shang chi and the legend of the ten rings

Beberapa waktu lalu, Marvel merilis film terbarunya yang berjudul Shang Chi and the Legend of the Ten Rings. Sontak, layar lebar ini langsung menjadi tontonan seru untuk penggemar film superhero yang tahun ini dimanjakan dengan berbagai ragam tontonan berkualitas di berbagai layanan streaming yang tersedia di tanah air. 

Bukan film yang flopped atau gagal memukau penonton, Shang-chi Marvel jadi film yang sejak perilisan trailer menarik perhatian publik. Bahkan terbukti skornya cukup tinggi di IMDb maupun Rotten Tomatoes. Bahkan situs macam The Guardian yang dikenal pelit skor pun mempersembahkan 4 bintang untuk film ini. Sehebat apa? Yuk, kita simak fakta menarik di baliknya. 

BACA JUGA: 12 Film Korea Terbaru Akhir 2021 yang Paling Banyak Ditonton

1. Film superhero yang dibumbui drama keluarga 

shang-chi and the legend of the ten rings sinopsis
nytimes.com

Mari kita mulai dengan membahas Shang-chi and the Legend of the Ten Rings sinopsisnya. Lakon utama di sini adalah Shang Chi yang mengubah namanya menjadi Shaun, seorang pria yang diperkirakan berusia 20-an atau awal 30-an. Ia adalah seorang milenial yang hidup tenang dengan pekerjaan yang biasa-biasa saja.

-->

Seiring berjalannya Shang-chi movie, beberapa fakta tentang masa lalunya terkuak dan ia harus melakoni misi penting. Selain membahas misi, karya terbaru Marvel ini banyak menyinggung isu keluarga seperti perceraian dan hubungan yang disfungsional. Terdengar membosankan? Salah, justru ini jadi daya tarik dari Shang Chi

2. Pemeran utamanya adalah seorang stuntman 

shang-chi movie
dailycal.org

Ini adalah film pertama Simu Liu sebagai aktor utama. Sebelumnya, aktor keturunan Tiongkok yang lahir dan besar di Kanada ini lebih banyak mengambil pekerjaan sebagai stuntman di film aksi. Sesuatu yang berisiko sampai akhirnya talentanya diperhitungkan.

Shang Chi Wiki tak hanya spesial untuk Liu, tetapi juga menjadi representasi karakter Asia pertama yang diusung Marvel Cinematic Universe. Seperti yang kita tahu inklusivitas dalam industri film mulai meningkat beberapa tahun belakangan dan jadi angin segar untuk para pelaku industri non kulit putih. 

Meski dinilai sukses, dilansir dari SupChina, Liu sempat menuai kontroversi saat wawancaranya dianggap menghina Tiongkok oleh kelompok nasionalis di negara tirai bambu tersebut. Saat itu Liu mengungkapkan rasa syukurnya bisa besar dan tinggal di Kanada mengingat banyak orang yang tidak bisa hidup layak di Tiongkok. 

Sebenarnya pernyataan Liu jika ditilik lebih dalam lagi menunjukkan bahwa inklusivitas dalam industri film internasional termasuk semu. Aktor atau seniman dari kaum minoritas seperti Asia atau kulit hitam yang ingin mendapat kesempatan harus setidaknya sudah tinggal di negara-negara tertentu, semisal Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada. Sangat langka menemukan aktor yang bisa berkarya dari negara asal mereka, kecuali aktor Korea Selatan.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Netlfix Terbaik yang Wajib Kamu Tonton!

3. Diramaikan banyak aktor Asia berbakat lainnya 

avenger shang-chi
refinery29.com

Dari Shang-chi trailer, kamu juga bakal dimanjakan performa apik Awkwafina yang sudah beberapa kali tampil gemilang di film yang ia bintangi. Bahkan sukses dengan film garapannya, The Farewell. 

Ada pula pendatang baru Meng’er Zhang yang memerankan sosok saudara perempuan Shang Chi. Selama ini Zhang lebih banyak berkarya di negara asalnya, Tiongkok. Menariknya lagi Zhang menemukan pasangan hidupnya lewat film Shang Chi and the Legend of the Ten Rings yang jadi debutnya internasionalnya. 

Masih ada Michelle Yeoh, salah satu aktris senior keturunan Asia yang sudah sering bermain film Hollywood. Selain itu, ada Tony Leung yang juga dikenal sebagai salah satu aktor Asia kawakan yang sukses secara internasional. 

4. Diangkat dari komik berjudul sama dan sempat akan diadopsi jadi serial televisi di era 1980-an

shang chi trailer
thewrap.com

Karakter Shang Chi pertama muncul pada 1973 di salah satu seri komik rilisan Marvel. Ia digambarkan sebagai seorang keturunan Tiongkok yang menguasai banyak gerakan bela diri. Bahkan salah satu petinggi Marvel, Roy Thomas seperti dikutip dari CBR menyatakan bahwa para kreatornya terinspirasi dari sosok Bruce Lee yang fenomenal. 

Sekitar 1980-1990-an, Marvel sudah mewacanakan adaptasi komik ini ke sebuah serial televisi. Bahkan mereka sudah menyasar Brandon Lee, putra Bruce untuk menjadi Shang Chi. Namun, Brandon Lee meninggal karena kecelakaan di set sebuah film sebelum proyek tersebut terealisasi. 

BACA JUGA: 12 Film Sedih yang Harus Kamu Tonton, Pasti Bakal Nangis!

5. Disutradarai Destin Daniel Cretton dan Dave Callaham 

shang-chi marvel
latimes.com

Produksi film ini sudah dimulai sejak 2001 tetapi sempat tertunda dan berganti personel. Akhirnya Cretton bergabung dengan tim di 2019 untuk merealisasikan Shang Chi versi Marvel. Cretton sendiri merupakan sutradara Amerika Serikat keturunan Jepang yang sukses membuat film sekelas Short Term 12, The Glass Castle, dan Just Mercy. Ia juga sering melambungkan nama-nama aktor indie yang sebelumnya tidak begitu dikenal sebut saja Brie Larson dan Rami Malek.

Gaya produksinya pun cukup khas, ia suka permainan watak dan adegan yang mengaduk emosi. Tak heran, Shang Chi and the Legend of the Ten Rings pun terasa berbeda. Bahkan beberapa menganggap filmnya terlalu fokus pada drama dan sedikit melupakan action-pack yang biasanya jadi nilai jual untuk sinema superhero.  

6. Ada peluang Shang Chi akan dibuat sekuelnya

shang-chi netflix
vanityfair.com

Sebagai bagian dari MCU, avenger Shang-chi memiliki peluang untuk menjadi bagian dari dan dipertemukan dengan superhero lainnya. Salah satu yang paling prospektif adalah Spiderman seperti yang termaktub dalam komiknya. Film ini juga berakhir dengan hints bahwa akan ada sekuel yang bakal segera digarap dan dirilis Marvel dalam waktu dekat. 

Apakah Sedulur sudah nonton? Shang-chi Netflix pun masih belum tersedia. Tetapi bisa Sedulur nikmati lewat platform Disney Plus yang menjadi pemilik hak distribusinya. Biar waktu nontonmu tak terganggu, belanja kebutuhan sembakomu di Aplikasi Super. Tinggal klik, bayar, dan tunggu barang sampai di depan rumah. Semudah itu, Sedulur.