fungsi soda api

Soda api atau nama ilmiahnya yaitu natrium hidroksida merupakan bahan yang digunakan untuk membersihkan. Terdapat kandungan natrium hidroksida dalam zat pembersih atau sabun. Maka dari itu manfaat dan fungsi soda api dapat digunakan untuk untuk membersihkan sesuatu.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas bersama manfaat dan fungsi soda api yang dapat Sedulur gunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga. Terutama peralatan-peralatan penting yang berkaitan dengan rumah. Namun, sebelum masuk ke pembahasan terkait manfaat dan fungsi soda api, sebagai pembukaan kita bahas terlebih dahulu terkait soda api itu sendiri.

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Capo untuk Kesehatan Beserta Resepnya

Apa itu soda api?

iStock

Di awal disebutkan bahwa nama ilmiah soda api adalah natrium hidroksida, yang terdapat dalam setiap zat pembersih seperti sabun. Natrium hiroksida (NaOH) juga dikenal sebagai alkali. Nama tersebut berasal dari senyawa kima yaitu natrium hidrat yang bersifat kaustik atau korosif.

-->

Bentuknya pun beragam, namun yang paling alami yaitu bentuk padatan putih seperti lili dengan sifatnya yang mudah menyerap air dan membentuk larutan air. Bahan tersebut biasanya digunakan untuk membuat lilin, membuat biodiesel, kaca prosting dan digunakan untuk percobaan kimia.

Sedulur bisa mendapatkan soda api untuk kebutuhan rumah tangga dengan membelinya di toko-toko pemasok bahan kima, toko pembersih rumah hingga toko pemasok biodiesel. Namun, sebelum membelinya, Sedulur harus memastikan kandungannya mengandung 100 persen natrium hidroksida.

Biasanya, saat Sedulur membeli soda api, Sedulur akan ditanya terkait tujuan penggunaan dan bahkan pembeli akan meminta Sedulur menandatangani pernyataan bahwa tidak akan menggunakan soda api untuk aktivitas iegal. Sedulur dituntut untuk menggunakan kebijaksanaan saat menggunakannya.

Penggunaan soda api untuk industri

fungsi soda api
iStock

Dari penjelasan di atas, Sedulur tahu bahwa soda api merupakan bahan penting yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Banyak industri yang mengimplementasikan soda api, umumnya soda api digunakan dalam industri:

  • Tekstil
  • Sabun
  • Produk pembersih
  • Kertas
  • Aluminium
  • Minyak bumi
  • Produksi pemutih

Soda api merupakan senyawa anorganik ionik padat berwarna putih, larut dalam air, etanol, dan metanol. Meskipun tidak mudah terbakar, soda api menyerap kelembapan dari udara.

Manfaat dan fungsi soda api

iStock

Soda api sendiri merupakan senyawa yang sangat berguna, kandungannya bisa digunakan untuk membuat berbagai produk yang bermanfaat, seperti aluminium, kertas, sabun, deterjen hingga pembersih toilet.

Akan tetapi, karena sifatnya yang korosif, membuat soda api dapat membuat iritasi pada kulit, dan mata. Sehingga di Amerika Serikat, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit untuk Zat Beracun serta Pendaftaran Penyakit, mewajibkan setiap pengguna untuk mengikuti instruksi keselamatan produk saat menggunakannya.

Hal tersebut berkaitan dengan keamanan saat menggunakan zat ini dan mencegah agar terhindar dari kemungkinan buruk. Ketika segala instruksi telah dipahami, pemanfaatan soda api dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa manfaat dari soda api yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini:

1. Melancarkan saluran yang mampet

fungsi soda api
iStock

Manfaat dan fungsi soda api yang pertama yaitu untuk melancarkan saluran yang mampet. Pembersih saluran mengandung natrium dan natrium hidroksida.

Pembersih saluran yang mengandung natrium hidroksida mengubah lemak yang dapat menyumbat pipa. Lemak-lemak tersebut akan mengurai dan meluruh sehingga mudah larut dalam air dan mampet pun terhindar pada saluran.

2. Membersihkan WC

iStock

Sifatnya yang korosif membuat fungsi soda api untuk saluran air pada WC mampat sangat manjur. Cara melakukannya cukup mudah. Cukup menebarkan satu cangkir soda api ke permukaan air WC. Kemudian tunggu hingga mengendap.

Fungsi soda api pada WC jongkok yang mampat ini akan menghasilkan gelembung-gelembung dan reaksi kedua bahan tersebut. Pastikan gelembung-gelembung tersebut tidak keluar dari WC jongkok.

3. Membersihkan kerak pada peralatan

fungsi soda api
iStock

Peralatan rumah tangga yang terbuat dari logam biasanya akan berkarat setelah digunakan beberapa waktu. Ketimbang mengganti peralatan baru, lebih baik dibersihkan. Soda api merupakan bahan yang tepat untuk membersihkan kerak pada peralatan.

Sifat soda api yang kuat untuk menghancurkan dan melepaskan kotoran bisa sangat ampuh untuk digunakan.

4. Membersihkan dinding kamar mandi

iStock

Soda api adalah bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan sabun. Ketika larutan air soda kaustik bersentuhan dengan lemak atau minyak hewani atau nabati, hasilnya adalah sabun dan gliserol. Proses tersebut disebut saponifikasi.

Ketika Sedulur menggunakan natrium hidroksida, Sedulur melarutkan lemak dan mengubahnya menjadi produk yang larut dalam air. Hal ini yang menyebabkan kerak-kerak pada perabotan bisa rontok dan hilang saat menggunakan soda air untuk membersihkannya.

5. Untuk penggunaan obat

fungsi soda api
iStock

Manfaat dan fungsi soda api selanjutnya yaitu untuk komposisi penggunaan obat. Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa natrium hidroksida merupakan zat kimia yang berbahaya. Pengawasan dan aturan ketat menyertai penggunaan soda api.

Namun, sebagai salah satu komposisi obat, soda abi merupakan salah satu komponen penting untuk meredakan nyeri. Karena soda api dapat menciptkan antikoagulan yangefektif digunakan dalam resep pengobatan kolesterol misalnya.

6. Untuk kecantikan

iStock

Selain untuk obat, soda api juga digunakan sebagai komponen beberapa alat dan produk kecantikan. Dalam skala kecil dengan pengenceral sekitar 5%, soda api umum ditemukan dalam produk kecantikan seperti:

  • Hairspray
  • Wewangian
  • Pembuatan sabun
  • Bedak kaki
  • Pewarna rambut

Manfaat penggunaan soda api dalam produk kecantikan dikarenakan soda api dapat membuat stabil tingkat pH.

7. Noda karat pada besi

fungsi soda api
iStock

Soda api juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan noda karat pada besi. Cara menggunakan soda api untuk menghilangkan karat adalah dengan melarutkannya dengan air di sebuah wadah yang terbuat dari loga. Lalu oleskan larutan tersebut kepermukaan besi yang berkarat.

Selama 10 menit karat akan meluruh dan tinggal bilas dan membersihkannya menggunakan air. Hal ini sangat umum digunakan untuk menghilangkan karat.

8. Penghilang cat/paint remover

iStock

Karena soda api merupakan bahan kimia yang keras, Sodium hidroksida juga mampu mengelupas cat pada permukaan tertentu, sehingga sering dikenal juga sebagai paint remover. Pengelupasan cat ini biasanya dilakukan ketika akan mengganti warna cat agar tampilan benda tersebut jadi seperti baru lagi.

10. Sebagai pembersih dan sanitas

fungsi soda api
iStock

Dari setiap manfaat dan fungsi soda api yang telah dijelaskan di atas, fungsi utamanya yaitu sebagai pembersih atau bahan pembersih. Hal tersebut dikarenakan karena soda api dapat mengubah lemak keras dan penumpukan lemak menjadi hancur dan meluruh.

Tidak hanya untuk rumah tangga, fungsi soda api juga berguna dalam industri pembersihan karena:

  • Aksesibilitas
  • Keterjangkauan
  • Kemudahan deteksi
  • Pembuangannya

Selain sebagai pembersih, soda api juga dapat digunakan sebagai sanitasi, Sedulur bisa menambahkan 1-2 sendok makan soda api untuk setiap 5 liter air. Air tersebut bisa ditambahkan pewangi dan digunakan sebagai sanitasi.

Manfaat soda api untuk aktivitas bersih-bersih rumah adalah yang paling umum diketahui banyak orang. Masyarakat memanfaatkan soda api untuk mengatasi WC yang mampet, noda karat pada besi, menghilangkan noda membandel di dinding kamar mandi, maupun untuk membersihkan kerak pada perabot dapur. Sebagaimana yang telah dijelaskan lengkap di atas.

Cara menggunakan soda api

iStock

Setelah mengetahui manfaat dan fungsi soda api di atas, tentu Sedulur harus mengetahui cara menggunakannya. Hal tersebut karena soda api merupakan bahan yang keras dan bisa membahayakan. Untuk menggunakannya dibutuhkan alat pelindung diri.

Kita ambil contoh untuk cara menggunakan soda api untuk membersihkan pipa yang tersumbat, berikut cara membuatnya:

  • Langkah pertama siapkan soda api yang telah diberi dan jangan lupa gunakan alat pelindung diri, seperti sarung tangan, masker, kacamata hingga celemek.
  • Larutkan 750 ml atau 3 gelas soda api ke dalam 3 liter air dingin. Gunakan wadah besar, seperti ember khusus yang tidak digunakan untuk kegiatan memasak.
  • Aduk campuran tersebut menggunakan sendok atau pengaduk yang berbahan kayu. Jangan pernah menggunakan tangan untuk mengaduk campuran.
  • Saat mencampur bahan tersebut akan muncul desis dan uap panas.
  • Selanjutnya setelah semua tercampur rata, tuangkan semua larutan ke dalam saluran pembuangan yang tersumbat. Diamkan selama 30 menit.
  • Setelah itu, siram saluran tersebut dengan air mendidih sebanyak 4 liter.
  • Jika pipa masih mampet, ulangi sekali lagi langkah-langkah ini.
  • Setelah selesai, jangan lupa untuk mencuci semua peralatan yang digunakan dengan air mengalir.

BACA JUGA: 10 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Efek samping soda api

fungsi soda api
iStock

Dijelaskan di atas, bahwa soda api dapat menyebabkan kulit terbakan dan akan menyebabkan kerusakan organ permanen jika tertelan dan masuk dalam tubuh. Maka terkait cara aman menggunakannya perlu diketahui.

Bahkan jika soda api bersentuhan dengan air saat dalam keadaan pada, hal tersebut dapat menghasilkan panas  yang cukup untuk menyalakan bahan yang mudah terbakar. Namun, jika diguanakn secara aman, hal tersebut dapat bermanfaat dan tidak bermasalah.

Akan tetapi, meskipun aman, Sedulur wajib sekali berhati-hati saat menggunakannya. Maka dari itu, saat menggunakan bahan kima atau pelarut yang mengandung zat kimia tinggi, Sedulur harus berhati-hati dan memberlakukannya sebagai bahan kimia yang berbahaya.

Dari penjelasan di atas, Sedulur kini telah tahu manfaat dan fungsi soda api, juga bagaimana cara menggunakannya dengan aman agar terhindar dari efek samping soda api yang berbahaya untuk kulit. Semoga penjelasan di atas membantu, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.