Pantai Kelapa Tuban menyimpan sejuta keindahan. Namun di balik keindahan pantainya, tersimpan beberapa fakta menarik di dalamnya. Yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Pantai Kelapa Tuban merupakan salah satu ikon wisata pantai di Provinsi Jawa Timur.  Pantai Kelapa Tuban juga seringkali disebut dengan nama Pantai Panyuran oleh masyarakat Tuban. Pantai di Tuban ini seringkali menjadi salah satu destinasi wisata setiap memasuki musim liburan.

Terdapat beberapa tempat rekreasi di Tuban yang bisa Sedulur nikmati, mulai dari wisata terbaru di Tuban, hingga beberapa fasilitas publik di wisata pantai Tuban satu ini. Pantai Kelapa merupakan salah satu tonggak berkembangnya pariwisata di kota Tuban.

Superapp.id dalam artikel kali ini akan membahas beberapa fakta dan kisah menarik yang berkaitan dengan Pantai Kelapa Tuban. Seperti apa saja fakta dan kisah menariknya? Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya.

-->

Baca Juga: 25 Tempat Wisata di Kediri Paling Khas dan Memorable 2020

Fakta dan Kisah Seputar Pantai Kelapa Tuban yang Wajib Sedulur Ketahui

1. Asal Usul Nama Pantai

1.   Asal Usul Nama Pantai

Awalnya Pantai Kelapa dikenal dengan nama Pantai Panyuran, karena letaknya yang berada di Kecamatan Panyuran, Kab. Tuban. Namun karena di sekitar pantai banyak terdapat pohon kelapa, yang hampir berjajar di setiap pesisir pantai.

Melihat keadaan tersebut, akhirnya banyak masyarakat yang menyebut Pantai Kelapa untuk merujuk pada pantai yang ada di Kecamatan Penyuran tersebut. Hal tersebut bertahan lama dan kemudian menjadi nama bagi pantai itu sendiri.

Pemberian nama tempat atau suatu daerah juga biasanya tidak terlepas dari kondisi keunikan yang ada di sekitar wilayah tersebut. Seperti nama Tuban itu sendiri, salah satu versi sejarah menyatakan bahwa Tuban berasal dari kata tuba yang berarti racun. Konon katanya pada sama lalu terdapat banyak racun yang ada di sekitar Tuban.

Kabupaten Tuban juga merupakan sebuah dearah yang memiliki tempat strategis, berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta letak daerah yang dilalui oleh Jalan Raya Pos membuat Tuban merupakan kota penting di masa lalu. Pada zaman dahulu Tuban dijadikan pelabuhan utama Kerajaan Majapahit dan menjadi salah satu pusat penyebaran Agama Islam di Pulau Jawa oleh para Walisongo.

2. Keistimewaan dan Keunikan Pantai Kelapa Tuban

2.   Keistimewaan dan Keunikan Pantai Kelapa Tuban

Selain pesona pantai dengan panorama yang indah, para wisatawan akan dapat menyegarkan mata dan pikiran seketika saat melihat pemandangan Pantai Kelapa ini. Pemandangan asri yang menyejukan mata di Pantai Kelapa ini dipercantik lagi dengan berjejernya pohon kelapa.

Memang di pantai mana pun terdapat beberapa pohon kelapa yang berjejer di pesisir pantai, namun di pantai ini keberadaan pohon kelapa sangat banyak dan hal tersebut menjadi keistimewaan dan keunikan dari Pantai Kelapa Tuban itu sendiri.

Selain itu, banyak buah kelapa yang tersedia di pantai ini juga akan semakin membuat Sedulur nyaman dan tidak ingin pulang ke daerah masing-masing. Sedulur wajib memasukan pantai di Tuban ini sebagai salah satu destinasi wisata untuk liburan akhir tahun ini.

Baca Juga: 20 Wisata di Jember Paling Hits Tahun 2020. Wajib Ke Sini!

3. Hutan Bakau dan Pepohonan Cemara

3.   Hutan Bakau dan Pepohonan Cemara

Jika biasanya hutan bakau atau pohon cemara bisa kita lihat di daerah pegunungan, di Pantai Kelapa hal tersebut bisa Sedulur dapatkan dalam satu paket wisata. Di Pantai Kelapa Tuban terdapat hutan bakau  dan deretan pepohonan cemara.

Faktanya, wisatawan bukan mencari pantai ketika berkunjung ke Pantai Kelapa, namun juga banyak yang berkunjung ke hutan bakau, karena hutan bakau merupakan salah satu daya tarik dari Pantai Kelapa itu sendiri.

Di sekitar pantai pun terdapat pepohonan cemara yang rindang. Sedulur dapat menikmati keindahan rindangnya pohon cemara saat siang hari. Bagi yang bosan dengan hiruk pikuk keramaian pantai, Sedulur bisa sedikit menepi dan bersantai di hutan bakau dan pohon cemara di Pantai Kelapa.

Hutan Bakau dan pohon cemara di pantai Tuban ini juga merupakan salah satu tempat tujuan untuk berkemah. Banyak wisatawan yang ingin menghabiskan liburan dengan berkemah, menjadikan hutan bakau ini sebagai salah satu tempat tujuan.

Bukan hanya sebagai tempat liburan, beberapa lembaga pendidikan di Tuban, Lamongan dan sekitarnya sering menggunakan Pantai Kelapa sebagai tempat kegiatan perkemahan bagi para siswa-siswi.

4. Fasilitas dan Wahana di Pantai Kelapa Tuban

4.   Fasilitas di Pantai Kelapa Tuban

Fasilitas yang bisa Sedulur nikmati di Pantai Kelapa Tuban ini adlaah panggung musik, beberapa kolam renang, tempat wisata berkuda dan pacuan kuda, dan juga yang paling ramai digunakan adalah flying fox.

Belum lagi beberapa tempat kuliner yang menyuguhkan beberapa makanan khas daerah pesisir pantai yang sangat dominan dengan bahan makanan laut atau seafood. Ditambah dengan aneka minuman segar yang menyehatkan yang bisa Sedulur nikmati.

Sudah menjadi hal lumrah bahwa setiap tempat wisata harus memiliki tempat yang menjadi andalan sebagai spot foto untuk diupload di media sosial. Media sosial yang menjadi andalan adalah Instagram. Beberapa spot foto yang instagramable tersedia sangat melimpah di Pantai Kepala, hampir setiap sudutnya bisa Sedulur jadikan sebagai tempat berfoto yang menarik.

5. Lokasi Pantai Kelapa Tuban

5.   Lokasi Pantai Kelapa Tuban

Pantai Kelapa Tuban terletak di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Pantai ini juga merupakan daerah yang dilintasi oleh Jalan Raya Pos, sebuah jalan penting di Indonesia pada masa lalu, yang dikenal juga dengan nama Grote Postweg atau Jalan Daendels.

Pantai Kelapa memiliki jarak sekitar 5 km dari pusat kota Tuban, atau akan memakan waktu tempuh selama 10 menit saja menggunakan kendaraan bermotor.

6. Rute Menuju Pantai Kelapa

6.   Rute Menuju Pantai Kelapa

Selain melalui rute dari pusat kota dan menggunakan Jalan Daendels. Sedulur juga bisa tiba di Pantai Kelapa dengan berangkat dari arah Semarang atau Rembang. Sedulur bisa menempuh perjalanan melalui jalan Pantura hingga tiba di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Setelah tiba di perbatasan tersebut, Sedulur tinggal melanjutkan perjalanan sedikit lagi menuju utara jalan dan akan segera tiba di Pantai Kelapa itu sendiri.

7. Harga Tiket Masuk

7.   Harga Tiket Masuk

Pantai Kelapa selain memiliki sejuta keindahan dan beberapa kisah menarik yang menjadi daya tariknya, salah satu daya tarik lainnya adalah harga tiket masuk yang sangat murah. Sedulur hanya perlu membayar uang masuk sebesar Rp. 5000 saja.

Biaya tambahan lainnya adalah biaya parkir, bagi Sedulur yang menggunakan roda dua akan dikenakan tarif biaya parkir sebesar Rp. 2000 dan bagi Sedulur yang menggunakan mobil akan dikenakan biaya parkir sebanyak Rp. 5000. Biaya yang sangat murah untuk sebuah tempat wisata yang menyuguhkan sejuta pesona.

8. Ikon Wisata Tuban

8.   Ikon Wisata Tuban

Karena pemandangannya yang indah dan sejuta pesona lainnya, Pantai Kelapa sukses menjadi ikon wisata Kabupaten Tuban. Pemerintah Kabupaten pun memberi perhatian pada pantai inin dengan mengalokasikan dan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) untuk renovasi dan membangun beberapa fasilitas, serta juga sebagai biaya perawatan agar pantai ini tetap terjaga keindahan dan kebersihannya.

Semoga beberapa fakta dan kisah terkait Pantai Kelapa Tuban dalam penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur sekaligus juga bisa meyakinkan Sedulur untuk berkunjung ke pantai ini sesegera mungkin.

Jangan lupa untuk menggunakan Aplikasi Super selama Sedulur berada di Tuban, ya. Karena dengan menggunakan Aplikasi Super kegiatan sehari-hari Sedulur akan menjadi lebih mudah dan menguntungkan. Klik di sini juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan pelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi.