Tahukah Sedulur tentang beda psikolog dan psikiater? Kedua profesi yang berkaitan dengan masalah gangguan mental tersebut memang sering tertukar penyebutannya. Walaupun sama-sama berfokus pada penanganan masalah kesehatan mental, namun ternyata psikolog dan psikiater memiliki bidang dan fokusnya masing-masing. 

Lalu kalau begitu, apa saja ya kira-kira beda psikolog dan psikiatri? Yuk, terus simak artikel ini sampai akhir!

BACA JUGA: 8 Cara Menangani Konflik untuk Menghindari Perselisihan

Pengertian psikolog

beda psikolog dan psikiater
Lightfield Studios

Mengutip dari situs Alodokter, psikolog adalah sebuah sebutan bagi individu yang mempelajari ilmu psikologi. Sebagai psikolog, biasanya ia menerapkan metode psikoterapi bagi pasien-pasien dengan masalah gangguan mental dan juga kesehatan.

-->

Psikologi sendiri merupakan sebuah cabang ilmu non-kedokteran yang secara spesifik mendalami berbagai macam aspek berkaitan dengan mental, pikiran, serta perilaku seseorang. Untuk menyembuhkan pasien, biasanya seorang psikolog akan bekerja sama dengan psikiater atau dokter yang telah terlebih dahulu menangani pasien tersebut. 

Kerja sama antara seorang psikolog dan seorang psikiater, atau seorang psikolog dengan seorang dokter lazimnya terjadi apabila pasien yang ditangani membutuhkan pertolongan dalam bentuk konseling sekaligus pengobatan dalam bentuk psikoterapi. Konseling dan pengobatan psikoterapi itulah yang nantinya akan menjadi solusi bagi masalah gangguan mental dan perilaku seorang pasien.

BACA JUGA: 7 Ciri Mental Breakdown, Gangguan Kecemasan & Tips Mengatasinya

Jenis-jenis psikolog

beda psikolog dan psikiater
Everypixel

Setelah lulus dari program pendidikan sarjana psikologi, seorang psikolog biasanya akan mendalami beberapa bidang sesuai pilihannya. Berikut merupakan ulasan singkat beberapa jenis-jenis psikolog secara umum.

  • Psikolog industri dan organisasi

Psikolog industri dan organisasi biasanya berfokus pada problematika perilaku seorang individu pada tempat kerja. Ia juga berperan penting pada proses perekrutan karyawan-karyawan baru pada suatu industri atau organisasi. Kemudian, seorang psikolog industri atau organisasi juga biasanya bertugas untuk membuat berbagai macam program pelatihan bagi karyawan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, produktivitas, dan efisiensi suatu industri atau organisasi.

  • Psikolog pendidikan

Seorang psikolog pendidikan biasanya menganalisa karakteristik dari seorang siswa dalam proses pembelajaran. Ia juga sering untuk diminta membuat instruksi dan juga strategi dalam belajar. Selain itu, seorang psikolog pendidikan juga berperan untuk mengenali bakat dan kemampuan seseorang dalam proses belajar.

  • Psikolog klinis

Psikolog klinis ini merupakan individu yang kita datangi apabila kita mengalami masalah gangguan mental. Psikolog klinis bertugas untuk memeriksa, mendiagnosis, serta merawat pasien dengan metode konseling dan pengobatan psikoterapi. Kita dapat menjumpai seorang psikolog klinis pada sebuah rumah sakit, klinik kesehatan, atau tempat prakteknya sendiri. Terdapat beberapa spesialisasi yang dimiliki oleh psikolog klinis, diantaranya spesialis menangani kesehatan mental dewasa, anak-anak, dan spesialis menangani penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

  • Psikolog sosial

Seorang psikolog sosial umumnya mendalami perilaku dan pola pikir suatu kelompok masyarakat. Ia dapat meneliti sikap, penilaian, cara komunikasi, hubungan interpersonal, dan perilaku agresif dari seorang individu dalam kelompok masyarakat tertentu.

BACA JUGA: Kenali Apa Itu Body Shaming: Definisi & Dampak bagi Kesehatan

Beda psikolog dan psikiater

beda psikolog dan psikiater
Everypixel

Terdapat beda psikolog dan psikiater yang masyarakat awam terkadang belum pahami. Selain itu, setiap ada masalah depresi ke psikolog atau psikiater, masih cukup membingungkan bagi sebagian orang.

Perbedaan pertama yang paling mendasar adalah cabang ilmu yang mereka pelajari. Psikolog adalah seseorang yang mempelajari ilmu psikologi, sedangkan psikiater adalah seseorang yang mempelajari ilmu psikiatri.

Pun umumnya, beda psikolog dan psikiater yang lain yaitu psikolog bukanlah dokter, sedangkan psikiatri adalah seorang dokter. Ilmu psikiatri yang dipelajari oleh seorang psikiater merupakan cabang ilmu dari kedokteran, yang mana ilmu tersebut berfokus pada masalah kesehatan jiwa. Lalu seperti yang telah disinggung sebelumnya, ilmu psikologi bukanlah ilmu kedokteran. Walaupun mereka berdua memiliki perbedaan yang mendasar, tetapi peran kedua profesi tersebut saling melengkapi satu sama lain.

BACA JUGA: 12 Manfaat Menulis, Baik Untuk Kesehatan Mental?

Perbedaan psikolog dan psikiater dalam masalah kesehatan mental yang ditangani

Medical Dialogues

Secara garis besar, masalah-masalah kesehatan mental dapat ditangani oleh psikolog dan psikiater. Namun, terdapat beda psikolog dan psikiater dalam satu masalah yang mereka tangani. Khusus untuk psikolog, ia juga dapat menangani konflik antara pasien dan individu lain seperti pasangannya, temannya, ataupun dengan keluarganya.

Berikut merupakan contoh-contoh masalah kesehatan mental yang dapat ditangani oleh psikolog dan psikiater.

  • Gangguan mood, seperti depresi atau gangguan bipolar.
  • Gangguan kepribadian, seperti gangguan kepribadian ambang.
  • Gangguan kecemasan, seperti gangguan obsesif kompulsif (OCD), fobia, panic attack, atau gangguan stres pasca trauma (PTSD).
  • Gangguan tidur dan makan, seperti insomnia, anoreksia, atau bulimia.
  • Skizofrenia, atau gangguan lain yang memiliki gejala halusinasi atau psikologis pada pasien.
  • Kecanduan obat-obatan terlarang, minuman beralkohol, atau judi.

BACA JUGA: Kenali Isu Kesehatan Mental, Jenis dan Cara Menjaganya

Kemana kita harus pergi ketika konsultasi gangguan mental?

Depositphotos

Apabila Sedulur mengalami gangguan mental dan ingin berkonsultasi, sebaiknya Sedulur tidak langsung menemui psikolog atau psikiater. Namun, akan lebih bijak jika pertolongan pertama yang diperoleh adalah dari seorang dokter umum. 

Dokter umum dapat melakukan diagnosis awal terhadap kondisi pasien dan gangguan mental yang dialami. Serta dengan beda psikolog dan psikiater yang ada, ia dapat memberikan rekomendasi pasien tersebut harus pergi terlebih dahulu, apakah untuk konseling atau langsung pengobatan dengan metode psikoterapi.

Waktu paling tepat untuk mengunjungi psikolog atau psikiater

Depositphotos

Setelah mendapatkan rekomendasi dari dokter umum, barulah seorang pasien dapat mengunjungi psikolog atau psikiater yang disarankan. Tetapi, kembali lagi, apabila urgensi untuk langsung datang ke psikolog atau psikiater sangat tinggi karena pasien telah merasa kewalahan dengan gangguan kesehatan mental yang dialami, maka pasien dapat langsung saja mendatangi dan berkonsultasi.

Seorang pasien dapat mengunjungi psikolog untuk berkonsultasi dan mendapat konseling. Lalu, apabila perlu, psikolog akan menyarankan dan merujuk pasien untuk melanjutkan proses penyembuhan ke psikiater guna mendapatkan pengobatan psikoterapi yang diperlukan.

Tetapi, ada beberapa jenis gangguan mental yang sebaiknya langsung dibawa ke psikiater. Gangguan-gangguan tersebut tergolong parah dan memiliki dampak yang besar terhadap keseharian pasien, seperti skizofrenia atau depresi. Sehingga, pasien akan lebih cepat mendapatkan pengobatan yang diperlukan, serta tidak membahayakan diri sendiri serta orang lain.

Nah, itu tadi Sedulur, merupakan pembahasan singkat mengenai beda psikolog dan psikiater. Di atas telah disebutkan mengenai pengertian dari kedua profesi tersebut, jenis-jenis psikolog, masalah mental yang dapat dibawa ke psikolog dan psikiater, serta waktu yang tepat untuk berkonsultasi. 

Semoga artikel tentang beda psikolog dan psikiater ini dapat membantu Sedulur dan orang-orang tercinta Sedulur, ya. Ingat, jangan pernah malu ataupun ragu untuk berkonsultasi apabila Sedulur mengalami gejala-gejala gangguan mental agar mendapatkan penanganan yang lebih cepat dan tepat.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!