pulau komodo

Taman nasional menjadi destinasi wisata berupa tempat pelestarian keanekaragaman hayati yang menarik untuk dikunjungi. Terdapat banyak sekali taman nasional di Indonesia, dan salah satu yang paling terkenal adalah Taman Nasional Komodo. Taman nasional ini terdiri dari tiga pulau besar yakni Pulau Komodo, Pulau Pandar, dan Pulau Rinca.

Tidak hanya itu, ada juga beberapa pulau kecil diantaranya seperti Pulau Gili Motang dan Pulau Nusa Kode. Bisa dikatakan jika taman nasional ini menjadi destinasi wisata Sedulur di Indonesia dan wajib dikunjungi terutama oleh wisatawan asing. Jadi sebagai warga negara Indonesia, sudah sepantasnya kita bangga dengan keragaman hayati yang kita miliki.

Bahkan pulau komodo sendiri sempat menjadi satu bagian dari 7 keajaiban dunia. Untuk lebih lengkapnya lagi, mari simak penjelasan yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Wisata Curug Cikuluwung 1 & 2 di Bogor Penuh Keindahan dan Mitos

-->

Sejarah Taman Nasional Komodo

pulau komodo
pexels

Bisa dibilang jika Taman Nasional Komodo ini mempunyai sejarah tersendiri. Menurut sumber yang terpercaya, Taman Komodo ini adalah taman nasional tertua di Indonesia. Kawasan ini sudah berdiri sejak tanggal 6 Maret 1980. Taman nasional ini memiliki luas 173.000 hektare, dan pernah mendapatkan beberapa penghargaan secara internasional.

Beberapa penghargaan yang pernah diberikan seperti Man and Biosphere Reserve di 1977, World Heritage Site pada tahun 1991, serta The New 7 Wonder of Nature di tahun 2011. Ya, kawasan ini adalah habitat bagi salah satu hewan purba langka yang hingga saat ini masih hidup yaitu komodo. Jika dilihat dari data pada tahun 2018, jumlah spesies komodo yang ada di taman nasional ini kurang lebih 2.872 ekor.

Mengenal Pulau Komodo

pulau komodo
pexels

Pulau komodo terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di sebelah timur Pulau Sumbawa dan dipisahkan oleh Selat Sape. Sesuai dengan namanya, komodo adalah jenis fauna yang terdapat di Pulau Komodo. Sehingga pulau tersebut menjadi habitat aslinya. Dijamin Sedulur tidak akan pernah bisa menemukan habitat komodo asli selain di pulau ini.

Seperti yang tadi sudah dikatakan, jika Pulau Komodo berada di kawasan Taman Nasional Komodo yang saat ini dikelola oleh Pemerintah Pusat Indonesia. Luas Pulau Komodo ini 390 meter persegi.

Apa saja keistimewaan Pulau Komodo?

pulau komodo
pexels

Mungkin Sedulur mengira jika satu-satunya alasan pergi ke Pulau Komodo ini hanya untuk melihat habitat asli komodo saja. Namun itu salah, ada banyak hal menarik yang bisa Sedulur temui di pulau ini. Lalu ada apa dengan pulau komodo? Berikut ini informasinya.

  1. Keanekaragaman hayati

Kawasan taman nasional yang satu ini mempunyai beberapa spesies hewan dan tumbuhan yang unik dan menarik. Tidak hanya terkenal sebagai tempat tinggal dari komodo saja, namun kawasan ini juga mempunyai 277 spesies lain yang hidup di dalam pulau tersebut.

  1. Spot diving terbaik

Keistimewaan dari wisata Pulau Komodo juga bisa dilihat dari kekayaan alam bawah lautnya. Banyak yang mengatakan jika pulau tersebut menjadi salah satu tempat diving terbaik. Wilayah ini menjadi jantung terumbu karang Asia Pasifik, jadi tidak heran jika pemSedulurngan bawah laut yang disajikan sangat indah.

  1. Toko Toko

Tempat wisata yang satu ini mempunyai semacam istana batu dalam air bernama Toko Toko. Istana batu tersebut dapat Sedulur temui di kedalaman 7 meter di bawah permukaan laut.

  1. Batu Samsia

Sebelum telah dijelaskan jika pulau ini menjadi spot penyelaman yang sering dipilih oleh para penyelam. Nah, terdapat beberapa spot menyelam favorit bagi para wisatawan. Salah satunya yang menarik adalah Batu Samsia. Pada spot ini, Sedulur dapat menyusuri saluran air dan juga berinteraksi dengan penyu, kura-kura, ikan hiu, dan beragam hewan air yang lain.

  1. Crystal Rock

Spot favorit bagi para penyelam yang lain adalah Crytal Rock. Ini adalah titik atau spot yang berada di kedalaman 5 meter di bawah permukaan laut. Pada spot yang satu ini, Sedulur bisa menemukan berbagai jenis satwa khas seperti barramundi cod, katak ikan, parrotfish, dan beragam jenis ikan yang lain.

  1. Pink Beach

Satu lagi pesona bisa Sedulur temukan di Pulau Komodo, yakni pantai berpasir merah muda atau yang sering disebut dengan Pink Beach. Warna pink di pantai tersebut, bisa terjadi karena adanya serpihan koral yang hancur dan kemudian bercampur dengan pasir pantai.

BACA JUGA: Liburan Akhir Tahun Super Hemat Pakai 8 Tips Ini!

Akses menuju wisata Pulau Komodo

pulau komodo
pexels

Sedulur bisa menuju ke lokasi wisata ini dengan menggunakan transportasi udara, laut, maupun darat. Nah, supaya lebih jelas lagi, simak uraian rute berikut ini.

Transportasi Udara

pexels

Sedulur bisa menaiki pesawat dari Denpasar sampai ke Labuan Baju. Kemudian melanjutkan perjalanan ke kawasan Pulau Komodo dengan kapal ferry.

Transportasi Laut

pexels

Apabila Sedulur ingin menggunakan moda transportasi laut, maka dapat memilih keberangkatan dari Tanjung Benoa, Bali, menuju Labuan Bajo. Dari tempat tersebut pilih kapal ferry dengan tujuan Pulau Komodo.

Transportasi Darat

pexels

Sedangkan untuk untuk transportasi darat, Sedulur dapat menaiki bus dari Denpasar menuju ke Labuan Bajo. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal ferry hingga ke pulau wisata yang dituju ini.

Biaya Wisata

pulau komodo
pexels

Karena pulau ini adalah sebuah tempat wisata, tentu saja terdapat tarif yang akan dikenakan bagi para wisatawan mengunjungi kawasan ini. Ternyata, biaya untuk berwisata di Pulau Komodo sendiri telah diatur oleh pemerintah melalui Keputusan Dirjen PHKA Nomor: SK.133/IV-SET/2014 serta Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2014. Berikut ini rincian biaya yang harus Sedulur keluarkan.

Tiket Masuk

pulau komodo
pexels
  • Wisatawan domestik: Rp. 5.000/orang/hari.
  • Wisatawan mancanegara: Rp. 150.000/orang/hari
  • Rombongan pelajar/mahasiswa dalam negeri (minimal 10 orang): Rp. 3.000/orang/hari
  • Rombongan pelajar/mahasiswa mancanegara (minimal 10 orang): Rp. 100.000/orang/hari

Tarif Aktivitas Wisata

pulau komodo
pexels
  • Kano: Rp. 25.000/orang
  • Memancing: Rp. 25.000/orang
  • Pengamatan kehidupan liar: Rp. 10.000/orang
  • Scuba diving: Rp. 25.000/orang
  • Snorkeling: Rp. 15.000/orang
  • Trekking: Rp. 5.000/orang

Selain rincian biaya yang sudah disebutkan di atas, ketika berkunjung ke pulau wisata ini Sedulur juga akan dikenakan biaya retribusi daerah sebesar Rp50.000 khusus untuk wisatawan domestik. Jadi persiapkan dengan matang biaya yang dibutuhkan untuk berkunjung dan juga aktivitas yang akan dilakukan di pulau  ini.

BACA JUGA: Liburan Murah Akhir Tahun? Intip 10 Wisata di Jawa Timur Ini!

Rekomendasi penginapan

pulau komodo
pexels

Jika Sedulur ingin mengunjungi pulau wisata ini dalam beberapa hari, tidak usah khawatir karena ada banyak penginapan di dekat Pulau Komodo yang bisa ditinggali. Nah, berikut ini beberapa penginapan yang direkomendasikan.

  1. Kanawa Resort

Penginapan yang ada di Pulau Kanawa, Pasir Putih Komodo, Manggarai Barat, Labuan Bajo dengan banderol harga Rp. 770.000 per malam.

  1. Boat Charter KM. Caroline

Penginapan dengan harga Rp. 7.500.001 per malam dengan fasilitas yang lengkap.

  1. XPirates Driver Camp

Penginapan ini dipatok dengan harga Rp. 275.000 per malam. Fasitilas yang disediakan juga sangat lengkap dan menarik.

Setelah membaca dan memahami informasi di atas, sekarang Sedulur sudah tahu secara pasti kan, jika Pulau Komodo ini adalah salah satu destinasi menarik yang wajib untuk dikunjungi. Ya, sebagai warga dengan rasa nasionalisme tinggi, kita harus mengutamakan destinasi wisata lokal daripada mancanegara.

Walaupun binatang komodo berasal dari Pulau Komodo dan hanya terdapat di pulau tersebut, namun tetap saja ini menjadi bagian dari Indonesia. Sudah seharusnya kita juga merawat dan juga melestarikan hewan khas Indonesia yang mulai terancam punah tersebut.