desain kanopi balkon

Desain kanopi balkon lantai 2 kini menjadi tren untuk pembangunan sebuah rumah modern. Kehadiran balkon tambahan ini, umumnya terletak di atas garasi mobil atau beberapa area taman rumah. Penggunaan balkon sendiri memiliki banyak latar belakang, mulai dari meningkatkan estetika rumah sampai menambah ruangan baru secara praktis dengan modal yang kecil.

Konsep desain kanopi balkon lantai 2 biasanya memanfaatkan area yang cukup luas. Hal ini memungkinkan Sedulur untuk menggunakan area balkon untuk berbagai fungsi yang berbeda, mulai dari taman, tempat bersantai, atau bahkan area bermain anak. Jika Sedulur ingin mencari ide desain kanopi balkon yang menarik, kami sudah menyiapkan beberapa referensi terbaiknya nih. Yuk langsung simak!

BACA JUGA: 12 Desain Taman Kecil 1 Meter Bikin Rumah Jadi Sejuk dan Asri!

Inspirasi Desain Kanopi Balkon Terbaik

ide ruang santai rumah
Houzz

Terdapat banyak inspirasi desain yang dapat Sedulur terapkan untuk membuat hunian Sedulur lebih efisien dalam penggunaan ruang. Salah satunya adalah dengan menggunakan kanopi balkon lantai 2 yang multifungsi, yang efektif memaksimalkan penggunaan ruang di dalam rumah.

Kanopi balkon lantai 2 pada dasarnya adalah kanopi biasa yang dirancang khusus untuk berfungsi sebagai balkon. Nah, jika Sedulur tertarik untuk menerapkan ide ini, kami memiliki beberapa model kanopi balkon lantai 2 yang sangat bagus sebagai referensi. Mari kita lihat daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Desain Rumah Kost Minimalis 2 Lantai untuk Lahan Sempit!

1. Model kanopi balkon lantai 2 sederhana

desain kanopi balkon
Pinterest

Ketika Sedulur mempertimbangkan konsep kanopi balkon yang sederhana dan minimalis, Sedulur akan menemukan bahwa ini adalah solusi yang sangat cocok, terutama untuk rumah dengan ukuran yang lebih kecil.  Sedulur tidak perlu menghadirkan konsep yang rumit atau berlebihan. Sebaliknya, fokus pada kesederhanaan akan memberikan tampilan yang sangat baik, bahkan untuk rumah mungil Sedulur.

Tampilan kanopi yang sederhana ini akan memberikan dampak maksimal pada fasad rumah Sedulur. Untuk menciptakan struktur yang kokoh dan tahan lama, Sedulur dapat memilih bahan rangka dari besi dan plat baja. Bagian atas kanopi dapat diubah menjadi area yang multifungsi dengan melapisinya dengan rumput sintetis. Hal ini akan memberikan kemungkinan untuk menjadikannya sebagai tempat bermain anak-anak yang aman dan menyenangkan atau bahkan sebagai tempat bersantai yang nyaman untuk seluruh keluarga.

2. Kanopi balkon sejuk dengan taman

Bagi mereka yang memiliki banyak tanaman hias, ide untuk memanfaatkan kanopi lantai 2 sebagai taman adalah pilihan yang sangat menarik. Dengan menempatkan berbagai jenis tanaman hias favorit Sedulur di lantai atas kanopi, Sedulur akan menciptakan suasana yang nyaman, hijau, dan sejuk.

Mengatur kanopi balkon sebagai taman akan memudahkan Sedulur dalam merawat tanaman-tanaman tersebut. Selain itu, ruangan ini juga dapat menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati semilir angin segar bersama keluarga Sedulur.

3. Desain kanopi balkon kaca yang estetik

Penggunaan kaca dalam desain kanopi balkon lantai 2 adalah cara yang sangat efektif untuk menciptakan tampilan yang modern dan elegan. Ketika Sedulur memutuskan untuk mengadopsi material kaca ini. Pastikan untuk memilih kaca yang tebal guna menjamin keamanan, seperti kaca tempered, kaca laminated, atau bahkan kombinasi keduanya. Untuk memberikan sentuhan estetik yang lebih pada area ini, Sedulur dapat memasang tanaman dalam pot gantung. 

Di bagian atas kanopi, Sedulur dapat menciptakan area yang nyaman untuk bersantai. Dengan demikian, kanopi balkon lantai 2 ini tidak hanya akan menjadi pelindung dari elemen cuaca, tetapi juga akan menjadi ruang yang menarik secara visual.

4. Desain kanopi balkon lantai 2 material kayu

desain kanopi balkon
Bitaly

Salah satu pilihan model kanopi balkon lantai 2 adalah dengan menggunakan bahan kayu. Desain ini akan membawa nuansa alami, kemewahan, dan tentu saja elemen estetis. Sedulur memiliki fleksibilitas untuk menggabungkan kayu dengan besi atau baja ringan, yang akan membantu menjaga keawetan konstruksi kanopi.

Karena kayu cenderung rentan terhadap serangan rayap dan kerusakan yang disebabkan oleh cuaca, sangat penting untuk memilih jenis kayu berkualitas tinggi untuk proyek ini. Dengan melakukannya, Sedulur akan memastikan bahwa kanopi balkon lantai 2 ini akan menjadi investasi yang berkelanjutan dan akan mempercantik tampilan rumah Sedulur.

5. Kanopi balkon lantai 2 untuk ruang santai

Konsep kanopi balkon lantai 2 ini mengingatkan pada suasana rooftop yang sering ditemui di penginapan di pantai. Dengan menggunakan besi hollow galvanis sebagai kerangka, kanopi balkon menjadi lebih kokoh dan tahan lama.

Sedulur dapat menyematkan kursi, meja, dan payung untuk menciptakan ruang santai yang nyaman. Jika Sedulur menginginkan sesuatu yang lebih sederhana, Sedulur juga bisa menambahkan bean bag untuk kenyamanan ekstra.

BACA JUGA: 12 Desain Rumah Toko Minimalis Untuk Memulai Usaha

6. Kanopi balkon dengan warna ungu

desain kanopi balkon
Coldwell

Jika Sedulur ingin rumah Sedulur menjadi sorotan utama, pertimbangkan untuk memilih warna-warna cerah seperti ungu. Penggunaan warna ungu akan memberikan tampilan kanopi balkon lantai 2 di rumah Sedulur nuansa yang lebih feminin dan manis. 

Warna ungu sendiri memang memiliki daya tarik yang khas, dengan nuansa yang dapat menciptakan suasana yang lebih hidup dan bersemangat. Warna ini juga bisa memberikan sentuhan yang unik dan berbeda pada rumah Sedulur, membuatnya menjadi tempat yang istimewa dan memikat.

7. Model kanopi balkon lantai 2 kekinian

Model kanopi balkon lantai 2 sering ditemukan di kafe-kafe modern. Bagian atasnya dapat difungsikan sebagai tempat parkir sementara area atasnya digunakan oleh pengunjung untuk menikmati makanan atau sebagai area merokok. Konsep ini tidak hanya menghadirkan fungsi praktis tetapi juga memberikan nuansa yang nyaman dan santai. 

Dengan menerapkan konsep serupa di rumah Sedulur, Sedulur dapat menciptakan ruang ekstra yang multifungsi, ideal untuk berkumpul bersama keluarga atau teman-teman. Ini adalah cara yang tepat untuk memaksimalkan penggunaan balkon lantai 2.

8. Kanopi balkon dengan gaya scandinavian

SableArc Studios

Di dalam hunian dengan gaya Scandinavia, memasang kanopi di balkon lantai 2 bisa menjadi pilihan yang menarik. Penggunaan bahan kombinasi seperti kaca, besi hollow, dan baja ringan dengan warna netral seperti putih, memberikan kesan ruangan yang bersih dan nyaman. 

Gaya Scandinavia dikenal dengan desain yang minimalis dan fungsional, sehingga kanopi yang disesuaikan dengan gaya ini akan menciptakan tampilan yang elegan dan sederhana. Selain itu, pemilihan warna netral seperti putih dapat memberikan kesan yang luas dan terang pada balkon lantai 2.

9. Desain kanopi balkon lantai 2 monokrom

Warna hitam sering menjadi pilihan banyak orang karena memberikan nuansa yang elegan dan maskulin pada rumah Sedulur. Model kanopi balkon lantai 2 ini menampilkan tampilan yang menarik tanpa keberlebihan. Warna hitam dapat memberikan kesan yang kuat dan berkelas pada balkon lantai 2, menciptakan atmosfer yang sangat berbeda dan menarik perhatian. 

Sedulur juga dapat mencampur warna hitam dengan kayu cokelat untuk menciptakan kesan akhir yang lebih alami, menggabungkan unsur-unsur modern dan alami dalam desain balkon lantai 2 yang unik dan menawan.

10. Kanopi balkon lantai 2 dengan nuansa mewah

Model kanopi balkon lantai 2 yang terakhir ini memiliki sentuhan kemewahan. Dengan lebar dan panjang yang cukup besar, kanopi ini dapat memenuhi berbagai kebutuhan yang lebih luas. Selain itu, Sedulur dapat menghiasnya dengan batu alam untuk menciptakan kesan yang lebih mewah.

Dengan ruang yang lebih luas, Sedulur dapat memanfaatkan bagian atasnya sebagai tempat berjemur, bersantai, atau bahkan sebagai tempat untuk mengadakan acara bersama keluarga yang lebih intim. Sehingga Sedulur bisa bersantai dan menikmati waktu istirahat dengan tenang. Desain satu ini bisa jadi salah satu pilihan menarik!

Demikian tadi deretan desain kanopi balkon yang bisa Sedulur coba. Walaupun menjadi salah satu bagian tambahan atau pelengkap rumah, keberadaan kanopi bisa menambah estetika rumah lho. Apalagi ketika dalam cuaca tertentu yang tidak terduga, kanopi juga bisa menjadi pelindung tambahan untuk area rumahmu. Jadi semoga ragam konsep, desain, dan ide di atas dapat membantu Sedulur mendapatkan kanopi balkon terbaik ya!