Hari Olahraga Nasional yang diperingati pada tanggal 9 September ternyata memiliki banyak fakta menarik di dalamnya. Yuk simak ulasannya di Artikel ini.

Hari Olahraga Nasional atau yang disingkat Haornas merupakan sebuah perayaan untuk memperingati olahraga di Indonesia. Olahraga memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, salah satunya untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan bugar.

Selain itu, olahraga juga merupakan salah satu bidang yang bisa memberikan prestasi dan kebanggan bagi Indonesia. Beberapa cabang olahraga telah terbukti dan berhasil membanggakan Indonesia di dunia Internasional.

Seperti contohnya Badminton, salah satu cabang olahraga yang membuat Indonesia disegani oleh negara-negara di dunia. Indonesia merupakan salah satu negara terkuat dalam Badminton. Banyak atlit Badminton Indonesia yang memiliki peringkat tertinggi di dunia.

-->

Sebagai bentuk penghargaan terhadap olahraga dan setiap cabang olahraga, Hari Olahraga Nasional ditetapkan untuk diperingati setiap tahunnya. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang Hari Olahraga Nasional yang wajib kita ketahui. Apa saja? Yuk, mari kita simak.

Baca Juga: Merdeka dalam Berbisnis

Daftar Fakta Menarik Seputar Hari Olahraga Nasional

1. Sejarah Penetapan Hari Olahraga Nasional

Sejarah Penetapan Hari Olahraga Nasional

Fakta Haornas yang pertama adalah sejarah penetapannya. Hari Olahraga Nasional diperingati setiap tanggal 9 September di tiap tahunnya. Pemilihan tanggal penetapan Haornas tersebut berdasarkan tanggal penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama yang berlangsung pada 9-12 September 1948.

Fakta menarik lainnya tentang Haornas adalah bahwa Haornas telah ditetapkan melalui Keppres No. 67 tahun 1985 yang mengatur tentang perayaan dan memperingati Hari Olahraga Nasional. Hal ini bertujuan agar kehidupan olahraga di Indonesia semakin baik dan semakin maju dalam memberikan prestasi bagi negara.

2. Tujuan Haornas

Tujuan Haornas

Peringatan Hari Olahraga Nasional bukan hanya untuk mengenang dan mengingat hari kelahiran suatu organisasi kegiatan dalam bidang olahraga di Indonesia. Melainkan lebih dalam dari sekedar peringatan, Hari Olahraga Nasional dianggap sebagai sebuah momentum atau batu lonjatan.

Batu loncata yang dimaksud adalah untuk merefleksikan kembali sebuah kejadian yang sangat bersejarah dan bernilai penting dalam bidang olahraga di Indonesia. Agar hal tersebut dapat memberikan semangat bagi generasi penerus Indonesia di masa depan.

Olahraga dianggap mewakili semangat kepemimpinan bangsa. Oleh karena itu, olahraga merupakan pondasi penting dalam meneruskan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia dengan banyaknya anak-anak terbaik bangsa yang bisa melanjutkan keberlangsungan negara Indonesia.

3. Harapan Utama Lahirnya Hari Olahraga Nasional

Harapan Utama Lahirnya Hari Olahraga Nasional

Terdapat empat poin utama tujuan dan harapan adanya hari olahraga nasional di Indonesia. Berikut keempat poin harapan dan tujuan utama adanya Haornas berdasarkan dari keputusan dan kebijakan yang disusun oleh pemerintah.

  • Komitmen seluruh insan olahraga termasuk pendidikan keolahragaan bagi pelajar karena melihat betapa penting dan strategisnya olahraga bagi kesehatan siswa untuk mencapai cita-cita SDM unggul Indonesia maju,
  • Mengingatkan kembali seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga,
  • Mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk melaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di kegiatan sehari-hari,
  • Menumbuhkan semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur, baik pelajar, masyarakat, pekerja/karyawan dan semuanya.

Dengan keempat poin di atas, diharapkan Haornas tidak sekedar sebagai sebuah peringatan saja, namun lebih dari itu dapat memberikan semangat dan mentalitas yang dapat memajukan bangsa Indonesia.

4. Perjalanan Hari Olahraga Nasional

Perjalanan Hari Olahraga Nasional

Perjalanan hari olahraga nasional tidaklah mudah, perlu proses dan waktu untuk melakukannya. Berikut akan dijelaskan perjalanan dari Hari Olahraga Nasional dari awal dicetuskan hingga ditetapkan oleh keputusan Presiden Indonesia.

Perjalanan yang dirangkum ini bertujuan agar lebih memudahkan kita sebagai masyarakat untuk memaknai Haornas. Rangkuman perjalanan Haornas akan disampaikan pada poin di bawah ini, beserta dengan tanggal dan tempat berikut peristiwa pentingnya.

  • 9-12 September 1948: PON I Indonesia yang dijadikan sebagai ladasan penetapan Hari Olahraga nasional.
  • 24 Agustus 1962: Semangat olahraga di Indonesia semakin menggelora semenjak diadakannya PON I, hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya posisi 3 oleh Indonesia di ajang Asian Games 1962.
  • 10-22 November 1963: Indonesia sukses menyelenggarakan Games of New Emerging Force (GANEFO) dan meraih posisi 3 dari 51 peserta yang terlibat.
  • 9 September 1983: Untuk lebih meningkatkan semangat olahraga nasional, dicanangkan Gerakan Nasional tentang Panji Olahraga.
  • Keppres Presiden No. 67 tahun 1985: Haornas resmi ditetapkan dengan langsung diturunkannya keputusan Presiden Indonesia pada tahun 1985.

Baca Juga: Tips Menjaga Keseimbangan Kerja di Tengah Pandemi Covid-19

5. Memaknai Semangat Olahraga di Era Digital

Memaknai Semangat Olahraga di Era Digital

Perkembangan teknologi digital semakin membuat segala aspek kehidupan di Indonesia sangat beragam dan masyarakat pun semakin mudah menjalankan aspek kehidupan. Hal tersebut pun termasuk dalam dunia olahraga.

Banyak perkembangan dunia olahraga yang semakin beragam dengan berkembangnya teknologi digital. Saat ini olahraga tidak dimaknai secara fisik, namun juga secara digital. Banyak cabang olahraga yang dilakukan melalui smarphone yang kita kenal dengan istilah e-sport­.

Walaupun perihal ini masih banyak perdebatan dan memancing berbagai pendapat yang berbeda, namun dalam menyambut hari olahraga nasional lebih baik kita memandang perdebatan dengan cara yang berbeda.

Banyak cabang olahraga e-sport yang berhasil mengharumkan nama Indonesia. Contohnya pada Asian Games 2018 di Indonesia. Caba e-sport Clash Royale Indonesia berhasil menang sebagai juara 1 mengalahkan semua negara di Asia.

Hal ini patut disambut baik dan juga sekaligus membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara yang sanggup beradaptasi dengan kemajuan teknolgi digital yang tengah berlangsung ini.

Bukan hanya olahraga, setiap aspek kehidupan saat ini tengah beralih ke ranah digital. Salah satunya juga dalam dunia bisnis sembako. Salah satu aplikasi buatan anak negeri merespon semangat digital tersebut dengan mendirikan sebuah aplikasi bernama Aplikasi Super.

Aplikasi Super bukan hanya sekedar dapat membantu masyarakat untuk memudahkan dalam memenuhi kebutuhan sembako. Namun juga turut berperan dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, dan juga jangan lupa pelajari cara daftar Aplikasi Super sambil download Aplikasi Super untuk dapat berkemungkinan menerima berbagai kemudahan dan keuntungannya.