Apa yang Dimaksud dengan Hewan Vertebrata? Cek Disini!

Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki ruas tulang belakang. Pembentukan tulang belakang itu berasal dari perkembangan sumbu penyokong tubuh primer atau notokorda. Selain itu, ada juga hewan berjenis invertebrata dan avertebrata.

Beberapa contoh hewan vertebrata yang mudah kita jumpai adalah ikan, katak, dan ular. Namun, ada beberapa ciri hewan vertebrata yang patut kita pahami dan pelajari. Dan berikut ini ulasannya!

Baca Juga: 14 Hewan Paling Setia Pada Pasangannya, Termasuk Buaya!

Ciri-Ciri Hewan Vertebrata

Ciri-Ciri Hewan Vertebrata
Twinkl

Penjelasan tentang ciri-ciri hewan vertebrata sudah cukup banyak dibahas dalam pembelajaran di sekolah maupun kelas online. Namun, menurut Modul Pembelajaran SMA Biologi: Animalia yang dirilis Kemendikbud, vertebrata memiliki 12 ciri-ciri khusus yaitu:

-->
  1. Tubuhnya terbungkus oleh epidermis dan dermis. Pada hewan yang hidup di air, tubuhnya ditutup oleh sisik dengan banyak mengandung kelenjar mukosa. Sementara hewan yang hidup di darat, biasanya kulit luarnya menanduk atau berubah menjadi keras.
  2. Memiliki endoskeleton, yaitu rangka yang membantu tubuh tegak dan memengaruhi bentuk tubuh.
  3. Memiliki cranium.
  4. Terdapat otot atau daging untuk bergerak.
  5. Memiliki tractus digestivus.
  6. Memiliki sistem peredaran darah.
  7. Memiliki sistem pernapasan.
  8. Memiliki sistem eksresi.
  9. Memiliki sistem saraf.
  10. Mempunyai sistem endokrin.
  11. Mempunyai sistem sensoris atau indra.
  12. Mempunyai sistem reproduksi.

Contoh Hewan Vertebrata Menurut Klasifikasi Kelasnya

Kelas Hewan Vertebrata
biologydictionary

Dalam pembelajaran, vertebrata dibagi menjadi 5 kelas utama yaitu sebagai berikut:

  1. Pisces

Kelas pisces atau ikan adalah hewan yang seluruh anggotanya hidup di air, baik air tawar maupun air laut. Beberapa hewan vertebrata yang masuk dalam kelas pisces adalah ikan hiu, ikan pari, ikan lele, ikan gurami, ikan nila, dan sebagainya.

Berikut ini gambar vertebrata kelas pisces.

Ikan Galapagos
Cool Galapagos
  1. Amphibia

Kelas amphibian adalah makhluk yang hidup di dua alam, yakni darat dan air tawar. Kata amphibian sendiri berasal dari Bahasa Yunani. Beberapa contoh vertebrata kelas amphibi adalah katak dan salamander.

Berikut ini gambar hewan vertebrata kelas amphibia.

Katak Amfibi
The Conversation
  1. Reptilia

Istilah reptilia berasal dari bahasa Latin yang bermakna melata. Sehingga reptilia adalah vertebrata yang bergerak dengan cara melata. Contoh hewan-hewan tersebut ada kadal, tokek, buaya, cicak, dan ular.

Berikut ini gambar vertebrata kelas reptilia.

Hewan Vertebrata kelas reptil
Daily Express
  1. Aves

Hewan vertebrata kelas aves memiliki ciri khas yakni seluruh tubuhnya tertutup dengan bulu. Selain itu, mereka memiliki alat gerak berupa sayap agar bisa terbang Contoh hewan kelas aves yang banyak dijumpai ada burung kutilang, burung kakaktua, burung emprit, angsa, bebek dan sebagainya.

Berikut ini gambar vertebrata kelas aves.

Elang
Pixabay
  1. Mamalia

Terakhir adalah kelas mamalia. Kata tersebut diambil dari bahasa Latin mamae yang berarti susu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hewan vertebrata kelas mamalia adalah hewa yang memiliki kalenjar susu.

Contoh hewan vertebrata kelas ini adalah kucing, anjing, sapi, kambing, beruang, gajah, dan lainnya. Berikut ini gambar vertebrata kelas mamalia.

Sapi Termasuk Vertebrata
Pixabay

Berdasarkan Kemampuan Penyesuaian Suhu Tubuh

Ikan
Pixabay

Pengelompokan hewan vertebrata juga dibedakan berdasar kemampuan penyesuaian suhu tubuh di lingkungan hidupnya, yakni hewan homoiterm dan hewan poikiloterm.

Homoiterm adalah hewan yang tidak mampu mempertahankan suhu tubuhnya secara ekstrim. Suhu tubuh hewan homoiterm cenderung lebih panas. Sehingga hewan jenis ini sering disebut hewan berdarah panas. Beberapa contohnya adalah angsa, sapi, kambing, dan kucing.

Sementara itu, hewan poikiloterm adalah hewan yang bisa menyesuaikan suhu tubuhnya terhadap perubahan suhu ekstrim suatu lingkungan. Kemampuan adaptasi ini membuat hewan vertebrata poikiloterm disebut sebagai hewan berdarah dingin. Beberapa contoh vertebrata jenis ini adalah ikan, buaya, hingga katak.

Baca Juga: 12 Makanan Awetan Hewani atau Nabati yang Paling Dicari

Memiliki Banyak Fungsi dan Manfaat

Ayam Bertelur
Pixabay

Keberadaan vertebrata tak hanya untuk menjaga kestabilan lingkungan tapi juga bisa dimanfaatkan langsung oleh manusia.

Beberapa fungsi hewan vertebrata dan manfaatnya yang bisa dirasakan oleh manusia adalah menjadi sumber energi atau cadangan bahan makanan.

Selain itu, vertebrata juga bisa dimanfaatkan kulit atau bulunya untuk dijadikan pakaian sehari-hari.

Nah itu penjelasan singkat tentang vertebrata. Dalam animal kingdom, vertebrata cenderung lebih sedikit dibandingkan invertebrata tetapi manfaatnya lebih banyak dirasakan oleh manusia.

Kamu bisa menemukan beberapa hasil olahan pangan dari vertebrata seperti telur hingga susu di Aplikasi Super lho. Sedulur cukup mendownload lewat Google Play di link berikut ini. Jadi buruan install dan belanja sekarang!