manfaat nila

Ikan nila merupakan jenis ikan air tawar yang kerap dipilih menjadi sumber protein oleh masyarakat. Sebab, ikan nila termasuk jenis ikan yang banyak dibudidayakan di samping dikenal memiliki rasa yang lezat dan harga yang relatif terjangkau. Selain itu, tidak sulit untuk mengolah ikan nilai menjadi berbagai hidangan yang memanjakan lidah.

Di samping rasa, harga, hingga kemudahan untuk mengolahnya, ikan nila ternyata memiliki keunggulan lain. Ikan bernama latin Oreochromis niloticus ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat ikan nilai untuk kesehatan? Berikut informasi selengkapnya.

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Capo untuk Kesehatan Beserta Resepnya

Karakteristik

manfaat nila
Freepik

Sebelum mencari tahu apa saja manfaat mengonsumsi ikan nila, tak ada salahnya untuk menyimak informasi mengenai karakteristiknya terlebih dahulu.

-->

Dihimpun dari berbagai sumber, ikan nila termasuk dalam kelompok omnivora dan memiliki nama latin atau nama ilmiah Oreochromis niloticus. Adapun ikan ini juga dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Nile Tilapia.

Umumnya, nila memiliki ukuran panjang sekitar 30 cm, meski ada pula yang lebih besar atau lebih kecil. Selain itu memiliki sirip punggung dengan 16-17 duri tajam dan 11-15 duri lunak serta berwarna kehitaman atau keabuan.

Terkait perkembangbiakannya, nila betina dapat mengeluarkan telur hingga 1.500 butir setiap kali bertelur. Sementara waktu panen ikan nila biasanya terjadi pada kisaran waktu 2 hingga 7 bulan.

Klasifikasi ikan nila

  • Kingdom : animalia
  • Filum : chordata
  • Kelas : actinopterygii
  • Ordo : perciformes
  • Famili : cichlidae
  • Genus : oreochromis
  • Spesies : Oreochromis niloticus

Kandungan gizi ikan nila

KlikDokter

Seekor nila mengandung di antaranya protein, vitamin B12, fosfor, selenium, hingga kalium yang baik untuk tubuh. Mengutip dari laman SehatQ, rincian kandungan gizi ikan nila per 100 gram adalah sebagai berikut.

  • kalori ikan nila: 128
  • protein: 26 gram
  • lemak: 3 gram
  • karbohidrat: 0 gram
  • vitamin B12: 31% dari rekomendasi konsumsi harian
  • vitamin B3: 24% dari rekomendasi konsumsi harian
  • fosfor : 20% dari rekomendasi konsumsi harian
  • selenium: 78% dari rekomendasi konsumsi harian
  • kalium: 20% dari rekomendasi konsumsi harian

BACA JUGA: 10 Manfaat Skipping untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya

Manfaat ikan nila untuk kesehatan

manfaat nila
Freepik

Disampaikan sebelumnya, terdapat sejumlah manfaat ikan nila yang baik untuk kesehatan tubuh. Di antaranya adalah memenuhi kebutuhan protein harian, mencegah penyakit tertentu, hingga mencegah terjadinya penuaan dini. 

Manfaat ikan nila sendiri berasal dari berbagai macam nutrisi yang dikandungnya. Selain itu, ikan nila juga disebut rendah merkuri. Hal ini disebabkan karena sebagian besar ikan nila dibesarkan di peternakan dan dirawat hingga dewasa. 

Sementara, berikut informasi mengenai ragam manfaat ikan nila yang perlu Sedulur ketahui.

1. Membantu memenuhi kebutuhan protein harian

Protein adalah salah satu zat gizi yang penting untuk kesehatan tubuh manusia. Sebab protein diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan organ, sel, hingga otot. Sebagian masyarakat memilih mengkonsumsi ikan nila untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Ikan nila sendiri diketahui mengandung protein sebesar 26 gram untuk setiap 100 gram.

2. Membantu mencegah penuaan dini

Manfaat ikan nilai yang selanjutnya adalah dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Menurut sejumlah penelitian, ikan nila mengandung vitamin E dan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan di dalam ikan nila berperan untuk mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas secara berlebih. Seperti diketahui, kerusakan sel akibat radikal bebas dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan bercak hitam di wajah.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Ikan nila juga disebut bermanfaat untuk membantu menjaga kekebalan tubuh. Hal ini salah satunya didukung oleh adanya kandungan asam lemak omega 3 dan selenium pada nila. 

4. Manfaat ikan nila untuk menyehatkan tulang

Manfaat lain dari ikan nila adalah membantu menjaga kesehatan tulang. Ikan bernama latin Oreochromis niloticus ini memiliki kandungan kalsium yang baik untuk untuk kesehatan tulang dan otot, termasuk otot jantung. Tak hanya itu, kalsium juga berperan penting dalam proses pembekuan darah.

5. Mencegah penyakit tiroid

Ikan nila memiliki kandungan berupa mineral selenium yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya mineral ini bermanfaat mencegah gangguan tiroid. Sekadar informasi, tiroid merupakan kelenjar yang terletak di bagian leher. Kelenjar ini berfungsi untuk menghasilkan hormon tiroid yang berperan penting dalam mengatur metabolisme tubuh.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan protein dalam ikan nila ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Tak hanya itu, protein ternyata juga bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama.

7. Manfaat nila untuk menjaga kesehatan otak

Ikan nila mengandung omega 3 dan kalium yang dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan fungsi otak. Zat gizi tersebut berperan dalam peningkatan oksigenasi atau pemberian oksigen ke otak yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan di seluruh tubuh. Hal ini akan berdampak pada respons saraf pada tubuh manusia. 

8. Mencegah kanker

Disampaikan sebelumnya, ikan nila mengandung selenium yang dapat mencukupi kebutuhan konsumsi harian hingga 78%. Selenium sendiri merupakan mineral yang dapat membantu mencegah risiko kanker. Sebab selenium berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat mencegah kerusakan sel yang merupakan pemicu kanker. Meski demikian, manfaat ikan nila untuk mencegah kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

9. Manfaat nila untuk jaga kolesterol

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan nila juga bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Tak hanya itu, asam lemak omega 3 ini juga memiliki manfaat berupa membuat otot menjadi lebih peka dalam merespons hormon insulin yang dapat memberikan dampak baik bagi penderita diabetes.

10. Manfaat ikan nila untuk ibu hamil

Beragam kandungan nutrisi pada ikan nila juga telah lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan bayi di dalam kandungan. Misalnya kandungan protein pada ikan nila dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Selain itu ikan nila diketahui aman dari bahaya merkuri. 

BACA JUGA: 14 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan & Kecantikan

Efek samping

Universitas Airlangga

Selain memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, ikan nila ternyata juga dapat membawa dampak buruk apabila dikonsumsi secara berlebihan. Dikutip dari halosehat, kandungan omega 6 yang tinggi pada ikan nila disebut dapat mengakibatkan peradangan atau inflamasi, asma, dan arthritis.

Bahaya ikan nila juga dapat ditimbulkan oleh cara pembudidayaannya. Menurut laporan CNN, nila yang dibudidayakan di dalam kolam ikan yang sesak dapat menjadi rentan terhadap penyakit. Biasanya untuk mengatasi hal itu, peternak akan menggunakan antibiotik dan pestisida dengan tujuan mengatasi masalah kesehatan pada ikan yang dibudidayakan. Meski bahan kimia itu terbilang efektif untuk mengobati ikan-ikan tersebut, rupanya ada dampak negatif yang dapat muncul jika dikonsumsi oleh manusia.

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat ikan nila untuk kesehatan tubuh. Apakah Sedulur juga penggemar olahan ikan nila?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.