The Queen's Gambit populer di Netflix, Ini Faktanya!

The Queen’s Gambit merupakan salah satu film seri terbaik pada tahun 2021 lalu. Mengangkat cerita seorang wanita bernama Beth Harmon yang menjadi atlet catur kelas dunia, film ini berhasil menyabet 11 penghargaan bergengsi.

Film yang diangkat dari novel karya walter Tevis ini memang memiliki sudut pandang yang unik sehingga berhasil mencuri perhatian. Namun, ternyata banyak fakta-fakta unik dan menarik yang ditemukan dalam film yang dibintangi oleh Anya Taylor Joy itu lho.

Baik dari sejarah, kisah nyata yang ada sampai isu-isu politik yang melibatkan Amerika dan Rusia. Penasaran dengan fakta lengkapnya? Simak langsung artikel berikut ini ya!

Baca Juga: 12 Film Dewasa Produk Luar Negeri di Netflix, Sudah Nonton?

-->

1. Hampir tidak pernah ditayangkan di layar lebar

Film tentang catur
VOI

The Queen’s Gambil full movie nyaris tidak pernah tayang ke layar lebar selamanya. Hal ini setelah calon pemeran utamanya meninggal pada tahun 2008.

Ketika itu, novel karya Walter sudah banyak yang diangkat menjadi film hingga akhirnya tibalah giliran The Queen’s Gambit Beth Harmon.

Aktris bernama Ellen Page sempat didapuk untuk menjadi karakter utama, sayangnya tak lama kemudian dia meninggal. Produser film saat itu pun dibikin pusing karena semua rencana produksi menjadi buyar.

2. Anya Taylor Joy langsung terima tawaran

Film queens gambit
Men’s Health

The Queen’s Gambit cast, Anya Taylor Joy ternyata langsung menerima tawaran menjadi Beth Harmon tanpa membaca naskah.

Menurut salah satu sumber, ia bahkan tidak membaca terlebih dahulu naskah film tersebut dan langsung mengatakan bersedia.

Anya Taylor Joy akhirnya mendapatkan peran sebagai Beth Harmon, jawara catur wanita yang berasal dari Amerika Serikat di era 1960-an.

3. Nama karakter lainnya diambil dari pemain legendaris

Pemeran Queens Gambit
The Cut

Cast of The Queen’s Gambit, Jojen Reed yang memerankan karakter Benny Watts juga banyak mendapatkan perhatian.

Hal ini tak lepas dari fakta bahwa Benny Watts diadaptasi dari pemain catur asli yang sudah melegenda bernama Bobby Fischer.

Bobby diketahui menjadi grandmaster catur pada usia 13 tahun pada tahun 1956. Bahkan, permainan catur dari Bobby kala itu berhasil mencatatkan sejarah dengan kemenangan 11 kali beruntun dalam 11 permainan.

Pertandingan finalnya saat itu juga dijuluki sebagai Permainan Terbaik dalam Sejarah atau The Game of the Century.

Baca Juga: 16 Film Netflix Terbaik Ini Wajib Kamu Tonton Di Kala Bosan

4. Sempat muncul ide mengajak Grandmaster

Grangmaster catur
CNN

Pada season pertama The Queen’s Gambit, ternyata produser William Horbeg nyaris mengajak dua juara catur dunia atau Grandmaster dalam filmnya. Pecatur tersebut bernama Garry Kasparov dan Bruce Pandolfini.

Dua pecatur ini sendiri direkrut untuk menyusun skenario permainan catur sehingga film tersebut terlihat lebih realistis.

Sayangnya, karena berbagai macam hal, niat dari William akhirnya harus pupus dan grandmaster tersebut urung muncul dalam film.

Namun, semoga jika kelak The Queen’s Gambit season 2 muncul, ide mengajak grandmaster asli dalam film bisa terwujud ya. Karena pasti akan membuat penonton semakin takjub dengan film ini.

5. Skenario asli permainan catur

Alur main catur
The Conversation

Dengan kehadiran dua grandmaster dalam proses pembuatan film the Queen’s Gambit, tidak heran bila setiap adegan serial itu dilakukan dengan gerakan permainan catur sungguhan.

Para pemeran benar-benar memainkan catur sesuai dengan teknik grandmaster. Meskipun jika dilihat dalam film kamera tak selalu menyorot papan catur, setiap adegan yang diambil tetap berjalan seperti permainan sebenarnya.

6. Mengikuti tempo catur sebenarnya

Anya Taylor Joy
CNN

Tidak hanya mengikuti geraknya saja, tempo permainan catur yang dilakukan selama proses pembuatan ini juga sesuai dengan kecepatan aslinya lho.

Bahkan, Anya dikabarkan sempat mengalami frustasi selama memerankan Beth Harmon lantaran proses pengambilannya begitu lama.

Wah, jadi kebayang bagaimana rumitnya proses pembuatan film ini bukan.

Baca Juga: 3 Karakter Doctor Strange Muncul di Multiverse of Madness

7. Kostum Beth Harmon terinspirasi catur

Fakta Queens Gambit
Imgur

Selain dari sisi cerita dan karakter yang kuat di dalam film The Queen’s Gambit, ternyata penampilan Beth Harmon juga memiliki fakta unik lho.

Ya, selama film, Beth memang selalu tampil dengan tampilan yang tidak biasa dan unik. Tapi hal ini tak lepas dari tim kostum yang sangat terinspirasi dengan motif dan bentuk catur.

Jadi tidak heran ada beberapa potongan cuplikan film yang memperlihatkan kostum para pemainnya mirip dengan bidak catur.

8. Disebut membelokkan sejarah pecatur wanita dunia

Nona Gaprindashvili
FIDE

Bukan hanya soal kehebatannya saja, ternyata ada fakta yang kurang menyenangkan dalam film The Queen’s Gambit. Seorang pecatur asal Georgia bernama Gaprindashvili, menilai cerita film ini telah melenceng dari sejarah.

Hal ini tak lepas dari klaim dalam film yang menyebut Beth Harmon sebagai pecatur wanita pertama yang menjadi grandmaster.

Padahal, pada tahun 1978, Gaprindashvili berhasil menjadi juara dan meraih gelar grandmaster resmi dari Federasi Catur Internasional (FIDE).

Sayangnya, sejarah kemenangan Gaprindashvili ini tak pernah diungkit atau dibahas dalam film tersebut.

9. Netflix dituntut Rp 71 miliar

Pixabay Netflix
Pixabay

Masalah membelokkan sejarah itu ternyata berbuntut panjang. Gaprindashvili melayangkan gugatan pada Netflix dan meminta ganti rugi senilai US$ 5 juta atau setara Rp 71 miliar.

Gaprindashvili juga kecewa lantaran namanya sempat disebut tapi diperkenalkan sebagai orang Rusia. Padahal menurutnya dia selama ini bertanding mewakili Uni Soviet dan Gerogia.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik yang ada dalam film The Queen’s Gambit. Tentunya cerita tentang menjadi atlet catur wanita dan memenangi gelar grandmaster memang sangat menarik untuk diikuti ya.

Bagi Sedulur yang belum sempat menonton The Queen’s Gambit subtitle Indonesia, kamu udah bisa menontonnya lewat Netflix. Film ini juga cocok ditonton bersama teman-

temanmu lho!