ciri ciri pantai

Pantai merupakan bentuk geografis yang terdiri dari pasir dan ada di wilayah pesisir laut. Lokasi pantai di Indonesia sangatlah banyak, tersebar hampir di setiap provinsinya. Sumber daya alam pantai di Indonesia mempunyai karakteristiknya masing-masing. Ada ciri-ciri pantai dataran rendah, tinggi, berbatuan, berpasir, dan sebagainya.

Supaya lebih memahami pengertian, manfaat, ciri ciri pantai, hingga lokasinya di Indonesia, Sedulur bisa simak pembahasan berikut ini. Baca artikelnya sampai selesai, ya.

BACA JUGA: Pesona Pantai Papuma Jember, Ada Fasilitas Unik di Sini!

Pengertian pantai

ciri ciri pantai
Unsplash

Pengertian pantai menurut Muh Aris dan kawan-kawan, dalam buku Kajian Daya Dukung dan Ekosistem Pulau Kecil: Studi Kasus Pulau Pari (2018), adalah suatu wilayah yang mempunyai tingkat muka air laut, mulai dari rendah hingga tertinggi. Sederhananya, pantai adalah batasan atau pemisah antara daratan dan lautan.

Pantai terjadi karena adanya sebuah gelombang yang menghantam tepi daratan tanpa henti sehingga mengalami pengikisan. Gelombang tersebut disebut gelombang destruktif. Bentuk dari pantai ada berbagai macam sebagai akibat dari proses geologi yang membentuknya dan batuan serta struktur geologi yang mengendalikannya. Ada ciri-ciri pantai berbatuan, yang berbentuk dataran landai, bertebing terjal, maupun berteluk-teluk.

Bentuk dari permukaan pantai memang tidak selalu tetap. Permukaan pantai senantiasa mengalami perubahan disebabkan hal-hal berikut ini.

  • Gelombang, arus, dan pasang surut merupakan tenaga pengikis, pengangkut, serta pengendapan material di pantai.
  • Perubahan ketinggian relatif permukaan laut karena pembekuan atau pencairan es, serta kenaikan dan penurunan bagian litosfer.
  • Pengaruh kegiatan manusia seperti pembangunan pelabuhan, pengeringan rawa-rawa, dan pengerukan muara sungai.

Perlu diketahui, daerah luas pantai dimulai dari daerah pesisir sampai jauh ke daratan. Tidak ada batasan yang pasti terkait seberapa jauh wilayah sebuah pantai. Namun yang jelas, sebuah wilayah pesisir masih menjadi bagian wilayah pantai.

Manfaat pantai

Unsplash

Selain menjadi tempat rekreasi dan lokasi berfoto, pantai memiliki beberapa manfaat lainnya. Adapun manfaat pantai adalah sebagai berikut.

  • Lokasi tempat tinggal para nelayan.
  • Usaha pengolahan garam.
  • Mencegah air pasang langsung membanjiri daratan.
  • Sebagai habitat dari hewan-hewan yang hidup di air.
  • Pemanfaatan pasir.
  • Pemasukan kas daerah sebagai tempat wisata.

BACA JUGA: Pesona Pantai 3 Warna di Malang, Surga yang Tersembunyi

Ciri ciri pantai

Unsplash

Menurut Bird (1984), ciri ciri pantai dibagi menjadi tiga bagian, di antaranya karakteristik bagian depan, belakang, dan lepas pantai. Berikut penjelasannya.

  • Pantai bagian depan (foreshore), daerah antara pasang tersurut hingga daerah pasang.
  • Pantai bagian belakang (backshore), daerah antara pasang tertinggi sampai daerah tertinggi yang terkena ombak.
  • Lepas pantai (offshore), daerah yang meluas dan titik pasang surutnya ke arah laut.

Selain karakteristik pantai menurut Bird, ada pula ciri-ciri pantai secara umum. Berikut daftarnya.

  • Terdapat garis pantai yang permanen dan terjaga dengan baik. Garis pantai yang dimaksud berupa wilayah atau batas antara daratan dan lautan.
  • Terdapat tanah berpasir. Hal ini terjadi akibat ekosistem batu yang menyebabkan tanah tersebut memiliki kandungan unsur hara minim. Biasanya, ciri ciri pantai berpasir memiliki tanah berpori-pori besar dan permeabilitas sangat baik.
  • Ciri-ciri pantai dataran tinggi maupun rendah umumnya terdapat tumbuhan yang mempunyai akar napas seperti bakau. Akar napas tersebut berguna untuk beradaptasi di daerah pasang laut yang berlumpur.
  • Memiliki ekosistem mangrove, berfungsi sebagai penahan ombak laut yang dapat mengikis pesisir dari pantai tersebut.
  • Terdapat kerang, mutiara, dan terumbu karang.

Ciri ciri pantai di atas juga bisa Sedulur lihat secara nyata. Pantai pastinya memiliki tanah berpasir, air laut, serta menjadi batas antara daratan dan lautan. Ada juga yang mengemukakan bahwa ciri-ciri pantai adalah yang memiliki hewan laut, ombak, dan air laut.

Lokasi pantai di Indonesia

Indonesia sebagai negara kepulauan dianugerahi jutaan lautan dan pantai yang begitu sangat memesona. Sedulur bisa menjelajahi keindahan bahari tanpa perlu ke luar negeri terlebih dahulu. Dari banyaknya pantai, berikut beberapa lokasi pantai di Indonesia yang indah dan bisa menjadi referensi Sedulur.

1. Pink Beach, Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

ciri ciri pantai
Phinemo

Pantai berpasir berwarna pink ini sangat unik dan spesial. Pencampuran pasir warna putih dan merah membuatnya terlihat berwarna pink. Pantai dengan warna pink dianggap sebagai tempat yang romantis dan hanya ada tujuh di dunia. Salah satu yang tercantik ada di negara Indonesia, tepatnya di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

2. Nihiwatu Beach, Sumba, Nusa Tenggara Timur

Trip Sumba

Nihiwatu menempati posisi ke-17 pantai terbaik di dunia dan menjadi satu-satunya pantai di Indonesia yang terpilih menjadi pantai terbaik di Asia. Letaknya tersembunyi di balik sebuah hutan. Pantai sepanjang 2,5 kilometer ini dianggap sebagai surga yang belum terjamah. Nihiwatu terlihat begitu sempurna meski membutuhkan waktu tempuh yang lama untuk mencapai lokasi. Namun tenang saja, perjalanan Sedulur akan terbayar dengan keadaan air laut jernih, pasir bersih, dan suasana sunrise yang sangat indah.

3. Pantai Ora, Maluku Tengah

Piknik Wisata

Pantai Ora terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah. Untuk mencapainya, Sedulur perlu menaiki kapal feri dari pelabuhan di Kota Ambon. Keunggulan pantai ini terletak di kekayaan baharinya. Selain memiliki air laut biru dan jernih, Pantai Ora juga mempunyai dunia bawah laut yang belum banyak tersentuh tangan manusia. Masih ada banyak aneka terumbu karang yang sehat dan biota laut beragam. Keindahan pantainya tidak kalah keren dengan Maldives!

BACA JUGA: Pesona Pantai Kelapa Tuban, Bikin Enggak Mau Pulang!

4. Tominy Bay, Sulawesi Utara

Buliran

Tomini Bay menjadi salah satu lokasi pantai di Indonesia yang wajib banget Sedulur kunjungi. Pantai ini sangat terkenal dengan dunia bawah lautnya. Bagi para pecinta kegiatan diving dan snorkeling, Sedulur bisa mengeksplorasi berbagai biota laut dan terumbu karang di Tomini Bay. Berada di Sulawesi Utara, pantai ini belum banyak dikunjungi sehingga keindahan alamnya masih sangat terjaga.

5. Pantai Bosnik, Papua

ciri ciri pantai
Celebes ID

Pantai Bosnik menjadi salah satu contoh keindahan Papua. Sedulur bisa mengunjungi pantai ini dari hari Senin hingga Minggu. Pantai Segara Indah atau yang lebih dikenal dengan nama Bosnik terletak di Desa Woniki, Biak Timur, Kabupaten Numfor, Papua. Lokasi pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Alasannya, karena Pantai Bosnik mempunyai keindahan sangat indah. Pengunjung akan dimanjakan dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Kegiatan seperti berenang maupun snorkeling bisa leluasa dilakukan di pantai ini.

Sampai sini, Sedulur sudah mengetahui pengertian, manfaat, ciri-ciri pantai, serta beberapa contohnya di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan geografi Sedulur. Saatnya mengeksplorasi keindahan pantai di Indonesia secara langsung!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.