Usaha fotokopi

Belakangan ini terdapat banyak jenis usaha berguguran akibat tak tahan dengan gempuran zaman. Lambat laun, usaha-usaha ini menjadi tidak relevan dengan perkembangan zaman. Namun, ada pula usaha yang berhasil bertahan di tengah perkembangan ini, salah satunya adalah usaha fotokopi dan alat tulis.

Meski era digital ini mengurangi kebutuhan masyarakat akan fotokopi, namun masih ada banyak urusan sehari-hari yang membutuhkan mesin ini. Terlebih ketika harus mengurus keperluan dokumen, maka fotokopi masih sangat berjasa. Begitu pula dengan keperluan sekolah, selama masih dibutuhkan tugas cetak, maka fotokopi tetap menjadi usaha yang menjanjikan. Tertarik memulai usaha ini? Simak dulu tips memulai usaha fotokopi berikut ini!

1. Pemilihan tempat yang strategis

Usaha fotokopi
pxhere

Salah satu aspek penting yang menentukan kesuksesan usaha satu ini adalah pemilihan lokasi yang strategis. Usaha fotokopi sangat berkaitan dengan keberadaan fasilitas umum di sekitarnya. Misalnya, fotocopy akan laris manis jika berada di dekat sekolahan atau instansi pemerintahan. Pasalnya, kedua instansi ini akan membutuhkan banyak fotokopi dokumen.

Pemilihan tempat juga penting untuk mengukur saingan di lokasi sekitar. Mengingat jasa fotocopy ini sangat umum dan tidak memiliki keunikan tersendiri, maka konsumen akan datang bukan karena branding usaha melainkan karena kebutuhan dan kemudahan personal. Sehingga lokasi akan sangat menentukan kesuksesan usaha satu ini.

-->

2. Persiapan modal yang cukup

modal usaha fotokopi
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Meski jenis usahanya sangat sederhana, namun modal usaha fotokopi cukup besar lho! Mesin fotocopy bukanlah mesin murah. Harganya bisa mencapai 20 hingga 40 jutaan. Ini hanya untuk satu mesin, jika Sedulur ingin memiliki beberapa mesin, maka Sedulur harus merogoh kocek lebih dalam lagi. Belum lagi biaya modal untuk perawatan mesin, kontrak atau sewa tempat usaha, hingga membayar biaya karyawan.

Karena itu, Sedulur perlu menyusun persiapan modal dengan teliti. Hitung semua aspek yang membutuhkan biaya, jangan sampai ada yang terlewat. Lalu pikirkan dari mana sumber modal yang akan Sedulur gunakan?

Baca Juga: 12 Cara dan Tips Usaha Toko Sembako Agar Untung Gede dengan Modal Kecil

3. Bisnis dan marketing plan

Photo by fauxels from Pexels

Setiap usaha, apapun jenisnya, akan membutuhkan perencanaan yang baik jika ingin sukses. Termasuk usaha satu ini, Sedulur akan membutuhkan proposal usaha fotokopi lengkap dengan bisnis plan serta marketing plan.

Hal ini akan memudahkan Sedulur dalam berbagai aspek usaha. Pertama, proposal ini dapat menjadi senjata Sedulur dalam mencari pemodal. Kedua, proposal dengan bisnis dan marketing plan yang jelas akan membantu Sedulur dalam menentukan arah usaha. Perencanaan yang matang ini akan mempermudah Sedulur dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan usaha.

4. Pelayanan yang maksimal

Photocopier
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Usaha satu ini akan susah untuk menciptakan unique selling point (USP) karena jasa yang ditawarkan sama saja dengan pesaing. Salah satu hal yang bisa memberi nilai tambah bagi usaha Sedulur adalah dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan Sedulur.

Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan Sedulur nyaman untuk menggunakan jasa Sedulur dan pada akhirnya akan menjadi pelanggan tetap yang setia. Tak hanya itu, pelayanan yang baik ini juga dapat menjadi senjata untuk pemasaran. Saat pelanggan Sedulur mendapatkan pelayanan yang baik, maka mereka akan cenderung merekomendasikan usaha Sedulur bagi teman serta keluarga mereka. Inilah yang disebut dengan pemasaran Words of Mouth (WOM) yang terkenal efektif.

5. Pembukuan

pembukuan
Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Salah satu aspek paling sulit dari menjalankan usaha adalah pencatatan dan pembukuan. Aktivitas satu ini kerap bikin pusing dan bingung. Akan tetapi, pembukuan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dari pembukuan ini, Sedulur bisa mengecek kondisi kesehatan usaha, serta mengambil keputusan dengan lebih matang.

Tak perlu khawatir, kini sudah ada banyak aplikasi yang dapat membantu proses pembukuan Sedulur. Melalui aplikasi-aplikasi ini, Sedulur akan lebih mudah melakukan pembukuan.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah tekad Sedulur untuk membuka usaha fotokopi makin bulat? Usaha satu ini memang menjanjikan dan dibutuhkan oleh banyak orang, akan tetapi ada banyak aspek penting yang harus diperhatikan sebelum memulainya. 

Tertarik untuk menambah penghasilan dengan jam kerja yang fleksibel? Gabung menjadi Super Agen yuk, Sedulur! Cari tahu caranya di sini!