hewan paling setia

Salah satu sifat alamiah yang ada pada hewan adalah mencari pasangan serta bereproduksi. Sepanjang hidupnya, hewan akan lebih sering berganti pasangan karena itu merupakan naluri mereka. Meskipun kebanyakan begitu, ada pula beberapa spesies yang tergolong sebagai hewan paling setia karena kesetiaannya terhadap pasangan.

Siapa sangka, salah satu hewan yang dianggap loyal terhadap pasangannya adalah buaya. Hal tersebut sangat berkebalikan dengan sebutan “buaya darat” yang kerap disematkan kepada lelaki yang suka bermain wanita. Selain buaya, hewan apa yang paling setia lainnya? Simak rangkumannya di sini, ya!

BACA JUGA: Ternyata Ini 10 Manfaat Punya Hewan Peliharaan

1. Merpati

hewan paling setia merpati
pexels

Seperti yang kita ketahui, merpati merupakan simbol dari kesetiaan dan kasih sayang. Hal ini dikarenakan sifat alamiah merpati yang hanya mencari pasangan hidup sekali saja dalam seumur hidupnya. Salah satu hewan yang yang paling setia ini akan loyal terhadap pasangannya, bahkan hingga ajal menjemput salah satu dari mereka.

-->

Merpati juga dikenal sebagai hewan yang romantis, karena mereka akan bersama-sama membangun rumah berbentuk sarang. Setelah itu, mereka akan menempatinya bersama bahkan sampai mengerami dan menetaskan telur di sana. 

2. Angsa

hewan paling setia angsa
pexels

Selain terkenal karena kecantikan yang dimilikinya, angsa ternyata juga merupakan salah satu hewan paling setia di dunia. Bukan tanpa alasan, seekor angsa memiliki sifat tersebut karena ia hanya memiliki satu pasangan saja seumur hidupnya. Tak heran bila angsa sering dijadikan sebagai hiasan pada kamar hotel jika pasangan yang baru menikah memesan kamar untuk berbulan madu. 

Hewan berbulu cantik ini akan selalu bersama pasangan yang sama serta enggan untuk mencari pasangan lainnya seumur hidupnya. Salah satu hal yang bisa membuat angsa berpaling dari pasangannya adalah ketika betina tidak mampu untuk melakukan reproduksi. 

BACA JUGA: Penyebab Jamur Kucing Bisa Menular ke Kulit Manusia, Hati-hati!

3. Kupu-kupu

hewan yang paling setia
pexels

Selain unggas, ada juga serangga yang loyal terhadap pasangannya, yaitu kupu-kupu. Binatang yang memiliki sayap cantik ini ternyata seumur hidupnya hanya melakukan perkawinan satu kali saja dengan lawan jenisnya.

Selain itu, ia ternyata juga bertelur sekali saja seumur hidupnya. Hal ini dikarenakan umur kupu-kupu yang cukup pendek, hanya sekitar dua sampai empat minggu. Maka dari itu, kupu-kupu termasuk hewan paling setia karena umurnya yang cukup pendek.

4. Burung hantu

hewan paling setia di dunia
pixabay

Salah satu jenis burung pemangsa yang aktif di malam hari ini ternyata sangat loyal terhadap pasangannya. Meskipun tergolong sebagai hewan buas, namun burung hantu bisa tinggal, berkembang biak, serta mencari sarang seumur hidup dengan pasangan yang sama. Binatang nokturnal yang satu ini sering bereproduksi dan menghasilkan anak dengan pasangan yang sama.

Meski begitu, burung hantu masih memiliki kemungkinan untuk berpisah dengan pasangannya disamping sebagai hewan paling setia. Salah satu penyebabnya adalah karena pasangannya tidak menghasilkan keturunan. Maka dari itu, burung hantu akan mencari pasangan lainnya. 

BACA JUGA: 13 Pilihan Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar & Sehat

5. Serigala

hewan apa yang paling setia
pexels

Meskipun terlihat buas, serigala ternyata menjadi binatang yang tergolong setia terhadap pasangannya. Hal ini dikarenakan serigala memiliki cara hidup yang berkelompok dan itulah yang membuatnya loyal.

Selain itu, serigala juga menjadi salah satu hewan paling setia kepada manusia serta patuh terhadap perintah yang diberikan jika dilatih dengan baik. Serigala juga menjadi hewan yang rela berkorban nyawa jika anaknya terancam bahaya.

6. Penguin

penguin
pixabay

Selama musim kawin, penguin akan memilih satu pasangan di dalam kelompoknya. Ketika sudah memilih pasangan yang cocok, penguin akan menjadi hewan paling setia terhadap pasangannya. Hewan yang menggemaskan ini akan membuat sarang, mencari makanan, serta merawat anak dengan pasangan yang sudah ia pilih.

Namun, ia menjadi binatang yang loyal dengan pasangannya hanya selama musim kawin saja dan berlangsung selama setahun. Selanjutnya, ia akan mencari pengganti dari pasangan tersebut. 

BACA JUGA: Fakta & Ciri Khas Sapi Limosin, ‘Sapi Sultan’ Favorit Pejabat

7. Siamang

Siamang
pexels

Hewan primata yang dikenal sebagai kera hitam ini memiliki ciri khas tidak memiliki ekor serta hidup di pohon yang tinggi. Siamang hidup secara nomaden atau berpindah dengan cara memanjat pohon-pohon yang tinggi.

Hewan berlengan panjang ini termasuk salah satu hewan yang setia terhadap pasangannya. Ia akan mencari makanan, berkembang biak, serta memiliki tempat tinggal bersama pasangannya. Selain itu, ia akan mengeluarkan suara yang keras selama kurang lebih 30 menit pada setiap pagi yang berguna untuk melindungi rumah mereka dari ancaman musuh. 

8. Buaya

Buaya hewan paling setia
pexels

Meskipun istilah “buaya darat” kerap disematkan pada pria yang tidak setia ataupun mata keranjang, namun sesungguhnya buaya hewan paling setia kepada pasangannya. Setiap musim kawin tiba, hewan reptil ini akan memilih pasangan yang sama dengan presentasi 70%. Buaya juga akan berkembang biak selama satu kali saja dalam seumur hidupnya. 

BACA JUGA: Cara Budidaya Jangkrik Untuk Pemula, Mudah & Dijamin Untung

9. Kuda laut

Kuda laut
pixabay

Hewan laut yang memiliki bentuk badan unik ini ternyata juga termasuk hewan paling setia, lho. Kuda laut yang sudah berpasangan akan saling berbagi tugas setelah mereka kawin. Pembagian tugas tersebut diantaranya adalah ketika sang betina bertelur, telur tersebut akan ditempatkan di dalam kantung telur yang dimiliki oleh kuda laut jantan.

Setelah telur tersebut menetas, jantan akan mengeluarkan anak-anak kuda laut tersebut dari kantong yang dimilikinya. Hal tersebut menyebabkan kuda laut jantan terlihat sebagai pihak yang melahirkan anak. 

10. Berang-berang

Berang-berang
pixabay

Berang-berang adalah binatang pemakan ikan dan termasuk sebagai karnivora. Mereka bisa hidup dalam dua alam, yaitu air dan darat. Maka dari itu, berang-berang termasuk sebagai golongan binatang semi akuatik. Mereka akan membuat suatu bendungan untuk tempat tinggal dan hidup secara berkelompok. Berang-berang menjadi salah satu hewan yg paling setia terhadap pasangannya karena mereka akan bersama dengan pasangan seumur hidup. 

BACA JUGA: Ciri Ciri Kucing Siam Lucu Serta Cara Merawat & Harganya

11. Burung parkit

Burung parkit
pixabay

Burung bertubuh kecil dan berkerabat dengan burung betet ini memiliki ciri khas warna terang. Ia tergolong sebagai burung yang hidup di alam bebas dan berasal dari Australia. Burung parkit memiliki sifat berkelompok dan dalam satu kelompok bisa terdiri dari ribuan ekor.

Parkit termasuk salah satu hewan yang setia terhadap pasangannya. Ia akan merasa tidak memiliki teman dan kesepian jika tidak memiliki pasangan. Jika pasangan meninggalkannya, maka parkit akan mengalami kecemasan dan kesepian.

12. Rayap

Rayap
pixabay

Rayap merupakan salah satu hewan yang tidak disukai oleh manusia karena ia bisa membuat pintu dan lemari rumah yang terbuat dari kayu menjadi rusak dan bolong. Rayap akan merusak barang yang berbahan dasar kayu dan itu membuat pemilik menjadi jengkel.

Sama seperti burung parkit, rayap hidup secara berkelompok. Bedanya, rayap memiliki pemimpin seorang ratu yang akan melakukan perkawinan dengan pejantan. Ratu dalam kelompok rayap akan melakukan perkawinan selama satu kali saja sesudah memilih pejantan. Maka dari itu, ia masih termasuk hewan paling setia. 

BACA JUGA: 8 Jenis Pakan Kenari Agar Cepat Gacor Ngerol, Sudah Tahu?

13. Elang botak

Elang botak
pixabay

Elang botak termasuk hewan paling setia dengan pasangan sepanjang hidupnya. Hal ini dikarenakan mereka tinggal secara berpasangan selama melakukan migrasi atau selama musim dingin. Hewan yang merupakan simbol nasional negara Amerika Serikat ini hanya akan mencari pasangan baru ketika pasangannya sudah mati. 

14. Ikan Angelfish Perancis

Ikan Angelfish Perancis
bechewy

Ikan yang hidup di perairan Bahama, Teluk Meksiko, serta Brasil ini memiliki ciri khas rahang bawah yang menonjol, memiliki gigi kecil, bertubuh kurus, serta warnanya mencolok. Angelfish Perancis termasuk hewan paling setia karena mereka akan mempertahankan suatu wilayah bersama pasangannya sepanjang hidupnya.

Demikian rangkuman informasi tentang beberapa hewan paling setia terhadap pasangannya yang bukan hanya dimiliki oleh hewan yang terlihat lembut dan jinak saja, namun hewan buas pun juga. Meskipun begitu, kesetiaan hewan hanya sampai pasangannya mati saja. Setelah itu, mereka akan mencari pasangan baru lagi. Namun, jangan sampai kalah dengan hewan soal kesetiaan, ya.