Sering dengar istilah apa itu CPU? Benda ini adalah komponen penting dalam gawai elektronik yang membuatnya bisa berjalan normal. Tanpanya, sebuah gawai komputer tidak akan bisa dipakai dan dioperasikan dengan baik.

CPU adalah singkatan dari central processing unit yang dari sini saja sudah terlihat betapa signifikan perannya. Apa saja fungsi dan perannya? Berikut beberapa hal yang wajib Sedulur ketahui dan pahami mulai sekarang. 

BACA JUGA: Apa Itu Provider? Ini Pengertian, Macam dan Jenisnya. Lengkap!

1. Apa itu CPU? 

cpu adalah singkatan dari
Pexels

CPU adalah chip kecil yang terdiri dari milyaran transistor mikroskopik yang disatukan. Seiring berjalannya waktu, ukuran transistor dibuat makin kecil. Ini berpengaruh pada peningkatan kecepatan CPU dalam memproses perintah. Letaknya sendiri ada di dalam satu soket khusus di dalam motherboard sebuah gawai. Di dalam motherboard sendiri, ada banyak komponen lain yang bernaung yaitu graphic card dan memori. 

-->

2. Fungsi dan peran CPU

fungsi cpu adalah
Pexels

Fungsi CPU adalah bertanggung jawab dalam pemrosesan dan eksekusi instruksi atau perintah. Perannya setara dengan otak pada manusia yang bisa menerima stimulan, kemudian menggerakkan organ lain untuk meresponnya. Persis seperti otak, CPU tidak bisa bekerja tanpa hardware lain.

3. Cara kerja CPU 

Cara kerja
Pexels

Fungsi CPU pada laptop dan cara kerjanya dan gawai lainnya bisa dirangkum dalam tiga tahap. 

  • Menerima stimulan atau instruksi dari RAM 
  • Menerjemahkan perintah 
  • Eksekusi perintah termasuk kalkulasi, perbandingan, melakukan tugas tertentu, hingga memindah angka ke memori. 

Komputer sendiri berjalan berdasar kode angka biner, sehingga CPU bisa diibaratkan sebagai kalkulator yang bekerja dengan sangat cepat. Bila eksekusi berhasil, Sedulur pun bisa menggunakan PC atau HP dan perangkat elektronik lainnya untuk berbagai hal. Mulai dari membuka aplikasi, hingga menonton video dan membuat pembukuan di spreadsheet dan lain sebagainya. 

BACA JUGA: Pengertian Blog: Ini Jenis, Struktur, Fungsi, dan Kegunaannya!

4. Komponen CPU dan fungsinya

komponen cpu dan fungsinya
Pexels

Ada 6 komponen dalam CPU. Berikut penjelasan serta perannya. 

Control unit 

Ia adalah elemen yang menjalankan tiga tahap kerja CPU seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya. Ia pula yang akan memberikan sinyal pada hardware serta memindahkan data di dalam sistem. 

Arithmetic logic unit (ALU) 

ALU memiliki dua fungsi utama. Pertama, melakukan kalkulasi dan membuat keputusan. Kedua, menjadi gerbang antara memori dan penyimpanan sekunder, yaitu ALU akan dilalui data saat terjadi proses transfer. 

Registers 

Berfungsi menyimpan data yang dibutuhkan prosesor saat mengeksekusi sebuah perintah. Data tersebut antara lain alamat di mana instruksi berikutnya harus dieksekusi, instruksi atau perintah yang sedang diterjemahkan, serta hasil kalkulasi ALU. 

Tiap prosesor memiliki beberapa registers dengan peran yang berbeda-beda. Mereka antara lain, program counter, memory address register (MAR), memory data register (MDR), current instruction register (CIR), dan accumulator (ACC). 

Cache 

Ini salah satu istilah yang sering kita temukan saat menggunakan gawai atau perangkat elektronik. Ia berhubungan erat dengan RAM yaitu random access memory yang dipakai perangkat untuk menyimpan data yang sering diakses. Dengan adanya cache kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengakses laman yang sering kita buka misalnya. 

Buses 

Buses dipakai untuk mengirim sinyal kontrol dan data dari prosesor ke komponen lain. Ada tiga jenis bus yang ada dalam CPU, mereka adalah address bus (mengirim alamat yang tersimpan dari prosesor ke komponen lain), data bus (mengangkut data aktual dari prosesor ke komponen lain), dan control bus (mengangkut sinyal kontrol dari prosesor ke komponen terkait). 

Clock 

Clock adalah komponen dalam CPU yang berfungsi mengirim arus listrik ke berbagai komponen elektronik dalam gawai. Gunanya adalah menjamin sinkronisasi antara semua komponen agar bisa berjalan harmonis. Clock dihitung dengan satuan gigahertz (GHz). CPU normalnya bergerak dengan kecepatan 3-5 GHz. 

BACA JUGA: Daftar Cheat GTA 5 Terlengkap: PS 3, PS 4, & PC Bahasa Indonesia

5. Hal yang mempengaruhi performa CPU 

apa itu cpu performa
Pexels

Gambar CPU serta komponen dan fungsinya sudah dibahas lengkap. Kini saatnya kita tahu apa sih sebenarnya yang mempengaruhi kecepatan dan respon CPU saat bekerja. Ternyata ada tiga hal, nih. 

Kecepatan clock 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, clock dihitung dengan satuan hertz yang menunjukkan seberapa besar arus yang dialirkan per detik. Semakin besar, semakin cepat pula kecepatan CPU melakukan eksekusi perintah. Pengguna bisa melakukan akselerasi clock atau yang disebut overclock dengan melakukan pengaturan pada BIOS, tetapi bila dilakukan terlalu sering CPU berisiko mengalami kerusakan permanen. 

Ukuran cache 

Apa itu RAM sudah Sedulur ketahui di poin sebelumnya. RAM inilah tempat cache atau memori yang sering dilakukan tersimpan. Semakin banyak cache yang tersimpan, maka pemrosesan perintah pun akan semakin cepat. Namun, cache sangat bergantung pada kapasitas RAM sebuah gawai. Bila RAM penuh, maka perangkat akan melambat dan perlu dilakukan restart. 

Jumlah cores 

Core adalah processing unit dalam CPU. Dulu dalam satu CPU hanya ada 1 core. Namun, sekarang CPU disusun dari beberapa cores untuk menambah kapasitasnya dalam memproses sebuah perintah. Makanya, Sedulur pun pernah mendengar istilah prosesor dual cores dan lain sebagainya. 

6. Produsen CPU untuk PC paling tersohor 

apa itu CPU produsen
Pexels

Di dunia, ada setidaknya dua produsen CPU untuk PC yang paling terkenal. Mereka adalah Intel dan AMD. Namun sejak 2020-an, Apple ikut meramaikan pasar CPU dengan memperkenalkan M1. Prosesor tersebut hanya khusus untuk device pabrikan Apple dan dipercaya membuat perangkat mereka makin powerful. Untuk tahu perbandingannya, mari tengok ulasan di bawah. 

Intel 

Intel adalah salah satu produsen prosesor yang paling banyak dipakai. Bahkan ia dipakai untuk perangkat Apple sebelum perusahaan tersebut mengeluarkan M1. Intel dikenal dengan performanya sehingga memiliki clock yang tinggi, tetapi itu berdampak pada konsumsi baterai yang besar pula. 

AMD

AMD juga berbasis di Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai saingan Intel yang menawarkan prosesor yang lebih efisien dari segi konsumsi baterai. Ini berdampak pada perangkatnya yang juga tidak mudah panas seperti PC yang menggunakan Intel. Namun, ia kurang cocok untuk perangkat yang dipakai untuk tugas-tugas berat. 

M1

Apa itu CPU M1 ? Ia adalah produk baru dari Apple yang khusus mereka gunakan untuk device yang mereka rilis sejak 2021. M1 adalah prosesor Advanced RISC Machines (ARM) yang lebih sering dipakai untuk device yang tak selalu terhubung dengan listrik. Di dalamnya sudah termasuk RAM, berbeda dengan prosesor biasa yang RAM-nya terpisah. Jumlah transistornya pun mencapai 16 milyar, cukup jauh dibanding Intel Core i9 yang hanya sekitar 6 milyar misalnya.  

BACA JUGA: 5 Cara Mengunci Folder di Laptop / Komputer dengan Aman

7. CPU untuk HP yang terbaik 

apa itu cpu hp
Pexels

Selain untuk PC, ada pula CPU khusus untuk ponsel. Tentunya produsennya juga berbeda. Apa saja? Setidaknya ada lima jenama terbaik di kelas ini. 

Qualcomm Snapdragon

Ini prosesor yang banyak dipakai ponsel Android dari berbagai brand. Mulai dari Sony, Xiaomi, Zenfone, Oppo, dan lain sebagainya. Ia banyak dipakai untuk ponsel-ponsel gaming karena diyakini memiliki performa yang mumpuni. 

Samsung Exynos

Ia bersaing dengan Snapdragon di kelas high range. Namun, sesuai dengan namanya ia hanya ditujukan untuk ponsel produksi Samsung sendiri. Exynos sudah mulai dipakai Samsung sejak seri Galaxy S II di tahun 2011 dan konsisten dipakai hingga seri terbaru mereka, Galaxy S22. 

Apple Bionic

Untuk iOS, Apple Bionic masih masuk dalam kategori high range dengan performa yang mumpuni. Bahkan seri ke 13-nya dianggap sebagai salah satu prosesor ponsel tercepat saat ini. 

Kirin 

Kirin adalah prosesor produksi Huawei yang belakangan melejit setelah merilis versi Kirin 9000 yang dapat banyak pujian karena kemampuannya memproses data dan perintah. Namun, belakangan beredar kabar bahwa Huawei akan kembali menggunakan HiSilicon. 

Apa itu CPU HP hingga fungsi RAM dan komponen lain yang terkait sudah Sedulur ketahui, nih. Makin paham ‘kan apa yang terjadi saat kita menggunakan gawai? Ternyata serumit itu prosesnya. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.