integritas adalah

Integritas adalah kalimat yang sering kali kita dengar, sebuah kata yang menunjukkan sebuah tindakan, perilaku atau sikap yang perlu dimiliki oleh kita sebagai seorang manusia. Baik dalam menjalani hidup secara utuh, atau dalam hal spesifik contohnya seperti dalam bekerja.

Integritas adalah seperangkat perilaku yang perlu dimiliki oleh seseorang berlandaskan pada kejujuran yang merupakan prinsip dan harus selalu dipegang teguh. Untuk lebih memahami apa itu integritas dengan ciri, fungsi, dan manfaatnya, Sedulur bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: Memahami Arti Komitmen adalah Kunci dalam Hubungan Percintaan

Apa itu integritas?

integritas adalah
Kubik Leadership

Integritas adalah salah satu bentuk kualitas yang penting dimiliki setiap orang, terutama seorang pemimpin. Integritas adalah sebuah konsep yang berkaitan dengan perilaku, nilai, metode, sarana, prinsip, harapan, dan keterpaduan berbagai hasil. Orang yang memiliki integritas berarti memiliki kepribadian yang jujur ​​dan kuat.

Secara bahasa, integritas adalah sebuah sikap. Berikut ini adalah beberapa pengertian dan pemaknaan dari integritas itu sendiri.

  • Sikap tegas untuk tidak ingin korupsi, berpegang teguh pada prinsip, dan menjadi dasar untuk berhubungan dengan diri sendiri sebagai nilai moral.
  • Kualitas, sifat, atau kondisi yang menunjukkan satu kesatuan utuh memiliki potensi dan kemampuan untuk memancarkan otoritas, kewibawaan, serta kejujuran.

Terdapat pula istilah berkaitan dengan integritas, yaitu integritas bangsa dan integritas diri. Jika berlandaskan pada pengertian di atas, dapat diartikan bahwa integritas bangsa adalah kesatuan antara masyarakat dalam sebuah negara. Integritas adalah kesatuan antara masyarakat untuk memperkuat kebangsaan dan memperkuat negaranya.

Sementara itu, integritas diri adalah sikap yang teguh dalam mempertahankan prinsip, tegas tidak ingin korupsi, dan mengedepankan nilai-nilai kejujuran dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Nah, agar Sedulur lebih paham lagi bagaimana ciri-ciri orang berintegritas, Sedulur bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Ciri-ciri orang berintegritas

Intipesan

Integritas adalah dan contohnya dalam diri seseorang dapat Sedulur simak di bawah ini. Berikut poin-poin yang menjadi ciri utama seseorang berintegritas tinggi.

  • Orang yang tidak memiliki kedok tertentu atau tujuan lain selain apa yang diperlihatkan.
  • Orang yang berperilaku sesuai dengan apa yang diucapkannya.
  • Orang yang sama sifat dan perilakunya di depan maupun di belakang.
  • Memiliki kekonsistenan antara apa yang diimani dan kelakuannya.
  • Orang yang konsisten antara nilai hidup yang dianut dan hidup yang dijalankannya.

Dari ciri-ciri di atas, kita bisa ambil kesimpulan bahwa terdapat nilai-nilai yang membentuk integritas. Nilai integritas adalah hal yang menentukan seseorang berperilaku. Berikut ini adalah kepribadian dan karakter yang menjadi nilai integritasi dari seseorang.

  • Bisa dipercaya dan jujur.
  • Memiliki komitmen.
  • Bertanggung jawab.
  • Menepati ucapannya.
  • Setia kawan.
  • Menghargai waktu.
  • Memiliki prinsip setia pada nilai-nilai hidup.

BACA JUGA: Afirmasi Positif adalah Cara Mencintai Diri Sendiri, Begini Tipsnya

Contoh dan bentuk integritas

integritas adalah
Indika Energy

Sedulur mungkin akan lebih mudah memahami integritas jika melihat atau mengetahui contohnya secara langsung. Contoh integritas adalah bentuk dari perilaku yang mencirikan sebuah integritas diri. Berikut ini adalah beberapa contoh dan bentuk dari integritas.

1. Selalu datang tepat waktu

Ini adalah contoh pertama dan paling penting tentang integritas dalam diri seseorang. Sikap ini berkaitan dengan komitmen dan waktu kita yang tinggi. Karena datang tepat waktu berarti menghargai waktu yang kita miliki dan waktu yang dimiliki orang lain. Sikap ini akan makin meyakinkan orang-orang di sekitar bahwa kita adalah pribadi yang kredibel karena mampu hidup dengan iktikad baik.

2. Menyatakan komitmen diri

Contoh integritas selanjutnya adalah dengan menyatakan tentang komitmen diri, baik itu tentang menghindari perilaku korupsi, tidak menyukai perilaku-perilaku lainnya, tidak akan segan untuk bertindak tegas bila mendapati ada perilaku yang menyimpang dari aturan, dan lain sebagainya.

3. Selalu memenuhi tanggung jawab

Seseorang yang berintegritas tinggi akan selalu memenuhi setiap tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Seseorang tersebut akan berusaha memenuhi tanggung jawab. Bukan hanya itu, seseorang tersebut juga akan benar-benar bekerja keras untuk mencapai hasil yang terbaik tanpa meminta pertanggungjawaban orang lain.

Cara membentuk integritas

Glints

Integritas adalah perilaku yang dapat dibentuk bagi setiap insan yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat membentuk integritas itu sendiri.

  1. Jika konteksnya dalam lingkungan pekerjaan, lebih baik memberikan penjelasan dan edukasi terkait integritas di tempat kerja seperti apa. Terutama terkait bekerja secara jujur dan transparan.
  2. Menciptakan lingkungan yang sehat, baik dalam lingkungan kerja, lingkungan pertemanan, atau lingkungan dalam lingkup lainnya.
  3. Berikan contoh dalam setiap perilaku. Kadang penjelasan yang lebih tepat adalah dengan memberikan contoh secara langsung. Terutama dalam konteks pekerjaan, seorang pemimpin yang memberikan contoh terkait integritas akan lebih mudah membentuk integritas para karyawannya.
  4. Menerapkan ukuran dari integritas, jika di lingkungan pekerjaan bisa dengan memberikan hadiah atau reward. Dalam lingkungan sekolah, bisa memberikan nilai. Jika dalam lingkungan rumah, bisa memberikan hadiah atau kado spesial atas capaian dari setiap tindakan yang mencerminkan integritas diri.

BACA JUGA: Otoriter adalah: Karakteristik, Sikap, Ciri, Contoh & Dampaknya

Manfaat integritas

Lifepal

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, bahwa integritas adalah sebuah perilaku yang dimiliki oleh seseorang. Setelah mengetahui dan menyimak ulasan di atas, lantas kita bertanya, apa sebenarnya manfaat integritas bagi kehidupan sehari-hari? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari integritas yang bisa kita rasakan.

  • Secara fisik, integritas dapat menjadikan seseorang sehat dan bugar. Dalam keadaan ini, seseorang dapat memulai aktivitas dan pekerjaan sehari-hari dengan baik.
  • Secara intelektual, integritas dapat mengoptimalkan kinerja otak agar lebih berpikir strategis dalam mengambil keputusan atas banyak pertimbangan.
  • Secara emosional, integritas dapat mengisi seseorang dengan rasa solidaritas yang tinggi dalam motivasi, empati, dan interaksi kerja.
  • Secara mental, integritas membuat seseorang menjadi lebih cerdas dalam memaknai sesuatu, termasuk pengalaman hidup, sebagai keberhasilan dan kegagalan yang pernah dialami.
  • Secara sosial, integritas dapat bermanfaat dalam memiliki kemampuan untuk mengembangkan hubungan antara individu dan masyarakat. Berkolaborasi dengan seseorang untuk melakukan tugas atau kegiatan yang membutuhkan kohesi dan kolaborasi.

Integritas adalah perilaku yang perlu dimiliki oleh seseorang, sebagaimana yang dapat Sedulur baca dalam penjelasan di atas. Semoga penjelasan ini bisa menjadi landasan bagi Sedulur agar menjadi manusia yang lebih berintegritas lagi dan menjadi seorang pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!