youth of may

Buat penggemar drama Korea, judul drakor Youth of May mungkin tak asing di telinga. Series ini tayang tahun 2021 lalu sebanyak 12 episode dan mengambil latar yang menarik, Gwangju Uprising. Latar tersebut diambil dari sebuah kejadian nyata di Kota Gwangju pada tahun 1980 saat mahasiswa melakukan demo besar-besaran karena isu korupsi dan otoritarianisme, tetapi justru direspon dengan cara kekerasan oleh militer pemerintah.

Namun, tragedi tersebut hanyalah backdrop. Plotnya berkutat pada kisah cinta dua anak muda yang bakal bikin penonton ikutan baper. Sudah nonton atau sedang menimbang buat nonton? Berikut beberapa fakta serta garis besar ceritanya.

BACA JUGA: Sinopsi Healer, Drakor Penyelidikan Rahasia tentang Masa Lalu

Plot

youth of may
Soompi

Cerita Youth of May berkutat pada sosok Hwang Hee Tae, seorang mahasiswa kedokteran asal Gwangju yang sebenarnya berkuliah di Seoul. Namun, memilih pulang untuk menjadi relawan guna menolong para mahasiswa yang terluka akibat pukulan benda tumpul hingga tembakan aparat saat berdemo. Saat melaksanakan misinya, ia bertemu dengan seorang perawat muda bernama Myung Hee yang memiliki karakter berani serta tangguh. Ia tak segan mengungkapkan apa yang dipikirkannya tanpa berpikir panjang. Beda dengan Hee Tae yang lebih self-conscious.

Dari sini, sebenarnya sudah tertebak kalau keduanya bakal saling jatuh cinta. Sama dengan premis drakor pada umumnya macam Descendant of the Sun atau Crash Landing on You, di mana tokoh utamanya bertemu di tengah keadaan yang tidak menguntungkan seperti konflik dan perang. Meski begitu, premis macam ini tidak menyurutkan penonton, terutama penggemar drakor untuk mengikuti alur ceritanya sampai tamat.

Pemeran Youth of May

youth of may
Otaku Art

Daftar Youth of May pemain diwarnai oleh aktor Lee Do Hyun sebagai Hwang Hae Tee, sang dokter muda dan Go Min Si yang kedapatan peran perawat Kim Myung Hee. Keduanya sudah pernah dipertemukan di serial distopia Netflix berjudul Sweet Home yang rilis tahun 2020 lalu.

Secara individual Lee Do Hyun pernah tampil di serial 18 Again, Still 17, Gwimul, dan Clean with Passion for Now. Proyek terakhirnya hingga kini adalah Melancholia. Sementara, sang lead actress, Go Min Si dikenal lewat serial The Smile Has Left Your Eyes, Love Alarm, dan Jirisan.

Tentunya series ini tak lengkap tanpa kehadiran pemeran pendukung. Ada aksi Geum Sae Rok sebagai Soo Ryeon, salah satu sahabat karib Myung Hee yang belajar hukum. Ditambah beberapa anggota keluarga mereka yang menambah keseruan dan emosi di series rilisan KBS tersebut.

Apakah Youth of May kisah nyata?

youth of may
Dramabeans

Meski berlatarkan kejadian nyata, plot dalam Youth of May bukanlah kisah nyata. Sang kreator hanya mengambil latar nyata sebagai backdrop untuk kisah fiktif yang ditulisnya. Gwangju Uprising sendiri sering dipakai sebagai latar film dan buku karena jadi salah satu momen penting dalam sejarah dan konstelasi politik Korea Selatan.  

Beberapa film yang mengambil latar ini antara lain A Petal, A Taxi Driver, 26 Years, The Attorney, May 18, Excavator, A Single Spark, dan lain sebagainya. Ada pula novel Human Acts karya Han Kang yang juga mengambil latar sama, tetapi ia kembangkan jadi cerita-cerita fiktif yang terinspirasi dari pengalaman para korban dan saksi kejadian. Kalau Sedulur penasaran dengan latar tersebut, boleh coba baca lebih banyak literatur tentangnya, ya.

BACA JUGA: Profil Lee Da In, Aktris Muda Kekasih dari Lee Seung Gi

Episode akhir 

Dramabeans

Jauh dari bayangan penonton, Youth of May ending ternyata tidak sebahagia yang diharapkan. Justru bikin penonton menangis pilu melihat nasib salah satu tokoh utamanya. Biar makin penasaran, lebih baik Sedulur tonton sendiri deh 12 episodenya di layanan streaming kesayangan. Dijamin bikin senyum sampai mewek, mengaduk emosi dan membuka wawasan sekaligus.

Di mana bisa nonton? 

Dramabeans

Youth of May sub Indonesia bisa Sedulur saksikan secara cuma-cuma lewat layanan streaming Vidio dan VIU. Semua episodenya lengkap tersedia dan siap ditonton maraton kapan saja.

Review Youth of May sudah kamu baca, nih. Semoga tidak mengandung spoiler berlebih yang bikin malas duluan, ya. Lumayan bisa jadi teman gabut di akhir pekan. Selamat menonton!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.