Rakit PC tidak bisa sembarang dilakukan. Banyak hal yang perlu diperhatikan demi kesuksesan merakit PC.

Komputer menjadi salah satu barang penting yang dibutuhkan untuk berbagai aktivitas. Belakangan ini, penggunaan komputer sering digunakan sebagai fasilitas bermain game online. Kebutuhan PC (personal computer) untuk game seringkali membutuhkan kekuatan dan kapasitas pc yang lebih besar. Hal itu kemudian membuat banyak orang tertarik untuk belajar merakit pc.

Rakit PC sering kali dijadikan sebuah pilihan mengingat tak jarang biaya yang dibutuhkan untuk sebuah PC gaming cukup mahal, opsi yang sedikit, dan sulit diperbarui. Jika dibandingkan PC gaming 10 jutaan, harga rakit PC gaming cukup beragam tergantung kebutuhan. Mulai dari merakit PC gaming 3 juta hingga rakit PC 4 jutaan.

Merakit PC gaming bukanlah sesuatu yang sulit apabila Sedulur sudah tidak asing dengan pekerjaan merakit komputer atau setidaknya memahami perangkat-perangkat komputer. Namun, apabila Sedulur hanya senang bermain game namun masih awam dalam ilmu perkomputeran, sebaiknya Sedulur lakukan persiapan termasuk riset sebelum mulai rakit PC.

-->

Dalam rakit PC, tak jarang terjadi kesalahan akibat kurangnya riset. Kesalahan yang terjadi bisa jadi mulai dari kurangnya mengenali kebutuhan PC hingga proses rakit PC menjadi tidak efektif sehingga kurangnya memperhatikan keselamatan kerja. Untuk mempersiapkan kebutuhan rakit PC dengan optimal, yuk simak tahapan yang perlu dilakukan untuk merakit komputer game berikut.

Baca Juga: 9 Rekomendasi PC Gaming Murah & Performa Terbaik 2021

Panduan Merakit PC Gaming yang Perlu Sedulur Ketahui

1. Menentukan Tujuan dan Anggaran

1. Menentukan Tujuan dan Anggaran
idntimes.com

Sebelum berbelanja untuk rakit PC, Sedulur harus memastikan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan oleh PC yang Sedulur punya. Kenali juga jenis PC sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan dan pembelian barang. Hal itu ditujukan agar proses budgeting berjalan lebih jelas dan perlengkapan pun menjadi lebih tepat sasaran.

Selain itu, budgeting dalam rakit PC harus selalu diperhatikan. Misalnya saja untuk rakit PC, Sedulur mengeluarkan biaya sedemikian besar demi kapasitas PC yang lebih besar. Padahal, PC yang Sedulur punya tidak membutuhkan kapasitas sebesar itu. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan akan sia-sia.

2. Kenali Casing PC Game

2. Kenali Casing PC Game
urbandigital.id

Masih dalam tahap persiapan, sebaiknya Sedulur juga mengenali casing PC yang Sedulur butuhkan. Adakan riset agar setidaknya Sedulur mempertimbangkan jenis casing yang nantinya akan digunakan. Casing biasanya tersedia dalam beberapa ukuran, yaitu besar, sedang, dan mini. Ukuran casing disesuaikan dengan motherboard pada masing-masing PC.

3. Mengetahui Komponen Penting PC Game

3. Mengetahui Komponen Penting PC Game
dosenpendidikan.co.id

Saat merakit PC, khususnya untuk gaming, terdapat beberapa perangkat atau komponen penting yang harus Sedulur kenali. Diantaranya adalah power supply, GPU, CPU, hard drive, memory, dan motherboard. Keenam komponen itu merupakan komponen terpenting bagi PC. Maka, pastikan untuk membeli versi terbaik dari komponen-komponen tersebut.

Diantara semua komponen itu, motherboard bagus merupakan salah satu yang sulit ditemukan. Namun, terdapat sedikit tips memilih motherboard gaming yang bisa Sedulur lakukan. Cobalah untuk memilih motherboard yang ada unsur gaming-nya. Biasanya, motherboard gaming memiliki dukungan overlock yang lebih stabil dari yang biasa.

Baca Juga: 13 Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Berhasil!

4. Persiapan Keselamatan Kerja

4. Persiapan Keselamatan Kerja
symbianplanet.net

Jangan hanya karena Sedulur terlalu asyik mempersiapkan keperluan rakit PC, Sedulur menjadi abai terhadap keselamatan kerja. Beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan diantaranya memastikan tangan dalam keadaan kering, gunakan peralatan dengan baik, tidak menggunakan aksesoris dari bahan logam, dan hindari memegang langsung chip IC pada komponen.

5. Cara Merakit PC Gaming

5. Cara Merakit PC Gaming
reviewkomputer.com

Untuk memulai kegiatan rakit komputer, pasang CPU terlebih dahulu. Kemudian disusul dengan pemasangan SSD M.2 yang merupakan langkah opsional. Selanjutnya, pasang pendingin CPU. Langkah selanjutnya adalah memasang memori atau RAM. Setelah selesai, pasang kembali catu daya, motherboard, GPU, dan penyimpanan. Sebaiknya gunakan buku petunjuk ya.

6. Tahap Pengujian

6. Tahap Pengujian
servis-komputer.com

Sebagai bagian tips merakit PC, sebaiknya jangan pernah melakukan tahap pengujian di luar casing. Untuk melakukan uji coba untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik, awali dengan pemasangan GPU terlebih dahulu lalu hubungkan ke catu daya. Pastikan catu daya terhubung ke motherboard dan GPU. Kemudian pasang CPU lalu hidupkan.

7. Masalah Umum Usai Rakit PC

7. Masalah Umum Usai Rakit PC
kumparan.com

Meski proses rakit pc telah selesai, kadang terdapat beberapa masalah yang ditemui usai perakitan. Masalah umum yang bisa jadi terjadi adalah komputer tidak menyala. Biasanya hal itu disebabkan oleh switch atau kabel daya yang belum terhubung. Permasalahan lain adalah card adopter yang tidak terdeteksi karena pemasangan card belum pas ke slot.

Begitulah beberapa hal penting terkait rakit PC yang harus Sedulur pahami termasuk tips rakit PC gaming untuk memudahan Sedulur dalam persiapan rakit PC. Biaya rakit pc gaming diatas juga bisa diusahakan sebagai cara merakit pc gaming murah tergantung dengan kebutuhan dan budget Sedulur.

Serta, jangan lupa untuk selalu membaca petunjuk rakit PC untuk hasil yang baik. Jangan lupa juga untuk download Aplikasi Super, untuk memudahkan urusan Sedulur setiap harinya. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super.