model teras rumah atap miring ke belakang

Salah satu model rumah minimalis yang cukup naik daun di tahun 2023 ini adalah model teras rumah atap miring ke belakang. Penggunaan model ini tak hanya membuat rumah terlihat estetik, tapi juga mencegah hawa panas di dalam hunian.

Jika Sedulur sedang mencari model rancangan rumah yang modern dan bagus, maka model teras rumah atap miring ke belakang bisa menjadi pilihan menarik. Mari simak beberapa referensi modelnya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Jenis Genteng yang Paling Bagus untuk Hunian di 2023

1. Atap miring kombinasi

Shake Guys

Ide atap rumah miring ke belakang yang pertama adalah kombinasi. Model ini merupakan kombinasi dari beberapa model dan fitur desain atap miring. Seperti perpaduan atap miring pelana dengan model sandar.

-->

Atap rumah miring ke belakang ini membuat rumah memiliki daya tarik lebih karena menjadi lebih estetik. Sayangnya, jika semakin kompleks desain yang diinginkan maka akan semakin besar juga bujet yang harus dikeluarkan.

2. Atap miring perisai modifikasi

Atap perisai memiliki empat sisi dan sering digunakan pada banyak hunian di Indonesia. Model atap ini memiliki desain yang lebih modern dan telah banyak digunakan pada desain rumah minimalis.

Bedanya dengan atap perisai biasa, atap perisai modifikasi ini memiliki sedikit twist. Hal ini tampak pada atap di bagian belakang rumah yang sedikit lebih landai dan memberikan kesan unik dan elegan.

3. Atap miring sandar satu sisi

Interior Design Ideas

Desain atap rumah miring ke belakang berikutnya adalah atap rumah miring sandar satu sisi. Konsep atap rumah miring sandar adalah memiliki atap tunggal miring. 

Atap tunggal miring ini menempel pada dinding atau plafon atap yang lebih tinggi. Kelebihan dari rumah atap miring ke belakang sandar ini adalah desainnya yang bergaya modern, mudah dirakit dan sangat sesuai dengan zaman.

4. Atap miring piramida

Atap rumah miring ke belakang piramida adalah jenis atap di mana keempat sisinya ada pada titik di atas atap dan tidak memiliki sisi vertikal. Biasanya jenis atap ini digunakan pada bangunan kecil seperti bungalow atau kabin, tetapi tidak ada salahnya diaplikasikan pada rumah.

Atap jenis ini sangat tahan angin dan sangat cocok untuk rumah minimalis. Sayangnya, bujetnya cukup besar karena menggunakan kuda-kuda yang lebih banyak dan membutuhkan desain yang lebih presisi dan detail.

5. Atap miring saltbox

model teras rumah atap miring ke belakang
Houzz

Inspirasi desain atap rumah miring ke belakang lainnya adalah atap miring model saltbox. Atap ini memiliki model yang asimetris, dimana salah satu sisinya lebih panjang dan lebih miring daripada sisi lainnya. 

Kelebihan dari atap miring ke belakang saltbox ini adalah memiliki bentuk yang unik dan estetik. Kelebihan lainnya, yaitu atap saltbox juga dapat memberikan banyak ruangan di bawah atap dan lebih tahan lama. 

6. Atap miring gambler

Atap rumah miring ke belakang selanjutnya adalah atap rumah gambler atau yang dikenal dengan nama atap gudang. Bentuknya menjadi ciri bangunan di Belanda dan Georgia sehingga tentunya akan sangat unik apabila diaplikasikan di Indonesia.

Memiliki dua sisi, depan dan belakang, setiap sisi mempunyai kemiringan yang hampir vertikal dan curam. Sementara pada bagian atasnya, cenderung lebih rendah. Karena konstruksinya cukup sederhana, material yang dibutuhkan untuk membuat atap model ini pun lebih sedikit sehingga bisa hemat biaya.

7. Atap miring kubah

model teras rumah atap miring ke belakang
Global Design News

Desain atap kubah sangat cocok untuk mereka yang menginginkan kesan megah dan mewah pada hunian mereka. Atap rumah miring ke belakang kubah ini mampu menimbulkan kesan berkelimpahan layaknya rumah orang ningrat.

Supaya lebih cantik, biasanya pada model atap ini dilengkapi dengan kaca mozaik supaya hunian tampak klasik dan indah. Bukan itu saja, model ini pun cukup tahan lama.

8. Atap miring pelana

Desain berikutnya adalah desain rumah dengan model atap miring ke belakang pelana. Desain ini juga termasuk desain yang banyak disukai di Indonesia.

Konsep dari atap rumah ini yaitu memiliki bubungan atap yang menyerupai pelana kuda dengan dua sisi miring yang ditopang oleh atap segitiga. Kelebihan dari rumah atap miring pelana ini adalah mudah dibangun, ekonomis dan dapat memberikan ruangan tambahan di bawah loteng

9. Atap miring shed

Better Home & Garden

Atap rumah miring ke belakang shed sekilas mirip dengan atap rumah miring sandar. Keduanya sama-sama memiliki atap yang dimiringkan beberapa derajat. Bedanya, atap rumah miring shed memiliki desain yang lebih minimalis dan modern.

Selain itu, dari segi desain atap, tipe shed juga mempunyai bagian atas yang bersandar sehingga menempel pada bagian dinding. Model ini sangat membuat aliran air menjadi lancar.

10. Atap miring jerkinhead

Atap miring jerkinhead merupakan salah satu desain rumah atap miring ke belakang. Desain ini merupakan kombinasi desain dari rumah atap pelana dan perisai. Keunikan dari atap rumah miring Jerkinhead ini adalah atap rumahnya dibentuk seperti pelana dengan ujung melengkung pendek dan mengarah ke bawah. 

Sayangnya, atap rumah miring jerkinhead ini masih jarang digunakan di Indonesia. Namun, di Inggris desain atap rumah miring ini sudah terkenal dan banyak digunakan. Kelebihan dari atap rumah miring ini adalah atap rumahnya lebih stabil dan dapat membangun ruang yang lebih banyak di bawah atap.

11. Atap miring modern

Thinking The Future

Atap rumah miring ke belakang modern adalah jenis atap rumah miring yang paling banyak digunakan pada rumah minimalis kekinian. Atap ini rumah ini memiliki atap tunggal miring yang menempel pada dinding yang lebih tinggi.

Atap ini memberikan kesan yang modern, mudah dirakit, dan memiliki desain dengan kemiringan yang curam sehingga memungkinkan air hujan mengalir dengan mudah. Meski demikian, perhatikan dalam pembangunan atap rumah ini karena kalau kemiringan atap terlalu tinggi maka plafon rumah bisa menjadi rendah.

12. Atap miring tak biasa

Atap rumah miring ke belakang dengan konsep acak atau tak biasa merupakan salah satu desain radikal yang cukup unik. Atap ini membentuk bubungan atap rumah yang menyerupai pelana tapi disusun dengan agak tak beraturan.

Strukturnya hanya terdiri dari dua sisi miring yang ditopang dinding berbentuk segitiga. Atap rumah miring ke belakang ini mudah dibangun dan tidak merogoh kocek banyak. Selain itu, area loteng yang lebih luas pun bisa dijadikan ruangan tambahan yang tentunya sangat menguntungkan.

13. Atap miring dengan baja ringan

model teras rumah atap miring ke belakang
Dream Tiny

Model atap rumah miring kebelakang juga bisa kamu terapkan jika ingin menggunakan material dari bahan baja ringan. Baja ringan sendiri memiliki tekstur yang kokoh dan kebal terhadap rayap.

Kamu bisa memadukan dengan berbagai macam corak pada atap rumahmu seperti pada gambar diatas yang mengusung desain konsep miring-miring kesamping. Terlihat desain atap rumah ini sangat artistik dan indah serta memiliki kesan yang elegan.

14. Atap miring kebelakang genteng

Menggunakan atap dari genteng juga cocok jika kamu pakai pada atap rumah yang miring kebelakang. Untuk rangkaian dari atap rumah kamu bisa menggunakan bahan dari logam, baja ringan atau bambu seperti yang masih digunakan oleh orang-orang di pedesaan.

Orang-orang di pedesaan memang memasang genteng dengan cara miring kebelakang.

15. Atap miring ekstrim

Houzz

Desain atap yang satu ini bisa kamu coba terapkan pada rumah mu. Dengan atap rumah yang memiliki tingkat kemiringan ekstrim di area belakang akan memberi kesan yang unik dan berbeda dari rumah-rumah pada umumnya. Tentu desain semacam ini sangat jarang di temukan di Indonesia dan anti mainstream.

16. Atap miring samping

Jika ingin unik, Sedulur bisa mencoba model teras rumah atap miring ke belakang dengan kemiringan dari atap rumah ini juga cukup ekstrim dan bahkan kamu bisa bermain perosotan di atap rumah tersebut. Hasil model ini juga sangat menarik karena membuat rumahmu tampak spesial.

17. Atap miring dua sisi

model teras rumah atap miring ke belakang
Inspritationist

Desain rumah yang satu ini memasang atap dengan dua sisi kemiringan yang berbeda satu dengan yang lain. Pada sisi kanan dari rumah memiliki tingkat kemiringan yang standar seperti layaknya rumah pada umumnya. Sedangkan pada sisi kanan dari atap rumah ini menggunakan tingkat kemiringan yang ekstrim dan curam.

18. Atap miring menurun

Atap rumah yang satu ini juga berbeda dan tak biasa. Dengan tingkat kemiringan yang standar, sekilas nampak tidak ada yang berbeda. Namun jika kita melihat dari sisi lain, maka kita akan melihat perbedaan yang kontras dengan atap rumah biasa. Atap rumah ini miring namun semakin kesamping akan menurun ketinggiannya. Nah itulah yang menjadi perbedaan dengan atap rumah lain.

19. Atap miring kiri

model teras rumah atap miring ke belakang
Houzz

Atap rumah ini memiliki tingkat kemiringan yang curam pada sisi sebelah kiri. Dengan menggunakan atap semacam ini membuat desain keseluruhan dari rumah tersebut nampak sangat elegan.

20. Atap miring mewah

Atap rumah miring kebelakang juga sangat serasi digunakan pada rumah-rumah mewah khas perkotaan. Seperti pada gambar diatas, kesan mewah semakin bertambah dengan atap rumah yang miring. Kamu bisa gunakan atap semacam ini untuk rumahmu.

21. Atap miring dengan kaca

Colosall

22. Atap miring pola unik

Archtizer

23. Atap miring gaya natural

model teras rumah atap miring ke belakang
Multi Line

24. Atap miring japandi

model teras rumah atap miring ke belakang
BambuBuild

25. Atap miring skandinavian

model teras rumah atap miring ke belakang
Trendir

26. Atap miring sederhana

model teras rumah atap miring ke belakang
Hypebeast

Demikian tadi deretan inspirasi model teras rumah atap miring ke belakang. Semoga inspirasi ini bisa membantu Sedulur menciptakan rumah terbaik ya!