sweet & sour

“Apakah cinta punya tanggal kedaluwarsa?” merupakan pertanyaan besar yang diusung film Korea produksi Netflix, Sweet & Sour.

Film bergenre romantis komedi (rom-com) ini menceritakan tentang drama percintaan sepasang kekasih yang diperankan oleh Jang Ki Yong dan Chae Soo Bin. Kesibukan dan jarak menjadi dua dari sekian banyak penyebab hubungan yang semula berjalan manis berubah menjadi asam. Di sisi lain, hubungan mereka juga diwarnai dengan kecurigaan soal hadirnya sosok orang ketiga.

Lantas, bagaimanakah kelanjutan hubungan Jang Ki Yong dan Chae Soo Bin dalam Sweet & Sour? serta Sweet & Sour berapa episode? Untuk menjawab rasa penasaran Sedulur, Super telah merangkum berbagai informasi seputar film yang turut dibintangi oleh Krystal Jung ini, termasuk sinopsis, review, hingga berbagai fakta menariknya. Yuk, langsung disimak!

BACA JUGA: Sinopsis Find Me in Your Memory, Cinta Artis & Reporter

Profil film

sweet & sour
Netflix

Sweet & Sour merupakan film Korea produksi Netflix yang dirilis pada Juni 2021 lalu. Film ini diarahkan oleh sutradara Lee Gye Byeok yang sebelumnya sukses menggarap Luck-Key (2016) dan Cheer Up, Mr. Lee (2019).

Dihimpun dari berbagai sumber, kisah film Sweet & Sour diangkat dari novel berjudul Initiation Love karya penulis asal Jepang, Kurumi Inui. 

  • Judul: Sweet & Sour
  • Judul asli: 새콤달콤 atau Saekomdalkom
  • Sweet & Sour genre: romantis komedi (rom-com)
  • Sutradara: Lee Gye Byeok
  • Penulis: Lee Gye Byeok, Sung Da Som
  • Durasi: 102 menit
  • Jumlah episode: –
  • Tanggal rilis: 4 Juni 2021

Sweet & Sour pemeran

sweet & sour
Soompi

Film Sweet & Sour menggandeng Jang Ki Yong, Chae Soo Bin, dan Krystal f(x) alias Krystal Jung sebagai pemeran utama. Selain itu, turut tampil pula sederet bintang kenamaan Korea lainnya, seperti aktris Kim Mi Kyung yang sudah wara-wiri memerankan tokoh ibu di berbagai judul drama maupun film Korea. Sementara itu, berikut daftar pemeran film Sweet & Sour selengkapnya.

  • Jang Ki Yong sebagai Jang Hyuk
  • Chae Soo Bin sebagai Jung Da Eun
  • Krystal Jung sebagai Han Bo Yeong
  • Lee Woo Je sebagai Jang Hyuk
  • Park Chul Min sebagai manajer di Samyoung Architecture Co.
  • Yoo Sun sebagai CEO di Samyoung Architecture Co.
  • Park Jung Min sebagai team leader di Samyoung Architecture Co.
  • Ahn Kil Kang sebagai ayah Jang Hyuk
  • Kim Mi Kyung sebagai ibu Jang Hyuk

BACA JUGA: Sinopsis My Liberation Notes, Kisah Permasalahan Sehari-hari

Sweet & Sour sinopsis

 
Soompi

Kisah dimulai ketika Jang Hyuk dirawat di rumah sakit karena menderita Hepatitis B. Kala itu, ia bertemu dengan Jung Da Eun yang bekerja sebagai perawat. Seiring berjalannya waktu, Jang Hyuk yang juga akrab disapa Hyuk menjadi dekat dengan Da Eun. Hubungan akrab keduanya membuat Hyuk seolah enggan meninggalkan rumah sakit karena tak ingin berpisah dari Da Eun.

Singkat cerita, Jang Hyuk dan Da Eun menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih. Jalinan asmara keduanya dimulai dengan manis dan penuh kebahagiaan. Namun manisnya hubungan Jang Hyuk dan Da Eun ternyata tidaklah bertahan lama.

Jang Hyuk yang memulai karier sebagai pegawai kontrak memiliki ambisi untuk mengembangkan kariernya. Hingga suatu ketika, ia mulai bekerja di sebuah perusahaan besar di luar kota. Di sana ia menjalani masa percobaan untuk dapat diangkat sebagai karyawan tetap. Hal itu pun membuat Jang Hyuk berubah menjadi manusia super sibuk dan kerap lembur.

Kesibukan Jang Hyuk akan pekerjaannya akhirnya berdampak pada hubungannya dengan Da Eun yang juga harus kerja dengan sistem shift sebagai perawat. Belum lagi kantor Jang Hyuk yang berada di luar kota membuatnya selalu pulang dalam kondisi lelah. Tak ayal, pertemuan Jang Hyuk dan Da Eun pun selalu diwarnai dengan perdebatan.

Di sisi yang lain, Jang Hyuk bertemu dengan Bo Yeong, rekan kerja sekaligus rivalnya untuk mendapatkan kursi karyawan tetap. Namun seiring berjalannya waktu, Jang Hyuk dan Bo Yeong mulai menunjukkan ketertarikan kepada satu sama lain semenjak sering mengerjakan proyek bersama. Tak ayal, Bo Yeong pun ikut terseret dalam drama pasang surut hubungan Jang Hyuk dan Da Eun.

BACA JUGA: Sinopsis A Year End Medley, Kisah Cinta Tamu & Pekerja Hotel

Sweet & Sour review

Sweet & Sour dikemas dalam genre romantis komedi (rom-com) yang telah sangat familiar dengan penikmat drama maupun film Korea. Kisahnya pun berpusat pada sepasang kekasih yang mengalami krisis akibat kesibukan masing-masing dan ditambah dengan bumbu orang ketiga. Plot tersebut digambarkan secara jelas dalam poster maupun trailer film ini.

1. Konflik dan karakter yang dekat dengan kehidupan zaman sekarang

Beautynesia

Meski terdengar sebagai konflik yang klise, drama percintaan dalam Sweet & Sour dinilai dekat dengan kehidupan nyata, terutama di kalangan pasangan muda. Menurut sutradara Lee Gye Byeok, film ini mencoba menggambarkan kehidupan generasi muda zaman sekarang yang disibukkan dengan banyak hal, termasuk ambisi mengejar karier yang mapan dan asmara. Hal itu digambarkan lewat tokoh Jang Hyuk yang bekerja keras untuk mendapatkan posisi karyawan tetap di perusahaan besar dan Da Eun yang harus menjalani pekerjaan sebagai perawat di rumah sakit. Kehidupan yang amat sibuk itu membuat mereka kesulitan untuk berkencan.

Di sisi yang lain, Lee Gye Byeok juga mengajukan pertanyaan soal “apakah cinta punya tanggal kedaluwarsa?” yang mewakili konflik hubungan Jang Hyuk dan Da Eun. Seperti yang dipaparkan sebelumnya, hubungan Jang Hyuk dan Da Eun mulanya dipenuhi oleh kebahagiaan atau momen manis. Namun hal itu ternyata tidak berlangsung untuk waktu yang lama. Momen manis itu kemudian terganti dengan perdebatan demi perdebatan yang membuat mereka goyah dengan perasaan masing-masing.

2. Rating di berbagai situs review film

Soompi

Lantas bagaimana ulasan dan rating film ini? Dihimpun dari berbagai situs, rating film ini ternyata tidak terlalu bagus. Misalnya di situs IMDb, Sweet & Sour memperoleh skor 6.7/10 dengan total 2.600 suara. Sedangkan, di situs Rotten Tomatoes, film ini hanya mendapatkan skor 20% Tomatometer dan 38% skor penonton. Sementara, skor Sweet & Sour di situs AsianWiki adalah 85% dengan total 506 suara.

Meski begitu, sejumlah pihak menilai Sweet & Sour akhir cerita menampilkan plot twist yang menarik untuk dinantikan. Nah, bagi Sedulur yang penasaran dengan akhir cerita film ini, bisa menontonnya di Netflix, ya. Namun sebelum itu, simak dulu fakta-fakta menarik lainnya tentang Sweet & Sour berikut ini.

BACA JUGA: Sinopsis High Society, Kisah Cinta Gadis Pura-Pura Miskin

Profil singkat tokoh utama

Beautynesia

Daya tarik Sweet & Sour juga terletak pada pemilihan aktor dan aktris kenamaan sebagai pemerannya. Sebut saja pemeran tokoh utama pria, yaitu Jang Ki Yong. Pada tahun yang sama dengan dirilisnya Sweet & Sour, Jang Ki Yong diketahui juga terlibat sebagai tokoh utama dalam dua judul drama. Pertama, My Roommate is A Gumiho (2021) di mana ia dipasangkan dengan Hyeri Girl’s Day. Kemudian pada akhir 2021, Jang Ki Yong kembali tampil sebagai pemeran utama dalam drama Now, We Are Breaking Up bersama Song Hye Kyo.

Di sisi yang lain, pemeran tokoh Jung Da Eun yaitu Chae Soo Bin juga telah lama terjun ke dunia seni peran. Sebelumnya ia diketahui sempat beradu peran dengan Jung Hae In dalam A Piece of Your Mind (2020).

Terakhir, Jung Soo Jung alias Krystal Jung juga ikut andil menjadi daya tarik tersendiri untuk Sweet & Sour. Aktris yang juga dikenal sebagai member girlband f(x) ini diketahui memiliki bakat akting mumpuni dan telah membintangi berbagai genre drama dan film. Mulai dari The Heirs (2013), Prison Playbook (2017), The Player (2018), Search (2020), dan film More Than Family (2020).

BACA JUGA: Sinopsis Sky Castle, Kisah Persaingan & Ambisi Keluarga Elite

Arti judul Sweet & Sour

sweet & sour
Netflix

Pemilihan judul film Sweet & Sour ternyata memiliki kisah tersendiri. Dikutip dari The Korea Herald, judul yang dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai “Manis dan Asam” ini ternyata memiliki kesamaan dengan nama permen yang cukup terkenal di Korea. Hal itu sebagaimana dijelaskan oleh sang sutradara dalam konferensi pers yang digelar pada Juni 2021 lalu.

Dijelaskan oleh sang sutradara, saat ia bersama tim sedang mengerjakan naskahnya, terdapat permen kenyal bernama sweet and sour atau Saekom-Dalkom dalam bahasa Korea. Menurutnya, permen tersebut memiliki rasa asam dan manis dan kemudian meleleh begitu saja.

“Rasa tersebut membuatmu ingin memakannya satu lagi. Menurutku, itu mirip dengan cerita yang ingin kami sampaikan (melalui film ini),” kata sang sutradara.

Di sisi yang lain, ia menyebut bahwa dalam sebuah hubungan, akan ada momen manis, asam, dan bahkan pahit. Untuk itu, ia ingin menampilkan sisi realistis tersebut dalam film tersebut.

Demikian tadi ulasan dan sinopsis film Korea, Sweet & Sour. Telah dipaparkan pula berbagai fakta menarik tentang film yang dibintangi oleh Jang Ki Yong, Chae Soo Bin, dan Krystal Jung ini. Nah, apakah Sedulur tertarik untuk menonton film ini?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.