Blogging menjadi aktivitas yang sudah lama digemari. Bahkan, gak sedikit orang-orang yang suka menulis, menuangkan karya tulisnya di dalam sebuah blog. Selain itu, cara ini juga bisa untuk menyalurkan hobi dan kreativitas Sedulur. Sebab ketika sedang blogging, kamu memiliki kebebasan dalam menulis sekaligus mengedukasi. Itulah kenapa banyak blogger Indonesia yang bisa menginspirasi pembacanya.

Selain untuk menyalurkan hobi menulis, blogging juga bisa mendatangkan pendapatan. Bisanya para blogger yang sudah memiliki pembaca banyak dan mulai dikenal karya-karyanya, sering menjalin kerja sama dengan sebuah brand atau endorsement. Tentunya ini sangat menguntungkan dan bisa menjadi ladang untuk mencari cuan.

Tapi tentu saja, untuk bisa sampai di tahap itu mereka butuh bekerja keras dan sekreatif mungkin dalam menjalani kariernya sebagai blogger. Sebab tanpa usaha dan kreativitas, pasti akan susah bersaing dengan blogger lainnya. Terlebih lagi saat ini banyak banget blogger Indonesia yang berhasil sukses lewat blogging.

Nah, dalam artikel kali ini Super akan memberikan daftar blogger Indonesia yang sukses dalam dunia blogging. Mereka juga menjadi bukti bahwa dari sebuah blog, bisa menuntun mereka ke dalam karier yang menjanjikan. Penasaran siapa saja mereka? Berikut ini deretan blogger Indonesia yang menginspirasi.

-->

BACA JUGA: Apa Itu Blogger? Ini Penjelasan dan Tips Sukses Memulainya

1. Indah Julianti Sibarani

instagram.com/indahjuli

Mungkin bagi kamu yang mengikuti dunia blogging, sudah tak asing dengan nama Indah Julianti Sibarani. Ia merupakan salah satu pentolan komunitas blogger perempuan di Indonesia. Dalam hal perbloggingan, dia memiliki kisah yang menarik dan sangat menginspirasi untuk Sedulur semua.

Pertama kali Indah menulis di Geocities pada tahun 2003. Saat itu dia masih bekerja sebagai Creative Content di salah satu televisi swasta Indonesia. Tapi pada akhirnya Indah memilih resign karena ingin istirahat dari bekerja kantoran. Setelahnya dia mulai fokus menulis di blog dan buku.

Bahkan pada tahun 2020, Indah sudah memiliki beberapa pekerjaan bersama sebuah perusahaan yang bekerja sama dengan blognya. Dalam blognya indahjulianti.com, dia banyak membahas mengenai parenting dan tips untuk para ibu atau perempuan.

2. Pauline Destinugrainy

destybacabuku.com

Perempuan satu ini merupakan book blogger, yang di dalam blognya destybacabuku.com, banyak membahas tentang buku yang dia baca. Pauline Destinugrainy atau Desty, merupakan salah satu blogger senior di Indonesia. Sejak tahun 2011, Desty sudah aktif meresensi buku ke dalam blognya. Bahkan pada 12 Juni 2019, dia sudah merampungkan 580 buku.

Dalam blognya, Desty mengulas buku yang dia baca secara ringkas. Dia hanya menjelaskan topik utama dan alurnya, jadi bagi kalian tak perlu khawatir soal spoiler. Sebab, Desty hanya memberi catatan-catatan kecil dan komentar dari buku yang dia baca. Tak lupa juga, nama penulis, penerbit, dan tahunnya juga disertakan dalam catatannya.

Selain itu, setidaknya Desty pernah memenangkan 29 kompetisi review buku yang diadakan oleh sebuah instansi atau komunitas. Tak sampai di situ, lantaran koleksi bukunya banyak, dia terkadang juga menjual beberapa buku yang telah dibaca dengan separuh harga dan kondisinya masih bagus.

BACA JUGA: Cerita Non Fiksi: Kenali Jenis, Ciri dan Cara Membuatnya

3. Gita Savitri Devi

instagram.com/gitasav

Namanya sempat anter diberitakan di media tanah air. Gita Savitri Devi merupakan mahasiswi asal Indonesia yang kuliah di Jerman. Dia berhasil menginspirasi banyak kaum muda. Meski terkenal sebagai YouTuber, Gita ternyata juga memiliki blog dan tulisan-tulisannya sangat menarik, yaitu gitasav.com atau A CUP OF TEA.

Dalam blognya, Gita menuliskan banyak hal seputar isu perempuan. Kemudian dia juga membahas tentang kesehatan mental, pemerintahan, travel, dan juga topik-topik lain yang gak kalah menarik. Meskipun terkadang tema yang ditulis terkesan serius, tapi bahasa yang dipakai Gita sangat mudah untuk dipahami.

Kemudian kalau kamu membuka channel YouTube-nya, kamu akan melihat banyak pilihan konten yang sangat bermanfaat dan membantu kamu. Misalnya, Gita juga membahas soal belajar finansial, agama, kecantikan, dan masih banyak lagi tema yang dia angkat. Makanya, selain berkunjung ke blognya kamu juga wajib banget mampir ke channel YouTube Gita.

4. Tere

heytheresia.com

Bagi kamu yang suka dengan dunia kuliner, mungkin sudah pernah mendengar nama wanita satu ini, yaitu Tere. Dia merupakan food blogger Indonesia yang memiliki passion dalam hal makanan. Dalam blognya bernama Hey Theresia, dia banyak berbagi berbagai macam menu makanan mulai dari restoran sampai produk-produk makanan. Namun, selain itu Tere juga suka berkreasi dengan makanan yang dia buat.

Jika kamu membuka blognya heytheresia.com, konten yang dia bagikan sungguh menyegarkan mata. Sebab, dia bisa membuat artikel bilingual dengan foto-foto atau video yang menggugah selera. Namun selain dari blog, kamu juga bisa melihat konten Tere dalam YouTube-nya bernama HeyTheresia.

Tere sendiri mulai aktif di blog sejak 2014. Dia terus konsisten dalam membuat konten yang berkualitas. Bahkan, dia sempat menjadi salah satu perwakilan Indonesia pada acara Influence Asia Awards tahun 2015 di Singapura. Gak sampai di situ, dia juga pernah mengisi berbagai event, salah satunya di Indonesia Morning Show (NET TV).

BACA JUGA: Apa Itu WordPress? Ini Pengertian Kelebihan & Kekurangannya

5. Iwan Banaran

iwanbanaran.com

Kamu yang suka dengan dunia motor atau otomotif, mampir ke blog milik Iwan Banaran adalah pilihan yang bagus. Sebab, dia merupakan blogger motor Indonesia yang banyak mengulik soal modifikasi hingga berita-berita seputar balap motor. Jadi kalau kamu membuka blognya iwanbanaran.com, dijamin gak bakal ketinggalan update.

Dalam blognya, Iwan memang memilih niche yang sangat spesifik, yaitu motor. Di dalamnya terdapat beberapa kategori seperti reviews, gosip motor, racing, modifikasi, dan galeri. Tapi sebenarnya gak cuma itu saja, sebab setiap kategori masih ada sub menunya mulai tips, merek-merek motor sampai berita berbagai ajang balap.

Menariknya lagi, ketika kamu membuka blog Iwan gak cuma mendapat informasi soal tips atau berita balap saja. Tapi motor-motor keluaran terbaru juga dibahas di sini. Jadi kalau kamu ingin membeli motor, membaca review-nya akan sangat membantu agar kamu gak salah pilih. Sehingga rasanya wajib banget kalau kamu adalah anak motor, kudu mampir ke blog iwanbanaran.com.

6. Bobby Ertanto

virustraveling.com

Salah satu travel blogger Indonesia yang banyak dikenal adalah Bobby Ertanto. Dalam blognya virustraveling.com, dia banyak menceritakan pengalamannya ketika bepergian ke berbagai daerah, mulai dari Indonesia sampai luar negeri. Tulisan Bobby juga sangat enak untuk dibaca sekaligus membantu para traveler untuk berkunjung ke sebuah destinasi.

Sebab dalam tulisannya, Bobby banyak menjelaskan tentang daerah yang dia kunjungi. Dia juga menyebutkan berbagai hal yang harus diketahui para traveler ketika berkunjung ke sebuah tempat termasuk kearifan lokalnya apa saja. Banyak juga seputar tips traveling yang dibagikan Bobby dalam blognya. Tentunya semua itu bisa banyak membantu orang-orang yang ingin berlibur.

Ketika kamu membuka blognya, kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan menu. Seperti destinasi Indonesia atau luar negeri, itinerary, review, sampai video. Jadi terbilang cukup komplit. Makanya kalau kamu ingin berkunjung ke sebuah daerah, tak ada salahnya untuk mampir dulu ke blog Virus Traveling untuk melihat apa saja informasi yang perlu kamu tahu sebelum berangkat.

BACA JUGA: 10 Lomba Menulis Blog Gratis Hadiah Jutaan Terbaru 2022

7. Dani Rachmat

danirachmat.com

Kalau kamu butuh pencerahan soal finansial atau keuangan, mungkin blog milik Dani Rachmat bisa kamu kepoin. Memang sih bagi kebanyakan orang dua topik itu lumayan memusingkan dan ribet. Itulah kenapa banyak orang yang melakukan kesalahan dalam finansialnya. Tapi tenang, masalah itu bisa kamu temukan solusinya dengan membaca tulisan Dani di dalam blognya danirachmat.com.

Di dalam blognya, Dani tampaknya menyadari betul gak sedikit orang yang kesulitan dalam mengatur keuangannya. Itulah kenapa dia bisa menyajikan topik itu dengan sangat lugas dan mudah untuk dipahami. Sehingga yang sebelumnya membicarakan soal finansial itu terasa berat, menjadi lebih ringan tanpa menghilangkan unsur detailnya. Ini pula yang tercermin dalam tagline blognya yaitu “Duit dan Hidup diobrolin santai”.

Ketika kamu membuka blog Dani, ada tiga pilar tema utama, yaitu Perencanaan Keuangan (mulai dari dana pendidikan, asuransi, dana pensiun, reksadana, hingga investasi saham), lalu ada Review (review film, buku, musik dan CD, produk teknologi sampai kuliner), dan terakhir Advertorial. Meskipun topiknya cukup luas, tapi Dani sepertinya sangat unggul dalam soal asuransi, investasi, dan keuangan.

8. Agi Tiara Pranoto

www.duckofyork.com

Ketika kamu mengunjungi blog Duck of York, mungkin kamu akan merasa terinspirasi dan termotivasi dengan berbagai hal. Apalagi secara tampilan, blog milik Agi Tiara Pranoto ini sangat menarik, tampak begitu elegan dan sangat rapi. Nuansa personalnya juga sangat kuat dalam blog ini. Itulah kenapa ketika kamu mengunjungi duckofyork.com, pasti berbagai hal itu akan sangat terasa. Sehingga bisa juga menjadi referensi untuk blog pribadi kamu.

Bagi kamu yang belum tahu, Agi Tiara Pranoto merupakan manager sebuah clothing line. Dia juga memiliki hobi bermain game, salah satunya PUBG. Tulisan-tulisannya juga sangat menarik untuk kamu baca. Kamu akan merasakan bagaimana cara storytelling Tiara yang sangat kuat dalam tulisannya. Lalu dibumbui juga dengan detail-detail kecil yang membuat pembaca semakin paham. Terkadang terselip juga kesan lucu dalam kalimatnya dan sangat menghibur. Jadi kamu tidak akan lelah membaca tulisan Tiara.

Selain secara tampilan yang oke punya, dalam blognya ini juga ada berbagai kategori yang bisa kamu baca. Misalnya seperti beauty, food, travel, photo journal, thoughts, sampai love & relationship. Sudah pasti kamu akan merasa termanjakan dengan banyaknya pilihan topik yang bisa kamu baca. Apalagi secara tampilan Duck of York juga sangat nyaman di mata.

BACA JUGA: Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula Terbaru & Termudah

9. Harumi P.S

mytipscantik.com

Kalau kamu butuh beauty blogger, salah satunya kamu bisa berkunjung ke blognya Harumi P.S. Dia merupakan salah satu beauty blogger Indonesia yang cukup ternama dan sudah lama berkecimpung di dunia kecantikan. Sebenarnya, pertama kali Harumi membahas soal kecantikan lewat akun Twitter saja. Tetapi karena keterbatasan karakter, dia memutuskan untuk membuat blog pada tahun 2010.

Saat kamu membuka My Tips Cantik, di dalamnya ada banyak ragam konten yang bisa kamu baca sekaligus menunjang penampilan. Misalnya seperti fashion, review produk-produk kecantikan, gaya rambut, bahkan ada juga tips untuk wedding. Jadi komplit sudah kategori yang bisa kamu temukan di dalam blognya Harumi. Apalagi di luar itu juga ada kategori lain seperti life, pekerjaan, dan travel yang sangat informatif.

Dalam blognya Harumi menuliskan topik-topiknya dengan sangat menarik. Dia juga sering memberikan rekomendasi untuk pembacanya seputar produk atau brand kecantikan. Tentunya Harumi mengulasnya secara detail dan jelas agar membantu para pembaca. Namun hebatnya lagi, selain itu Harumi juga bisa memberikan tips untuk tampil menarik dengan produk berkualitas, tapi bisa mendapatkan harga yang cukup murah. Selain di blog, sekarang Harumi juga aktif di Instagram dan YouTube.

10. Raditya Dika

radityadika.com

Bohong rasanya kalau kamu tidak mengenal sosok satu ini. Dia adalah Raditya Dika, seorang ayah, aktor, penulis, komedian, sekaligus sutradara. Seperti yang kita tahu, Radit telah menulis banyak buku bertema jenaka. Beberapa di antaranya seperti “Kambing Jantan” (2005), “Cinta Brontosaurus” (2006), “Marmut Merah Jambu” (2010), “Manusia Setengah Salmon” (2011), “Ubur-ubur Lembur” (2018), dan masih banyak lagi. Bahkan beberapa karyanya juga pernah dituangkan dalam film, lho.

Gak cuma itu, ternyata buku-buku yang Radit terbitkan itu beberapa berasal dari tulisan-tulisan blog pribadinya. Hasilnya pun bisa dibilang cukup berhasil hingga dia bisa sesukses seperti sekarang. Tapi tentu saja kesuksesan ini berkat kerja kerasnya selama ini. Selain itu, Radit juga membuktikan berkarier sebagai penulis itu juga sangat menjanjikan. Jadi bagi kamu yang hobi menulis atau blogging tak perlu khawatir, karena banyak contoh suksesnya seperti Raditya Dika.

Saat kamu membuka blognya radityadika.com, kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan, yaitu kelas menulis, Instagram, dan YouTube-nya. Seperti yang kita ketahui bersama, sekarang Radit memang banyak aktif di media sosial sampai YouTube. Banyak konten-kontennya yang bisa kamu nikmati. Dan pastinya, bisa menginspirasi kamu dan belajar banyak tentang menulis. Tak heran karena banyak karyanya yang bagus dan laris di pasaran, saat ini Radit memiliki banyak pengikut atau fans yang terinspirasi oleh hidup serta kariernya.

Mungkin nama-nama di atas bisa menjadi contoh blogger yang sukses dan menginpirasi. Bagi kamu yang ingin berkarier lewat dunia tulis menulis atau blogging tapi ragu tak perlu khawatir, sebab mereka semua bisa menjadi motivasi untuk kamu mulai menulis. Selama kamu tekun dan telaten menjalaninya, bukan tidak mungkin kamu bakal sukses seperti mereka.

Untuk itu tak perlu lagi menunggu lama, mulailah untuk membuka laptop kamu, langsung login blogger entah itu WordPress atau Blogspot, lalu mulailah untuk menulis. Jangan terlalu khawatir akan sesuatu yang belum pasti terjadi. Jadi gak usah ragu dan Sedulur bisa mulai blogging dari sekarang. Semoga saja para blogger Indonesia tadi bisa menginspirasi kamu semua, ya.

Selain itu bagi Sedulur yang gemar menulis dan punya blog, boleh banget ikutan Kontes Blog Super Bercerita yang diselenggarakan oleh Aplikasi Super pada 4 April-5 Juni 2022 dan terbuka untuk umum serta GRATIS. Untuk tema tahun ini adalah #KadoUntukPahlawan. Di sini kamu bisa menulis sosok pahlawan di sekitar kalian menurut versi Sedulur. Lomba ini juga berhadiah jutaan rupiah, lho. Yuk, langsung simak info lengkapnya di sini!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.