Mengatasi flashdisk tidak terbaca

Ketika flashdisk tidak terbaca oleh perangkat, pasti membuat seseorang panik. Apalagi, jika didalamnya banyak file penting yang belum di backup. Pastinya, yang ada malah tambah bingung dan panik.

Untuk menurunkan kepanikan, ada beberapa cara yang terbilang ampuh dan jitu untuk memulihkannya. Cara-cara ini dinilai menjadi salah satu solusi dari flashdisk tidak terbaca. Penasaran apa saja caranya? Yuk, ikuti beberapa langkah ini.

BACA JUGA: 5 Cara Mengunci Folder di Laptop / Komputer dengan Aman

1. Cek port USB pada laptop

flashdisk tidak terbaca
PIxabay

Jika mengalami masalah flashdisk tidak terdeteksi di laptop, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengecek port USB pada laptop. Caranya, hubungkan USB ke dalam portnya di laptop. Ada kemungkinan bahwa port pada komputer sedang mengalami masalah, sehingga USB yang dicolokkan tidak bisa dibaca oleh laptop. 

-->

Hubungkan juga USB ke port lain yang terdapat pada laptop tersebut, atau mengeceknya dengan menghubungkan pada personal computer atau PC lainnya. Apabila cara ini berhasil dilakukan, maka kemungkinan port USB yang terdapat di laptoplah yang rusak. 

Kemungkinan lainnya adalah perangkat memang sedang mengalami masalah. Sebelum menghubungkannya, pastikan untuk menjaga agar port USB tidak longgar dan bisa digerakkan ke bawah dan ke atas. 

2. Gunakan Disk Management Tool

Pixabay

Langkah yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan memindai atau scanning USB dengan menggunakan Disk Management Tool. Langkah ini memiliki tujuan agar USB yang mengalami kerusakan bisa diperbaiki. Apabila ditemukan kerusakan atau ada virus, maka secara otomatis Windows melakukan perbaikan dan pemulihan.

Umumnya, penyebab kerusakan flashdisk adalah munculnya berbagai virus. Maka dari itu, ikuti beberapa langkah ini untuk melakukan pemindaian sebagai cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca karena virus. Berikut adalah langkahnya.

  • Pertama, colokkan USB pada port yang terdapat di laptop ataupun PC. 
  • Setelah itu, klik kanan pada simbol Windows dan pilih “Disk Management”.
  • Jika sudah diklik, maka akan muncul keterangan disk mana yang akan dipilih. Pilih disk pada USB Sedulur. Apabila terdapat pada (E), maka klik kanan pada (E). 
  • Setelah klik kanan, pilih “Properties”. Secara otomatis, akan muncul Windows baru. 
  • Kemudian, klik “Tools” dan pilih fitur “Check”.
  • Terakhir, klik “Scan and Repair Drive” dan tunggu hingga beberapa saat sampai prosesnya selesai.

3. Coba gunakan flashdisk pada perangkat lain

flashdisk tidak terbaca
Pixabay

Jika terdapat port USB pada mobil Sedulur, maka fitur tersebut harus dimanfaatkan dengan mendengarkan musik melaluinya. Namun, jika flashdisk tidak terbaca di mobil, tentunya itu menjadi hal yang cukup mengganggu.

Untuk mengatasinya, yang harus dilakukan adalah dengan memeriksa kerusakan. Apakah kerusakannya memang berada di USB atau pada sistem operasi yang tidak dapat mendeteksi driver. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungkannya pada perangkat lain dulu, misalnya laptop atau PC. 

Apabila berhasil terdeteksi pada perangkat lain, maka permasalahannya bisa jadi terdapat pada sistem operasinya. Maka dari itu, Sedulur bisa menemukan driver tersebut atau menginstall ulang. Apabila setelah itu dilakukan masih tidak terdeteksi, maka kemungkinan masalah terletak pada USB itu sendiri.

BACA JUGA: Apa Itu VPS, Kenali Pengertian, Fungsi, dan Cara Memilih VPS

4. Ketahui status flashdisk dengan command prompt

flashdisk tidak terbaca
Lifewire

Ketahui status flashdisk tidak terbaca cmd atau melalui command prompt. CMD merupakan sebuah aplikasi penerjemah dengan basis perintah yang disediakan di sistem operasi Windows. Gunanya adalah untuk menjalankan perintah yang dimasukkan. Kemudian, perintah tersebut akan mengotomatiskan tugas melalui skrip dan file batch. Cara yang bisa dilakukan melalui CMD ini adalah sebagai berikut.

  • Pertama, tancapkan USB ke perangkat komputer. 
  • Selanjutnya, buka “Command Prompt” dengan cara menekan “Start” lalu ketik “cmd”.
  • Buka USB Sedulur, misalnya berada di folder (G), lalu ketik g: pada command prompt.
  • Kemudian, tulis “chkdsk/g”, maka akan ada opsi Y/N. Y untuk ya, dan N untuk tidak. Pilih Y.
  • Setelah itu, akan ada opsi lain untuk memulai ulang perangkat, pilih ya agar bisa memulai ulang.
  • Apabila “cmd” tidak bisa masuk ke usb drive, maka hal di atas masih berfungsi dari drive manapun dengan perintah:

5. Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di hp

flashdisk tidak terbaca
Jalan Tikus

Kebanyakan, flashdisk yang tidak terbaca pada handphone karena perangkatnya tidak support atau kabel OTG nya tidak berfungsi. Maka dari itu, cara untuk mengatasinya adalah salah satunya dengan mengganti kabel OTG yang digunakan.

Apabila masalahnya terdapat pada perangkat, maka caranya adalah coba lakukan restart pada handphone. Kemungkinan, sistemnya akan menjadi kembali seperti semula. Jika langkah ini masih belum bisa, maka kemungkinan masalahnya ada pada USB. Cobalah untuk memperbaikinya melalui beberapa cara seperti diatas agar bisa memastikan dimana letak masalahnya.

6. Cek dengan device manager

flashdisk tidak terbaca
Pixabay

Selanjutnya, Sedulur juga bisa mengecek flashdisk tidak terbaca dengan melalui Device Manager. Cara ini bisa dilakukan apabila komputer membaca adanya perangkat baru, atau USB yang sedang tertancap tidak bisa membuka data yang ada. Langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, ketikkan “Device Manager” pada kotak pencarian yang berada di sebelah tombol Windows.
  • Selain itu, Sedulur juga bisa menggunakan gabungan tombol “Windows + X”, kemudian pilih “Device Manager”.
  • Lalu, klik “Device Manager terbuka”, klik Disk “Disk drivers”.
  • Cari drive tempat Sedulur mencolokkannya, misalnya di “E”, . Jangan sampai tertukar dengan drive storage di komputer.
  • Apabila sudah ditemukan, klik kanan, kemudian pilih “Uninstall”.
  • Kemudian, pilih “Scan for hardware changes” untuk memperbarui perubahan pada drive.
  • Jika sudah selesai, selanjutnya adalah merestart komputer.

BACA JUGA: Apa itu CPU? Pengertian, Fungsi, Komponen & Cara Kerjanya

7. Install ulang pengontrol USB

Pixabay

Langkah mengatasi flashdisk tidak terbaca selanjutnya ini bisa dilakukan apabila port USB memang sedang rusak atau bermasalah. Berikut adalah caranya. 

  • Pertama, klik logo Windows dan ketik “Device Manager”.
  • Kemudian, cari “Universal Serial Bus Controller” lalu klik kanan.
  • Setelah itu, uninstall “Universal Serial Bus Controller”, lalu restart laptop.
  • Berikutnya, cobalah untuk menghubungkannya lagi.

8. Flashdisk tidak terbaca di tv

Pricebook

Saat ini, televisi memiliki berbagai fungsi dan kemampuan yang beragam. Jadi, televisi tak hanya memiliki satu fungsi untuk menampilkan gambar siaran TV saja, tapi bisa berfungsi sebagai perangkat multimedia. Beberapa fitur canggih yang terdapat pada televisi adalah adanya port USB dan HDMI.

Apabila saat menancapkan flashdisk namun tidak terbaca, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Sebelum itu, pastikan dahulu USB bisa terbaca melalui perangkat lain, bisa ke komputer ataupun laptop. Cara ini berguna untuk memastikan apabila USB masih bisa berfungsi.

Apabila tidak bisa berfungsi atau bisa terbaca tapi filenya error, maka terdapat kesalahan pada tipe formatnya yang perlu diformat ulang.  Kebanyakan televisi masa kini hanya mendukung USB dengan tipe FAT32/exFAT. Sedangkan, rata-rata formatnya adalah NTFS.

Lalu, cara mengatasinya adalah dengan merubah tipe dari NTFS ke FAT32/exFAT terlebih dahulu. Sebelum merubahnya, ada baiknya untuk mencadangkan terlebih dahulu semua data yang ada. Karena, ada kemungkinan file yang ada di dalam USB akan terhapus. Berikut adalah beberapa langkahnya:

  • Pertama, tancapkan USB  ke laptop/komputer.
  • Pastikan USB bisa terbaca, dengan cara mengeceknya di bagian File Manager > This PC.
  • Kemudian, klik kanan di bagian USB lalu klik opsi “Format”.
  • Apabila sudah muncul, ubah bagian  file system menjadi FAT32 (Default).
  • Lalu, klik “Start” untuk proses format.
  • Tunggu hingga beberapa saat sampai prosesnya selesai atau berhasil. Setelah USB benar-benar kosong, isi dengan beberapa foto atau video. 
  • Terakhir, pasan ke port USB TV untuk memastikan sudah terbaca atau belum.

9. Periksa kondisi fisik flashdisk

Pixabay

Salah satu cara yang bisa dilakukan ketika flashdisk tidak terbaca di speaker aktif adalah dengan memeriksa kondisi fisiknya. Karena dari pengalaman beberapa kasus USB tidak terbaca, penyebabnya adalah lubang portnya terdapat benda asing seperti karat, debu, dan kotoran yang lainnya.

Adanya kotoran tersebut bisa mengakibatkan USB tidak bisa terbaca, walaupun sudah dicoba berulang kali. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan portnya menggunakan sikat gigi atau yang lainnya supaya kotoran hilang.

BACA JUGA: Apa Itu Provider? Ini Pengertian, Macam dan Jenisnya. Lengkap!

10. Flashdisk tidak terbaca di bios

Itkombi

Terakhir adalah cara untuk memperbaiki flashdisk tidak terbaca di laptop dengan cara menggunakan BIOS. Berikut adalah langkahnya.

  • Pertama, masuk ke bios dengan cara menekan F2 dan tombol power secara bersamaan dan tahan saat booting.
  • Kemudian, pilih menu “Advance” lalu “Fast Bios Mode”.
  • Selanjutnya, tab menu “Boot”.
  • Pada menu “Boot”, pilih “Device Priority” dan ubah “Secure Boot” ke disabled.
  • Pada OS “Mode Selection”, ubah menjadi UEFI and Legacy OS atau CSM OS sesuai dengan keperluan.
  • Kemudian, tekan F10 untuk menyimpan dan keluar.
  • Kembali ke menu Bios, dengan cara pilih tab “Boot” lalu pilih “Boot Device Priority” dan ubah settingan tadi.

Nah, itu dia berbagai cara yang bisa dilakukan jika flashdisk tidak terbaca. Cara tersebut bisa dilakukan apabila masalahnya terdapat pada software. Semoga membantu.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.