Salah satu jenis investasi yang bisa menjadi pilihan adalah investasi properti, berikut informasi mengenai investasi properti yang wajib Sedulur ketahui!

Investasi merupakan sebuah langkah yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu jenis investasi yang menjanjikan adalah investasi rumah. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan beberapa hal terkait investasi properti untuk pemula. Mulai dari pengertian, jenis jenis properti, hingga contoh bisnis properti.

Rumah adalah investasi yang sangat penting, karena merupakan salah satu jenis bisnis jangka panjang yang menguntungkan. Lalu apa pengertian investasi properti? Bagi Sedulur yang belum mengetahuinya, Sedulur bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Mengenali Investasi Bodong, Wajib Tahu!

-->

Apa Itu Investasi Properti?

Apa Itu Investasi Properti?
rumahhokie.com

Sebelum masuk ke pembahasan investasi properti, Sedulur wajib mengetahui terlebih dahulu apa itu properti atau pengertian properti. Properti adalah sejumlah aset yang berbentuk rumah atau bangunan. Maka dari itu, investasi properti adalah pembelian properti, seperti rumah, real estate atau bangunan lainnya yang ditujukan untuk mendapatkan ROI.

Apa itu ROI? ROI adalah singkatan dari return of investment, atau keuntungan yang didapat. Keuntungan yang didapatkan bisa berasal dari hasil sewa, penjualan kembali atau gabungan dari kedua hal tersebut. Pada dasarnya, definisi investasi adalah mendapatkan keuntungan dari sebuah bisnis jangka panjang.

Jenis investasi terbagi dua, jangka panjang dan jangka pendek. Pengertian investasi jangka panjang yaitu mendapatkan ROI dalam waktu yang panjang dan memang diatur sedemikian rupa. Sedangkan pengertian investasi jangka pendek, ROI yang didapatkan dalam beberapa tahun saja, tidak terlalu lama. Lalu apa saja keunggulan dari investasi properti?

Keunggulan Investasi Properti

Keunggulan Investasi Properti
jualrumahjakarta.com

Bijaknya, sebelum melakukan investasi, terutama di bidang properti, Sedulur harus mengetahui terlebih dahulu keunggulan dan keuntungan yang akan didapat. Terdapat beberapa keunggulan atau keuntungan yang bisa didapat dari kegiatan investasi dalam bidang properti.

Pertama, nilai dari properti yang cenderung stabil dari waktu ke waktu. Berkaitan dengan hal ini tidak perlu diragukan lagi, karena kebutuhan akan hunian atau tempat tinggal selalu tinggi. Baik digunakan untuk berbisnis atau investasi dan bahkan langsung dihuni.

Kedua, dalam beberapa waktu, properti selalu menunjukan peningkatan. Karena terbatasnya kemampuan masyarakat untuk mendapatkan properti yang layak. Investasi properti yang dilakukan bisa memberikan beberapa kemudahan-kemudahan, ROI yang didapatkan bisa melalui berbagai cara. Sedulur yang tertarik, wajib menyimak beberapa langkah dan cara melakukan investasi properti dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Mengenali Investasi Bodong, Wajib Tahu!

Langkah dan Cara Investasi Properti Bagi Pemula

1. Sesuaikan dengan Keuangan Pribadi

1. Sesuaikan dengan Keuangan Pribadi
okezone.com

Salah cara investasi properti yang pertama harus dipikirkan adalah menyesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan pribadi. Jangan terlalu memaksakan kebutuhan. Cara investasi yang baik adalah tidak terlalu memaksakan dan terlalu berambisi. Terutama hingga Sedulur mengajukan pinjaman untuk melakukan investasi properti.

Bukannya mendapatkan keuntungan, sebaliknya Sedulur akan mendapatkan kerugian. Selagi Sedulur memiliki pekerjaan dan penghasilan yang layak, maka hal tersebut bisa menjadi solusi, jangan memaksakan untuk melakukan peminjaman. Lakukan investasi sesuai kebutuhan.

2. Tentukan Tujuan Investasi

2. Tentukan Tujuan Investasi
finansialku.com

Dalam berbagai jenis investasi, tujuan merupakan kebutuhan utama. Sedulur jangan memulai investasi tanpa mengetahui tujuan yang Sedulur ingin capai. Setelah mengetahui tujuan yang ingin dicapai, tentukan waktu yang harus dicapai dalam berinvestasi.

Jika tujuan menyimpan uang dan mendapatkan keuntungan, tentukan berapa keuntungan yang akan didapat dan berapa lama keuntungan tersebut akan tercapai. Hal ini sangat penting dalam berinvestasi, terutama dalam bidang properti.

3. Memahami Risiko yang Akan Dialami

3. Memahami Risiko yang Akan Dialami
liputan6.com

Salah satu hal yang sangat penting dalam melakukan investasi adalah memahami risiko yang akan dihadapi. Termasuk dalam melakukan investasi properti. Dengan memutuskan untuk berinvestasi, artinya Sedulur sudah paham akan mendapatkan risiko dan tentu saja sudah sangat siap menghadapinya. Mengetahui risiko apa saja yang akan didapat, berarti Sedulur telah mengetahui solusi untuk mengatasinya. Hal ini sangat penting dalam berinvestasi.

4. Susun Rencana Pembelian

4. Susun Rencana Pembelian
finsy.co.id

Berikut ini beberapa tahapan perencanaan yang bisa Sedulur lakukan untuk melakukan investasi properti:

  • Menentukan strategi investasi
  • Cari kriteria properti
  • Mencari properti yang sesuai kriteria
  • Melakukan survei
  • Lakukan perbandingan harga
  • Lihat peluang dari kawasan sekitar
  • Lakukan penawaran atau negosiasi

5. Tetap Fokus dalam Melakukan Investasi Properti

5. Tetap Fokus dalam Melakukan Investasi Properti
sindonews.com

Cara terakhir yang harus dilakukan oleh Sedulur adalah tetap fokus pada keputusan yang telah dibuat. Selalu yakin dengan pilihan berinvestasi pada properti yang telah dipilih. Jangan pernah menyerah dan juga pikirkan solusi ketika menghadapi berbagai kendala. Lambat laun hal tersebut akan membentuk mental Sedulur sebagai seorang pebisnis di bidang investasi.

Semoga penjelasan seputar investasi properti di atas bisa memberikan gambaran bagi Sedulur yang ingin memulai berinvestasi. Agar Sedulur dapat fokus melakukan investasi di bidang properti, Sedulur bisa menyerahkan segala urusan kebutuhan sehari-hari di rumah kepada Aplikasi Super.

Karena Aplikasi Super, melalui Super Eat, menyediakan kebutuhan sehari-hari dengan lengkap dan harga murah. Sedulur bisa cek dengan klik di sini. Sedulur bisa fokus menabung mengumpulkan uang untuk bisa membeli properti dan menginvestasikannya, baik untuk jangka panjang atau jangka pendek, sesuai target dan tujuan Sedulur.

Harga ongkir gratis, pengiriman cepat dan terjamin  dari Aplikasi Super dapat membuat Sedulur tenang dan tidak perlu khawatir, juga Sedulur bisa membagi waktu untuk mengurus investasi dengan baik. Pelayanan juga semakin mudah dengan download Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini, agar bisa melakukan pemesanan hanya melalui smartphone. Selamat mencoba!