Sedulur dapat menyelesaikan segala transaksi berkaitan dengan investasi dan reksa dana tanpa harus meninggalkan rumah sama sekali. Biaya pembeliannya pun sangat murah, hingga terdapat beberapa manajer investasi yang menggratiskan biaya jika membeli reksa dana di platform online.
  • Sedulur harus memiliki mindset bahwa investasi tidak harus berjumlah banyak. Jangan menunggu mempunyai uang dalam jumlah tertentu untuk berinvestasi. Hanya dengan uang senilai Rp100.000, Sedulur bisa investasi reksa dana. Sedulur hanya tinggal memulainya.
  • Pilih manajer investasi yang terpercaya. Pelajari reputasi manajer investasi, bagaimana rekam jejaknya, dan jangan terjebak dalam manajer investasi yang bereputasi buruk. Jangan sekali-kali ikut-ikutan berinvestasi tanpa mempelajari dengan jelas dan lengkap segala informasi terkait manajer investasi. Pastikan Sedulur mempelajarinya dengan baik karena manajer investasi berperan sangat penting.
  • Hal yang wajib Sedulur lakukan adalah memantau perkembangan reksa dana yang dilakukan. Pantau secara rutin tidak perlu dilakukan setiap hari atau setiap saat. Apalagi dipantau setiap jam, Sedulur hanya perlu melakukan pemantauan setiap minggu atau setiap bulan.

BACA JUGA: Pengertian, Jenis & Cara Investasi Properti, Kamu Perlu Tahu!

Tips dan cara investasi

Diskartes

Selama membaca penjelasan di atas, Sedulur mungkin mulai tertarik untuk melakukan investasi. Namun tidak perlu buru-buru, karena harus ada tips dan trik untuk berinvestasi. Pasalnya, kita harus bisa membaca nilai investasi. Nilai investasi adalah keuntungan atau pendapatan yang akan kita dapatkan di akhir masa investasi. Lantas, seperti apa tips dan trik investasi yang perlu diperhatikan? Berikut ini beberapa tipsnya.

  • Tentukan tujuan investasi yang jelas.
  • Hindari tindakan yang kurang berdasar atau spekulatif.
  • Pertimbangkan jangka waktu investasi.
  • Tentukan besaran modal yang diperlukan untuk memilih objek investasi.
  • Pahami risiko dari jenis investasi (hindari hutang, pastikan ada pemasukan stabil lain, dan persiapkan dana ekstra).

Karena investasi adalah sebuah proses dari ekonomi dan bisnis, diperlukan ilustrasi serta contoh investasi untuk memudahkan dalam memahami bagaimana cara kerja investasi. Contohnya, Sedulur membeli 1 gram emas batangan seharga Rp350.000 pada tahun 2010. Setelah disimpan selama 10 tahun, harga emas naik menjadi Rp550.000 per gram. Sedulur memutuskan untuk menjual emasnya dan mendapat keuntungan sejumlah Rp200.000.

Investasi adalah sebuah cara bagaimana mendapatkan keuntungan dengan beberapa tips dan trik yang perlu dipahami. Dari penjelasan di atas, kita tahu tentang investasi dan bisa mengambil beberapa langkah untuk berinvestasi.

Investasi adalah istilah dalam dunia ekonomi dan bisnis, yang berkaitan dengan modal dan dana investasi untuk pengembangan usaha. Sebagaimana yang dapat Sedulur pahami dalam penjelasan lengkap di atas. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur untuk lebih memahami istilah-istilah yang ada pada dunia bisnis dan ekonomi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!