webtoon korea

Disadari atau tidak, ternyata banyak serial dan film favorit yang ternyata diadaptasi dari webtoon Korea. Webtoon sendiri adalah istilah untuk komik-komik digital. Tak perlu beli versi cetaknya, orang bisa langsung menikmati cerita-cerita seru tersebut langsung di ponsel atau gawai lainnya dengan harga yang lebih murah, bahkan gratis. 

Webtoon pun bisa dibuat siapa saja, termasuk para debutan atau penulis amatir. Meski begitu, kualitas cerita buatan tidak bisa diremehkan. Justru keragaman idenya sangat tinggi dan bikin webtoon seakan jadi gudang ide buat para produsen film. Itaewon Class, Hellbound, dan True Beauty webtoon Korea yang sukses berat di 2021 lalu. Di 2022 pun masih ada banyak drama yang diadaptasi dari komik digital ini. Apa saja, sih? Simak di bawah Sedulur.

BACA JUGA: Fakta dan Sinopsi Girl From Nowhere, Series Thailand Terbaik

1. All of Us Are Dead

webtoon korea bahasa indonesia
nme

All of Us Are Dead adalah drama korea yang diangkat dari webtoon yang dirilis 28 Januari 2022 di Netflix dengan judul sama. Ceritanya sebuah sekolah yang menjadi episentrum merebaknya virus zombie. Sekelompok siswa yang tersisa pun berusaha menyelamatkan diri. Premisnya mirip dengan Train to Busan, tetapi di dalam komplek sekolah. 

-->

2. Tomorrow 

Tomorrow berkisah tentang pemuda pengangguran bernama Jun Woong yang terkapar koma di rumah sakit setelah kecelakaan yang hampir merenggut nyawanya. Statusnya yang koma membuatnya bisa berkelana ke alam gaib dan akhirnya mempertemukannya dengan sebuah tim yang bekerja mencegah orang-orang melakukan bunuh diri. Rowoon dipercaya akan menjadi bintang utama di drama adaptasi webtoon ini. 

3. Island 

naver webtoon korea
kpopmap

Drama berikutnya adalah Island yang berlatarkan Pulau Jeju di mana seekor monster purba bangkit dari tidur dan mengincar manusia untuk dimusnahkan. Tiga protagonis pun disiapkan sebagai karakter utama yang melawan monster tersebut. Yakni seorang pendeta, putri orang kaya yang berprofesi sebagai guru, dan seorang pemuda yang dibesarkan untuk melawan kejahatan. 

4. Cherry Blossoms After Winter 

Webtoon Naver Korea berikutnya yang sudah terkonfirmasi akan diadaptasi adalah Cherry Blossoms After Winter. Ceritanya tentang Hae Bom yang sejak kecil diadopsi tetangganya sepeninggal kedua orang tuanya. Di rumah tersebut, ia tinggal bersama anak seusianya, Tae Sung. Bromance keduanya pun jadi daya tarik di manhwa bergenre melodrama ini. 

BACA JUGA: Sinopsis & 7 Pemain 1988 Reply, Drama Keluarga Terbaik

5. Again My Life 

Sudah tayang teaser-nya, Again My Life akan dibintangi Lee Joon Gi dan Kim Ji Eun. Plotnya tentang seorang pemuda bernama Kim Hee Woo yang tak pernah berprestasi di sekolah, tetapi berhasil masuk kampus bergengsi dan akhirnya bekerja sebagai jaksa sukses. Di tengah penyelidikan sebuah kasus, ia terbunuh. Namun, ia ternyata bangun dan hidup kembali. Series ini dijadwalkan tayang Mei 2022 mendatang. 

6. Moving 

Moving akan diadaptasi jadi serial 20 episode yang tayang lewat platform Disney+ dan JTBC pada 2022 ini. Bintang yang sudah terkonfirmasi adalah Lee Jung Ha dan Go Yoon Jung. Keduanya akan memerankan remaja yang memiliki kekuatan super baik keturunan maupun bakat mereka sendiri.

7. Taxi Driver season 2

webtoon naver korea
scmp.com

Beberapa kali masuk daftar Top 10 di platform yang menaunginya, Taxi Driver pun akan lanjut musim kedua tahun ini. Project ini masih akan berkutat pada sekelompok orang yang bersatu membangun sebuah perusahaan taksi gadungan untuk membalas dendam pada para kriminal yang tidak mendapat balasan setimpal atas perbuatan keji mereka. 

8. Golden Spoon 

Golden Spoon adalah Naver webtoon Korea yang bakal diadaptasi jadi drama dengan pemeran utama Yook Sungjae. Ia akan memerankan remaja laki-laki dari keluarga miskin yang bermimpi bisa mengubah hidupnya. Sendok emas sendiri adalah cara orang Korea menyebut orang-orang dari kelas atas. Sutradara serial ini adalah Song Hyun Wook yang sebelumnya sukses lewat The King’s Affection.

9. Superior Day 

Drama berikutnya yang dinantikan di 2022 adalah Superior Day. Diangkat dari webtoon Korea dengan judul sama, Sedulur aka diajak menilik kehidupan Ho Cheol. Kisah bermula ketika ada seorang pemadam kebakaran yang tinggal dengan istri dan anaknya.

Suatu hari ia menerima pesan aneh yang menuduh tetangganya sebagai pembunuh berantai yang sedang diburu polisi. Pesan tersebut dilanjut dengan ancaman bagi Ho Cheol untuk membantu si pengirim pesan membunuh orang tersebut. Jika tidak, putrinyalah yang akan jadi sasaran pembunuhan berikutnya. 

BACA JUGA: 20 Drama Korea Komedi Romantis Terbaik yang Seru dan Bikin Baper!

10. Mask Girl 

Lakon komik ini adalah Kim Momi yang mengidap inferiority complex karena penampilannya. Ia pun melakoni beberapa prosedur operasi plastik dengan harapan hidupnya akan membaik dan ia bisa merasa lebih percaya diri. Beberapa nama sudah dikabarkan mendapat tawaran peran, tetapi belum ada konfirmasi lanjutan. 

11. Work Later, Drink Now season 2

true beauty webtoon korea
koreajoongangdaily

Tayang musim pertamanya di 2021 lalu, Work Later, Drink Now sudah terkonfirmasi bakal lanjut ke musim berikutnya di 2022. Drama ini diadaptasi dari sebuah webtoon yang rilis mulai 2014 hingga 2017. Sedulur masih akan mengikuti petualangan tiga kawan dekat yang suka membahas kehidupan sambil minum sepulang kerja. 

12. Dak Gang Jeong 

Member ASTRO Cha Eun Woo diberitakan akan membintangi adaptasi webtoon berjudul Dak Gang Jeong. Berita ini sudah menyeruak sejak pertengahan 2021 lalu. Dak Gang Jeong sendiri diambil dari nama makanan khas Korsel yang berupa ayam goreng dengan saus asam manis. Sementara plotnya memang berkutat pada cerita komedi di mana seorang gadis berubah menjadi dak gang jeong usai usil mengutak-atik sebuah mesin misterius. 

13. Unlock The Boss 

Berikutnya, ada Unlock The Boss yang bakal melibatkan aktor Chae Jong Hyeop sebagai lakon. Ia akan memerankan Park In Sung yang merupakan pria biasa, tetapi hidupnya berubah setelah menemukan sebuah ponsel yang tertinggal di jalan. Secara ajaib dan hampir mustahil, seorang pria dengan posisi penting terjebak di dalam ponsel tersebut dan In Sung pun terjebak dalam misi penyelamatan sang pria.   

14. See You in My 19th Life 

Webtoon sepanjang 61 episode ini berkisah tentang seorang perempuan yang bertekad mencari pria yang pernah dicintainya saat masih berusia 18 tahun dulu. Namun, ia harus bersaing dengan seorang perempuan lain yang juga mengincar sang pria pujaan hati. 

BACA JUGA: 12 Film Korea Terbaru Akhir 2021 yang Paling Banyak Ditonton

15. Sweet Home season 2

webtoon korea romantis
koreatimes.co.kr

Sweet Home yang juga akan dibuat musim keduanya tahun ini. Drama adaptasi komik ini berkisah tentang beberapa penghuni kosan kumuh yang bekerjasama menyelamatkan diri dari monster yang menyerang kota. 

16. Gaus Electronics 

Ini cocok untuk Sedulur yang suka dengan drama sehari-hari dengan latar perkantoran. Kamu akan diajak mengikuti dinamika kehidupan para pegawai perusahaan elektronik di Korea Selatan. Ceritanya bakal mengocok perut, sekaligus mengaduk emosi. 

17. Love in Spring 

Diadaptasi dari webtoon Korea berjudul Crush Spring, drakor yang ini cocok buat penggemar film period drama dengan bumbu romansa yang bikin gemas. Ceritanya tentang tiga pemuda yang berusaha keluar dari status mereka sebagai budak dengan cara-cara yang di luar kotak. 

18. Joseon’s Ban on Marriage 

Sama dengan webtoon sebelumnya, latar yang diambil adalah era dinasti Joseon. Ada seorang Raja melarang adanya pernikahan pasca ia kehilangan istrinya. Kemudian, datanglah seorang perempuan yang mengaku bisa menjadi perantara untuk arwah mendiang sang istri. 

19. Dr. Park’s Clinic 

Dr. Park’s Clinic adalah salah satu yang ditunggu pada 2022 ini. Berkutat pada sang lakon, Dr. Park yang membuka klinik mandiri dengan harapan bisa meraup untung lebih banyak. Nyatanya, harapannya pupus karena hanya sedikit pasien yang mampir ke kliniknya. Tekanan bertambah dengan sikap sang istri yang bahkan berlagak tak mempercayai diagnosa dan nasihat kesehatan dari suaminya. 

BACA JUGA: Mr Queen, Drama Korea Lucu Penuh Kontroversi Malah Mendapat Rating Tinggi

20. D.P. season 2

D.P. season 2
m.khan.co.kr

Drama Korea yang diadaptasi dari webtoon ini berkisah tentang seorang prajurit yang ditarik masuk dalam departemen khusus di tubuh militer Korsel. Sejak itu, ia sadar bahwa perploncoan ternyata bisa berdampak fatal pada kesehatan mental banyak rekan sejawatnya. Ia sukses di musim perdananya dan akan lanjut musim kedua di 2022 ini. 

21. Bloodhound 

Bloodhound adalah drama bergenre thriller yang mengisahkan tiga pria yang berusaha keluar dari jerat hutang dengan berbagai cara. Termasuk yang berisiko dan berbahaya sekalipun. Judul webtoon-nya Hunting Dogs. 

22. The Jinx’s Lover 

Ini webtoon Korea romantis yang juga diperkirakan akan tayang pada 2022 ini. Ceritanya tentang pria yang selalu diliputi kesialan dan akhirnya bertemu sosok perempuan yang mengubah hidupnya. Ringan dengan sentuhan supernatural, khas drakor Korea banget.  

23. Semantic Error 

Semantic Error adalah drama BL tentang Sang Woo, seorang mahasiswa yang kaku dengan Jae Young yang dikenal populer di kampusnya. Park Seo Ham dan Jae Chan akan memerankan dua tokoh utamanya. 

24. Oh Mansang and Prejudice 

Sesuai judulnya, dua lakon utama di drama ini akan mengalami banyak masalah di awal pertemuan mereka. Semua karena kecenderungan mereka berprasangka buruk pada sau sama lain. Ini pun ditengarai oleh masa lalu pahit masing-masing. 

BACA JUGA: 15 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa dengan Rating Tinggi!

25. Vigilante 

Webtoon Korea berikutnya yang akan diadaptasi jadi drama adalah Vigilante. Bergenre psychological thriller dan action, penonton akan disuguhi aksi anti-hero Kim Ji Yong yang tak terima atas kematian ibunya dan akhirnya membalas dendam pada para pelaku pembunuhan tersebut. 

26. No Thank You season 2

No Thank You season 2
otakukart

Sudah tayang musim perdananya tahun 2021 lalu, No Thank You akan lanjut ke musim kedua tahun ini. Cerita akan berkutat pada sudut pandang Sa Rin yang baru saja menikah dan merasa selalu dikritisi oleh kedua mertua, bahkan suaminya sendiri. 

27. The Office Blind Date 

Pas buat penggemar webtoon Korea Why Secretary Kim, drama yang satu ini bercerita tentang Shin Ha Ri, karyawan sebuah perusahaan yang tak sengaja terjebak dalam kencan buta dengan CEO perusahaan tempatnya bekerja. 

28. Duty After School 

Bergenre sci-fi thriller, drama adaptasi komik digital tersebut berlakonkan sekelompok siswa yang harus berjibaku dengan makhluk luar angkasa demi mendapat ekstra poin untuk nilai ujian masuk kampus mereka. 

29. Homework for the Heart 

Berikutnya adalah Homework for the Heart yang akan mengikuti kehidupan dan dinamika hubungan asmara Lee Kyung dengan cinta pertamanya. Sayangnya, sang pujaan hati sudah berubah jadi vampir. Drama ini akan tayang di JTBC rencananya. 

BACA JUGA: Ini Film Drama Korea Park Seo Joon yang Wajib Kamu Tonton

30. Black Knight 

Black Knight
kpopmap

Bakal tayang di Netflix, Black Knight akan melibatkan Kim Woo Bin yang vakum beberapa tahun. Kamu akan diajak melongok kehidupan para kurir di 2071. Bumi sudah penuh dengan polusi dan orang harus menggunakan respirator untuk bernapas. Kurir pun menjadi pekerjaan paling penting dan krusial saat itu, sayangnya hanya sedikit yang mau melakoninya.  

31. Aqua Man 

Webtoon Korea bahasa Indonesia ini berkisah tentang Naru, pria 20 tahunan yang tak pernah berkencan dan jarang menggunakan ponselnya. Hidupnya yang penuh kebimbangan makin pelik dengan kehadiran seseorang yang hendak menyabotase upayanya mencari teman kencan. 

32. Sixth Sense Kiss 

Begenre drama romantis, Sedulur akan mengikuti kehidupan seorang perempuan yang bisa melihat masa depan orang yang ia cumbu. 

33. The Sound of Magic 

The Sound of Magic
webtoons

Akan diadaptasi Netflix tahun ini, The Sound of Magic adalah cerita Yun Ai yang terpaksa melupakan mimpinya menjadi pesulap karena tuntutan hidup. Namun, perlahan ia menemukan dirinya kembali saat bertemu pesulap lain di satu momen dalam hidupnya. 

Itu 30an drama adaptasi webtoon Korea yang diperkirakan akan rilis pada 2022 ini. Sudah incar yang mana saja yang akan kamu tonton setelah dirilis, nih?