cara mendapatkan teman baru

Jika dibandingkan ketika masih anak-anak dulu, apa Sedulur pernah berpikir saat ini cara mendapatkan teman baru itu cenderung lebih susah? Padahal di usia menjelang dewasa seperti saat ini, sangat penting bagi kita untuk memperbanyak teman demi memperluas relasi, lho.

Tidak hanya itu saja, teman itu sangat dibutuhkan terutama untuk mencurahkan semua perasaan kita usai menjalani hari-hari yang cukup berat. Dan yang paling penting, teman akan selalu ada di sisi Sedulur entah itu saat suka maupun duka.

Namun tidak usah khawatir, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa cara mendapatkan teman bagi introvert yang bisa dicoba. Cobalah beberapa cara berikut agar relasi dan jaringan Sedulur bisa semakin luas.

BACA JUGA: Mengenal Ciri Kepribadian Introvert dan Cara Mengatasinya

1. Percaya diri

cara mendapatkan teman baru
pixabay

Cara mendapatkan teman baru di sekolah maupun di lingkungan kerja yang pertama adalah dengan percaya diri. Sebenarnya hanya diri Sedulur yang sangat berpengaruh terhadap datang atau tidaknya teman-teman baru. Jadi, mulailah untuk meningkatkan rasa percaya diri sendiri.

Dengan meningkatkan rasa percaya diri, maka Sedulur bisa menjadi lebih berani untuk mengajak orang-orang baru berkenalan. Jika terus berdiam diri dan malu untuk memulainya, tentu saja hal ini tidak akan membawa Sedulur kemana-mana.

Bahkan hal tersebut juga akan menghambat Sedulur dalam menemukan teman baru. Cobalah untuk percaya diri, dan jangan khawatir dengan kekurangan yang dimiliki. Setiap orang itu pasti punya kekurangan, dan orang lain tentu sudah paham.

2. Tidak usah overthinking

cara mendapatkan teman baru
pixabay

Umumnya, salah satu faktor yang menghambat munculnya rasa percaya diri untuk mulai berkenalan dengan orang baru adalah “overthinking” alias perasaan takut berlebih akan hal yang belum tentu terjadi. Pemikiran yang berlebihan ini, sebenarnya tidak baik untuk berbagai hal.

Biasanya overthinking ini muncul pada saat Sedulur terlalu fokus memikirkan kecocokan maupun khawatir bila tidak diterima oleh lingkungan orang-orang yang baru. Nah, di usia menjelang dewasa hal ini, kekhawatiran tersebut yang seringkali membuat Sedulur enggan untuk memulai pertemanan baru.

Oleh sebab itu, sebaiknya hilangkan mindset tersebut. Jangan sampai hanya karena overthinking, Sedulur merasa terhambat dalam mendapatkan teman baru.

3. Coba memulai pembicaraan

cara mendapatkan teman baru
pixabay

Setelah kepercayaan diri didapatkan dan overthinking sudah berhasil dihilangkan, tentunya Sedulur sudah mulai berani untuk mengajak orang baru buat mengobrol kan? Ya, jika tidak kita yang memulai pembicaraan terlebih dahulu, lalu bagaimana kita akan mendapatkan teman baru?

Tidak perlu bingung dengan topik yang harus dikatakan untuk memulai pembicaraan. Sedulur bisa mulai dengan sekedar menanyakan topik umum maupun hal-hal ringan yang saat ini sedang menjadi perbincangan banyak orang.

Tidak perlu malu, ragu, maupun takut jika Sedulur akan diabaikan, ya. Asalkan Sedulur memulai percakapan dengan percaya diri, dijamin orang baru tersebut akan mengenal Sedulur sebagai sosok yang ramah, supel, dan juga enak untuk diajak ngobrol.

4. Jangan membual

cara mendapatkan teman baru
pixabay

Cara mendapatkan sahabat cowok atau cewek yang berikutnya adalah jangan membual. Ada banyak orang yang ingin menjadi populer dan punya banyak teman dengan cara membual. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari dan mendapatkan perhatian dari orang lain secara lebih.

Namun sebenarnya ini tidak baik bagi diri Sedulur sendiri, lho. Dengan cara ini, maka Sedulur tidak akan mendapatkan teman yang sesungguhnya. Kebanyakan dari mereka, biasanya hanya ingin kenal dan berteman karena apa yang Sedulur miliki atau janjikan.

Bahkan jika ketahuan berbohong, tentunya Sedulur akan dicap sebagai pembohong, dan justru tidak lagi dipercaya orang-orang. Jika sudah begini, maka bisa dipastikan Sedulur akan dijauhi oleh orang-orang yang sebelumnya sudah dekat.

5. Menjaga silaturahmi

cara mendapatkan teman baru
pixabay

Cara mencari teman yang baik di sekolah itu memang sangat penting. Terkadang Sedulur tidak sadar jika sebenarnya punya banyak sekali teman, terutama di masa-masa sekolah. Akan tetapi, kesibukan yang dijalani selepas masa sekolah, membuat kita secara perlahan melupakan mereka.

Padahal tidak ada salahnya untuk memperdalam hubungan Sedulur dengan teman-teman sekolah saat ini. Cara untuk memulainya juga tidak susah kok. Sedulur bisa mulai menyapa melalui media sosial. Tidak harus langsung serius, coba saja dengan basa-basi yang sekiranya dia juga paham.

Setelah itu, jangan lupa untuk mengajaknya bertemu di waktu lain untuk mengobrol. Agar pertemanan kalian tidak hilang lagi, pastikan Sedulur tetap menjaga hubungan silaturahmi dengan baik. Tidak perlu canggung, karena kedekatan kalian tetap bisa dibangun walaupun sudah pernah berjalan sendiri-sendiri.

BACA JUGA: 9 Ide Kado Natal Unik untuk Keluarga & Teman Spesialmu

6. Memanfaatkan media sosial

pixabay

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, ada banyak jalan yang bisa dilakukan untuk mendapat teman baru. Salah satu yang paling mudah, adalah dengan memanfaatkan aplikasi sosial media dan pertemanan online. Cara mendapatkan teman online pun juga sangat mudah.

Sedulur bisa menggunakan aplikasi-aplikasi pertemanan yang saat ini sudah banyak digunakan seperti Telegram, We Chat, Meet Me, Tinder, dan lain sebagainya. Atau tidak, Sedulur bisa memanfaatkan Twitter atau Instagram untuk mendapatkan kenalan baru.

Bisa dibilang jika cara yang satu ini sangat cocok bagi Sedulur yang memiliki sifat introvert. Hal ini karena Sedulur tidak harus langsung menemui teman baru tersebut. Sedulur bisa berkenalan dan lebih dekat dulu secara “online”, dan jika sudah benar-benar cocok baru ajak dia untuk bertemu secara langsung.

7. Ikut komunitas

pixabay

Perlu untuk Sedulur ketahui, bahwa komunitas adalah tempat terbaik untuk cari teman baru. Sedulur bisa lebih mudah menjalin hubungan yang dekat dengan orang yang memiliki minat dan hobi yang sama. Ketika bertemu secara langsung atau melalui chat, dijamin akan selalu ada topik yang dibicarakan.

Jadi cobalah untuk ikut berpatisipasi dalam sebuah komunitas yang sesuai dengan minat Sedulur. Dengan ini, maka peluang Sedulur untuk memperluas pertamanan akan jauh lebih besar. Bisa dipastikan mereka akan langsung menerima kehadiran Sedulur.

Selain menambah pengalaman dan juga mengasah kemampuan Sedulur dalam bidang tersebut, bergaul dengan orang-orang yang memiliki minat atau hobi yang sama itu benar-benar terasa mengasyikkan, loh. Coba saja kalau Sedulur tidak percaya!

8. Memperbanyak kegiatan di luar

pixabay

Menjalani berbagai kegiatan di luar rumah, ternyata juga bisa menjadi awal yang baik untuk mendapatkan teman baru, lho. Mulai dari lari pagi di lingkungan sekitar atau hanya sekadar bersantai di taman pada sore hari.

Nantinya Sedulur akan bertemu dengan banyak orang yang juga melakukan kegiatan serupa. Nah, di disitulah muncul kesempatan untuk berkenalan dengan orang baru. Terlebih lagi jika kegiatan yang Sedulur lakukan dengan mereka itu sama, tentunya akan jauh lebih mudah untuk menemukan kecocokan.

Namun dalam hal ini, pastikan pula Sedulur mengingat poin 1 sampai 4 di atas. Mulailah mengajak ngobrol, tidak perlu overthinking, dan jadilah diri sendiri. Syukur-syukur kalian juga memiliki minat yang sama, maka hubungan yang dekat bisa dibangun dengan sangat mudah.

9. Hilangkan sifat pemilih

pixabay

Jangan pernah memilih-milih teman dengan alasan yang sepele. Jadilah sosok teman yang baik bagi setiap orang, terlepas bagaimana sikap yang mereka tunjukkan. Dengan ini, Sedulur akan menunjukkan ciri-ciri sebagai orang baik hati dan membuat orang di sekitar senang dengan keberadaan Sedulur.

Tidak ada salahnya memiliki teman dengan background yang beragam. Bahkan adanya teman yang bermacam-macam ini, akan membuat Sedulur menjadi lebih kaya pengalaman. Pikiran Sedulur akan jadi lebih terbuka dalam menanggapi berbagai hal.

10. Ringan tangan

pixabay

Cara mendapatkan teman baru yang terakhir adalah ringan tangan. Ringan tangan dalam hal ini bukan berarti suka memukul atau bertindak kasar, lho. Melainkan Sedulur bisa menjadi orang yang suka membantu orang lain. Bantuan tidak harus berupa materi saja kok, namun juga dapat berupa saran, nasehat, maupun sekedar membantu dalam bentuk tenaga.

Tidak hanya mendapatkan teman, memberi bantuan pada orang lain ini juga akan menjadi sedekah yang dapat mendatangkan pahala. Selain keuntungan yang Sedulur dapat, tentu saja orang yang menerima bantuan tersebut juga akan merasa senang.

BACA JUGA: 65+ Contoh Pertanyaan Truth or Dare Seru Untuk Teman & Pacar

Nah, itulah beberapa cara berkenalan dengan teman yang baru dengan mudah. Dari beberapa poin yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya besar kecilnya peluang untuk mendapat teman baru itu bergantung pada diri Sedulur sendiri.

Jika Sedulur menjadi sosok yang baik dan terbuka, maka cara mendapatkan teman baru itu akan terasa sangat mudah. Namun jika terus menutup diri, mana ada orang yang ingin dekat dengan Sedulur?