Tv series terbaik

Beberapa tahun belakangan, layanan streaming jadi salah satu sumber hiburan favorit banyak orang. Terutama generasi muda yang haus konten-konten berstandar internasional. Tak hanya film berdurasi 2 jam, serial dengan belasan episode pun tetap dinanti.

Selain Vincenzo, Squid Game, dan Money Heist, berikut beberapa TV series terbaik dari berbagai negara yang bisa Sedulur nikmati sekarang juga. Catat yang paling menarik dan alokasikan waktu buat binge-watch.

BACA JUGA: 9 Fakta Series The Queen’s Gambit yang Terkuak, Sudah Tau?

1. Taxi Driver (2021-)

tv series terbaik
Forbes

Taxi Driver adalah drakor rilisan tahun 2021 yang cukup populer. Bergenre action, ia bisa jadi salah satu tontonan ideal untuk Sedulur yang ingin nonton drakor dengan sensasi berbeda.

Kisahnya berkutat pada sebuah perusahaan taksi yang menjalankan bisnis sampingan, yaitu membalaskan dendam para korban kejahatan yang tidak atau susah mendapat keadilan dari aparat penegak hukum. Tiap episodenya seperti roller coaster, bikin penonton tergoda buat menekan tombol lanjut. Kabarnya series ini sedang dalam proses produksi musim keduanya. 

2. Dark (2017-2020)

Dark series
Netflix

Serial televisi terbaik berikutnya datang dari Jerman. Series ini baru saja tamat tahun 2020 lalu, setelah tayang perdana musim pertamanya di Desember 2017. Ia bergenre science fiction dengan setiap twist yang bikin mulut menganga di episodenya. Series ini mengikuti kehidupan para penduduk sebuah kota fiktif bernama Winden dari masa ke masa yang saling bertautan. Semua bermula dari hilangnya salah satu anak 11 tahun bernama Mikel saat bermain di sebuah gua misterius. Menarik dan mindblowing, kamu pasti tergiur untuk nonton ketiga musimnya sekaligus. 

3. Chernobyl (2019)

Chernobyl
Hotstar

Sesuai dengan judulnya, serial ini membahas tentang tragedi kebocoran reaktor nuklir Chernobyl di tahun 1986 yang saat itu masih jadi bagian dari Uni Soviet. Plot ceritanya merupakan dramatisasi dari sudut pandang dan kesaksian beberapa tokoh yang terlibat langsung dalam pengungkapan penyebab dan penyelamatan nyawa para pegawai. Serial HBO ini jadi dilabeli salah satu TV series terbaik yang menyabet 10 Emmy Awards sekaligus. Sedulur bisa menontonnya secara maraton karena ia masuk dalam kategori miniseri dengan 6 episode saja. 

BACA JUGA: Profil Lee Min Ho dan Drama Korea Terbaru yang Dibintanginya

4. My Brilliant Friend (2018-)

tv series terbaik
Entertainment Weekly

Masih dari HBO, Sedulur wajib coba My Brilliant Friend. Ia diangkat dari sebuah novel fenomenal karya novelis Italia bernama alias Elena Ferrante. Cerita di mulai di tahun 1950an, pasca Perang Dunia II di sebuah pemukiman miskin di Napoli, Italia. Tinggalah dua anak perempuan bernama Lenu dan Lila yang menjalin persahabatan hingga usia senja mereka. Serial drama ini dikemas dalam 4 musim mengikuti novelnya dan kini sudah masuk musim ketiga. Harus nonton, sih. Apalagi buat Sedulur yang menikmati serial dengan muatan sosial dan politik. 

5. Ozark (2017-2022)

Ozark series
Netflix

Ozark adalah TV series terbaik Barat yang tayang di Netflix sejak tahun 2017. Kini ia sudah masuk musim keempat yang merupakan musim pamungkas dari saga si Marty Bird. Marty dikisahkan sebagai seorang akuntan yang terjebak kerjasama dengan kartel narkoba asal Meksiko dan akhirnya melakukan operasi pencucian uang di sebuah daerah bernama Ozark. Namun, tak selancar yang ia bayangkan, Ozark yang sepi dan perekonomiannya lesu ternyata menyimpan banyak tantangan. Tak cuma menghibur, Sedulur bisa belajar banyak hal tentang hukum, ekonomi, dan politik lewat series ini. Kalau suka dengan penampilan Julia Garner di Inventing Anna, perannya di Ozark tak kalah seru, lho. 

6. Narcos (2015-2017)

Narcos Escobar
Netflix

Sedulur pasti pernah dengar nama Pablo Escobar. Ia adalah seorang bos besar gembong narkoba asal Kolombia yang licin bagai belut. Kekayaannya tak terhingga dan tentunya sampai kini masih bisa dinikmati pewarisnya. 

Series ini berusaha menceritakan sosok Escobar dari awal ia bergelut di bisnis ilegal tersebut hingga akhirnya tewas di tangan polisi. Narcos tayang selama 3 musim dan jadi salah satu karya orisinal terpopuler dan terbaik yang pernah dibuat Netflix. Sukses berat, produser kemudian membuat serial serupa yang membahas para narcos (orang yang bergelut di perdagangan narkoba) di Meksiko. 

7. Ted Lasso (2020-)

Decider

Ted Lasso mungkin satu-satunya serial sepak bola yang pernah ada di muka bumi. Judulnya diambil dari sang lakon, seorang pelatih sepak bola asal Amerika Serikat yang mendapat kontrak melatih tim divisi dua di Liga Inggris. Tentunya dengan pengalamannya yang minim tentang sepak bola Eropa, ia diremehkan. 

TV series Barat bergenre komedi ini menuai banyak pujian. Ia juga bisa jadi jendela para penggemar sepak bola untuk tahu apa yang terjadi di balik sebuah pertandingan. Tak hanya Jason Sudeikis sebagai sang lakon, para aktor pendukung lainnya juga langganan Emmy. 

BACA JUGA: 16 Film Netflix Terbaik Ini Wajib Kamu Tonton Di Kala Bosan

8. Drop Out (2022)

Drop Out
The New York Times

Serial berikutnya datang dari layanan streaming Hulu. Meski tak tersedia di Indonesia, beberapa serial Hulu termasuk Drop Out bisa Sedulur saksikan lewat Disney Plus. Ceritanya diangkat dari sebuah podcast berjudul The Dropout yang membahas perjalanan seorang perempuan muda bernama Elizabeth Holmes saat membangun perusahaan bioteknologi bernama Theranos di awal 2000an. 

Saat itu, ia memutuskan berhenti dari studinya di Stanford dan berusaha menyediakan fasilitas kesehatan yang bisa diakses semua orang hanya lewat layanan pos. Sosok Holmes diperankan oleh Amanda Seyfried. Series ini tayang 8 episode dari Maret sampai April 2022. 

9. Twenty-Five Twenty-One (2022)

Twenty five twenty one series
Netflix

Mendapat skor tinggi dari audiens, Twenty-Five Twenty One adalah drama Korea terbaru Netflix yang tayang perdana Februari 2022 lalu. Ia dibintangi beberapa nama tenar macam Kim Tae Ri dan Nam Joo Hyuk. Keduanya memerankan sosok anak muda berusia 18 dan 22 tahun yang kemudian jatuh cinta saat mereka sama-sama memasuki usia 21 dan 25 tahun. 

Serial ini ringan, tetapi penuh dengan pesan akan harapan dan penggambaran kehidupan serta aspirasi anak muda saat ini. Episode terakhir mereka direncanakan tayang April 2022 mendatang. Apakah kamu salah satu yang rutin menontonnya? 

10. Euphoria (2021-)

tv series terbaik
MTV

Euphoria adalah serial garapan HBO yang tayang sejak 2021 lalu. Ia awalnya mengikuti perjalanan seorang anak SMA bernama Rue yang pernah bermasalah dengan adiksi pada obat-obatan terlarang. Saat pindah ke sekolah baru, ia menemukan anak-anak lain yang juga menyimpan trauma dan masalah mereka sendiri. Series ini mengangkat tokoh-tokoh inklusif, seperti LGBTQ+, plus size, dan datang dari beragam etnisitas yang ada di Amerika. Euphoria menuai banyak pujian, tetapi juga kritik dari beberapa pihak yang menganggapnya terlalu vulgar mengingat kebanyakan karakter di film ini diceritakan masih berusia di bawah umur. 

11. The Great (2020-)

The Great series
Collider

Suka sama period drama macam Bridgerton? Jajal juga The Great yang dibintangi Elle Fanning dan Nicholas Hoult. Series yang tayang di Hulu ini mereka masukkan dalam kategori anti-history yang berarti kisah fiktif para tokoh nyata di masa lalu. Mereka mengambil sosok pemimpin Rusia bernama Peter The Great yang menikahi Catherine II karena perjodohan. 

Catherine yang sejak awal tak suka dengan perjodohan dan selalu menentang objektifikasi perempuan akhirnya berkomplot untuk menyingkirkan sang suami dan menjadi Ratu. Series ini penuh dengan humor satir yang bikin penonton ikut terbahak dan menggelengkan kepala. The Great sudah tayang 2 musim. 

BACA JUGA: Sinopsis Midnight Mass, Serial Horor Terbaru yang Menegangkan

12. 1883 (2021-)

1883 series
JoBlo

1883 adalah salah satu TV series terbaik yang tayang akhir 2021 lalu dan merupakan prekuel dari serial Yellowstone. Latarnya adalah Amerika Serikat pasca perang sipil antara kelompok yang menolak dengan yang mendukung pembebasan budak asal Afrika. Penonton akan mengikuti plot ceritanya dari sudut pandang keluarga Dutton yang bermigrasi dari Tenesse menuju Texas bersama para imigran Eropa lain. 

Namun, perjalanan mereka yang penuh tantangan akhirnya akan berakhir di Montana di mana mereka akan membangun peternakan besar hingga bergenerasi-generasi berikutnya. Series Western seperti ini bakal membuka mata kita tentang perjuangan para imigran di masa lalu untuk membangun kehidupan di tanah seluas Amerika. Pun tidak menghilangkan konflik antar imigran dengan para penduduk asli yang lebih dulu berada di sana. 

13. Cobra Kai (2018-)

Forbes

Cobra Kai adalah sekuel dari trilogi film Karate Kid versi orisinal yang tayang di tahun 1980an. Mereka melanjutkan kisah rivalitas Daniel LaRusso dengan Johnny Lawrence yang kini memasuki usia kepala empat. Di awal-awal cerita, kita akan mengikuti sudut pandang Johnny yang hidupnya mulai berantakan, dan tanpa sengaja bertemu sosok remaja bernama Miguel yang ia bela saat akan dirundung beberapa bocah lain. Miguel akhirnya memintanya untuk mengajarinya karate. Lama-kelamaan, makin banyak murid yang tertarik belajar karate bersama Johnny. Namun, kehidupannya kembali bersilangan dengan Daniel yang juga punya isu sendiri. 

Cobra Kai awalnya dibuat sebagai salah satu andalan dari layanan streaming YouTube Red yang kini sudah tak lagi aktif. Mereka akhirnya pindah ke Netflix sejak 2021 lalu dengan musim barunya. Series ini sudah bertahan sampai musim 4 dan akan lanjut ke musim 5 dalam waktu dekat. 

14. Breaking Bad (2008-2013)

Dijuluki sebagai salah satu series terbaik sepanjang masa, Breaking Bad memang layak untuk kamu nikmati secara maraton. Kisah dimulai dari sudut pandang Walter White, seorang guru kimia yang butuh uang dan akhirnya memulai bisnis perdagangan narkoba jenis methamphetamine yang ia racik sendiri. Awalnya, ia hanya berdagang dalam skala kecil bersama salah satu muridnya, tetapi lama kelamaan bisnisnya berkembang dan jadi senjata makan tuan untuknya. 

Serial TV ini sebenarnya didistribusikan pertama kali lewat kanal AMC dan hanya tersedia untuk audiens Amerika. Namun, sejak musim keempatnya, Netflix membeli hak siarnya Breaking Bad. Hingga kini, ia masih jadi salah satu serial dengan penonton terbanyak di layanan streaming tersebut. 

15. Mare of Easttown (2021)

Dikemas dalam 7 episode saja, limited series dari HBO Mare of Easttown mendapuk Kate Winslet sebagai lakon. Ia memerankan sosok detektif paruh baya bernama Mare yang sudah setahun ini berusaha memecahkan misteri pembunuhan seorang remaja perempuan di kota tempatnya bekerja. Durasi yang lama membuat kapabilitas Mare mulai diragukan. Di sisi lain, Mare punya masalah pribadi yang juga harus diselesaikan. Series ini memenangkan tiga penghargaan Emmy sekaligus. 

BACA JUGA: 19 Rekomendasi Anime Movie Terbaik & Seru, Wajib Ditonton!

16. Imperfect: The Series (2021-)

tv series terbaik
Hai Diva

Imperfect: The Series bisa dibilang TV series terbaik Indonesia. Tayangan ini adalah prekuel dari versi filmnya yang tayang 2019 lalu, yaitu berlatar setahun sebelum film. Plotnya dibangun dari kehidupan para penghuni kos perempuan dengan isu masing-masing. Semuanya adalah representasi permasalahan khas Indonesia yang jarang dibahas di acara TV yang Jakarta-sentris. Menarik dan penuh pesan inklusivitas, ini salah satu karya terbaik Ernest Prakasa yang dinilai berkualitas mumpuni. 

17. Layangan Putus (2021)

Dari Indonesia, Sedulur mungkin sudah kenal dengan judul Layangan Putus. Ia tayang di iflix dan WeTV sebelum akhirnya tayang di salah satu saluran tv nasional pada awal 2022 kemarin. Premis serial ini sebenarnya cukup sederhana, dinamika kehidupan rumah tangga masa kini yang rusak karena perselingkuhan. Meski secara garis besar alurnya mirip sinetron biasa, series Indonesia ini viral karena penampilan apik para pemainnya yang turut mendongkrak kualitas cerita.

18. Fargo (2014-)

tv series terbaik
Empire Online

 Bila Sedulur pecinta cerita-cerita berbau kriminal dan mafia, Fargo adalah salah satu yang tak boleh terlewat. Musim pertamanya terinspirasi dari film berjudul sama yang tayang di tahun 1996 tentang kejahatan yang dilakukan seorang pegawai asuransi. Musim keduanya akan berganti plot, karakter, dan latar waktu, tetapi masih berkutat pada kasus kriminal yang terjadi di latar tempat yang tak jauh. Inilah yang membuat Fargo dikategorikan serial antologi, sehingga bisa ditonton dari musim berapapun. Di Indonesia, keempat musim Fargo bisa Sedulur saksikan lewat MOLA TV. 

BACA JUGA: 8 Fakta Snowdrop, Drama Korea yang Membelokkan Sejarah

19. Move to Heaven (2021) 

Buat yang ingin coba serial Korea bergenre melodrama yang bebas romansa, coba Move to Heaven, deh. Dibintangi Lee Je Hoon dan Tang Jun Sang. Keduanya memerankan sosok paman dan keponakan yang melakoni bisnis pembersihan barang orang yang baru saja meninggal. Series ini terinspirasi dari esai karya seorang trauma cleaner bernama Kim Sae Byul yang berjudul “Things Left Behind”. Sedulur bisa menontonnya langsung di Netflix sekarang juga, siapkan tisu karena bikin mewek. 

20. Yellowjackets (2021)

CNN

Berlatarkan tahun 1996, Yellowjacket berkisah tentang sekelompok tim sepakbola remaja asal New Jersey yang mengalami kecelakaan pesawat menuju Seattle. Mereka terjebak di sebuah hutan selama 19 bulan dan harus berjuang bertahan hidup. Series tersebut banyak terinspirasi dari novel legendaris Lord of the Flies tentang survival. Serta kisah nyata kecelakaan pesawat di Pegunungan Andes tahun 1972 yang membuat para korbannya terpaksa bertahan hidup dengan cara memakan jenazah kawan mereka sendiri. 

21. The Haunting (2018-)

Sedulur yang mencari tontonan horor berkualitas bisa menjajal serial The Haunting yang rilis di Netflix. Ia adalah series garapan Mike Flanagan yang terinspirasi dari beberapa novel horor klasik. Musim pertamanya diangkat dari karya Shirley Jackson berjudul The Haunting of Hill House dan musim keduanya dari novel The Turn of the Screw tulisan Henry James. Tak cuma jumpscare, ceritanya penuh dengan kengerian dan thriller psikologi yang menawan. Harus tonton, sih. 

22. Ramy (2019-) 

Ramy ditulis oleh sosok komedian Amerika keturunan Mesir, Ramy Youssef. Ia terinspirasi dari pengalamannya sendiri sebagai anak dari imigran Mesir yang lahir dan besar di Amerika Serikat. Dibumbui dengan satir dan humor, Youssef dengan cerdas menggambarkan kehidupan para muslim di AS yang tentunya tidak sama dengan deskripsi dan stigma yang dibuat para kreator film kulit putih. Ramy tayang dua musim dan akan dilanjut ke musim ketiganya.

BACA JUGA: Sinopsis Healer, Drakor Penyelidikan Rahasia tentang Masa Lalu

23. Peaky Blinders (2013-2022)

tv series terbaik
NME

Peaky Blinders adalah nama sebuah gang kriminal asal Birmingham, Inggris yang beroperasi sejak akhir tahun 1800an hingga awal 1900an. Versi serialnya diambil setelah Perang Dunia I dan fokus pada sosok bos Tommy Shelby yang diperankan aktor kawakan asal Irlandia, Cillian Murphy. Series ini tayang sampai musim keenamnya.

Awalnya hanya tersedia di BBC, kemudian didistribusikan untuk penonton internasional lewat Netflix. Lewat Peaky Blinders, Sedulur bisa belajar perkembangan konstelasi politik Inggris dan Eropa secara umum. Seru banget. 

24. Unbelievable (2019)

Tayang di Netflix selama satu musim, serial yang terinspirasi dari kisah nyata sebuah kasus pelecehan seksual berantai yang menimpa sejumlah perempuan di Washington dan Colorado. Sudut pandangnya diambil dari Marie, salah satu penyintas dan dua detektif perempuan yang bekerjasama mengusut tuntas kasus ini sampai menemukan sang pelaku. Serial ini tergolong miniseri dengan 6 episode saja, tetapi sanggup bikin penontonnya terhipnotis. 

25. Maid (2021) 

LAD Bible

Sama dengan Maid yang tayang Oktober 2021 lalu. Kisahnya tentang seorang perempuan muda dengan satu anak yang menjadi korban KDRT pasangannya. Ia kemudian berusaha untuk menghidupi anak dan dirinya sendiri dengan bekerja sebagai pembersih panggilan dengan upah minimum. Dramatis, tetapi juga memberdayakan, cerita Maid terinspirasi dari memoar tulisan Stephanie Land yang tentunya didramatisasi dan diubah tokoh-tokohnya. Sudah nonton? 

26. Station Eleven (2021)

Diadaptasi dari novel sci-fi berjudul sama, Station Eleven berlatarkan dunia pasca wabah penyakit yang menyisakan beberapa orang selamat. Sekelompok orang ini kemudian mencari penghidupan dengan berkeliling menjadi performer atau seniman. Namun, kehidupan tentram mereka berubah ketika mereka berpapasan dengan gang yang tak segan melakukan kekerasan. Serial ini tayang di HBO Max pada Desember 2021 hingga Januari 2022. 

27. Pachinko (2022) 

tv series terbaik
NME

Pachinko bisa jadi TV series terbaik 2022. Ceritanya diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya Min Ji Lee setebal 500 halaman. Ia dikategorikan family saga, yaitu kisah yang mengikuti kehidupan keluarga dari generasi ke generasi berikutnya. Semua dimulai dari sosok Sunja yang berasal dari sebuah desa di Korea, kemudian menikah dengan seorang misionaris dan pindah ke Jepang.

Pachinko berlatarkan Korea dan Jepang sekaligus saat Jepang masih menduduki negeri tersebut di awal tahun 1900an hingga akhirnya merdeka dan terpecah jadi dua negara berdaulat berbeda. Pachinko dirangkai sang penulis melalui riset mendalam dan wawancara dengan para diaspora Korea di Jepang yang sudah tinggal di sana sejak masa okupasi. 

28. Reservation Dogs (2021)

Buat yang suka komedi, Reservation Dogs boleh jadi tambatan hati baru. Ia berlatarkan Oklahoma, salah satu negara bagian di Amerika Serikat yang menjadi rumah banyak warga indigenous. Disutradarai para kreator yang juga berlatarbelakang penduduk asli benua Amerika, serial ini pun dianggap sebagai representasi sempurna kehidupan mereka di era modern. 

Sedulur akan mengikuti kehidupan empat remaja indigenous dengan segala masalah mereka, mulai dari kenakalan khas remaja hingga love-hate relationship mereka dengan orang tua dan kota mereka tinggal. Kocak dan penuh dengan fakta menarik tentang kehidupan kelas menengah bawah Amerika yang jarang terekspos. 

29. Outlander

Outlander adalah serial bertema time travel yang berlakonkan Claire Randall, seorang perawat di Perang Dunia II yang menemukan dirinya kembali ke tahun 1700an. Di sana ia justru bertemu dengan sesosok pria yang akhirnya menjadi suaminya. Berbalut kisah cinta dan sejarah yang seru, serial ini langgeng tayang selama  musim. Bahkan prekuelnya sedang dalam masa penggarapan. 

30. The Queen’s Gambit 

tv series terbaik
The New Yorker

Sedulur pasti sudah nonton, nih. The Queen’s Gambit sempat viral di masa penayangan perdananya tahun 2020 lalu. Ia adalah serial tentang catur pertama yang tak bikin penontonnya bosan. Seru dan penuh dengan intrik yang menarik di tiap episodenya. Penampilan Anya Taylor-Joy juga menuai pujian, nih. Buat yang tak suka nonton serial dengan banyak episode dan musim, series ini hanya tayang 1 musim saja, kok. 

Sudah ada puluhan serial terbaik yang bisa Sedulur nikmati di kala senggang. Silakan pilih mana yang layak masuk playlist-mu berikutnya. Sebelum nonton jangan lupa untuk membaca panduan usia yang disarankan. Jangan sampai mengajak anak menonton tayangan yang ditujukan untuk audiens dewasa. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.