Ternyata, ada perayaan tersendiri yang sudah diakui secara internasional yang berkaitan dengan orang terdekat. Yups, perayaan tersebut adalah Hari Persahabatan Sedunia atau International Friendship Day. Jika Sedulur ingin menunjukkan betapa pentingnya kehadiran sahabat tercinta, perayaan tersebut merupakan momen yang tepat untuk menunjukkan kepada mereka. 

Hubungan antar manusia akan terjaga dengan baik jika Sedulur ikut berperan secara aktif dalam perayaan ini. Ketika hubungan antar manusia membaik, maka perdamaian dunia akan dengan mudah tercapai. Lantas, bagaimana asal usul dan beberapa informasi seputar Hari Persahabatan Dunia ini? Simak semuanya disini, ya!

BACA JUGA: 17 Ide Kado Pernikahan Untuk Sahabat, yang Unik & Bermanfaat

1. Tarikh Hari Persahabatan Sedunia

hari persahabatan sedunia
unsplash

Awalnya, perayaan ini merupakan sebuah tindak lanjut dari sebuah proposal yang diajukan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai salah satu badan khusus PBB. dalam proposal yang diajukan tersebut menyebutkan bahwa Budaya Damai atau Culture of Peace adalah sebagai suatu sikap, nilai, serta perilaku yang berguna untuk mencegah konflik serta menolak kekerasan, dengan cara mengetahui dan mengatasi akar dari penyebab itu sendiri. Tak lama setelah itu, proposal tersebut kemudian diambil oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1977.

-->

Meskipun begitu, perayaan ini pertama diusulkan jauh sebelum PBB menetapkannya, seperti yang dilansir dari National Day. Secara perdana, hal tersebut kemudian diusulkan oleh World Friendship Crusade pada tahun 1958. World Friendship Crusade merupakan salah satu organisasi internasional yang memiliki kampanye mencapai perdamaian melalui persahabatan. Negara pertama yang merayakannya secara nasional adalah Paraguay.

Sebelum adanya Hari Persahabatan Sedunia 2021 dan tahun-tahun sebelumnya, Amerika Serikat telah memperingati terlebih dahulu perayaan tersebut secara tidak resmi pada tahun 1919. Pada tahun 1930, perusahaan Hallmark mulai memperkenalkan kartu ucapan yang bisa ditujukan untuk mempererat suatu hubungan.

2. Cara memperingati Hari Persahabatan Sedunia di tengah pandemi

pexels

Setelah mengetahui kapan hari persahabatan sedunia dilaksanakan, maka ini adalah waktu yang tepat untuk seseorang merayakannya bersama sahabat terkasih. Ingat selalu bahwa teman akan selalu ada di saat kita sedang sedih maupun senang, mereka selalu mengorbankan waktu untuk kita, bahkan menghibur sepanjang waktu meskipun jarak cukup jauh. Seseorang dapat dikatakan sebagai sahabat bukan karena seberapa lama kita mengenal mereka. Orang yang kita kenal dalam waktu singkat juga bisa dengan mudah menjadi sahabat. 

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk merayakannya? Sebenarnya, tidak ada panduan khusus yang ada, jadi seseorang bisa sesuka hati untuk menentukannya. Yang penting adalah bagaimana kita bersyukur dan bisa mengapresiasi kehadiran sahabat tercinta dalam suka maupun duka. Meskipun bisa bebas menentukannya, ada beberapa tips menarik yang bisa digunakan dalam perayaan International Friendship Day, apalagi pada kondisi pandemi COVID-19. Berikut adalah tipsnya:

Bertukar kado

Bertukar kado merupakan cara mengapresiasi hari persahabatan perempuan maupun laki-laki. Jangan lupa untuk selalu memilih kado yang bermanfaat dan disukai oleh sahabat, ya. Hal ini dilakukan agar tidak sia-sia memberikannya. Selain itu, dengan bertukar kado, persahabatan akan lebih erat lagi.

Mengadakan meet up secara virtual

Karena pandemi masih berlangsung hingga saat ini, tentunya yang harus kita lakukan adalah sebisa mungkin mengurangi aktivitas yang berada di luar ruangan serta menjaga selalu kesehatan. Tapi, hal tersebut tidak bisa menjadi suatu penghalang untuk melakukan perayaan yang satu ini. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan meet up secara virtual, bisa dengan melalui zoom atau google meet. Atur berbagai sesi yang menarik seperti games dan makan malam bersama secara virtual agar selalu menyenangkan dan tidak membosankan.

Mengirimkan ucapan sebagai apresiasi

Cara lain untuk memperingati Hari Persahabatan Sedunia National Best Friend Day adalah dengan memberikan atau mengirimkan ucapan sebagai bentuk apresiasi. Ucapkan dengan tulus kepada sahabat tercinta mengenai semua dukungan dan bantuan yang sudah mereka lakukan untuk kita. Niscaya, persahabatan akan semakin erat.

BACA JUGA: 9 Cara Mendapatkan Teman Baru Untuk Seorang Introvert

3. Manfaat persahabatan bagi kesehatan mental

hari persahabatan sedunia
unsplash

Tentunya, ada beberapa dampak baik persahabatan bagi kesehatan mental kita. Diantaranya adalah seseorang akan memiliki teman curhat ketika sedang mengalami masa sulit maupun saat merasa bahagia. Jika sudah mencurahkan hati sepenuhnya, maka risiko untuk mengalami masalah mental seperti gangguan kecemasan akan dengan mudah terhindarkan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diketahui sebelum Sedulur memutuskan untuk merayakan hari persahabatan sedunia 2022 yang akan datang. 

Memberi dukungan emosional

Dukungan secara emosional mungkin akan dibutuhkan oleh Sedulur, apalagi ketika sedang menjalani masa yang sulit. Adanya seorang sahabat yang menemani akan membuat hati lebih kuat lagi untuk menghadapi berbagai permasalahan yang sulit. Dengan adanya sahabat, maka situasi yang sulit akan terasa lebih mudah.

Mencegah kesepian

Setelah mengetahui bahwa tanggal 30 juli memperingati hari apa, yaitu International Best Friend Day, maka salah satu manfaatnya adalah untuk mencegah kesepian. Jika seseorang merasa kesepian, maka kondisi kesehatan akan menjadi buruk dan bisa menyebabkan seseorang terkena depresi. Maka dari itu, sahabat itu pasti membuat kita merasa senang.

4. Hari Persahabatan di seluruh dunia

unsplash

Sering dipertanyakan bahwa PBB menetapkan 30 Juli 2021 memperingati hari apa? Jawabannya pastinya adalah Hari Persahabatan Internasional. Meskipun begitu, ada pula beberapa negara yang mengadakan perayaan tersebut di hari yang berbeda. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Bolivia: 23 Juli
  • Spanyol: 20 Juli
  • Kolombia: Sabtu kedua di bulan Maret
  • India: hari minggu pertama di bulan Agustus
  • Finlandia: 14 Februari

Itu dia beberapa informasi menarik mengenai Hari Persahabatan Sedunia yang ditetapkan oleh PBB. Memiliki sahabat itu penting agar kita senantiasa diberikan dukungan secara emosional dan berbagai hal lainnya. Namun, satu hal yang perlu diingat bahwa memiliki sahabat yang banyak tidak menjadi tolak ukur seseorang menjadi keren. Menjalin sebuah ikatan persahabatan tidak melulu dikaitkan dengan seberapa banyak teman yang dimiliki. Yang menjadi patokan utama adalah kualitas dari pertemanan itu sendiri. Semoga bermanfaat!