bounce pass artinya

Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer di dunia. Bahkan olahraga ini juga dimainkan pada Olimpiade. Sama seperti olahraga yang lain, dalam basket juga dikenal berbagai istilah gerakan, salah satunya adalah bounce pass. Bounce pass artinya teknik yang sering dijumpai dalam olahraga ini.

Seperti yang kita tahu, mengumpan atau passing adalah gerakan yang memiliki peranan penting dalam olahraga basket. Hal ini karena dalam olahraga tersebut kita tidak hanya bermain sendiri, melainkan bermain bersama secara tim.

Untuk mencetak poin dan meraih kemenangan, tentu saja kita perlu bekerja sama dan passing menjadi salah satu bentuk kerja sama tim. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu teknik mengumpan yang banyak digunakan, yakni bounce pass.

BACA JUGA: Sedulur Super, Begini Tips Olahraga saat Puasa + Contohnya

-->

Pengertian bounce pass

bounce pass artinya
Pexels

Bounce pass adalah operan yang dilakukan untuk meloloskan bola agar bisa melewati lawan. Sederhananya, teknik operan ini dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai lapangan terlebih dahulu sebelum diterima oleh target.

Bounce pass basket adalah salah satu teknik yang terdapat di dalam olahraga bola basket, dengan tujuan untuk melewati hadangan dari lawan. Dalam teknik ini, bola sengaja dipantulkan ke lantai lebih dulu supaya lawan kesulitan untuk merebut atau memotong bola yang dioperkan.

Kendati demikian, untuk melakukan bounce pass yang sempurna itu tidaklah mudah. Diperlukan perhitungan yang matang agar lawan tidak mampu mengambilnya pada saat bola dipantulkan.

Tujuan bounce pass

bounce pass artinya
Pexels

Terciptanya sebuah teknik dalam olahraga tentu saja memiliki tujuan tertentu. Tidak ada teknik-teknik khusus yang diciptakan dengan tujuan hanya untuk bergaya saja. Hal ini juga berlaku untuk teknik mengumpan bola basket bounce pass.

Nah, jadi dalam pertandingan bola basket, teknik bounce pass bertujuan untuk mengecoh lawan dengan cara mengoper bola. Dengan melakukan teknik yang satu ini, maka diharapkan pemain lawan tidak dapat merebut bola, setelah mereka terkecoh.

BACA JUGA: 5 Fakta Menarik tentang Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang Harus Kamu Tahuu

Keuntungan bounce pass

Pexels

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan setelah melakukan teknik operan dalam permainan bola basket ini. Berikut daftarnya.

  • Bisa digunakan untuk melewati pemain lawan dengan postur tubuh yang tinggi.
  • Passing yang paling tepat untuk menghindari lawan dengan postur badan yang lebih tinggi.
  • Bola yang dioper akan lebih mudah ditangkap oleh rekan satu tim.
  • Sangat efektif digunakan untuk mengecoh lawan yang menghadang.

Cara melakukan bounce pass

Pexels

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan teknik bounce pass.

  1. Untuk melakukan operan ini, bola bukan dipantulkan di tengah (antara pengoper dan penerima). Tetapi, titik memantulkan bola yakni 1/3 dari pihak penerima.
  2. Cara untuk memberikan bola adalah dengan memantulkan bola ke lantai menggunakan kedua tangan.
  3. Saat memantulkan bola, ada satu kaki yang bergerak maju ke depan.
  4. Dorong bola ke bawah atau lantai, pastikan bola tidak mengambang.
  5. Dorong bola ke lantai dengan menggunakan jari-jari tangan.
  6. Dalam teknik operan ini, bola harus melaju dengan cepat.
  7. Target umpan adalah dada penerima bola agar dia bisa lebih mudah melakukan tembakan (shooting).

BACA JUGA: 18 Olahraga Kardio yang Banyak Manfaat dan Mudah Dilakukan

Teknik umpan dasar bola basket

Pexels

Untuk bisa lancar melakukan bounce pass, Sedulur harus paham teknik-teknik operan dasar dalam bola basket berikut ini.

  • Side pass adalah teknik mengoper jarak jauh. Umumnya, lemparan ini dilakukan hanya dengan satu tangan.
  • Chest pass merupakan teknik mengoper bola dekat dada pemain.
  • Overhead pass adalah lemparan dengan dua tangan yang digunakan agar bola melambung jika lebih tinggi dari lawan.

Mungkin hanya itu sedikit informasi mengenai bounce pass yang bisa dijelaskan pada kesempatan kali ini. Sedulur bisa melihat cara di atas agar bisa melakukan teknik operan ini secara benar. Dengan bounce pass, artinya Sedulur bisa melewati lawan dengan lebih mudah. Bisa dikatakan, jika dalam setiap olahraga itu tidak ada teknik yang mudah. Jadi, Sedulur harus berusaha keras untuk menguasainya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.