cara membuat kuesioner

Kuesioner menjadi salah satu hal penting dalam sebuah penelitian. Biasanya, kuesioner menjadi salah satu cara pengumpulan data guna mendukung penelitian. Dahulu, kuesioner masih dibagikan secara konvensional berupa edaran kertas yang harus diisi oleh responden. Di era digital saat ini, kuesioner sudah bisa dibuat dan disebarkan secara online, salah satunya melalui Google Form. Cara membuat kuesioner penelitian online kini banyak dicari untuk berbagai kebutuhan.

Bagi Sedulur yang tengah mencari cara membuat kuesioner dengan Google Form, maka berada di artikel yang tepat. Kali ini, mari membahas cara membuat kuesioner online gratis dengan Google Form beserta cara membagikannya. Yuk, langsung simak!

BACA JUGA: Cara Membuat Google Classroom untuk Guru dan Fiturnya

Apa itu kuesioner?

cara membuat kuesioner
Pintek

Sebelum ke pembahasan cara membuatnya, Sedulur harus tahu pengertian kuesioner terlebih dahulu. Berdasarkan KBBI, kuesioner adalah alat riset atau survei yang terdiri atas serangkaian pertanyaan tertulis, bertujuan mendapatkan tanggapan dari kelompok orang terpilih melalui wawancara pribadi atau dengan menjawab daftar pertanyaan.

-->

Kuesioner sering kali digunakan untuk penelitian skripsi maupun jurnal, baik penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Selain penelitian, kuesioner juga dapat digunakan untuk pendaftaran lomba, seminar, atau acara lainnya. Tinggal isi kuesionernya saja yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika Sedulur ingin membuat kuesioner online gratis, ada berbagai platform yang bisa digunakan. Beberapa situs pembuat kuesioner adalah SurveyMonkey, Typeform, Survey Planet, dan Google Form. Salah satu yang paling populer dan mudah untuk digunakan yaitu Google Form.

Cara membuat kuesioner dengan Google Form

MakeUseOf

Lagi-lagi, Google selalu mampu menghadirkan layanan yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Salah satu layanannya yaitu Google Form mampu memfasilitasi pengguna dalam membuat kuesioner untuk riset atau survei. Melalui Google Form, data yang didapatkan bisa Sedulur olah secara mudah.

Selain itu, Sedulur juga bisa mengunduh data kuesioner dan mengolahnya melalui aplikasi lainnya seperti Microsoft Excel dan SPSS Statistics. Adapun cara membuat kuesioner penelitian skripsi atau untuk keperluan lainnya dengan Google Form adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke laman Google Form

cara membuat kuesioner
Trikinet

Pertama, masuk ke laman Google Form dengan alamat docs.google.com/forms. Untuk mengakses layanan ini, dibutuhkan akun Google. Jika Sedulur sudah memilikinya, silakan masukkan email dan klik “Berikutnya”. Namun, bagi yang belum memiliki akun, bisa buat akun terlebih dahulu, baru lanjut ke langkah kedua.

2. Masukkan email dan password akun Google

cara membuat kuesioner
Tecng

Langkah kedua yaitu melakukan login akun Google. Masukkan email dan password akun Google yang sudah dibuat. Pastikan email dan password benar agar proses login berjalan lancar. Namun, apabila Sedulur lupa kata sandinya, bisa klik “Lupa Sandi?” dan ikuti langkah selanjutnya.

3. Pilih template yang disediakan

Online Tech Tips

Jika proses login sudah selesai, Sedulur akan disuguhkan tampilan awal dari Google Form. Ada banyak template yang tersedia, misalnya template untuk pendaftaran pekerjaan, informasi kontak, pendaftaran lomba, undangan pesta, feedback, kuis, dan sebagainya. Sedulur bisa memilih template yang paling sesuai dengan kebutuhan. Bila tidak ada template yang pas, bisa membuatnya formulir baru. Tentunya, membuat formulir baru menjadi cara membuat kuesioner penelitian berdasarkan indikator yang paling pas. Sedulur dapat menyesuaikan sendiri indikator pertanyaan dan jawabannya.

BACA JUGA: Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula Terbaru & Termudah

4. Membuat formulir baru

cara membuat kuesioner
Google Form

Untuk membuat formulir baru, klik tanda tambah (+) yang ada keterangan “Kosong” atau “Blank”. Setelahnya akan muncul tampilan formulir yang kosong. Judul, deskripsi, serta pertanyaan-pertanyaannya belum ada sama sekali. Sedulur yang akan membuatnya nanti sesuai kebutuhan. Di dalam formulir baru ini, Sedulur bisa memanfaatkan berbagai fitur. Contohnya, fitur untuk menambahkan video, menambahkan gambar, memberi judul, memilih bentuk jawaban, menambah pertanyaan, dan sebagainya.

5. Memberi judul

cara membuat kuesioner
Make Tech Easier

Dalam setiap kuesioner pasti memiliki judul. Hal ini untuk memudahkan responden memahami maksud dari kuesioner tersebut. Masukkan judul kuesioner pada kolom “Untitled Form”. Cantumkan pengantar beserta penjelasan singkat mengenai kuesioner di kolom “Form Description” atau “Deskripsi Formulir”. Setelah itu, buat isi kuesioner.

6. Membuat pertanyaan

Grid.ID

Google Form menyediakan banyak pilihan untuk pertanyaan terbuka maupun tertutup. Bila Sedulur mencari cara membuat kuesioner penelitian kuantitatif, maka pertanyaan tertutup lebih cocok digunakan. Sementara pertanyaan terbuka bisa dipilih sebagai cara membuat kuesioner penelitian kualitatif.

Di samping itu, Sedulur juga dapat memilih jenis jawaban yang berbeda untuk setiap pertanyaan kuesioner. Pilih salah satu di antara jawaban pendek, jawaban paragraf, pilihan ganda, kotak centang, pilihan ke bawah, unggahan berkas, skala linear, tanggal, atau waktu. Cara membuat kuesioner skala likert lebih mudah dilakukan dengan adanya berbagai pilihan tersebut.

Sebagai tambahan, jika Sedulur mewajibkan responden menjawab sebuah pertanyaan, maka bisa menghidupkan pilihan “Required”. Pilihan ini membuat responden tidak bisa melewati pertanyaan sebelum menjawabnya. Setelah daftar pertanyaan telah dibuat, klik menu “Settings” untuk pengaturan lanjutan. Misalnya, apakah responden dapat merevisi jawaban yang dikirim, apakah kuesioner berupa penilaian, dan apakah responden bisa melihat hasil kuesioner mereka.

BACA JUGA: Cara Membuat Linktree Mudah & Cepat dengan Gambarnya

Cara membagikan Google Form

GCFLearnFree

Cara membuat kuesioner sudah diketahui, kini saatnya memahami cara membagikannya. Ada tiga cara membagikan kuesioner Google Form yaitu melalui link, email, dan embed HTML. Pertama-tama, klik opsi “Send” di pojok kanan atas laman Google Form setelah kuesioner sudah dibuat. Pilih ikon surat untuk pengiriman formulir melalui email dan ikon rantai guna membagikannya dalam bentuk tautan.

Adapun cara membagikan Google Form melalui embed HTML bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Klik opsi “Send”, lalu pilih ikon “<>” yang terletak di samping ikon rantai. Jika perlu, atur ukuran formulir yang akan ditampilkan di web.
  • Kemudian, salin link.
  • Login ke halaman dashboard web, lalu pilih “Appearance”. Sesuaikan di mana Sedulur ingin meletakkan formulir tersebut.
  • Jika sudah sesuai, klik “Add Widget”. Isi judul dan tempel link dari Google Form ke kolom HTML.
  • Klik “Save”. Selesai.

Kelebihan dan kekurangan Google Form

Hipwee

Sebagai platform pembuat kuesioner, Google Form memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dari Google Form salah satunya gratis. Pengguna dapat menggunakan seluruh fitur yang tersedia tanpa perlu mengeluarkan biaya atau tarif berlangganan.

Selain itu, penggunaannya juga mudah, terintegrasi langsung dengan Google Sheets sehingga mampu menampilkan hasil real time. Google Form memiliki fitur berupa grafik dan diagram yang memudahkan untuk membagikan formulir. Berbagai fitur lainnya dinilai dapat menambah fungsi dan mempermudah pembuatan form.

Namun di sisi lain, Google Form masih memiliki sejumlah kekurangan, misalnya desain dan opsi ekspor terbatas. Pengguna perlu mengaktifkan secara manual sistem yang memungkinkan mereka menerima email notifikasi bila ada responden yang mengisi kuesioner. Tidak ada pula riwayat pengeditan untuk pembuatan kuesioner.

Sekian cara membuat kuesioner dengan Google Form yang bisa Sedulur pelajari. Kini, Sedulur bisa mulai mempraktikkan cara-cara di atas untuk mengajukan pertanyaan kepada responden guna mendukung penelitian. Cukup bermodal akun Google, Sedulur bisa langsung membuat kuesioner di Google Form untuk penelitian maupun kebutuhan lainnya secara gratis dan praktis. Perlu diingat, selalu gunakan layanan dengan bijak sesuai kebutuhan tanpa merugikan pihak mana pun, ya. Selamat mencoba!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.