apa itu blogger

Apa itu blogger? Mungkin beberapa di antara Sedulur masih asing dengan istilah ini. Blogger adalah CMS yang dikeluarkan oleh Pyra Labs dan dibeli oleh Google sejak tahun 2003. Hanya saja, selain menjadi nama platform, kini blogger juga dikenal sebagai istilah untuk menyebut individu yang menjalankan serta memberikan informasi melalui blog.

Individu yang suka berbagi bagian dari kehidupannya dalam bentuk tulisan di blog itulah yang disebut blogger. Informasi yang dibagikan memuat berbagai topik, mulai dari seni, desain, olahraga, politik, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Di era digital seperti saat ini, banyak orang menjadi blogger untuk mencari penghasilan tambahan. Nah, jika Sedulur tertarik daftar blogger, namun masih bingung cara memulainya. Simak penjelasan lengkap tentang apa itu blogger dan tips sukses memulainya di artikel ini. Baca sampai selesai, ya!

BACA JUGA: 10 Lomba Menulis Blog Gratis Hadiah Jutaan Terbaru 2022

Apa itu Blogger?

apa itu blogger
Bisablog

Sejatinya, Blogger adalah salah satu dari sekian platform yang menyediakan layanan penerbitan sebuah blog. Kelebihan dari Blogger adalah pengguna bisa membuat blog secara gratis dengan mudah. Bahkan, tanpa pengalaman pun semua orang bisa membuat blog. Setelah daftar Blogger, pengguna akan mendapatkan domain blogspot.com dan hosting gratis. Selain itu, Blogger juga memfasilitasi pengguna untuk bisa menautkan Top Level Domain (TLD) agar blog terlihat lebih profesional dan banyak dikunjungi orang.

Blogger adalah salah satu layanan web milik Google yang bisa dimanfaatkan untuk membagikan informasi atau kehidupan pribadi lewat tulisan. Tidak hanya Blogger, ada banyak platform serupa yang bisa digunakan, misalnya WordPress, Weebly, Wix, dan masih banyak lagi. Sejauh ini, WordPress menjadi platform yang paling banyak dipakai. Jumlahnya mencapai 51,6%. Namun, bukan berarti Blogger kalah bagus. Justru Blogger adalah salah satu milik Google yang bisa bersaing dengan WordPress ke depannya.

Perbedaan blog dengan situs web

Unsplash

Blogger maupun WordPress fungsi utamanya yaitu memfasilitasi pengguna dalam membuat blog. Lalu, apa yang membedakan blog dengan situs web? Pertama, blog lebih sering diperbarui ketimbang situs web. Dalam sebuah blog, informasi yang dimuat memiliki beragam topik dan selalu bisa diperbarui. Misalnya, blog tentang perempuan, bisa berisi topik kecantikan, perawatan wajah, kesehatan wanita, resep makanan, gaya berpakaian, dan sebagainya. Situs web mungkin juga memiliki informasi baru, tetapi sebagian besar menawarkan informasi statis yang jarang diubah.

Kedua, blog memungkinkan keterlibatan pembaca. Blog dan akun media sosial kerap berjalan beriringan karena keduanya memiliki tujuan yang hampir sama yaitu menghubungkan audiens dan pembuat konten. Ada beberapa situs web yang menyediakan fitur percakapan, namun blog memungkinkan terjadinya lebih banyak interaksi.

Apa itu aktivitas yang dilakukan seorang blogger?

Unsplash

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, selain menjadi nama produk layanan Google, blogger juga menjadi istilah untuk menyebut pengguna blog. Seorang blogger mirip dengan seniman lepas. Pengguna bisa menjadi penulis, fotografer, atau kurator informasi. Tidak hanya itu, blogger juga bisa menyampaikan pendapat atau opininya tentang subjek tertentu.

Sederhananya, mereka bisa melakukan segala hal yang dipikirkan. Bisa mulai dari membuat tulisan, membagikan galeri foto, menciptakan e-book, tautan ke informasi lain, dan masih banyak lagi. Itulah yang menakjubkan dari menjadi seorang blogger. Tidak banyak kategorisasi terkait konten apa yang ingin dibuat. Hal ini memberikan blogger kesempatan untuk meningkatkan kreativitas dalam mengeksplorasi konten lebih banyak lagi.

Blogger dapat pula mencari sumber penghasilan dari konten yang dibuat. Saat situs blog makin berkembang, seorang blogger bisa melakukan monetisasi situs. Salah satu caranya dengan mendaftar Google AdSense. Pemilik blog akan mendapatkan bayaran dari setiap iklan Google yang ada di dalam situs. Jika pengunjung blog meningkat pesat, tidak menutup kemungkinan pemilik blog juga akan mendapatkan banyak sponsor.

BACA JUGA: Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula Terbaru & Termudah

Cara membuat Blogger

On Blast Blog

Ternyata, aktivitas blogger beserta peluangnya mendapatkan penghasilan dari blog sangat menarik, ya. Sedulur pasti makin ingin membuat blog secepatnya. Tidak usah bingung, Sedulur dapat membuat dan mengelola blog sendiri dengan Blogger. Ikuti cara membuat Blogger berikut ini.

  1. Buka peramban yang biasa digunakan, misalnya Google, Firefox, Safari, atau MS Edge.
  2. Kunjungi blogger.com.
  3. Lakukan Blogger login.
  4. Setelah itu, klik ikon panah bawah yang ada di sebelah kiri layar.
  5. Pilih buat blog baru. Masukkan nama blog. Pilih opsi berikutnya.
  6. Pilih URL atau alamat blog sesuai rekomendasi atau bisa membuatnya sesuai keinginan.
  7. Klik simpan.

Situs blog akan otomatis terbuat dan Sedulur sudah bisa membagikan konten di dalamnya. Saat daftar Blogger, pastikan Sedulur telah tahu apa itu blogger dan mematuhi kebijakan konten maupun persyaratan layanan yang ditetapkan oleh Google. Blog yang telah dibuat bisa diedit agar bisa dibaca siapa saja atau orang tertentu. Sedulur juga dapat memilih tampilan blog sesuai selera.

Blogger pertama di dunia

apa itu blogger
Pixabay

Di zaman yang sudah maju seperti sekarang, banyak orang menjadi pengguna blog. Lantas, siapa sebenarnya blogger pertama yang tercatat dalam sejarah? Blogger pertama di dunia adalah seorang yang berkebangsaan Amerika Serikat bernama Justin Allyn Hall.

Namun, pada waktu itu belum ada yang tahu apa itu blogger atau istilah blog sama sekali. Baru pada tahun 1997 istilah “weblog” diciptakan. Kata “weblog” pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger, dari blog awal miliknya yang bernama Robot Wisdom. Istilah tersebut diciptakan untuk menggambarkan aktivitas Barger yaitu “logging the web” saat dia melihat-lihat halaman web.

Kemudian, pada tahun 1999, “weblog” disingkat menjadi “blog” oleh programmer bernama Peter Merholz. Hingga 5 tahun kemudian, kata “blog” masuk ke dalam kamus Merriam-Webster dan istilah apa itu blogger menjadi populer hingga sekarang.

Contoh blogger Indonesia sukses

IDX Channel

Setiap platform pembuatan konten biasanya memiliki tokoh suksesnya masing-masing. Dalam bidang penulisan blog, ada beberapa contoh blogger Indonesia sukses yang bisa menjadi inspirasi Sedulur. Berikut daftarnya.

1. Raditya Dika

Contoh blogger Indonesia yang sukses dan terus berkembang secara karya hingga sekarang adalah Raditya Dika. Sebelum dikenal sebagai konten kreator di YouTube, Raditya Dika memulai perjalanan kariernya dengan aktif membagikan ceritanya di blog saat kuliah. Aktivitas inilah yang menjadi cikal bakal buku pertamanya, Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh di tahun 2005. Selama menjadi blogger, Raditya Dika pernah meraih beberapa penghargaan seperti Indonesian Blog Award hingga The Online Inspiring Award di tahun 2009.

2. Alitt Susanto

Selain Raditya Dika, Alitt Susanto juga merupakan seorang penulis blog sukses. Melalui blog pribadinya bernama Shitlicious, Alitt Susanto mulai dikenal banyak orang melalui cerita kisah hidupnya yang lucu, sedih, dan inspiratif. Alitt Susanto telah merilis 4 buku dan berkontribusi pada cerita film Relationshit di tahun 2015.

3. Kevin Anggara

Sosok yang satu ini aktif membuat konten blog sejak tahun 2011 saat ia masih duduk di bangku SMP. Kevin Anggara sering menulis pengalaman pribadinya yang lucu dan relevan bagi pembacanya. Saat ini, Kevin Anggara lebih dikenal sebagai konten kreator di YouTube. Ia juga pernah membintangi beberapa film dan aktif menjadi pembicara di seminar maupun workshop.

4. Herman Yudiono

Bagi Herman Yudiono, membuat konten blog adalah pekerjaan penuh waktunya yang sudah ditekuni sejak tahun 2011. Sebelum memutuskan beralih profesi menjadi blogger, Herman Yudiono telah bekerja di perusahaan multinasional yang bergerak di tambang nikel selama 6,5 tahun. Kisah inspiratifnya hingga kini masih sering ia bagi melalui blog pribadinya.

5. Carolina Ratri

Seorang ibu, penulis, dan juga blogger yang masih aktif hingga saat ini. Carolina Ratri menulis di blog sejak tahun 2006. Sosoknya sering menjadi inspirasi para ibu untuk menjadi blogger keren sepertinya. Ia senang membagikan konten-konten kreatif, tips dan trik, menulis fiksi, komunikasi visual, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan kreativitas dalam berkarya.

BACA JUGA: 10 Cara Menjadi Penulis Buku, Novel, dan Film untuk Pemula

Tips sukses menjadi blogger

apa itu blogger
Unsplash

Ingin menjadi blogger sukses seperti tokoh-tokoh di atas? Kunci utama berhasil menjadi blogger adalah konsisten menulis dan membuat karya. Dengan begitu, blog akan dikunjungi banyak pengguna internet. Di bawah ini adalah beberapa tips menjadi blogger sukses yang bisa Sedulur ikuti.

1. Tetapkan tujuan yang baik

Selain memahami apa itu blogger, menetapkan tujuan yang baik saat mau membuat blog adalah hal penting. Tujuan ini menentukan konten yang akan dibagikan kepada pengguna. Isilah blog dengan tulisan yang baik dan bermanfaat bagi pembaca. Jika pembaca mendapatkan banyak manfaat dari tulisan Sedulur, mereka akan sering berkunjung. Bahkan, mereka mungkin dengan senang hati membagikan situs blog Sedulur kepada orang lain yang mencari informasi serupa. Ingat, berbuat baik akan menghasilkan kebaikan serupa.

2. Tentukan tema blog

Blogger yang sukses biasanya menggeluti bidang atau tema tertentu. Tema blog ini membuat pengunjung blog terdiri dari satu komunitas dan tidak melebar ke mana-mana. Dari isi konten, tema yang khusus bisa membuat pembahasannya lebih mendalam. Selain itu, tema ini bertujuan agar blog lebih mudah diingat orang.

Contohnya, Sedulur membuat blog dengan tema makanan, maka bila ada pengguna internet yang mencari informasi tentang resep, mereka akan ingat situs blog milik Sedulur. Selain itu, mesin pencari seperti Google juga akan merekomendasikan blog Sedulur jika ada yang menggunakan kata kunci “resep” di pencarian.

3. Rutin dan konsisten menulis

Banyak orang mengenal apa itu blogger sebagai platform untuk membagikan tulisan. Nah, supaya blog makin berkembang, Sedulur harus rajin menulis dan membagikannya ke dalam blog. Kalau blog tidak ada isinya, tentunya tidak ada orang yang akan berkunjung, ‘kan? Maka dari itu, rutin menulis bisa menjadi salah satu cara mendatangkan pembaca.

Enggak cuma menarik pembaca, konsisten menulis di blog juga dapat mengasah kemampuan Sedulur dalam kepenulisan. Seiring berjalannya waktu, kualitas tulisan akan makin baik bila terus dilatih. Suatu saat, Sedulur pun bisa menyamai kemampuan para penulis buku, sastrawan, atau wartawan handal.

4. Kembangkan blog untuk menghasilkan uang

Bermain blog atau menjadi blogger bisa menjadi cara agar terkenal dan menghasilkan uang. Sedulur bisa mengembangkan blog untuk menghasilkan uang dengan beberapa cara, antara lain menampilkan iklan di blog, menjual produk/barang, membuat buku dari tulisan blog, serta menjual jasa lewat blog. Cara-cara tersebut dapat mengantarkan karier Sedulur di dunia penulis blog.

Selain cara tersebut, Sedulur juga bisa mengikuti lomba blog. Kalau menang, Sedulur bisa mendapatkan hadiah dan membuat situs blog makin terkenal. Salah satu lomba blog online yang bisa Sedulur ikuti yaitu Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan. Kontes ini diselenggarakan spesial oleh Aplikasi Super pada 4 April—5 Juni 2022. Terbuka untuk umum serta GRATIS. Mengangkat tema pahlawan, di sini Sedulur bisa menulis sosok pahlawan di sekitar sesuai versi terbaikmu.

Jika tulisan yang telah dibuat terpilih sebagai pemenang, Sedulur bakal mendapatkan hadiah jutaan rupiah. Enggak cuma itu saja, menariknya yang membedakan kontes blog ini dengan lomba lainnya adalah, nantinya sosok yang kamu angkat sebagai ‘pahlawan’ akan mendapatkan ‘kado’ spesial dari Aplikasi Super. Menarik banget, ‘kan? Daripada penasaran, silakan cek infonya di sini.

Demikian ulasan lengkap terkait apa itu blogger, mulai dari pengertian, sejarah, contoh blogger di Indonesia, hingga tips menjadi blogger sukses. Semoga bisa menambah wawasan Sedulur tentang platform pembuatan konten khususnya tentang blog dan penulisan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.