Afirmasi adalah cara untuk mencintai diri sendiri. Simak tips dan cara ampuhnya di bawah ini. Sedulur wajib tahu!

Afirmasi merupakan hal yang bisa Sedulur lakukan sendiri agar lebih dapat mencintai diri sendiri. Salah satunya adalah dengan afirmasi positif. Afirmasi positif adalah serangkaian cara yang dilakukan untuk mendapatkan kebahagiaan agar dapat mencintai diri sendiri dan menyadari apa yang telah dimiliki.

Namun, apa pastinya arti afirmasi secara resmi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia? Sedulur bisa mengetahuinya dalam penjelasan di bawah ini. Superapp.id akan membahas mengenai pengertian afirmasi, beserta dengan tips ampuh dan kalimat afirmasi.

Baca Juga: Apresiasi: Pengertian, Manfaat & Jenisnya. Kamu Sudah Tahu?

-->

Apa Itu Afirmasi?

Apa Itu Afirmasi?
inilahbanten.co.id

Afirmasi KBBI adalah kalimat yang ditujukan untuk mempengaruhi pikiran sadar dan bawah sadar. Sehingga dapat mempengaruhi perilaku dan pola pikir, kebiasaan dan lingkungan. Menurut KBBI, afirmasi merupakan penetapan yang positif, sebuah penegasan dan juga sebuah peneguhan diri. Sederhananya afirmasi artinya adalah cara mencintai diri sendiri.

Afirmasi juga bersifat dinamis dan praktis, bukan sebuah angan-angan dan khayalan. Salah satu tujuan untuk bekerja adalah untuk mendapatkan tujuan yang berdasarkan pada kebenaran yang dipegang teguh. Lalu apa saja contoh afirmasi atau contoh kalimat afirmasi. Berikut contohnya yang telah dirangkum oleh Superapp.id.

Contoh Kalimat Afirmasi Positif untuk Diri Sendiri

Contoh Kalimat Afirmasi Positif untuk Diri Sendiri
okezone.com

Berikut ini merupakan daftar kalimat afirmasi positif yang bisa Sedulur berikan kepada diri sendiri, untuk lebih memotivasi diri agar dapat lebih mencintai diri sendiri dan menghargai diri sendiri:

  • “Kehidupanku yang sekarang sudah berada di waktu yang tepat.”
  • “Aku memilih untuk merasakan kebahagiaan dibanding kesedihan.”
  • “Aku bisa melakukannya.”
  • “Aku bisa menerima diriku apa adanya.”
  • “Aku punya rasa percaya diri untuk terus maju.”
  • “Aku baik-baik saja.”
  • “Jika gagal, aku bisa mencobanya kembali.”
  • “Aku bisa memberikan perubahan positif untuk orang-orang di sekitarku.”
  • “Aku percaya diriku bisa membuat keputusan yang tepat.”
  • “Berbeda itu bukan berarti salah.”
  • “Aku patut mendapatkan kebahagiaan.”

Selain daftar kalimat afirmasi positif di atas, beberapa hal yang bisa Sedulur lakukan sebagai aktualisasi diri dari kalimat afirmasi itu sendiri. Beberapa hal yang Sedulur lakukan dapat dilakukan sebagai hal untuk mencintai diri sendiri. Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Sangat Menginspirasi! Ini Kisah Perjuangan Seorang Ibu Memulai Bisnis Toko Kelontong

Cara Afirmasi Positif untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

1. Meluangkan Waktu

1. Meluangkan Waktu
kompas.com

Afirmasi yang ampuh yang bisa Sedulur lakukan untuk mencintai diri sendiri adalah dengan meluangkan waktu. Karena afirmasi adalah kalimat positif yang diberikan kepada diri sendiri untuk diaktualisasi diri, meluangkan waktu adalah hal yang paling mudah dilakukan.

Meluangkan waktu untuk istirahat, baik untuk tidur, menonton film, menikmati musik atau bahkan dengan tidak melakukan apapun adalah yang penting dilakukan di tengah hiruk pikuk tanggung jawab dan pekerjaan. Cara mencintai diri sendiri ini merupakan hal yang paling mudah, ketika waktu untuk berlibur dan bepergian sangat sulit didapat.

2. Mengasah Hobi dan Bakat

2. Mengasah Hobi dan Bakat
liputan6.com

Salah satu afirmasi sukses yaitu untuk dengan mengasah hobi dan bakat. Karena, afirmasi adalah kalimat positif yang diberikan setiap hari kepada diri sendiri agar semakin teguh. Oleh karena itu, mengasah hobi dan bakat merupakan hal yang tepat.

Ketika Sedulur melakukan hobi dan kegiatan yang sesuai dengan bakat Sedulur, artinya Sedulur sedang melakukan suatu kegiatan yang sangat Sedulur cintai, hal ini dapat membantu Sedulur untuk mencintai diri sendiri. Hal ini akan memberikan kesadaran bagi Sedulur bahwa betapa berharganya diri Sedulur terlepas dari segala kesibukan yang Sedulur alami.

3. Berhenti Menjadi Orang Lain

3. Berhenti Menjadi Orang Lain
jawaban.com

Kadang, kita selalu memberi pesan bawah sadar kepada diri sendiri untuk mengikuti tindakan yang dilakukan oleh orang lain, termasuk idola yang kita kagumi. Namun, hal tersebut merupakan langkah salah. Kebalikan dari afirmasi positif itu sendiri. Karena afirmasi adalah kalimat yang diberikan kepada diri sendiri untuk semakin teguh menjadi diri sendiri yang positif, bukan menjadi orang lain.

4. Menyayangi Tubuh Kita

4. Menyayangi Tubuh Kita
suara.com

Afirmasi adalah kalimat penegasan yang diberikan kepada diri sendiri untuk memotivasi diri agar lebih baik lagi, contoh afirmasi penyembuhan yang bisa Sedulur lakukan adalah menyayangi tubuh Sedulur itu sendiri. Tubuh dan jiwa merupakan suatu kesatuan yang harus diperhatikan dan dipikirkan secara berkesinambungan.

Selain memikirkan kesehatan jiwa, kita juga wajib memikirkan kesehatan tubuh dan menyayangi setiap bagian tubuh.  Salah satu cara mencintai diri sendiri yang paling real adalah dengan menyayangi tubuh kita.

5. Perhatikan Kebutuhan Diri Sendiri

5. Perhatikan Kebutuhan Diri Sendiri
merahputih.com

Afirmasi adalah cara mencintai diri sendiri dengan berbagai hal yang bisa dilakukan. Salah satu cara ampuh adalah dengan memperhatikan kebutuhan diri sendiri dan tidak mengabaikannya. Karena, afirmasi adalah cara mencintai diri sendiri, maka dari itu kebutuhan diri sendiri menjadi hal yang sangat penting.

Lakukan mulai dari hal yang sangat sederhana, seperti menikmati makanan yang disukai, membeli barang sederhana yang disukai dan lain sebagainya. Baru kemudian Sedulur bisa memenuhi kebutuhan orang lain yang Sedulur sayangi.

6. Memperluas Pertemanan

6. Memperluas Pertemanan
bramardianto.com

Afirmasi adalah cara mencintai diri sendiri melalui kalimat positif yang bisa memotivasi diri. Bukan hanya afirmasi adalah cara mencintai diri sendiri, langkah penting adalah memperluas pertemanan. Dengan memperluas pertemanan juga salah satu cara efektif untuk mencintai diri sendiri.

Sedulur bisa mendapat lingkungan pertemanan baru yang membuat kita menyadari betapa bersyukurnya kita memiliki teman dan sahabat yang bisa membuat kita sadar bahwa mencintai diri sendiri dan lingkungan itu merupakan hal yang penting. Jangan sia-siakan teman atau sahabat yang sangat menyayangi kita.

7. Bersyukur

7. Bersyukur
bola.com

Afirmasi adalah cara mencintai diri sendiri, salah satu cara yang sangat efektif untuk lebih mencintai diri sendiri adalah dengan bersyukur. Dengan bersyukur, kita akan lebih menyadari apa yang telah dimiliki, apa yang telah dijalani dan proses berat apa yang telah kita lewati.  Dengan begitu, afirmasi adalah cara mencintai diri sendiri bisa Sedulur lakukan. Dan Sedulur bisa dapat dengan mudah mendapatkan ketenangan hati dengan bersyukur.

Semoga daftar penjelasan tips cara mencintai diri sendiri di atas bisa membantu Sedulur untuk dapat lebih mencintai diri sendiri. Salah satu cara ampuh lainnya adalah dengan menikmati berbagai makanan atau camilan yang Sedulur sukai agar Sedulur bisa menyayangi diri sendiri lebih baik lagi.

Sedulur bisa membeli berbagai camilan dan makanan yang disukai di Aplikasi Super. Kelengkapan barang yang dimiliki oleh Aplikasi Super sangat komplit dan juga kualitas yang sangat baik, tentu saja dengan harga yang sangat murah. Sedulur bisa melakukan pembelian dengan menggunakan smartphone dengan cara download terlebih dahulu aplikasinya dengan klik di sini. Selamat mencoba, dan semoga Sedulur bisa lebih mencintai diri sendiri lagi.