urutan film marvel

Bagi para penggemar Marvel, tentunya sudah tidak asing dengan film-film superhero dari Marvel Cinematic Universe atau yang sering disebut dengan MCU. Tapi apakah Sedulur paham, jika semua film MCU itu memiliki timeline yang berurutan dan saling berkaitan satu sama lain. Nah, jika Sedulur penasaran dengan urutan film Marvel, mari kita bahas selengkapnya!

Seperti yang telah kita tahu, bahwa MCU memulai debut di industri perfilman pada tahun 2008 lalu. Setelah sukses menjalani debutnya, film-film superhero keren yang diambil dari komik Marvel terus bermunculan hingga saat ini. Namun tidak hanya sekuel, ada beberapa film yang ternyata menjadi prequel dari film lain. Nah, itulah yang kerap membuat kita bingung dengan timeline MCU yang sebenarnya.

Oleh karena itu, berikut ini urutan film Marvel Cinematic Universe sesuai timeline atau kronologi waktu yang perlu untuk Sedulur ketahui.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik, Bikin Menguras Emosi!

-->

Urutan fim Marvel serta kronologi waktu MCU

urutan film marvel
The Boba Culture

Sebelum membahas filmnya lebih jauh, sebagai gambaran bagi Sedulur berikut ini adalah ringkasan dari urutan film Marvel secara lengkap dengan kronologi atau setting waktu berdasarkan waktu dari Marvel Cinematic Universe, yaitu:

  1. Captain America: The First Avenger — Selama Perang Dunia II (1942)
  2. Captain Marvel — 1995
  3. Iron Man — 2010
  4. Iron Man 2 — Setelah Iron Man (2011)
  5. The Incredible Hulk — 2011
  6. Thor — 6 Bulan sebelum The Avengers
  7. The Avengers — 2012
  8. Iron Man 3 — 6 Bulan setelah The Avengers
  9. Thor: The Dark World — Setelah The Avengers, sebelum The Avengers: Age of Ultron
  10. Captain America: The Winter Soldier — Setelah The Avengers, sebelum The Avengers: Age of Ultron
  11. Guardians of The Galaxy — 2014
  12. Guardians of The Galaxy Vol. 2 — Setelah Guardians of The Galaxy
  13. Avengers: Age of Ultron — 2015
  14. Ant-Man — 2015
  15. Captain America: Civil War — Setelah Avengers: Age of Ultron, sebelum Avengers Infinity War
  16. Thor: Ragnarok — Setelah Avengers: Age of Ultron, sebelum Avengers: Infinity War
  17. Spider-Man: Homecoming — Setelah Captain America: Civil War, sebelum Avengers: Infinity War
  18. Black Widow — Setelah Captain America: Civil War, sebelum Avengers: Infinity War
  19. Doctor Strange — 2016
  20. Black Panther — 2017
  21. Avengers: Infinity War — 2017
  22. Ant-Man and The Wasp — Di antara Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame
  23. Avengers: Endgame — 2017-2022
  24. Spider-Man: Far from Home — 8 Bulan setelah Avengers: Endgame
  25. Sang-Chi and The Legend of The Ten Rings — 2023
  26. Eternals — 2023
  27. Spider-Man: No Way Home — 2024
  28. Doctor Strange in the Multiverse of Madness — Setelah Spider-Man: No Way Home
  29. Thor: Love and Thunder — 2024
  30. Black Panther: Wakanda Forever — 2026 sebagai penutup fase 4
  31. Ant-Man and the Wasp: Quantumania — pembuka fase 5

Dari daftar di atas, Ant-Man and the Wasp: Quantumania menjadi film terbaru dari MCU juga sebagai sebuah pintu untuk memasuku fase 5 dengan musuh utama yang baru, yaitu Kang The Conqueror. Tentu menarik untuk kita tunggu dan saksikan kelanjutan dari Marvel Cinematic Universe ini.

Selanjutnya berikut ini ulasan dari filim MCU berdasarkan urutan yang telah dirunut di atas. Yuk, kita simak!

1. Captain America: The First Avenger (2012)

urutan fim marvel
IMDb

Urutan film dari marvel yang pertama adalah Captain America: The First Avenger. Saat perang dunia pertama, Steve Rogers (Chris Evans), memutuskan untuk mendaftarkan diri ke dalam pasukan militer Amerika. Akan tetapi, Steve selalu di tolak dengan alasan postur tubuhnya yang terlalu kecil.

Oleh karena itu, Steve memutuskan untuk mengikuti sebuah eksperimen yang mengubahnya jadi prajurit super dengan inisial Captain America. Bersama dengan Bucky Barnes (Sebastian Stan) dan Peggy Carter (Hayley Atwell), Captain America berperang melawan Red Skull dan organisasi HYDRA yang dipimpinnya.

2. Captain Marvel (2019)

urutan film marvel
IMDb

Kemudian di urutan yang kedua ada Captain Marvel. Film yang rilis pada Maret 2019 ini, mengambil latar waktu di tahun 1995. Waktu itu, terjadi perang galaksi antara dua ras alien yang sama-sama kuat, ras Kree dan ras Skrull.

Namun salah seorang dari ras Kree, Carol Danvers (Brie Larson) justru terdampar di bumi. Akhirnya ia memutuskan untuk berjuang hingga akhirnya menjadi Captain Marvel, salah satu superhero paling kuat dalam dunia Marvel.

3. Iron Man (2008)

urutan film marvel
IMDb

Urutan film marvel berdasarkan tahun memang dimulai dari Iron Man. Namun dalam timeline, film ini berada di urutan ketiga. Ya, film ini menceritakan tentang seorang miliarder jenius bernama Tony Stark (Robert Downey Jr,) yang mempunyai perusahaan teknologi terbesar, yakni Stark Industries.

Tony pergi ke Afghanistan untuk melakukan demonstrasi senjata canggih yang diciptakan perusahaannya. Tapi Ia malah diculik dan dipaksa membuat senjata mematikan. Nah, dengan kecerdasannya, Tony mampu membuat baju armor untuk melarikan diri dan kemudian menjadi Iron Man.

4. The Incredible Hulk (2008)

urutan film marvel
IMDb

Bruce Banner adalah seorang ilmuwan yang hidup dalam pelarian, jauh dari kehidupan normal dan juga wanita yang dicintainya, Betty Ross. Ia selalu mencari cara untuk menghilangkan radiasi gamma di sel dalam tubuhnya.

Kemanapun Bruce pergi, Ia selalu dikejar oleh Jenderal Thunderbolt Ross, yang bukan lain merupakan ayah Betty Ross. Jenderal Ross berusaha mendapatkan Bruce untuk memanfaatkan kekuatannya sebagai senjata militer. Di samping itu, The Abomination sebagai musuh Hulk yang lebih kuat.

5. Thor (2011)

urutan film marvel
IMDb

Ini adalah film dan cerita awal Thor, sang dewa petir dalam dunia MCU. Film ini bercerita tentang Thor (Chris Hemsworth), anak dari dewa sembilan dunia, Odin. Sebenarnya Thor adalah dewa yang sangat kuat, namun memiliki sifat yang angkuh.

Karena perbuatannya yang sembrono, Ia menyerukan kembali perang kuno di tempat tinggalnya, Asgaard. Karena perbuatannya tersebut, Ia dihukum oleh Odin untuk kembali ke bumi. Di bumi, dia harus benar-benar belajar menjadi bijaksana agar bisa kembali ke Asgaard.

6. Iron Man 2 (2010)

urutan film marvel
IMDb

Meneruskan film Iron Man pertama, kali ini dunia telah tahu jika Tony Stark adalah orang dibalik sosok Iron Man dengan baju armor-nya. Pemerintah mulai menekan Tony untuk menyerahkan baju Iron Man agar informasi dibalik semua itu tidak menjadi acaman. 

Akan tetapi, Tony Start menolak permintaan dari pemerintah tersebut. Bersama dengan pacarnya, Pepper Potts dan rekannya, James Rhodes, Tony memimpin sebuah persekutuan baru untuk melawan musuh baru yakni Vanko.

7. The Avengers (2012)

urutan film marvel
IMDb

Bisa dibilang jika The Avenger adalah awal dari crossover para superhero Marvel seperti Iron Man, Hulk, Thor, Captain America, Black Widow, dan Hawkeye. Dalam satu frame, mereka tampil bersatu untuk menyelamatkan bumi dari ancaman alien yang dipimpin oleh Loki, adik angkat Thor.

Loki datang bersama pasukannya untuk mengancam keamanan dan keselamatan dunia. Hal tersebut membuat Nick Fury, pemimpin organisasi penjaga kedamaian internasional S.H.I.E.L.D, menyatukan para pahlawan super untuk menyelamatkan bumi.

8. Iron Man 3 (2013)

urutan film marvel
IMDb

Kembali lagi dengan baju armor kuatnya, Tony Stark, harus melawan musuh yang sangat kuat. Selain itu, Tony juga harus berhadapan dengan masalah pribadinya sendiri. Selain itu, Tony juga harus kehilangan banyak asetnya termasuk berbagai baju armor yang dimilikinya.

Namun dengan mengandalkan kecerdasan, kecerdikan, dan juga instingnya, Ia berhasil bangkit dan mengalahkan musuhnya tersebut. Bahkan melalui pertarungan tersebut, Tony berhasil mendapat beberapa jawaban dari pertanyaan yang selama ini telah menghantuinya

9. Thor: The Dark World (2013)

urutan film marvel
IMDb

Sekuel dari film Thor ini diawali dengan Loki yang berhasil ditangkap dan dipenjara di Asgaard. Namun muncul musuh dari ras kuno, Malekith yang membunuh Frigga, ibu Thor dan mengincar seluruh alam semesta. Bersama dengan pasukannya, Malekith memiliki tujuan untuk mengubah alam semesta dalam kegelapan.

Dengan bantuan dari Loki, Thor akhirnya memulai perjalanan berbahaya yang akan menyatukan dirinya kembali dengan kekasihnya saat di bumi, Jane Foster (Natalie Portman). Ia harus mengorbankan segalanya, bahkan kehormatannya untuk menyelamatkan seluruh dunia.

10. Captain America: The Winter Soldier (2014)

urutan film marvel
IMDb

Usai pertempuran besar bersama dengan para Avengers di New York, Steve Rogers memutuskan untuk tinggal di Washington DC dan mencoba beradaptasi dengan kehidupan modern. Namun tiba-tiba terjadi sebuah penyerangan yang dilakukan oleh Winter Soldier.

Ternyata sosok dibalik Winter Soldier tersebut adalah Bucky Barnes, sahabat Steve saat perang dunia. Mau tidak mau Ia harus mengalahkan Bucky dan melawan ancaman dunia, bersama Black Widow dan rekan barunya, Falcon (Anthony Mackie).

BACA JUGA: 16 Film Netflix Terbaik Ini Wajib Kamu Tonton Di Kala Bosan

11. Guardians of the Galaxy (2014)

urutan film marvel
IMDb

Kemudian film marvel urutan yang selanjutnya ada Guardian of the Galaxy. Film ini menceritakan kisah dari seorang petualang luar angkasa bernama Starlord atau Peter Quill (Chris Pratt). Tapi Ia justru mendapati bahwa dirinya sedang diburu oleh penjahat galaksi, Ronan.

Hal ini karena Quill mencuri sebuah bola berkekuatan misterius yang sangat dicari-cari oleh Ronan. Dalam perjalanan menyingkir dari Ronan, Quill bertemu dengan banyak teman baru seperti Groot, Rocket, Gamora, dan juga Drax. Akhirnya mereka bersatu untuk membentuk kelompok pelindung galaksi.

12. Guardians of The Galaxy Vol.2 (2017)

urutan film marvel
IMDb

Sekarang tim Guardians sudah dikenal sebagai pahlawan, dan mereka kembali melanjutkan petualangan melintasi alam semesta. Dalam petualangannya, mereka berhasil membuka misteri dibalik asal usul Peter Quill.

Nah, jadi kali ini Quill dan timnya harus berhadapan dengan Ego, ayah kandung Quill sendiri. Ego menjadi ancaman baru yang ingin menguasai seluruh galaksi, dan tentunya itu berbanding terbaik dengan sifat kelompok Guardian sebagai pelindung galaksi.

13. Avengers: Age of Ultron (2015)

urutan film marvel
IMDb

Urutan film marvel Avengers yang kedua adalah Avengers: Age of Ultron. Kali ini mereka harus bersatu kembali untuk menghadapi musuh yang mengancam keseimbangan planet bumi, Ultron. Dalam film ini, Sedulur akan menemui tiga superhero baru, yakni Vision, Quicksilver, dan Scarlet Witch.

Dengan aksi dan pertarungan yang sangat epik, para Avengers memiliki tanggung jawab untuk menghentikan Ultron dengan rencana mengerikan.

14. Ant-Man (2015)

urutan film marvel
IMDb

Ini menjadi sekuel pertama dari superhero Ant-Man dalam MCU yang dibintangi oleh Paul Rudd dan Michael Douglas. Sama seperti dalam komiknya, Ant-Mant memiliki kekuatan untuk mengatur ukuran tubuh. Sosok dibalik Ant-Man sendiri adalah Scott Lang, yang dimentori oleh Dr. Hank Pym.

Sembari mengatasi berbagai ancaman dan juga pencurian yang akan merugikan umat manusia, Ant-Man harus terus berjuang dengan merahasiakan identitas aslinya.

15. Captain America: Civil War (2016)

urutan film marvel
IMDb

Civil War adalah urutan film marvel Captain America. Karena adanya tekanan politik dari pemerintah dunia, membuat Avenger harus terpecah belah. Hal ini karena Steve Rogers dan Tony Stark memiliki pendapat yang berbeda atas tekanan politik tersebut.

Dan sejak itu, akhirnya Avengers terbelah menjadi dua kubu. Di kubu Steve, ada Winter Soldier, Ant-Man, Falcon, Scarlet Witch, dan Hawkeye. Kemudian untuk kubu Tony yang mendukung keputusan pemerintah, ada Black Widow, War Machine, Vision, Black Panther, dan Spiderman.

BACA JUGA: 16 Film Adventure Terbaik & Seru, Serasa Diajak Berpetualang!

16. Doctor Strange (2016)

IMDb

Doctor Stephen Strange (Benedict Cumberbatch), seorang dokter saraf ternama mengalami kecelakaan yang hampir menghilangkan nyawanya. Untuk menyembuhkan tangannya karena kecelakaan tersebut, Ia harus mengesampingkan egonya dan mempelajari sebuah rahasia penting di dunia yang tersembunyi.

Kemudian Strange bertemu dengan seorang Ancient One dan memutuskan untuk belajar masuk ke dimensi lain. Akan tetapi, ada syarat yang harus dipenuhi, yakni Ia harus menjadi perantara antara dunia nyata dan juga kehidupan luar. Hingga akhirnya ia mendapat kekuatan untuk menyeimbangkan dunia.

17. Spider-Man: Homecoming (2017)

IMDb

Usai lisensi Spider-Man berhasil dipegang oleh MCU, rilislah film Spider-Man: Homecoming yang dibintangi oleh Tom Holland. Film ini menceritakan tentang Peter Parker yang kembali pulang ke rumah bersama bibinya, May Parker, setelah terlibat dalam insiden Civil War.

Dalam film ini, Tony Stark menjadi mentor sekaligus mengawasi Spiderman. Selain menjalani rutinitas sebagai seorang mahasiswa, Peter terus mengembangkan kekuatannya. Sampai muncul musuh baru bernama Vulture yang mengancam hal-hal berharga miliki Peter Parker.

18. Black Panther (2018)

IMDb

Setelah insiden Civil War terjadi, Raja T’Challa, kembali ke Wakanda, sebuah negara tertutup dengan teknologi yang sangat maju di kawasan Afrika. Akan tetapi, kepulangan pemimpin Wakanda ini justru ditentang oleh beberapa golongan.

Memanfaatkan hal tersebut, Erik Killmonger berusaha untuk merebut tahta T’Challa dan juga menguasai Wakanda. Untuk menghadapi Erik Killmonger, Black Panther harus bekerja sama dengan agen C.I.A, Everett K yang ternyata terjebak di Wakanda.

19. Thor: Ragnarok (2017)

IMDb

Mjolnir, palu andalan Thor telah hancur setelah kedatangan Hela, kakak tirinya yang sudah lama dikurung oleh Odin. Namun Thor justru terdampar di sisi lain alam semesta, dan harus berpacu dengan waktu untuk kembali ke Agard dan menghentikan Hela yang berusaha menguasai Asgaard dan sembilan dunia.

Di tempat dimana Ia terdampar, Thor juga bertemu dengan rekan Avengers-nya, The Incredible Hulk. Bersama dengan Hulk, Valkyrie, serta Loki, akhirnya Thor bisa kembali ke Asgaard dan menghentikan Hela walaupun harus merelakan Asgaard hancur.

20. Ant-Man and the Wasp (2018)

IMDb

Kali ini Scott Lang harus menghadapi konsekuensi terhadap keputusannya antara menjadi superhero dan seorang ayah. Setelah Civil War, Scott Lang harus menjadi tahanan rumah dan menyampingkan tanggung jawabnya sebagai Ant-Man.

Namun dengan bantuan Hope Van Dyne dan ayahnya, Dr. Hank Pym, Scott kembali mengenakan kostum Ant-Man dan menjalankan misi mendesak.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Netlfix Terbaik yang Wajib Kamu Tonton!

21. Black Widow (2021)

IMDb

Ini adalah sebuah film yang menceritakan kisah seorang Black Widow secara utuh. Film Black Widow ini menceritakan tentang masa lalu dari Black Widow, Natasha Romanov dan juga hubungannya dengan Red Guardian, superhero asal Uni Soviet dengan kekuatan yang menyerupai Captain America.

22. Avengers: Infinity War (2018)

IMDb

Sekuel dari film Avengers: Infinity War menjadi salah satu film yang tunggu-tunggu oleh para penggemar film Marvel. Perjuangan yang dilakukan oleh para Avengers, mengarah pada momen yang satu ini. Hampir semua superhero Marvel bersatu untuk melawan musuh paling kuat yang pernah ada, Thanos.

Thanos sendiri memiliki tujuan untuk mengumpulkan 6 Infinity Stones. Kemudian kekuatan dari 6 Infinity Stones tersebut digunakan untuk menghilangkan setelah dari populasi di alam semesta.

23. Avengers: Endgame (2019)

IMDb

Bisa dibilang jika Avengers: Endgame adalah film marvel terbaik dan yang paling laris. Jawaban atas semua pertanyaan yang muncul setelah Infinty War pun terjawab sudah. Seperti yang telah diketahui, bahwa para superhero mengalami kekalahan di Avenger yang sebelumnya.

Nah, anggota Avengers yang tersisa pun berusaha untuk mengalahkan Thanos dan mengembalikan kondisi seperti semula. Tentu saja petualangan yang harus dilalui tidak mudah. Bahkan mereka harus melintasi waktu untuk mengembalikan kondisi bumi.

24. Spiderman: Far From Home (2019)

IMDb

Urutan film marvel setelah end game adalah Spiderman: Far From Home. Timeline dari film ini berlangsung beberapa bulan setelah para Avengers berhasil mengembalikan kehidupan separuh jagat raya. Dalam film ini, Spiderman masih terus terbayang-bayang akan sosok Tony Stark dan berusaha untuk berdiri sendiri.

25. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021)

IMDb

Shang Chi menceritakan tentang master kungfu yang harus menghadapi masa lalunya sebelum bergabung ke dalam organisasi Ten Rings. Ayah Shang Chi mengajarkan kungfu dengan tujuan kelak anaknya menjadi sosok penguasa yang jahat.

Namun hal itu berbanding terbalik dengan kepribadian Shang Chi. Akhirnya, Shang Chi harus bertarung melawan ayahnya sendiri.

26. The Eternals (2021)

IMDb

The Eternals adalah film MCU yang mengisahkan 10 superhero dalam kelompok Eternals, yakni Ikaris, Thena, Sersi, Ajak, Druig, Sprite, Makkari, Kingo, dan, Gilgamesh. Mereka berasal dari ras Eternal dan datang ke bumi 7000 tahun lalu, untuk melindungi manusia dari ancaman Deviants.

27. Spiderman: No Way Home (2021)

IMDb

Spiderman kembali beraksi untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah atas kejadian dalam film sebelumnya. Kemudian Ia meminta bantuan Dr. Strange, namun hal yang tidak terduga terjadi. Dia justru masuk ke dunia pararel yang membuatnya bertemu dengan musuh-musuh baru.

BACA JUGA: Fakta Menarik di Balik Film Sang Chi and the Legend of the Ten Ring

28. Doctor Strange: Multiverse of Madness (2022)

IMDb

Konsep multiverse menjadi kata kunci utama pada film-film MCU di fase 5 ini. Maka dari itu konsep multiverse pertama diperkenalkan di film Spiderman: No Way Home dan kemudian dijelaskan secara lengkap di film Doctor Stranger: Multiverse of Madness.

Beberapa detail penting pun tidak ketinggalan dijelaskan secara jelas di serial WandaVision yang tayang pada tahun 2021. Di film ini, Doctor Strange harus berhadapan dengan Wanda yang menjadi jahat sebagai Scarlet Witch dengan ambisi buruknya.

Di film ini, Doctor Strange bertemu gadis bernama America Chavez yang memiliki kekuatan super untuk melintasi multiverse. Keduanya bersama-sama melawan Scarlet Witch yang mencoba untuk menghancurkan semesta dan membenturkannya.

Mungkin Sedulur masih ingat, salah satu quutes yang ikonik muncul di film ini, yaitu I love you in every universe yang disampaikan oleh Doctor Strange kepada kekasihnya Christine Palmer.

29. Thor: Love and Thunder (2022)

IMDb

Thor yang merupakan salah satu superhero penting di awal fase MCU mendapatkan film yang digadang-gadang sebagai film terakhir Thor di MCU. Film ini lebih mengisahkan bagiamana perjalanan Thor dalam mencari kedamaian batin setelah berbagai macam kesulitan yang dihadapinya.

Di tengah kesulitannya tersebut, Thor harus berhadapan dengan Gorr, seorang pembunuh para dewa yang ada di galaksi. Ancaman Gorr dapat merusak tatanan semesta dan galaksi. Thor pun dibantu oleh King Valkyrie, Korg dan mantannya Jane Foster.

Di film ini juga menjadi ajang comeback Natalie Portman sebagai Jane Foster yang menghilang dari film-film MCU lainnya. Sebuah reuni yang mengharukan dengan akhir film yang tidak begitu buruk untuk dikenang.

29. Black Panther: Wakanda Forever (2022)

IMDb

Selanjutnya adalah Black Panther: Wakanda Forever yang tayang tahun 2022 kemarin. Film ini melanjutkan kisah Black Panther selanjutnya setelah kematian King T’Chala. Perjuangan lepas dari bayang-bayang T’Chala sebagai Black Panther sangat berat dihadapi oleh Ratu Ramonda Shuri, M’Baku, Okoye dan Dora Milaje.

Di film ini juga, MCU mengenalkan satu karakter baru yaitu Namor, seorang mutan yang bisa hidup di darat dan laut dengan kukuatan luar biasa. Wakanda pun harus menghadapi kesulitan dengan berperang melawan bangsa Talokan yang dipimpin oleh Namor sebagai raja.

Kemungkinan, Namor akan memiliki filmnya sendiri kedepannya. Namun hal tersebut belum bisa dipastikan karena belum ada konfirmasi resmi dari pihak MCU. Namun keterlibatan Namor dalam film-film MCU lainnya sangat besar terjadi.

30. Ant-Man and the Wasp: Quantumania (2023)

IMDb

Ant-Man and the Wasp: Quantumania merupakan film paling baru dari MCU yang tayang pada Februari yang lalu. Film ini menjadi pondasi penting bagi kelanjutan film-film MCU selanjutnya, karena film ini merupakan awal pembukaan fase 5 yang direncanakan oleh MCU.

Film ini berkisah tentang Scott Lang dan Hope van Dyune yang bertualang di dunia quantum atau Quantum Realm. Sebuah tempat yang memungkinakn interaksi dengan makhluk-makhluk aneh, sekaligus sebuah tempat tanpa ruang dan waktu.

Di film ini, akan dijelaskan lebih lengkap terkait sosok Kang The Conqueror yang akan menjadi musuh utama superhero Marvel yang tergabung dalam The Avengers. Bahkan, salah satu film Avengers yang telah diumumkan mengambil judul Avengers: The Kang Dynasty.

Segala teka-teki dan pertanyaan yang memenuhi kepala Sedulur selama menonton Ant-Mang and the Wasp: Quantumania tentu akan terjawab secara perlahan selama film MCU lainnya rilis dan tayang. Puncaknnya tentu saja akan terjawab di film Avengers itu sendiri. Menarik untuk ditunggu dan dinantikan.

Jadwal film MCU yang akan tayang ke depannya

Reddit

Bagi Sedulur yang penasaran apa saja film MCU selanjutnya setelah Ant-Man and The Wasp: Quantumania yang baru tayang bulan lalu, berikut ini daftar film MCU yang akan tayang dan sudah memasuki fase 5 ini, yaitu:

  1. Guardians of the Galaxy Vol. 3 (5/5/2023)
  2. The Marvels (28/6/2023)
  3. Captain America: New World Order (3/5/2024)
  4. Thunderbolts (26/6/2024)
  5. Fantastic Four (28/11/2024)
  6. Avengers: The Kang Dynasty (2/5/2025)
  7. Avengers: Secret Wars (7/11/2025)

BACA JUGA: Rekomendasi Film Keluarga Terbaik yang Bikin Emosi Terkuras!

Serial MCU yang berkaitan dengan film

Tribun

Bagi Sedulur yang merupakan fans berat MCU tentu mengetahui bahwa obsesi dari MCU yaitu menyatukan sebuah super hero dalam cerita besar yang utuh. Hal tersebut yang membuat setiap film-film dari MCU sangat berkaitan.

Namun, jika bergantung pada film saja, MCU akan kesulitan menjelaskan setiap detail-detail yang perlu diketahui penonton yang berkaitan erat dengan cerita utuh yang sedang dibangun. Selain karena biaya produksi film yang tinggi dan terbatasnya durasi, maka MCU merasa perlu membuat serial-serial yang mendukung cerita agar semakin utuh dan menyeluruh.

Maka dari itu, beberapa Serial yang ditayangkan oleh MCU melalui Disney+ masih menjadi bagian penting. Bagi Sedulur yang belum mengetahui ada serial apa saja, yang mendukung cerita MCU Fase 5 ini, berikut ini daftarnya:

  1. Loki (2021)
  2. WandaVision (2021)
  3. Falcon and the Winter Soldier (2021)
  4. Hawkeye (2021)
  5. What If…? (2021)
  6. Moon Knight (2022)
  7. Marvel (2022)
  8. She-Hulk: Attorney at Law (2022)
  9. Werewolf by Night (2022)
  10. I Am Groot (2022)

Setiap masing-masing serial di atas, menceritakan kisah yang akan menjadi dasar penting bagi film-film MCU selanjutnya. Sehingga film-film MCU menjadi lebih efektif dan fokus pada topik yang akan dibahas. Seperti contohnya, Kang The Conqueror yang merupakan musuh utama di Ant-Man and the Wasp: Quantumania, tidak tiba-tiba muncul begitu saja.

Kang The Conqueror yang akan menjadi musuh utama setelah Thanos dikalahkan, telah lebih dulu diperkenalkan dan dijelaskan melalui serial Loki (2021). Begitu pula serial-serial lainnya yang memiliki fokus cerita yang berfungsi sebagai pembukaan dalam menjelaskan masalah penting yang diangkat dalam film-film Marvel selanjutnya.

Itu dia urutan nonton film Marvel yang harus Sedulur ketahui. Bagi beberapa orang, menonton film itu tidak harus sesuai urutan timeline. Namun bagi yang lain, rasanya memang cukup aneh jika kita menonton beberapa film tidak sesuai dengan urutannya. Akan ada bagian yang dirasa kurang pas atau menghilang.

Oleh sebab itu, catat urutan film Marvel di atas dan mulai nonton dari awal sampai akhir, ya. Oh iya jika Sedulur ingin nonton film, jangan lupa untuk menyediakan cemilan. Tidak usah khawatir, bahan-bahan pembuat cemilan yang murah dan berkualitas bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super.

Atau Sedulur ingin langsung beli langsung camilan dan aneka minuman segar? Tenang, bukan hanya bahan-bahan memasak berbagai camilan juga tersedia lengkap di Aplikasi Super. Rajin-rajin cek Aplikasi Super, ya. Bagi yang belum punya aplikasinya, jangan lupa download di Playstore sekarang juga!