Ingin menghabiskan liburan di pantai yang indah dan memiliki pesona berbeda? Yuk simak ulasan mengenai Pantai Papuma di bawah ini, salah satu pantai terindah di Jatim!

Salah satu harta karun keindahan alam di Jawa Timur adalah Pantai Papuma Jember. Sebagai tempat wisata, Pantai Papuma sangat cocok untuk dikunjungi karena menyimpan banyak pesona dan keindahan alam. Terdapat juga beberapa objek dan fasilitas yang unik di pantai satu ini.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas informasi seputar pantai Papuma yang mungkin belum Sedulur ketahui. Mulai dari asal-usul nama, lokasi Pantai Papuma, dan hal-hal menarik yang ada di sekitar pantai Papuma. Agar Sedulur bisa menentukan destinasi wisata, yuk simak penjelasan di bawah ini. Barangkali Pantai Papuma merupakan pantai yang ingin Sedulur kunjungi di libur akhir tahun ini.

Baca Juga: Pesona Pantai 3 Warna di Malang, Surga yang Tersembunyi

-->

Informasi dan Pesona Unik di Pantai Papuma Jember

1. Asal-Usul Nama Pantai

1.   Asal-Usul Nama Pantai
anekatempatwisata.com

Papuma merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan. Namun, nama singkatan yang mudah diingat dan enak diucapkan mengalahkan nama aslinya sehingga menjadi kalah terkenal. Pantai yang memiliki pasir yang sangat putih mengilhami untuk memberikan nama pantai tersebut. Sedangkan Malikan, merupakan nama batu yang ada berjejer di pantai ini.

Selain pantai dengan pasir putih yang indah, terdapat juga tanjung yang dapat memberikan pemandangan yang indah dan mempesona. Tidak aneh jiga Pantai Papuma merupakan salah satu pantai paling indah di sepanjang pesisir di Provinsi Jawa Timur.

2. Lokasi Pantai

2.   Lokasi Pantai
kompas.com

Pantai Papuma berlokasi di Dukuh Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember, Jawa Timur. Masyarakat setempat atau yang berada di Jawa Timur dan sekitarnya sering kali mengunjungi pantai ini untuk menghabiskan waktu liburan. Banyak hal yang bisa dinikmati di pantai ini. Selain itu, akses dan waktu tempuh yang cukup mudah membuat pantai ini banyak dikunjungi. Sedulur hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam dari pusat kota Jember untuk tiba di pantai ini.

3. Rute Menuju Pantai

3.   Rute Menuju Pantai
tribunnews.com

Terdapat beberapa rute yang bisa Sedulur lewati untuk sampai di pantai ini. Rute pertama memiliki medan yang cukup berat, namun waktu yang dibutuhkan cukup singkat. Rute pertama adalah melalui jalur gunung watangan. Jaraknya hanya 3 km. Karena jalan merupakan lereng gunung, masih banyak jalan yang belum beraspal dan rawan longsor.

Rute kedua adalah rute yang cukup mudah namun membutuhkan waktu dan biaya lebih. Karena rute kedua ini mengharuskan Sedulur untuk berputar dan berkeliling jalan, Sedulur akan menggunakan jalur Pantai Watu Ulo. Jalur jalan yang cukup terjamin dan kualitasnya mulus membuat rute satu ini yang paling banyak dipilih. Selain itu, Sedulur juga bisa menikmati dua pantai dalam sekali jalan.

Baca Juga: Pesona Pantai Kelapa Tuban, Bikin Ga Mau Pulang!

4. Harga Tiket dan Biaya Masuk

4.   Harga Tiket dan Biaya Masuk
hargatiket.net

Pengelolaan pantai ini lumayan rapi dan terstruktur, hal tersebut bisa Sedulur rasakan ketika tiba di pintu masuk pantai. Selain memberi pemasukan terhadap pemerintah daerah Jember, biaya tiket masuk yang Sedulur bayar juga akan digunakan untuk pengelolaan dan pelestarian pantai.

Biaya atau tiket masuk yang akan Sedulur keluarkan hanya Rp. 15.000 saja untuk kunjungan di hari kerja, sedangkan jika Sedulur berkunjung di akhir pekan, Sedulur akan mengeluarkan biaya Rp. 30.000. Jika Sedulur membawa wisatawan mancanegara, akan dikenakan biaya Rp. 17.000 untuk kunjungan di hari kerja, sedangkan Rp. 30.000 untuk kunjungan di akhir pekan.

5. Terdapat Penginapan

5.   Terdapat Penginapan
wongjember.com

Bagi Sedulur yang kurang puas berkunjung di pantai ini, terdapat juga beberapa penginapan dan villa yang tersedia di sekitar pantai. Villa yang tersedia juga snagat memadai dan penuh dengan fasilitas. Terdapat fasilitas untuk menikmati sunrise dan sunset sekaligus, Sedulur tinggal pilih yang sesuai dengan kantong dan keuangan Sedulur. Menjadikan pantai ini sebagai salah satu pilihan liburan Sedulur adalah hal yang sangat tepat.

6. Fasilitas Unik di Pantai

6.   Fasilitas Unik di Pantai
kompas.com

Di pantai ini juga terdapat fasilitas unik yang bisa Sedulur nikmati. Yaitu, terdapat terdapatnya spot foto yang memiliki pesona indah, sangat cocok dijadikan background foto di segala sudut. Spot foto tersebut bernama Siti Hinggil, Sedulur bisa menikmati sunset dan sunrise di tempat ini. Jika salah satu pantai hanya memiliki salah satu pemandangan sunset atau sunrise, di Siti Hinggil Papuma, Sedulur bisa menikmati kedua pemandangan tersebut di waktu yang berbeda.

Keunikan lainnya, spot foto ini berbayar. Sedulur harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 10.000 agar bisa berfoto dan menikmati pesona pantai dan laut di Siti Hinggil. Bukan hanya Siti Hinggil yang menjadi fasilitas unik di pantai ini, bentuk bebatuan juga merupakan hal unik yang ada di pantai ini.

Terdapat beberapa bebatuan karanng di pantai ini yang masing-masing memiliki nama, yaitu karang dampar kencana, karang kodok, karang genteng, karang kajang, narada dan kresna. Selain itu, bentuk batu karangnya pun unik, secara sekilas bebatuannya terlihat seperti sebuah candi atau arca.

7. Mitos dan Hal Mistis di Pantai Papuma

7.   Mitos dan Hal Mistis di Pantai Papuma
kompas.com

Sudah tidak aneh lagi, jika garis pantai selatan pulau Jawa menyimpan mitos dan hal mistis, yang paling terkenal adalah keberadaan Nyi Roro Kidul, yang dipercaya sebagai penguasa ghaib pantai selatan pulau Jawa. Di pantai ini ombak pantai selatan selalu memakan korban, yang membuat masyarakat semakin yakin dan mengasosiasikan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul.

Ciri khas lain dari pantai ini terdapat banyak gugusan batu karang yang berukuran raksasa yang sering kali dianggap gunung atau pulau oleh masyarakat. Bebatuan batu karang yang memiliki bentuk unik dan serupa candi tersebut juga terdapat sekawanan ular yang berbahaya. Namun di tengah mitos dan hal mistis, pantai ini tetap layak kunjung dan keamanan serta pengelolaan pantai ini juga sangat baik, tidak ada alasan bagi Sedulur untuk takut dengan mitos dan hal mistis seputar pantai ini.

8. Menjadi Ikon Wisata Kota Jember

8.   Menjadi Ikon Wisata Kota Jember
liputan6.com

Pantai Papuma merupakan pantai indah dan menarik yang ada di kota Jember, bukan hanya itu, Pantai Papuma merupakan pantai terindah di Jatim. Karena itu, Pantai Papuma Jawa Timur ini muncul sebagai pantai yang menjadi ikon wisata kota Jember. Baik Tanjung Papuma atau pantainya, menawarkan keindahan yang menarik para wisatawan.

Hal tersebut yang menjadikan gambar Pantai Papuma sangat ikonik sebagai simbol pariwisata kota Jember. Bukan hanya terkenal dengan hal lainnya yang menarik hati para wisatawan, pantai Papuma adalah salah satu alasan banyak wisatawan yang berkunjung ke Jember.

Jangan lupa juga bisa Sedulur yang berada di Jember dan mengunjungi pantai ini, untuk menggunakan Aplikasi Super dalam setiap memenuhi kebutuhan Sedulur selama di Jember. Banyak barang kebutuhan sehari-hari dengan harga murah dan berkualitas yang tersedia di Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, mempelajari lebih jauh terkait Aplikasi Super. Banyak diskon dan bonus menarik dari Aplikasi Super menjelang hari-hari penting di Indonesia, oleh karena itu Sedulur wajib untuk pantengin terus Aplikasi Super, ya!