desain rooftop minimalis

Rumah menjadi tempat di mana kamu beristirahat, berkumpul, dan melakukan banyak hal lainnya. Itulah kenapa kamu membutuhkan rumah yang nyaman untuk di tempati. Tapi bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan, biasanya memiliki keterbatasan lahan. Atau hanya punya rumah yang tidak terlalu besar.

Tapi tenang, kamu tetap bisa membuat rumah kamu lebih mengesankan dan indah, sehingga rasa nyaman pun bisa kamu rasakan. Salah satunya cara untuk membuat rumah semakin nyaman adalah dengan desain rooftop minimalis sebagai area bersantai.

Dengan adanya rooftop, pemilik rumah bukan hanya bisa menjemur pakaian saja, tetapi bisa juga berkebun atau bersantai menikmati matahari pagi dan sore, sehingga pikiran pun menjadi lebih rileks. Selain sebagai area untuk bersantai, rooftop juga sebagai atap pelindung rumah dan multifungsi.

BACA JUGA: 20 Ide Desain Laundry Room Sederhana untuk Rumah Mungil

Tren Rooftop di Era Hunian Modern

rooftop modern minimalis
Trendsideas

Penggunaan rooftop semakin populer sekarang ini. Namun, apabila dijadikan sebagai pelindung rumah, harus memiliki rancangan yang tepat dengan memaksimalkan area rooftop. Walaupun itu di rumah kecil, bukan menjadi masalah. Justru di situlah kreativitas bisa diciptakan dan akan menghasilkan kenyamanan.

Jika kamu punya rumah kecil atau tinggal di perkotaan, maka membuat saja rooftop menjadi ide yang bagus.  Tapi mungkin kamu bingung ingin membuatnya seperti apa. Tenang, dalam artikel kali ini ada beberapa desain rooftop minimalis yang bisa menjadi referensi.

Referensi desain kali ini tetap bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan maupun selera kamu. Nggak kalah penting juga harus cocok sama kontruksi rumah yang dibangun. Jad langsung simak aja ya!

BACA JUGA: 10 Ide Desain Kanopi Balkon yang Estetik dan Minimalis

Inspirasi Desain Rooftop Minimalis 

Rooftop merupakan atap datar berupa dak beton yang berlokasi di bagian atas rumah dan terbuka. Biasanya rooftop ditemukan pada rumah bergaya modern minimalis, yang kini mulai direncanakan dengan lebih teliti. Rooftop minimalis atau teras di atap rumah adalah hal yang masih jarang dihadirkan. 

Akhir-akhir ini, rooftop lebih diminati terutama di kalangan milenial. Biasanya rooftop identik dengan lahan yang luas dan biaya pembuatan yang mahal. Namun di tengah makin terbatasnya lahan hunian, banyak yang mulai berinisiatif membuat desain rooftop minimalis seperti beberapa di bawah ini.

1. Rooftop minimalis maskulin

rooftop modern minimalis
Homedit

Konsep rooftop minimalis maskulin cocok untuk kamu yang menyukai hal-hal yang berkesan maskulin serta tidak suka dengan banyak printilan. Material yang berkarakter tegas seperti besi menjadi elemen kuat pada gaya ini. Pemilihan furnitur dan warna juga sangat mempengaruhi sukses atau tidaknya konsep maskulin yang diciptakan. 

Kamu bisa menerapkan warna-warna gelap seperti hitam, abu-abu, dengan perpaduan putih. Untuk furnitur, pilih desain yang simpel dengan siluet tegas dalam warna yang senada. Memilih furnitur tanpa matras kain maupun bantal akan membuat lebih praktis, tanpa harus khawatir jika tiba-tiba datang hujan.

2. Rooftop minimalis kayu

Kamu dapat menggunakan bahan dasar kayu pada lantai, dinding dan kursi membuat teras terlihat lebih rapi dan teratur. Selain itu, elemen kayu memberikan nuansa alami dan terasa sejuk saat menginjakkan kaki ke rooftop di kala ingin bersantai. 

Lantaran menggunakan material kayu, kamu harus melakukan perawatan agar kayu yang digunakan tetap kuat, tidak rapuh dan tetap terlihat cantik. Untuk mengatasinya, gunakan pelapis anti air pada lantai dan pagar kayu. Jika tidak ingin terkena air hujan, kamu bisa memasang atap dari asbes di atasnya.

3. Rooftop minimalis industrial

Konsep rooftop perlu diterapkan dengan gaya yang cocok di lantai atas bangunan rumah dengan lahan terbatas. Rooftop minimalis bergaya industrial ini biasanya banyak disukai oleh kaum milenial. Selain bergaya kekinian ala coffee shop, material yang digunakan pun terbilang cukup efisien. 

Kamu dapat menambahkan furnitur seperti bangku untuk bersantai, meja kecil untuk meletakkan minuman dan makanan, juga beberapa dekorasi seperti tanaman dengan pot, dan lain-lain. Sekalipun pada rumah kecil, rooftop minimalis tentu bisa diterapkan.

Terpenting fokus pada penataannya karena keberadaan tangga untuk menuju rooftop juga perlu diperhatikan agar tidak membuat sempit ruangan. 

4. Rooftop minimalis bebatuan

Trex

Mungkin kamu tak ingin menggunakan rumput pada rooftop garden karena perawatannya yang cukup sulit dan ribet. Sebagai alternatif, kamu dapat menambahkan batu kolam atau batu putih maupun kerikil-kerikil pada rooftop garden. Kelebihan menggunakan kerikil atau bebatuan pada rooftop adalah area pijakan tidak akan licin dan becek. 

Perpaduan antara bebatuan dengan pijakan yang terbuat dari kayu pun bisa menambah estetika. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan bebatuan tersebut untuk melancarkan peredaran darah dengan cara menginjak-injaknya sambil berjemur.

Efek pijat yang didapat ditambah hangatnya bebatuan terkena paparan matahari akan menambah rileks tubuh kamu. Jadi konsep ini cocok kamu coba!

5. Rooftop minimalis bohemian

Kalau kamu yang menyukai konsep bohemian, tentu saja dapat mengaplikasikannya ke rooftop minimalis impian dirumah. Ciptakan suasana hangat agar saat-saat berkumpul bersama kerabat tersayang semakin akrab. Gaya unik yang ditawarkan oleh bohemian style decor bisa dibawa ke atap rooftop.

Dengan dekorasi khas seperti karpet lantai motif etnik, corak sarung bantal tribal, hingga throws dapat menjadi elemen pelengkap untuk menciptakan kesan yang nyaman. Mau lebih unik, hiasi rooftop minimalis kamu dengan pot-pot kaktus atau sukulen dengan bentuk-bentuk yang berbeda.

Elemen hijau dapat menyempurnakan kombinasi warna hangat yang telah kuat terpancar dari gaya bohemian pilihan kamu.

6. Rooftop minimalis dengan mini garden

Rooftop garden bisa dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang menyegarkan. Tujuannya adalah supaya bisa menghasilkan udara bersih, menambah lahan hijau di rumah, serta bisa digunakan sebagai tempat bersantai dengan keluarga.

Pemandangan yang bisa kita dapat dari rooftop tentu sangatlah berbeda jika dibandingkan dengan pemandangan taman yang terletak di depan atau belakang rumah. 

Selain sejuk melihat segarnya tanaman kamu, hati pun tenang melihat langit yang biru bahkan taburan bintang di malam hari. Hal terpenting saat akan membuat rooftop garden adalah pastikan struktur dan konstruksi atap rumah harus kuat untuk menahan beban tanaman, tanah, air serta perabotan dan furnitur yang nantinya akan diletakkan.

7. Rooftop minimalis dengan bar

Pinterest

Meski memiliki keterbatasan lahan, kamu juga dapat menambahkan mini bar di rooftop minimalis kamu. Adanya mini bar dapat memudahkan kamu jika ingin mengadakan pesta, kumpul keluarga atau kerabat di rooftop. Jadi, pasti momennya bisa sangat menghangatkan.

Agar semakin meriah, pasang pula lampu-lampu pemanis yang akan membuat suasana malam di rooftop minimalis kamu menjadi semakin cantik. Selain mini bar, bisa juga kamu tambahkan perlengkapan barbeque di saat-saat tertentu. Jadi, ngobrol santai menikmati sajian.

8. Rooftop minimalis estetis

Bagi kamu yang penyuka keindahan serta konsep penuh estetis, rooftop minimalis yang satu ini dapat dijadikan inspirasi. Rooftop ini sangat dipengaruhi dengan dekorasi dan furnitur yang dipilih.

Sedulur dapat menambahkan hiasan serta dekorasi seperti lampu gantung, karpet bercorak, deretan sarung bantal unik, hingga hiasan makrame sesuai konsep. Namun jangan lupa memasukkannya di saat cuaca mendung atau hujan ya. Atau kamu bisa memilih furnitur maupun interior yang tahan air.

9. Rooftop minimalis dengan kolam

Keberadaan elemen air tentunya dapat membuat rooftop semakin sejuk dan asri. Kamu dapat menambahkan kolam renang atau bathtub pada rooftop garden bila ruang dan biaya memadai. Lakukan konsultasi dengan ahli struktur jika kamu ingin membuat kolam yang cukup besar pada rooftop garden kamu. 

Walaupun menyenangkan, tetapi perlu dipikirkan juga seberapa sering penggunaannya. Pastikan juga kontruksi rumah kamu memadahi karena beban kolam bisa cukup berat. Berbagai faktor lain yang harus dipikirkan adalah harus rutin melakukan perawatan dan pembersihan kolam, bahkan rutin mengganti airnya agar tetap terjaga kejernihannya. 

10. Rooftop dengan granit

desain rooftop minimalis
Luxe Interior

Material granit dapat memberikan kesan mewah nan elegan pada rooftop teras Anda. Jika ingin tetap membawa kesan minimalis, kamu bisa memilih granit berwarna putih. Kemudian untuk interior dan furnitur bisa kamu sesuaikan.

Warna putih granit sangat cocok dipadukan dengan besi metal warna hitam dan kayu untuk tempat duduk santai yang mampu menambah kesan hangat pada area rooftop.

11. Rooftop ala santorini 

Teras rooftop ala santorini dapat memberikan kesan sejuk yang khas. Dengan perabotan khas pantai dan perpaduan warna biru laut dengan warna putih, dapat memberikan ketenangan ala pantai yang unik. Untuk menambah kenyamanan, tambahkan kursi dan meja kayu atau rotan. Pasti kamu menjadi betah bersantai di sini.

12. Rooftop santai dengan ayunan

Pastinya menyenangkan jika kamu bisa melepas penat di teras rooftop ditemani dengan ayunan gantung. Meskipun area rooftop terbatas, tak ada salahnya untuk meletakkan sebuah ayunan yang berfungsi juga sebagai sofa. Kehadirannya tak hanya membuat nyaman, tetapi juga lebih aesthetic dan bisa dijadikan tempat foto.

13. Rooftop teras ala japandi

desain rooftop minimalis
Pinterest

Japandi selalu menjadi referensi konsep untuk banyak ruang, tak terkecuali untuk rooftop teras rumah kamu. Menggunakan konsep ala Japandi dapat memberikan kesan nyaman yang khas.

Sedulur dapat menggunakan sedikit perabotan untuk memberikan kesan luas. Ciri khas ala Japandi adalah menggunakan kayu halus sebagai lantai dan tempat duduk di bawah dengan bantal kecil dan meja pendek.

14. Rooftop dengan gaya shabby chic

Gaya shabby chic menambah kesan feminin pada teras rooftop. Dengan menambahkan furniture dan tanaman dengan bunga-bunga cerah atau pastel, teras rooftop kamu akan terasa lebih menyenangkan. Kamu pun bisa bersantai di sini menikmati kopi sambil membaca buku favoritmu.

15. Rooftop dengan meja makan

Rooftop juga bisa kamu jadikan sebagai tempat makan bersama keluarga. Menjadikan teras rooftop untuk ruang makan cukup mudah, kamu hanya perlu menambah perabotan seperti meja dan bangku makan.

Menambahkan bunga di sekitar meja makan dapat membantu mempercantik area rooftop. Pasti momen makan malam menjadi semakin hangat sambil menikmati santapan lezat.

BACA JUGA: 26 Inspirasi Desain Model Teras Rumah Atap Miring ke Belakang

Manfaat Rooftop yang Bisa Kamu Dapatkan

Elle Decor

Tentunya rooftop gak hanya memberi keindahan rumah. Tapi kamu juga bisa mendapatkan manfaat lainnya. Untuk itu, berikut ini beberapa manfaat yang akan kamu rasakan ketika membuat rooftop di rumah.

  • Sebagai tempat berkebun

Dengan menanam atau berkebun di bagian atap rumah, maka rumah akan terasa lebih sejuk. Biasanya rooftop akan diberi tanaman-tanaman hias, sehingga bukan hanya membuat udara rumah menjadi sejuk, tetapi membuat rumah akan terlihat lebih unik.

  • Sebagai ruangan tambahan

Rooftop bisa juga bermanfaat sebagai ruangan tambahan, sehingga tempat untuk bersantai semakin banyak. Apalagi ketika bersantai di rooftop, kamu akan bisa melihat langit dan awan atau melihat matahari terbit dan tenggelam. Dengan adanya rooftop, bisa kamu dijadikan sebagai tempat untuk bekerja selama Work From Office (WFO).

  • Sebagai tempat untuk bersantai

Manfaat berikutnya adalah dapat dijadikan sebagai tempat untuk bersantai sambil menikmati angin yang sejuk. Dengan bersantai di rooftop, maka pikiran akan menjadi lebih tenang. Bukan hanya pikiran menjadi tenang saja, tetapi rooftop bisa juga membuat hati menjadi lebih damai karena merasa seperti sedang dekat dengan alam.

  • Sebagai tempat berkumpul

Dalam hal ini, bukan hanya sebagai tempat berkumpul keluarga, tetapi bisa juga dijadikan sebagai tempat berkumpul teman-teman. Dengan begitu, rumah akan semakin ramai dan di sisi lainnya hubungan pertemanan dan kekeluargaan pun menjadi lebih erat.

  • Sebagai tempat melakukan aktivitas tambahan

Jika kamu memiliki rooftop di rumah, maka bisa dijadikan sebagai tempat untuk melakukan banyak aktivitas. Misalnya, olahraga. Melakukan olahraga di rooftop, pastinya akan terasa sangat beda, sehingga olahraga pun menjadi lebih semangat. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih bugar dan sehat.

Tips Mendesain Rooftop Minimalis

desain rooftop minimalis
Tatler Asia

Sebelum memutuskan untuk mulai membuat rooftop minimalis di rumah, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan. Untuk membantu kamu, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk membuat rooftop minimalis di rumah.

  • Struktur dan konstruksi atap harus kuat

Hal paling penting yang perlu diperhatikan sebelum membuat rooftop adalah struktur dan konstruksi dari atap rumah. Pastikan bahwa atap rumah kamu memiliki struktur dan konstruksi yang kuat untuk menahan berat tanaman, tanah, air serta manusia.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah membuat atap dengan struktur kemiringan 20-30 derajat. Selain itu, pastikan konstruksinya menggunakan material cor beton bertulang dengan besi untuk memaksimalkan daya tahan atap saat menahan atau menyangga beban di atasnya.

  • Pasang pagar

Untuk menjaga keamanan, pasanglah pagar di sekeliling taman. Material pagar dapat disesuaikan dengan selera dan preferensi. Kamu dapat memilih pagar yang terbuat dari kayu, kaca atau besi.

  • Pasang material waterproofing

Untuk mencegah air menyerap dan merembes ke ruangan di bawah atap, kamu perlu melapisi atap dengan material waterproofing. Material waterproofing akan mencegah atap rumah menjadi rusak karena terkena air dan kelembaban.

Proses pemasangan material ini dapat terdiri dari proses penyiapan permukaan dari rooftop, melakukan coating hingga menambahkan proteksi pada setiap lapisannya. Tentunya proses ini memerlukan bantuan dari ahlinya agar pekerjaan lebih efisien dan tepat.

  • Perhatikan instalasi air

Unsur yang tidak kalah penting saat ingin membangun rooftop adalah pemasangan instalasi air. Dalam hal ini, kamu perlu untuk memperhatikan jenis instalasi air yang akan dipasang. Buatlah dua jenis instalasi air di area rooftop yang memiliki area tanaman.

Mengapa perlu dua? Karena kamu perlu menyiapkan instalasi air bersih untuk keperluan menyiram tanaman. Instalasi ini nantinya akan terhubung secara langsung dengan penampungan air atau pompa air.

Itulah tadi beberapa desain rooftop minimalis yang bisa menjadi referensi. Pastikan sebelum membuatnya kontruksi rumah kuat dan mendukung untuk rooftop ya. Kalau kamu sendiri mau pilih konsep rooftop yang seperti apa? Selamat mencoba!