ikan hias air tawar

Salah satu hal yang dapat membuat rumah semakin asri adalah adanya ikan hias air tawar. Ikan hias mampu membuat pemilik rumah menjadi lebih rileks dan tidak begitu stres. Rumah merupakan tempat untuk pulang dan istirahat, oleh karena itu penting untuk diperhatikan kenyamanannya.

Ikan hias air tawar dapat secara efektif meningkatkan kenyamanan kita dalam rumah. Terutama bagi kita yang hendak beristirahat untuk menghilangkan penat pekerjaan dan menghilangkan beban lainnya. Berikut ini, beberapa rekomendasi ikan hias air tawar yang bisa Sedulur pilih untuk dipelihara. Yuk, langsung cek!

BACA JUGA: 15 Jenis Ikan Guppy Tercantik, Cara Merawat & Harganya

1. Ikan mas koki

Detik

Ikan mas koki merupakan rekomendasi pertama ikan hias air tawar murah yang bisa digunakan sebagai hiasan dalam rumah. Selain itu, ikan mas koki juga merupakan ikan hias yang bisa dicampur. Keunikan dari ikan mas koki terletak pada ukurannya yang beragam, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar.

-->

Sedulur bisa mendapatkan ikan mas koki di toko ikan khusus untuk hiasan dengan harga Rp20.000. Bagi Sedulur yang memiliki anak kecil di rumah, keberadaan ikan mas koki bisa membuat anak-anak betah di rumah. Karena warna dan bentuknya yang lucu sangat disukai oleh anak-anak.

2. Ikan komet

ikan hias air tawar
Popbela

Jenis ikan hias air tawar yang tahan lama adalah ikan komet. Ikan ini masih satu famili dengan ikan mas koki. Salah satu jenis ikan untuk hiasan yang mudah dirawat. Namun, Sedulur harus memperhatikan satu hal yaitu memelihara kebersihan akuarium. Karena ikan ini mudah terkena penyakit yang berasal dari bakteri air. Jika perawatan yang dilakukan benar, jenis ikan ini bisa tumbuh besar. Sedulur bisa mendapatkan ikan ini mulai dari harga Rp3.000 hingga Rp10.000.

3. Ikan louhan

Pikiran Rakyat

Ikan hias air tawar louhan pernah mencapai ketenaran hingga pada periode tahun 2000-an, hingga saat ini banyak pecinta ikan yang memelihara louhan. Ikan ini juga sempat menjadi ikan hias air tawar termahal pada masanya. Louhan juga menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki penggemar setia. Bentuk dari ikan louhan sangat khas yaitu dengan bagian kepala cekung seperti sebuah benjolan.

Harga ikan ini sendiri bervariasi dan termasuk kategori mahal, dibanderol mulai dari Rp400.000 hingga Rp3.000.000. Sebagai dekorasi rumah, ikan ini sangat cocok untuk mengantarkan ketenangan dan menghilangkan stres. Bisa disimpan di ruang tengah rumah atau di ruang kerja.

4. Ikan lemon

ikan hias air tawar
Info Ikan

Ikan lemon merupakan rekomendasi ikan hias air tawar yang bisa dicampur selanjutnya. Diberi nama lemon karena memiliki warna yang persis dengan warna lemon, sementara bentuk dan ukuran ikan lemon nampak seperti irisan buah lemon. Hal tersebut sekaligus menjadi daya tarik utama ikan jenis ini.

Selain itu, daya tarik selanjutnya adalah ikan ini memiliki agresivitas yang tinggi, sehingga akuarium terasa sangat hidup dengan kelincahan dari ikan lemon. Sedulur bisa mendapatkan ikan ini dengan harga mulai dari Rp4.000 hingga Rp260.000. Tergantung Sedulur membeli ikan lemon per paket atau satuan.

5. Ikan neon tetra

Kompas

Bagi Sedulur yang menginginkan ikan hias air tawar kecil dengan warna unik, Sedulur bisa memelihara ikan neon tetra. Seperti namanya, ikan ini dapat memantulkan cahaya lampu sebagaimana neon bekerja. Hal tersebut disebabkan kulit ikan neon tetra yang unik. Ini merupakan daya tarik yang menjadi alasan mengapa ikan neon tetra dipelihara sebagai hiasan rumah. Sedulur bisa mendapatkan ikan ini dengan harga mulai dari Rp4.000 hingga Rp25.000.

6. Ikan botia

ikan hias air tawar
Hewanee

Ikan hias air tawar langka yaitu ikan botia. Ikan asli dari Sumatera Selatan dan Kalimantan. Ikan botia banyak ditemukan di dua daerah tersebut. Namun, kabarnya saat ini ikan botia mulai langka dan sulit ditemukan. Terlebih, cara mengembangbiakkan ikan botia yang lumayan sulit. Hal tersebut juga turut memengaruhi harga dari ikan jenis ini.

Berbeda dengan jenis ikan sebelumnya, ikan botia dibanderol dengan harga mulai dari Rp50.000 hingga Rp100.000. Bentuk dan corak ikan botia sangat unik, yang bisa memberikan keberagaman akuarium di rumah Sedulur. Karena berasal dari Indonesia, membuat ikan ini merupakan ikan hias air tawar asli Indonesia.

7. Ikan manfish

Suka Ikan

Ikan manfish memiliki bentuk seperti layang-layang. Bentuknya yang unik tersebut membuat ikan ini sering disebut dengan nama angel fish. Salah satu ikan yang mudah ditemukan di setiap toko yang menjual jenis ikan untuk hiasan. Ikan hias air tawar manfish dibanderol dengan harga mulai dari Rp8.000 hingga Rp40.000.

8. Ikan halfmoon

ikan hias air tawar
Kompas

Selanjutnya kita beralih ke ikan cupang yang belakangan ini ramai digunakan sebagai hiasan dalam rumah. Ikan cupang yang memiliki keindahan bentuk dan warna adalah ikan halfmoon. Memiliki bentuk sirip dan ekor yang menyatu seakan membentuk setengah lingkaran, seperti bentuk bulan setengah (halfmoon).

Jenis ini terkenal dengan bentuk ikan yang indah dan sangat cocok untuk dipelihara. Varian warna dari ikan cupang ini sangat beragam dan unik. Terdapat warna merah menyala, warna kuning terang, hingga warna putih yang lembut. Keragaman dan keunikan warna tersebut membuat ikan cupang halfmoon menjadi primadona untuk dipelihara.

9. Ikan double tail

Borobudur News

Masih dari jenis ikan cupang, ada pula jenis ikan double tail. Seperti namanya, ikan ini memiliki ekor ganda, yang sekaligus menjadi daya tarik ikan tersebut. Salah satu jenis ikan cupang yang sulit dikembangkan dan diternakkan, hal tersebut yang membuat keberadaan ikan cupang ini sangat jarang di pasaran. Sekalipun tersedia, harga dari ikan cupang ini lumayan tinggi.

10. Ikan big ear

ikan hias air tawar
GDM Organik

Ikan cupang lainnya yang sering digunakan sebagai ikan untuk hiasan rumah adalah jenis ikan big ear atau yang sering disebut ikan dumbo. Ikan cupang jenis ini memiliki sirip telinga yang sangat lebar. Saking lebarnya, sirip telinga ikan cupang jenis ini terlihat seperti sayap. Ketika sirip telinga ikan cupang ini bergerak seolah seperti sedang terbang dan terlihat sangat indah.

Ikan cupang dumbo merupakan salah satu spesies ikan cupang yang termasuk baru dikembangkan di Indonesia. Meski baru, ikan cupang jenis ini sudah banyak ditemui, hal tersebut karena tidak terlalu sulit pengembangan ikan cupang dumbo.

11. Ikan blue moscow

ikan hias air tawar
Suka Ikan

Ikan guppy merupakan jenis ikan yang sering digunakan sebagai ikan hias air tawar untuk hiasan rumah. Jenis yang paling terkenal dengan harga yang lumayan mahal dan bisa dijadikan sebagai investasi adalah blue moscow. Ikan ini berasal dari Moscow, Rusia. Memiliki warna biru yang khas, oleh karena itu diberi nama blue moscow.

Warna biru pekat dari blue moscow memiliki kecenderungan warna lebih gelap pada bagian tubuh dan bagian ujung dari ekornya. Hal tersebut membuat ikan jenis ini sangat eksotis dan menjadi daya tariknya. Salah satu keunggulannya adalah keindahan dari warnanya.

12. Ikan blue japan

Pinterest

Salah satu jenis guppy yang berasal dari Jepang ini memiliki warna biru cerah dan bentuk ekor yang indah. Terkenal dengan warna biru muda yang terang, para kolektor ikan hias pasti wajib memiliki jenis guppy saat ini.

Jepang merupakan negara yang menghasilkan ikan hias yang sangat terkenal. Salah satunya ikan koi yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Kebiasaan dan tradisi di Jepang dalam memelihara ikan hias menghasilkan beberapa ikan hias terbaik yang bisa dipelihara. Salah satunya adalah blue japan.

13. Ikan red mozaic

ikan hias air tawar
Shopee

Berikutnya ikan red mozaic yang masih berasal dari jenis guppy. Ikan red mozaic menjadi ikan hias guppy kebanggaan Indonesia dan ikan hias lokal yang menjadi andalan. Ciri khasnya terdapat pada warna dan coraknya.

Ciri khas ikan hias guppy red mozaic adalah warna merah pada ekor yang memiliki corak hias bintik-bintik yang menimbulkan kesan eksotis dan menarik. Salah satu jenis ikan hias air tawar satu ini menjadi andalan para pecinta ikan hias di Indonesia. Terutama pecinta ikan hias guppy yang ada di Indonesia.

14. Guppy kobra

Ruparupa

Ikan ini masih dari jenis ikan guppy. Diberi nama kobra karena memiliki pola dan corak warna pada kulitnya seperti sisik ular kobra. Dengan kombinasi warna hitam, putih, dan kuning kehijauan yang membuat ikan ini memiliki bentuk seperti ular kobra. Seperti yang Sedulur ketahui, pola sisik ular merupakan bahan yang sangat mahal.

Banyak yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk dapat memiliki barang yang terbuat dari kulit ular. Hal tersebut juga yang menjadi daya tarik utama dari jenis ikan hias air tawar guppy satu ini. Karena polanya yang sangat menarik seperti kulit ular, menjadikan ikan hias air tawar satu ini sangat eksotis dan harganya relatif mahal.

15. Ikan molly

ikan hias air tawar
Suka Ikan

Rekomendasi ikan hias air tawar yang cocok untuk Sedulur pelihara dengan perawatan yang sangat mudah adalah ikan molly. Ikan molly memiliki bentuk kecil dengan warna cerah yang beragam. Terdapat beberapa jenis ikan molly, namun yang menarik adalah dari setiap jenis ikan molly, hampir disukai oleh anak-anak.

Memelihari ikan molly dapat memberikan suasana tenang di dalam rumah serta dapat membuat anak betah bermain di rumah. Selain itu, harga ikan molly juga sangat terjangkau, mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000, tergantung paket yang Sedulur pilih.

16. Ikan black ghost

Suka Ikan

Rekomendasi ikan hias air tawar selanjutnya adalah ikan black ghost. Ikan hias air tawar ini memiliki bentuk unik dengan bentuk yang pipih dan sirip panjang berwarna hitam pekat. Sedulur wajib tahu, ikan ini berasal dari Amazon dan menjadi salah satu ikan hias yang disukai oleh para pecinta ikan.

Selain dicintai karena bentuknya yang unik dan keren, ikan ini juga suka memakan jentik nyamuk dan serangga. Sehingga, untuk urusan perawatan dan memberi makan, ikan hias air tawar ini tidak sulit untuk merawatnya. Ikan ini sekaligus menjadi ikan hias air tawar ukuran besar.

17. Ikan swordtail

ikan hias air tawar
Pinhome

Rekomendasi selanjutnya adalah ikan swordtail. Ikan ini memiliki bentuk unik yaitu bagian tubuh belakangan yang runcing seperti layaknya sebuah pedang. Namun, bentuk tersebut hanya tersedia pada ikan jantan saja. Sedangkan ikan betina memiliki bentuk yang pada umumnya sama dengan ikan lainnya. Hal ini juga mempengaruhi harga dari ikan tersebut.

18. Ikan platy

Dictio

Rekomendasi ikan hias air tawar selanjutnya adalah ikan platy. Ikan platy merupakan ikan yang memiliki warna mencolok, namun nyaman dipandang. Selain termasuk ikan hias air tawar, perawatan dari ikan ini cukup mudah. Jadi, sangat cocok dipelihara oleh Sedulur yang masih pemula.

Sedulur tidak perlu takut ikan ini akan mudah mati. Asalkan pembuatan akuarium sudah benar, kemudian pemberian makan dan permbersihan akuarium dilakukan secara rutin, maka ikan ini akan hidup.

19. Ikan oscar

ikan hias air tawar
Bukalapak

Ada pula ikan oscar yang bisa Sedulur pilih sebagai ikan hias air tawar di rumah Sedulur. Ikan oscar adalah jenis ikan hias air tawar predator yang tidak direkomendasikan bagi para pecinta hias yang masih pemula. Dibalik keindahan yang dimiliki oleh ikan ini, sifat temperamental dan agresifnya membuat ikan ini tidak cocok dipelihara bersama ikan lain.

Bahkan untuk memelihara ikan ini juga tidak mudah. Jika Sedulur melakukan kesalahan, maka ikan ini bisa stres dan akhirnya mati. Maka dari itu, perawatan ikan ini merupakan seni tersendiri.

20. Ikan channa

Kompas

Rekomendasi ikan hias air tawar terakhir adalah ikan channa. Bentuk dari ikan ini sangat mirip seperti ikan gabus, hanya memiliki penampilan dan corak yang sangat indah. Jadi cocok dijadikan sebagai penghias akuarium di rumah. Karakter dari ikan ini mirip seperti ikan cupang, yakni teritorial alias menyerang ikan lain yang berada di wilayahnya. Bagi Sedulur yang tertarik merawat ikan hias satu ini, Sedulur bisa membelinya secara online.

BACA JUGA: Ragam Jenis Ikan Arwana, Ikan Hias dengan Nilai Jual Termahal

Tips dan cara merawat ikan hias air tawar

ikan hias air tawar
Halodoc

Setelah Sedulur mengetahui daftar dari ikan hias air tawar di atas, tentu saja Sedulur penasaran bagaimana cara merawat ikan hias air tawar agar dapat hidup lama dan terjaga. Nah, berikut ini ada beberapa tips merawat ikan hias air tawar yang bisa Sedulur perhatikan dan dipraktikkan. Yuk, mari langsung saja kita simak!

1. Menyiapkan akuarium

Sebagai langkah pertama dalam budidaya ikan hias aquarium yang harus Sedulur perhatikan adalah menyiapkan wadah. Untuk budidaya ikan hias Sedulur hanya memerlukan akuarium yang tak terlalu besar. Tak perlu khawatir, sebab harga akuarium di pasaran sangat bervariasi. Silakan pilih harga yang pas dan sesuai dengan budget Sedulur. Selain itu, jangan lupa memperhatikan sistem aliran air untuk membuat air terus bergerak.

2. Penyesuaian wadah

Perlu diketahui, hal yang penting dalam cara merawat ikan hias dan berpengaruh terhadap perkembangan ikan hias aquarium adalah air, suhu, pH, kandungan oksigen, dan kecerahan. Maka dari itu, penting bagi Sedulur untuk menjaga suhu air akuarium itu. Suhu air akuarium dijaga sekitar antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Kemudian, keasaman air atau pH harus kurang dari 6 atau 7, oksigen terlarutnya lebih dari 3 ppm, dan tingkat kecerahan airnya berkisar 30 hingga 60 cm.

3. Makanan ikan

Hal lain yang tak kalah pentingnya dalam cara merawat ikan hias adalah soal pakan. Pada dasarnya pakan untuk ikan hias akuarium terbagi menjadi dua yakni pakan alami dan buatan. Pakan alami bisa didapatkan dari kutu air, kodok, jentik nyamuk, influsoria, cacing sutera, serangga, dan ikan kecil. Sementara itu untuk pakan buatannya sendiri, Sedulur bisa memberikan pelet dengan kadar protein yang sesuai kebutuhan pertumbuhan ikan tersebut.

4. Jangan sering diberi makan

Cara merawat ikan hias agar tidak cepat mati selanjutnya, jangan terlalu berlebihan dalam pemberian pakan. Alih-alih ingin mengenyangkan ikan hias, hal ini justru dapat berdampak fatal bagi kehidupan ikan. Memang momen yang paling menyenangkan dari memelihara ikan adalah saat memberikan makan. Saking senangnya, tak terasa pakan yang Sedulur beri sampai berlebihan.

Pakan berlebihan tidak baik untuk pencernaan ikan. Jika sudah dimuntahkan atau pakan tidak lagi disentuh, sebaiknya hentikan pemberian. Sebagai patokan, bacalah petunjuk yang ada di bungkus makanan yang Sedulur beli. Biasanya, disarankan untuk memberi makan dengan porsi yang cepat habis. Jangan lebih dari 2 menit menggenang dalam air. Selain itu, Sedulur cukup berikan 2 sampai 3 kali sehari.

5. Rutin ganti air

Pergantian air itu mutlak Sedulur lakukan, meski hanya sebulan sekali. Sedulur perlu sadari, bahwa memelihara ikan dalam media yang terbatas atau buatan, tidak seperti pada habitat alaminya yang kaya dan tak perlu perawatan. Air dengan tempat terbatas seperti akuarium mudah sekali tercemar oleh limbah, meskipun filtrasinya sudah baik.

Misalnya, kotoran hewan yang terus menumpuk bisa jadi sumber amoniak yang tidak baik untuk kesehatan ikan. Selain itu, sisa pakan yang tak habis juga berpotensi memperparah keadaan. Intinya, kualitas air yang buruk bisa jadi penyebab kematian pada ikan hias

Semoga daftar rekomendasi ikan hias yang bisa Sedulur pelihara di rumah yang telah dijelaskan di atas bisa menjadi inspirasi bagi Sedulur yang ingin mendekor interior rumah dan menciptakan ketenangan yang berbeda. Memelihara ikan merupakan hobi penting untuk menghilangkan stres.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!