contoh hipotesis penelitian

Saat akan menulis sebuah naskah artikel ilmiah atau publikasi tentang sebuah riset, kita akan menghadapi yang dinamakan hipotesis. Menurut Encyclopedia of Survey Research Methods yang diedit Paul J. Lavrakas, hipotesis penelitian adalah proposisi atau pernyataan tentang prediksi hasil sebuah penelitian atau studi yang jelas, spesifik, dan bisa diuji. 

Ia berlaku untuk studi kualitatif maupun kuantitatif dan merupakan kewajiban untuk dicantumkan dalam sebuah naskah akademik. Jika kamu sedang mengerjakan tugas akhir, skripsi, ataupun tesis, yuk belajar bareng beberapa contoh hipotesis penelitian berikut ini. 

BACA JUGA: Cara Membuat Makalah yang Baik & Benar Sesuai Strukturnya

1. Cara merumuskan hipotesis 

contoh hipotesis penelitian
Pexels

Seperti yang sudah dijelaskan di perkenalan, hipotesis adalah proposisi atau prediksi tentang hasil studi. Tentunya ia dibuat dengan cara yang tidak serampangan. Ada beberapa langkah untuk merumuskan hipotesis yang benar. 

-->
  • Kumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang sebuah isu atau topik yang akan diteliti. Bisa dari jurnal atau artikel ilmiah, buku, atau sebuah studi kasus. 
  • Setelah itu, cari niche menarik dari informasi tersebut yang kiranya menggelitik untuk diteliti lebih jauh. Dari berbagai informasi ini, Sedulur bisa membuat rumusan masalah atau pertanyaan inti dari sebuah naskah akademik. 
  • Hipotesis adalah jawaban prediksi dari rumusan masalah. Ia harus terdiri dari dua variabel yang saling berkaitan, yaitu variabel dependen dan independen. 
  • Hipotesis tersebut haruslah objektif, bukan pandangan subjektif belaka apalagi asumsi. Harus ada latar belakang yang mendasari Sedulur menuliskan hipotesis atau proposisi tersebut. 

2. Uji hipotesis 

Pexels

Setelah membuat hipotesis, kita akan masuk dalam fase uji hipotesis. Dalam prosesnya, kita akan berkenalan dengan dua terma yaitu H0 dan H1. H0 adalah hipotesis nol atau netral yang digunakan sebagai parameter kebenaran dan akurasi H1. Sementara, H1 adalah hipotesis yang diusulkan peneliti terkait masalah atau kasus yang akan dibahas. Tujuan penelitian adalah membuktikan apakah H1 memiliki kecenderungan benar, sehingga skenario yang bisa terjadi seperti ini. 

  • Menolak H0 dan menerima H1 karena bukti-bukti yang cukup dan mengarah pada kecenderungan H1. 
  • Tidak menolak H0 karena bukti-bukti yang mendukung H1 kurang atau tidak cukup kuat. 

Bisa dilihat bahwa, tidak menolak H0 tidak berarti H0 benar. Pernyataan tidak menolak H0 adalah cara untuk menujukkan bahwa belum ada cukup bukti yang bisa mendukung proposisi H1.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Mendeley di Word untuk Daftar Pustaka

3. Hipotesis untuk penelitian kualitatif 

Pexels

Merujuk University of Texas Arlington, penelitian kualitatif adalah proses penelitian yang berusaha mengulik secara dalam sebuah fenomena sosial di dalam latar alamiahnya. Kebanyakan akan fokus pada pertanyaan bagaimana dan mengapa ketimbang apa. Penelitian dengan metode ini akan bertemu pada pengalaman langsung seorang manusia atau subjek penelitian ketimbang data statistik. Penelitian jenis ini biasanya mengulik kehidupan manusia dalam bentuk analisa sejarah, biografi atau profil subjek penelitian, etnografi, studi kasus, dan lain sebagainya. 

Berikut contoh hipotesis penelitian kualitatif

H0 : Gaya parenting orang tua tidak berpengaruh pada kepribadian anak saat dewasa

H1 : Gaya parenting orang tua berpengaruh pada kepribadian anak saat dewasa

Untuk membuktikan hipotesis ini, peneliti bisa melakukan wawancara mendalam, pengamatan, hingga mengajak subjek penelitian yaitu anak dan orang tuanya untuk berinteraksi dan berdiskusi (focus group discussion). 

Namun, ada pula jenis penelitian kualitatif deskriptif yang berarti penelitian kualitatif yang memanfaatkan data-data kuantitatif untuk dijabarkan secara deskriptif. 

Contoh hipotesis penelitian kualitatif deskriptif

H0 : Perempuan berpenghasilan lebih tinggi dari laki-laki dan memiliki akses pendidikan yang setara.

H1 : Perempuan berpenghasilan lebih rendah dari laki-laki karena akses pendidikan tidak setara.

Untuk hipotesis macam ini, peneliti akan mengambil sejumlah data numerik untuk mendukung hipotesisnya dan mendeskripsikannya temuan mereka secara kualitatif. 

4. Hipotesis untuk penelitian kuantitatif 

contoh hipotesis penelitian
Pexels

Berkebalikan dengan penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif menyimpulkan sebuah fenomena dengan mengeksplorasi pola numerik atau data kuantitatif lainnya. Misalnya pendapatan harian seorang buruh bangunan, durasi screentime seorang anak usia 1-12 tahun dalam sehari, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkannya, seorang peneliti akan membagikan kuesioner atau mengamati pola perilaku yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk data numerik. 

Contoh hipotesis penelitian kuantitatif

H0 : Kunyit tidak memiliki sifat antibakterial dan antifungal 

H1 : Kunyit memiliki sifat antibakterial dan antifungal

Maka peneliti harus membuktikan apakah benar kunyit memiliki sifat tersebut. Biasanya akan ada indikator seperti berapa persentase bakteri dan jamur yang terbunuh, jenis bakteri dan jamur apa yang diuji, dan lain sebagainya. 

Contoh hipotesis penelitian pengaruh

H0 : Sistem belajar mendadak atau cramming sebelum ujian tidak berdampak pada skor siswa 

H1 : Sistem belajar mendadak atau cramming sebelum ujian berdampak pada skor siswa 

Pengaruh sebenarnya bisa dipakai untuk metode kualitatif maupun kuantitatif sekaligus. Hanya saja beda pada cara pembuktian dan penarikan kesimpulan. Saat akan membahas pengaruh dalam penelitian kualitatif, peneliti harus menemukan beberapa bukti pendukung dari wawancara dan testimoni subjek penelitian. Sementara, peneliti kuantitatif akan mencari pengaruh dari indikator lainnya misalnya data yang ia dapatkan dari survei dan lain sebagainya. 

BACA JUGA: Cara Membuat Kuesioner dengan Google Form untuk Penelitian

5. Contoh uji hipotesis penelitian 

contoh hipotesis penelitian
Pexels

Contoh hipotesis penelitian h0 dan h1 banyak dipakai untuk ilmu statistik dan ilmu hukum. Misalnya aplikasinya dalam bidang hukum adalah sebagai berikut. 

H0 : Terdakwa tidak bersalah atas tuduhan

H1 : Terdakwa bersalah atas tuduhan 

H1 bisa diterima apabila ditemukan bukti-bukti yang kuat dan mengarah pada proposisi bahwa terdakwa bersalah atas tuduhan yang ditimpakan padanya. Ketika, nantinya tidak cukup bukti, maka bukan berarti proposisi bahwa ia tidak bersalah akan diberlakukan. Biasanya pengadilan dan jaksa penuntut akan diberi waktu untuk mencari bukti-bukti tambahan untuk membuktikan kebenaran H1. 

6. Syarat sebuah hipotesis yang baik

contoh hipotesis penelitian
Pexels
  • Hipotesis harus menyatakan dengan jelas dan spesifik topik utama penelitian. 
  • Harus mengandung variabel independen dan independen. Ikuti rumus berikut: “jika sesuatu dilakukan, maka akan ada hal yang tercipta atau terpengaruh atau terjadi.” 
  • Hipotesis harus bisa diuji dan diteliti, bukan hanya asumsi asal belaka. Sedulur harus memikirkan metode, pendekatan, dan instrumen penelitian yang akan dipakai. 
  • Hipotesis tidak harus selalu benar atau salah. Akan lebih baik bila ada kemungkinan keduanya, sehingga sebuah uji atau penelitian pun menjadi krusial untuk dilaksanakan. Bila jawabannya sudah jelas, maka penelitian tidak lagi menarik dan tidak mengundang tanya atau rasa penasaran. 

Berbagai contoh hipotesis penelitian dalam skripsi di atas bisa jadi inspirasi untuk Sedulur. Memang bukan perkara mudah merumuskannya. Diperlukan riset awalan dulu dengan membaca literatur terkait atau setidaknya melakukan survei awal pada kandidat subjek penelitian. Namun, bukan hal mustahil pula untuk diselesaikan. Selamat berkarya. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!