ciri ciri madu asli

Terdapat beberapa ciri ciri madu asli yang perlu Sedulur ketahui. Pasalnya, tidak semua madu yang dijual bebas di pasaran adalah asli. Ada oknum ada yang mencampurnya dengan bahan lain untuk mendapatkan keuntungan belaka.

Berikut ini adalah daftar ciri madu asli yang jauh berbeda dengan madu palsu. Simak penjelasannya dengan seksama agar Sedulur mengetahui perbedaannya dan tidak tertipu lagi saat membeli madu.

BACA JUGA: 10 Manfaat Madu Klanceng Dari Lebah Spesial, Anti Diabetes

1. Tekstur madu kental

1. ciri ciri madu asli
kompas

Ciri ciri madu asli yang pertama adalah memiliki tekstur yang kental. Sedulur wajib mengetahui bahwa madu asli memiliki tekstur yang kental. Saat botol digoyangkan, madu akan bergerak dengan sangat lambat saking kentalnya. Jika madu terlihat encer dan cair, bisa dipastikan madu tersebut telah dicampur dengan air dan sudah tidak asli lagi.

2. Tidak mudah dibekukan

2. tidak mudah dibekukan
alodokter

Sedulur juga bisa mengetahui madu asli atau palsu dengan mengetahui ciri ciri madu asli dalam kulkas. Madu asli jika dimasukkan dalam kulkas terutama di bagian freezer, madu tidak akan mudah beku. Meskipun Sedulur telah memasukkan madu dalam kulkas dengan waktu yang lama, madu akan sulit beku.

Bila madu yang dimasukkan dalam kulkas dan mudah membeku, maka produk yang Sedulur miliki bisa dipastikan palsu. Karena ciri madu asli dalam kulkas tidak mudah beku. Jika beku, berarti madu telah dicampur dengan sejumlah air dan campuran bahan lainnya.

BACA JUGA: 8 Kandungan Madu Untuk Menjaga Kesehatan & Imunitas Tubuh

3. Madu asli tidak berbuih

3. ciri ciri madu asli
beritasatu

Bagian ini sekaligus menjawab pertanyaan apakah madu asli berbusa? Jawabannya tentu saja tidak. Ketika madu dipanaskan, madu akan semakin kental dan tidak akan berbusa sama sekali. Berbeda jika Sedulur memanaskan dan kemudian madu mengeluarkan busa, maka jawabannya jelas jika madu yang Sedulur miliki tidak asli. Hal ini merupakan cara mudah mengetahui ciri-ciri madu asli.

4. Cek madu asli dengan kertas

4. cek madu asli dengan kertas
medcom

Berikut ini adalah cara untuk mengetahui ciri madu asli dan palsu, dengan tes menggunakan kertas. Sedulur bisa meneteskan atau menuangkan madu ke kerta kosong. Lalu coba untuk merobek kertas yang dituang madu. Jika kertas tidak mudah robek, madu tersebut benar-benar asli. Bila sebaliknya dan kertas robek dengan mudah, maka madu tersebut palsu karena terdapat bahan air di dalamnya.

BACA JUGA: Ternyata Ini Manfaat Minum Air Lemon dan Madu

5. Madu asli tidak mudah terbakar

5. ciri ciri madu asli
kompas

Ciri madu asli selanjutnya adalah tidak mudah terbakar. Sedulur bisa cek menggunakan korek api. Sedulur bisa menyiapkan sebatang korek api lalu celupkan ke dalam madu. Kemudian bakar korek yang telah dicelupkan, jika korek api tersebut terbakar maka bisa dipastikan madu yang Sedulur miliki di rumah tidak asli. Sebaliknya, jika korek api yang dicelupkan tidak terbakar, maka madu Sedulur keasliannya bisa dipastikan.

6. Tidak mudah lengket

6. tidak mudah lengket
hellosehat

Fakta bahwa madu asli itu kental adalah benar, namun ketika bersentuhan dengan kulit madu asli kendati pun kental tidak akan lengket. Karena salah satu ciri produk asli adalah tidak mudah lengkat. Ketika madu yang Sedulur miliki lengket dengan kulit Sedulur, maka Sedulur bisa membeli madu yang baru, karena madu tersebut adalah madu palsu.

BACA JUGA: 6 Manfaat Madu Untuk Wajah Lebih Cerah Alami & Glowing

7. Madu asli mengalir dengan cepat

7. ciri ciri madu asli
pel-tei

Meskipun yang asli memiliki tekstur yang kental, madu asli juga akan dengan cepat dan mudah mengalir. Bahkan akan mengalir tanpa putus. Karena ciri ciri madu asli memiliki kandungan air kurang dari 18%. Maka ketika dialirkan, madu asli tidak akan mudah terputus.

8. Kuat terhadap panas

8. kuat terhadap panas
pil-tei

Selanjutnya adalah dengan cek menggunakan panas. Karena, salah satu ciri ciri madu asli yaitu kuat terhadap panas. Jika tekstur madu saat dipanaskan akan berubah dan menghasilkan busa, maka bisa dipastikan madu yang Sedulur miliki palsu dan telah dicampur dengan beberapa bahan tambahan lainnya. Bukti dari madu asli kuat dan tahan panas adalah tidak mudah mengeluarkan busa.

BACA JUGA: 11 Manfaat Olive Oil Extra Virgin Untuk Kulit & Tubuh

9. Cek madu asli dengan cuka

9. ciri ciri madu asli
pil-tei

Berikut ini adalah cara cek keaslian madu yang Sedulur miliki. Sedulur bisa menggunakan cuka untuk mengetahui madu yang Sedulur miliki asli atau tidak. Sedulur bisa ambil air dan 2-3 tetes sari cuka. Lalu aduk jika madu berbusa setelah diaduk, maka bisa dipastikan madu tersebut palsu.

10. Tidak mudah larut dalam air

10. tidak mudah latur dalam air
pil-tei

Ciri ciri madu asli selanjutnya adalah madu tidak mudah larut dalam air. Hal ini berkaitan erat dengan kekentalan madu yang Sedulur miliki. Jika Sedulur memiliki madu di rumah, lalu coba larutkan dalam air. Jika madu tersebut asli, maka madu akan dengan cepat mengendap di dasar gelas. Berbeda jika madu tersebut palsu, madu akan mudah larut dan menyatu dengan air.

BACA JUGA: 12 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berseri dan Sehat

11. Dikerumuni semut

11. ciri ciri madu asli
maduonggu

Nah bagian ini akan sekaligus menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan, yaitu apakah madu asli dikerumuni semut? Jawabannya tentu iya karena madu mengandung pemanis alami yang begitu disukai oleh semut. Maka jika Sedulur memiliki madu dan tidak disemuti, bisa dipastikan madu tersebut palsu. Karena semut tidak menyukai pemanis buatan. Satu hal yang perlu Sedulur ketahui, bahwa ciri-ciri madu asli dengan semut karena semut menyukai pemanis alami.

12. Cek madu asli dengan roti

12. cek madu asli dengan roti
nectaflor

Sedulur juga bisa cek keaslian madu dengan menggunakan roti. Tuang madu ke atas selembar roti, jika roti tersebut menjadi keras maka bisa dipastikan madu tersebut asli. Sebaliknya, jika roti menjadi lembek maka madu tersebut palsu. Karena ciri ciri madu asli tidak mudah menyerap karena memiliki tekstur yang sangat kental.

BACA JUGA: 9 Resep Es Jeruk Segar yang Mudah Dibuat Di Rumah

13. Cek dengan kuning telur

13. ciri ciri madu asli
theasianparent

Ciri ciri madu asli selanjutnya bisa Sedulur tes dengan menggunakan kuning telur. Sedulur bisa ambil sebagian madu lalu campurkan dengan kuning telur. Aduk hingga tercampur rata. Jika madu yang Sedulur gunakan adalah madu asli, maka hasil yang akan didapatkan adalah warna kuning telur yang tampak matang. Sementara jika madu yang digunakan adalah madu palsu, campuran madu dan kuning telur tidak akan memberikan perubahan apapun.

14. Kejernihan madu

14. ciri ciri madu asli

Sedulur bisa mengetahui ciri ciri madu asli dengan melihat kejernihan madu itu sendiri. Jika Sedulur memiliki madu dengan tekstur yang sangat jernih, hal tersebut bisa menjadi indikasi bahwa madu yang Sedulur miliki adalah madu palsu. Pasalnya, madu asli akan memiliki tekstur yang tidak jernih. Madu asli akan cenderung keruh.

Namun, bukan berarti madu yang jernih adalah madu yang palsu. Terkadang ada yang memanaskan madu hingga benar-benar panas, lalu menyaringnya, kemudian melakukan hal tersebut berulang kali. Tujuannya agar mendapatkan madu yang bersih. Tapi umumnya, madu asli itu memiliki tekstur yang keruh.

BACA JUGA: 10+ Perbedaan Alpukat Mentega & Biasa, Lebih Baik Mana?

15. Cek madu asli dengan ibu jari

15. cek madu dengan ibu jari
keepo

Untuk mengetahui madu asli, kamu bisa melakukan tes secara sederhana langsung menggunakan ibu jari Sedulur sendiri. Caranya sangat mudah, tinggal celupkan ibu jari sedikit ke dalam madu, jika madu menetes atau menyebar, maka bisa dipastikan madu tersebut palsu. Sebaliknya jika madu murni akan memiliki tekstur yang kental dan tidak berari.

Sehingga ketika ibu jari dicelupkan, madu akan tetap kental dan solid. Cara ini merupakan cara paling mudah untuk mengetahui ciri ciri madu asli atau palsu. Namun, kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana tekstur madu asli dan tidak. Satu hal lagi yang perlu Sedulur ketahui, madu asli memiliki tekstur yang lengket, sehingga akan langsung menempel di permukaan ibu jari.

Sekian penjelasan terkait ciri ciri madu asli, setelah mengetahuinya kamu harus lebih berhati-hati membeli madu dan jangan sampai tertipu. Jika ingin aman, Sedulur bisa membeli madu asli di Aplikasi Super. Karena setiap sembako yang dijual sangat berkualitas dan dijamin keasilannya. Bagi yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download dan mulai gunakan sekarang juga.