snowdrop

Walaupun terus mendapat kecaman dari berbagai pihak, namun drama Korea Snowdrop tetap tayang. Drama yang satu ini, ditulis oleh Yoo Hyun Mi dan disutradarai oleh Jo Hyun Taek, yang juga memiliki peranan dalam drama SKY Castle.

Nah, banyaknya kecaman terhadap drama ini, disinyalir karena cerita di dalamnya yang telah membelokkan sejarah. Banyak yang merasa kecewa karena cerita yang dihadirkan tidak sama seperti cerita yang terjadi di dunia. Namun, apakah hanya karena hal itu saja yang membuat drama ini dikecam? Langsung saja, simak beberapa hal menarik mengenai drama Snowdrop yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 13 Aktor Korea Paling Tampan dan Bertalenta Tahun 2022

Snowdrop sinopsis

snowdrop
Layar

Tahun 1987, Im Soo Ho (Jung Hae In) dan Eun Young Ro (Jisoo) menjadi mahasiswa dari sebuah universitas bergengsi di Seoul, Korea. Im Soo Ho yang dibesarkan di Jerman, mempunyai pesona yang lembut akan tetapi memancarkan aura kerahasiaan dan tidak pernah terbuka.

-->

Sedangkan Eun Young Ro adalah sosok yang menyenangkan, lincah, dan ceria. Ia jatuh cinta kepada Im Soo Ho pada pandangan yang pertama di sebuah pertemuan sosial. Suatu hari, tiba-tiba Soo Ho masuk ke dalam asrama wanita yang berlumuran darah.

Di dalamnya, ada Eun Young Ro yang merawat dan menyembunyikan lukanya walau harus menghadapi bahaya di bawah pengawas yang sangat ketat. Di antara para pengawas tersebut, salah satu yang harus mereka hindari adalah Pi Seung Hee (Yoon Se Ah), ibu asrama Young Ro yang terkenal keras dan tegas. Selain itu, mereka juga harus menghindari Kye Boon Ok (Kim Hye Yoon), operator telepon di dalam asrama yang harus berhenti kuliah karena keadaan keluarganya.

Nah, Lee Kang Moo (Jang Seung Jo) adalah kepala dari Tim 1 Badan Intelijen Nasional (NIS) yang selalu bersikeras untuk melakukan segala sesuatunya sesuai dengan aturan yang berlaku. Sebaliknya, agen NIS Jang Han Na adalah sosok yang pemarah dan juga impulsif.

Kemudian ada Kang Chung Ya (Yoo In Na), seorang ahli bedah cantik dan berbakat di rumah sakit yang mampu memikat siapa saja dalam hitungan detik. Walau keahliannya di ruang operasi berhasil membuatnya mendapat reputasi sebagai ahli bedah yang dapat diandalkan, namun tampaknya ia menyembunyikan sesuatu.

Informasi penayangan Snowdrop

snowdrop
Showbiz

Nah, dari sekian banyak para penggemar K-Drama, mungkin ada yang merasa penasaran tentang penayangan drama perdana Jisoo BLACKPINK ini. Untuk itu, berikut beberapa pertanyaan yang mungkin Sedulur ajukan beserta jawabannya.

  • Snowdrop pemainnya siapa saja?

Drama yang satu ini memang bertaburkan bintang populer seperti Jung Hae In, Jisoo BLACKPINK, Yoo In Na, Jang Seung Jo, Yoon Se Ah, Kim Hye Yoon, hingga Jung Yoo Jin.

  • Snowdrop berapa episode?

Total keseluruhan episode dari drama yang terbilang kontroversial ini ada 16.

  • Snowdrop tayang dimana?

Sedulur bisa menyaksikan drama ini melalui JTBC dan juga Disney+ Hotstar.

  • Snowdrop tayang hari apa saja?

Drama ini telah menayangkan episode perdananya pada 18 Desember 2021 lalu, dan tayang setiap hari Sabtu dan Minggu.

  • Snowdrop tayang jam berapa?

Sedulur bisa menyaksikan drama ini di kedua platform di atas pada jam 21.00 WIB alias 9 malam.

Snowdrop kontroversi

snowdrop
Cine Dope

Drama Snowdrop ini menjadi kontroversial usai adanya tudingan jika JTBC selaku pihak produser melakukan distorsi sejarah. Sebelum drama ini tayang, bahkan sudah ada petisi yang diajukan untuk membatalkan penayangannya.

Akan tetapi, pihak JTBC masih teguh dengan pendiriannya dan menyatakan jika tidak ada distorsi sejarah di dalam serial drama televisi yang mereka buat. Kemudian pada 11 Januari, drama tersebut kembali menjadi sorotan ketika para mahasiswa dan juga profesor mengajukan petisi secara langsung ke Disney Plus.

Ada lebih dari 30 mahasiswa dan profesor di Korea Selatan yang berkumpul untuk mengajukan petisi secara resmi kepada presiden Disney Plus Asia Pasifik, tentang keprihatinan mereka atas sejarah yang diceritakan di dalam drama Snowdrop.

Bisa dibilang sosok orang yang menggagas petisi ini adalah Asisten Profesor Teknologi Georgia, Bae Keung Yoon. Beliau menulis surat terbuka kepada Presiden Walt Disney Asia-Pasifik, Luke Kang sebagai asisten profesor studi di Korea Selatan. Dia merasa prihatin karena drama Snowdrop telah menggunakan nama aktivis demokrasi Cheon Young Cho sebagai karakter yang diperankan oleh Jisoo BLACKPINK.

BACA JUGA: Generator Cara Membuat Nama Korea dari Tanggal Lahir dan Artinya

Menyinggung kebijakan pemerintah

Radio Web Indo

Diketahui jika Snowdrop merupakan drama Korea yang membawakan genre romantis. Kendati demikian, drama ini pun juga bisa disebut sebagai karya “sindiran” atau media yang digunakan untuk menyindir secara halus.

Hal ini karena Snowdrop sendiri dinilai telah menyindir kebijakan pemerintah di masa pemilihan presiden, yang menggunakan latar belakang rezim militer pada tahun 1987. Cukup menarik, bukan? Sebuah drama yang menguras air mata ternyata juga mengandung pesan sindiran yang menohok.

Mendapat petisi ketika masih syuting

Showbiz

Ternyata petisi terhadap drama Korea Snowdrop tidak hanya dilayangkan usai tayang, lho. Akan tetapi, sudah mendapatkan petisi sejak proses syuting masih berlangsung. Ada sekitar 220.000 warga Korea Selatan yang menandatangani petisi untuk menangguhkan pembuatan drama tersebut.

Hal ini bisa terjadi karena drama tersebut memiliki potensi untuk menghina gerakan demokrasi. Ya, jadi bisa dibilang jika kontroversi dan masalah dari drama ini sudah datang sejak proses pengambilan gambar.

Akhirnya mendapat izin tayang

Urbanasia

Walau dapat protes keras dari masyarakat Korea Selatan karena berpotensi mendistorsi sejarah, tetapi akhirnya drama ini mendapatkan izin tayang oleh pemerintah. Istana Kepresidenan Korea Selatan (Blue House) memutuskan untuk memberikan izin penayangan drama yang satu ini. Dilansir dari Koreaboo, Blue House telah merilis pernyataan jika kontroversi terjadi karena sinopsis dan pengenalan karakter yang belum lengkap. Hal itulah yang menyebabkan adanya kesalahan informasi.

BACA JUGA: The Royal Tailor: Sinopsis & Fakta, Persaingan Penjahit Korea

Pemerintah ajukan syarat penayangan

News18

Walau kini sudah mendapatkan izin tayang, namun hal itu bukan berarti pemerintah tidak melakukan apapun, lho. Pemerintah Korea Selatan pun memberikan syarat khusus dalam penayangan drama yang satu ini. Blue House telah menegaskan jika dalam drama ini ditemukan distorsi sejarah, maka tindakan sesuai hukum akan diambil oleh pihak negara. Pemerintah pun juga akan selalu memantau penayangan drama ini dan produser akan bertanggung jawab penuh jika ditemukan distorsi sejarah.

Jalan cerita yang berbeda

Kpop Chart

Tidak banyak drama yang membawakan latar sejarah. Walaupun menuai kontroversi, namun perlu diakui jika drama ini mampu mengangkat latar yang segar dan berbeda dari drama lain. Dikisahkan, Soo Ho adalah sosok yang lembut, religius, dan dibesarkan di Jerman. Sementara itu, Young Cho merupakan seorang perempuan ceria dari jurusan Sastra Inggris. Ya, mereka harus melewati berbagai halangan dan rintangan dalam kisah percintaan yang dijalani.

Nah, mungkin itu dia beberapa hal menarik yang bisa dibahas dari salah satu drama kontroversial asal Korea Selatan ini. Bagi Sedulur yang penasaran drama Snowdrop ending seperti apa, langsung saja tonton, ya. Entah itu benar atau tidak mengenai distorsi sejarah yang terjadi, sebenarnya tetap aman ditonton, asalkan kita hanya menganggap drama tersebut sebagai hiburan semata.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.